Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  2. Kronologi Alkitab >  IX. Kehidupan Yesus. > 
C. Lamanya Pelayanan. 
sembunyikan teks

Banyak kejadian biasa dari kehidupan Yahudi tampak dalam pelayanan Yesus. Yang terpenting adalah Hari Raya Paskah. Injil Yohanes menyebut tiga perayaan Paskah selama pelayanan Yesus (Yoh. 2:13; 6:4; 12:1). Buku Harmony of the Gospels, karangan A. T. Robertson, menunjukkan bahwa Yohanes 5:1 juga mengacu kepada suatu hari raya Paskah. Karena Yesus mulai pelayanan-Nya sebelum yang pertama dari keempat Paskah itu, lama pelayanan-Nya adalah tiga setengah tahun, mulai pada musim gugur tahun 26 dan berakhir pada masa Paskah musim semi tahun 30.

Dapatkah kita memberi keterangan lebih rinci tentang tanggal kematian Yesus? Barangkali, Kalender Yahudi menunjukkan bahwa Paskah jatuh pada 7 April tahun 30. Tradisi menyatakan bahwa Yesus disalibkan pada hari Jumat; ini menempatkan Paskah pada hari Kamis malam - 14 Nisan pada kalender Yahudi. Akan tetapi, beberapa ahli beranggapan bahwa penyaliban itu terjadi pada hari Kamis, atau bahkan hari Rabu.

Ada satu masalah lain lagi: Apakah Yesus benar-benar makan jamuan Paskah, atau hanya satu jamuan lain yang penting? Tidak dapat dibayangkan bahwa Yesus menyuruh murid-murid-Nya mempersiapkan jamuan Paskah (Luk. 22:8, 13) tanpa mengharapkan mereka mempersembahkan kurban yang semestinya di bait suci dan benar-benar mempersiapkan jamuan Paskah. Tidak mungkin mereka mengadakan perayaan lain pada saat-saat itu.

Bagaimana orang Yahudi memperhitungkan bulan baru yang menentukan tanggal untuk perjamuan Paskah? (Mereka merayakan Paskah 14 hari setelah bulan baru dari bulan Nisan, bulan yang pertama.) Apabila mereka memperhitungkan hari bulan baru itu menurut perhitungan astronomi, mereka akan merayakan Paskah pada 7 April tahun 30. Akan tetapi, jika mereka mengamati bulan secara visual untuk menentukan tanggal Paskah, mereka bisa keliru. Namun A. T. Roberton mendukung tanggal yang tradisional untuk Paskah - 7 April tahun 30 - sebab tanggal ini membolehkan kita menyesuaikan cerita dari Injil-Injil Sinoptis (Matius, Markus, dan Lukas) dengan Injil Yohanes. Gambar 14 menunjukkan bagaimana tanggal-tanggal ini menyusun berbagai tahap dari pelayanan Yesus.

Footnote



TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA