Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  2. Kronologi Alkitab >  IX. Kehidupan Yesus. > 
A. Kelahiran. 
sembunyikan teks

Herodes Agung adalah raja di Yudea ketika Yesus lahir (Mat. 2: 1). Yosefus menulis dalam Antiquities bahwa suatu gerhana bulan terjadi tepat sebelum kematian Herodes (Bk. XVII, Ps. xiii, Bag. 2). Ini bisa mengacu kepada salah satu dari tiga gerhana yang terjadi pada tahun 5 dan 4 sM; pilihan yang paling mungkin adalah 12 Maret tahun 4 sM. Lagi pula, sejarawan Yahudi ini menyatakan bahwa raja meninggal tepat sebelum hari Paskah (Bk. XVII, Ps. vi, Bag. 4) dan hari Paskah jatuh pada 11 April tahun 4 sM. Jadi, kita harus menarik kesimpulan bahwa Herodes meninggal pada bagian awal bulan April tahun itu.

Orang Majus dari Timur datang untuk menyembah Mesias dari Allah. Akan tetapi, ketika mereka tidak kembali untuk memberi laporan kepadanya, Herodes memerintah tentaranya untuk membunuh semua bayi di Betlehem, yang berumur 2 tahun ke bawah (Mat. 2:16). Ini menganjurkan bahwa Yesus lahir pada tahun 6 atau 5 sM dan Ia berusia antara satu dan dua tahun ketika Herodes meninggal. Ia barangkali lahir pada tahun 5 sM dan dibawa ke Mesir pada tahun 4 sM, entah kapan.

Kita tidak tahu bulan dan hari yang tepat ketika Yesus lahir. Tanggal 25 Desember tak mungkin. Gereja di Roma memilih hari itu untuk merayakan kelahiran-Nya pada abad kedua atau ketiga untuk mengaburkan sebuah perayaan kafir yang secara tradisional dirayakan pada hari ini. Sebelumnya gereja Ortodoks Timur memilih untuk menghormati kelahiran Kristus pada 6 Januari, yaitu Epifani. Tetapi, mengapa tanggal itu ditetapkan pada musim dingin? Kemungkinannya kecil sekali bahwa para gembala akan menjaga kawanan dombanya di lereng-lereng bukit pada waktu itu. Kemungkinan lebih besar bahwa Yesus lahir pada musim gugur atau musim semi.

Banyak sarjana berpendapat bahwa bintang Betlehem (Mat. 2:2) itu adalah suatu peristiwa yang berhubungan dengan astronomi. Mereka mengatakan bahwa mungkin waktu itu planet Saturnus dan Yupiter rupanya bertemu di angkasa; hal itu terjadi pada 7 atau 6 sM. Orang lain memperhatikan bahwa catatan-catatan bangsa Tiongkok memberi tahu tentang sebuah bintang atau komet yang sangat cemerlang pada 5 atau 4 sM. Namun ada banyak masalah besar dengan kedua teori ini. Alkitab mengatakan bahwa bintang itu memimpin orang majus pada perjalanan mereka dan bahkan menandai rumah itu sehingga mereka tidak mungkin keliru (Mat. 2:9-10). Meskipun bintang itu merangsang perhatian para majus, ia tidak membantu kita menetapkan kapan Yesus dilahirkan.



TIP #15: Gunakan tautan Nomor Strong untuk mempelajari teks asli Ibrani dan Yunani. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA