Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  2. Kronologi Alkitab > 
IX. Kehidupan Yesus. 
sembunyikan teks

Perjanjian Baru memberikan beberapa indikasi kronologis yang penting. Akan tetapi, Perjanjian Baru tidak berbicara dari segi pandang kalender kita, jadi kita harus membandingkannya dengan sumber-sumber sejarah yang lain untuk menemukan tanggal berbagai peristiwa dalam kehidupan Yesus.

 A. Kelahiran.
sembunyikan teks

Herodes Agung adalah raja di Yudea ketika Yesus lahir (Mat. 2: 1). Yosefus menulis dalam Antiquities bahwa suatu gerhana bulan terjadi tepat sebelum kematian Herodes (Bk. XVII, Ps. xiii, Bag. 2). Ini bisa mengacu kepada salah satu dari tiga gerhana yang terjadi pada tahun 5 dan 4 sM; pilihan yang paling mungkin adalah 12 Maret tahun 4 sM. Lagi pula, sejarawan Yahudi ini menyatakan bahwa raja meninggal tepat sebelum hari Paskah (Bk. XVII, Ps. vi, Bag. 4) dan hari Paskah jatuh pada 11 April tahun 4 sM. Jadi, kita harus menarik kesimpulan bahwa Herodes meninggal pada bagian awal bulan April tahun itu.

Orang Majus dari Timur datang untuk menyembah Mesias dari Allah. Akan tetapi, ketika mereka tidak kembali untuk memberi laporan kepadanya, Herodes memerintah tentaranya untuk membunuh semua bayi di Betlehem, yang berumur 2 tahun ke bawah (Mat. 2:16). Ini menganjurkan bahwa Yesus lahir pada tahun 6 atau 5 sM dan Ia berusia antara satu dan dua tahun ketika Herodes meninggal. Ia barangkali lahir pada tahun 5 sM dan dibawa ke Mesir pada tahun 4 sM, entah kapan.

Kita tidak tahu bulan dan hari yang tepat ketika Yesus lahir. Tanggal 25 Desember tak mungkin. Gereja di Roma memilih hari itu untuk merayakan kelahiran-Nya pada abad kedua atau ketiga untuk mengaburkan sebuah perayaan kafir yang secara tradisional dirayakan pada hari ini. Sebelumnya gereja Ortodoks Timur memilih untuk menghormati kelahiran Kristus pada 6 Januari, yaitu Epifani. Tetapi, mengapa tanggal itu ditetapkan pada musim dingin? Kemungkinannya kecil sekali bahwa para gembala akan menjaga kawanan dombanya di lereng-lereng bukit pada waktu itu. Kemungkinan lebih besar bahwa Yesus lahir pada musim gugur atau musim semi.

Banyak sarjana berpendapat bahwa bintang Betlehem (Mat. 2:2) itu adalah suatu peristiwa yang berhubungan dengan astronomi. Mereka mengatakan bahwa mungkin waktu itu planet Saturnus dan Yupiter rupanya bertemu di angkasa; hal itu terjadi pada 7 atau 6 sM. Orang lain memperhatikan bahwa catatan-catatan bangsa Tiongkok memberi tahu tentang sebuah bintang atau komet yang sangat cemerlang pada 5 atau 4 sM. Namun ada banyak masalah besar dengan kedua teori ini. Alkitab mengatakan bahwa bintang itu memimpin orang majus pada perjalanan mereka dan bahkan menandai rumah itu sehingga mereka tidak mungkin keliru (Mat. 2:9-10). Meskipun bintang itu merangsang perhatian para majus, ia tidak membantu kita menetapkan kapan Yesus dilahirkan.

 B. Permulaan Pelayanan. 
sembunyikan teks

Perjanjian Baru memberi tahu banyak hal mengenai pelayanan Yesus di depan umum; tetapi sekali lagi kita harus menghubungkan pernyataan-pernyataan ini dengan sumber-sumber di luar Alkitab untuk menemukan tanggalnya.

Yohanes Pembaptis melintasi karier beberapa tokoh bersejarah di Yudea dan Kekaisaran Roma (Luk. 3:1). Untuk maksud kita, tokoh yang terpenting adalah Kaisar Tiberius, yang menurut Lukas telah memerintah 4 tahun pada permulaan pelayanan Yohanes. Yosefus menyatakan bahwa Tiberius menjadi kaisar ketika Augustus wafat pada tahun 14 M. (Antiquities Bk XVIII, Ps. ii, Bag. 2). Maka tahun ke-15 dari pemerintahannya akan jatuh pada 28 atau 29 M., tergantung pada apakah ia menggunakan sistem tahun pelantikan atau bukan sistem tahun pelantikan. Yohanes dan Yesus memulai pelayanan mereka kira-kira pada waktu yang sama. Marilah kita menganggap bahwa Yesus mempunyai pelayanan yang tiga setengah tahun lamanya dan berumur kira-kira 30 tahun, seperti yang dikatakan Luk. 3:23 ketika Ia mulai melayani. Dengan segera timbul suatu masalah; tanggal yang ditetapkan Yosefus untuk Tiberius menuntut agar kita menempatkan kematian Yesus pada kira-kira 31 atau 32 M., dan memindahkan tanggal kelahiran-Nya ke 3 atau 2 sM,. yang terlalu lambat.

