Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  2. Kronologi Alkitab > 
V. Penarikhan Sebelum Abraham. 
 sembunyikan teks

Penelitian kita tentang kronologi sebelum Abraham terbagi atas dua bagian: (1) dari Air Bah sampai Abraham dan (2) dari Penciptaan sampai Air Bah. Tiada gunanya mengatakan bahwa jangka waktu ini menimbulkan masalah-masalah yang terbesar karena kita tak dapat lagi membandingkan tarikh-tarikh Alkitab dengan catatan sejarah dari bangsa-bangsa lain di sekitar Israel. Sejarah zaman purba dari bangsa-bangsa ini sangat kurang lengkap dan kurang dimengerti. Bahkan terjemahan yang berbeda-beda dari Perjanjian Lama tak sependapat tentang kejadian-kejadian sejarah sebelum masa para leluhur. Pada umumnya kita akan mengikuti naskah orang Masoret (Ibrani), tetapi pada titik-titik tertentu kita