Bagaimanapun juga, masalahnya bukannya tidak dapat diatasi. Kita tahu bahwa Tiberius memerintah bersama Kaisar Augustus selama dua atau tiga tahun sebelum Augustus meninggal. Ini berarti bahwa ia memulai tugasnya secara resmi pada kira-kira 11 atau 12 M. dan berdasarkan perhitungan ini tahun ke-15 dari pemerintahannya jatuh pada 26 atau 27 M. Tanggal 26 M. mungkin pilihan yang terbaik untuk permulaan pelayanan Yohanes dan Yesus sebab itu cocok dengan tanggal kelahiran Yesus pada 5-6 sM.

Alkitab memberi tahu bahwa Yesus kira-kira 30 tahun ketika Ia memulai pelayanan-Nya, segera setelah la dibaptis (Luk. 3:1-2, 2123). Tetapi apa artinya "kira-kira 30 tahun"? Para imam memulai pelayanan mereka pada usia 30 tahun, tetapi Yesus bukanlah seorang imam dari suku Lewi dan tidak terikat pada aturan ini. Pada pihak lain, itulah usia yang cukup baik. Dari sudut pandang orang Yahudi, seorang yang berusia 30 tahun tidak terlalu muda untuk memangku kedudukan dengan otoritas rohani, dan juga tidak terlalu tua untuk menjalankan pelayanan yang giat. Kita hendaknya menerima bahwa Yesus memulai pelayanan-Nya ketika Ia hampir berusia 30 tahun.

almanac
 C. Lamanya Pelayanan.
sembunyikan teks

Banyak kejadian biasa dari kehidupan Yahudi tampak dalam pelayanan Yesus. Yang terpenting adalah Hari Raya Paskah. Injil Yohanes menyebut tiga perayaan Paskah selama pelayanan Yesus (Yoh. 2:13; 6:4; 12:1). Buku Harmony of the Gospels, karangan A. T. Robertson, menunjukkan bahwa Yohanes 5:1 juga mengacu kepada suatu hari raya Paskah. Karena Yesus mulai pelayanan-Nya sebelum yang pertama dari keempat Paskah itu, lama pelayanan-Nya adalah tiga setengah tahun, mulai pada musim gugur tahun 26 dan berakhir pada masa Paskah musim semi tahun 30.

Dapatkah kita memberi keterangan lebih rinci tentang tanggal kematian Yesus? Barangkali, Kalender Yahudi menunjukkan bahwa Paskah jatuh pada 7 April tahun 30. Tradisi menyatakan bahwa Yesus disalibkan pada hari Jumat; ini menempatkan Paskah pada hari Kamis malam - 14 Nisan pada kalender Yahudi. Akan tetapi, beberapa ahli beranggapan bahwa penyaliban itu terjadi pada hari Kamis, atau bahkan hari Rabu.

Ada satu masalah lain lagi: Apakah Yesus benar-benar makan jamuan Paskah, atau hanya satu jamuan lain yang penting? Tidak dapat dibayangkan bahwa Yesus menyuruh murid-murid-Nya mempersiapkan jamuan Paskah (Luk. 22:8, 13) tanpa mengharapkan mereka mempersembahkan kurban yang semestinya di bait suci dan benar-benar mempersiapkan jamuan Paskah. Tidak mungkin mereka mengadakan perayaan lain pada saat-saat itu.

Bagaimana orang Yahudi memperhitungkan bulan baru yang menentukan tanggal untuk perjamuan Paskah? (Mereka merayakan Paskah 14 hari setelah bulan baru dari bulan Nisan, bulan yang pertama.) Apabila mereka memperhitungkan hari bulan baru itu menurut perhitungan astronomi, mereka akan merayakan Paskah pada 7 April tahun 30. Akan tetapi, jika mereka mengamati bulan secara visual untuk menentukan tanggal Paskah, mereka bisa keliru. Namun A. T. Roberton mendukung tanggal yang tradisional untuk Paskah - 7 April tahun 30 - sebab tanggal ini membolehkan kita menyesuaikan cerita dari Injil-Injil Sinoptis (Matius, Markus, dan Lukas) dengan Injil Yohanes. Gambar 14 menunjukkan bagaimana tanggal-tanggal ini menyusun berbagai tahap dari pelayanan Yesus.

Footnote



TIP #04: Coba gunakan range (OT dan NT) pada Pencarian Khusus agar pencarian Anda lebih terfokus. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA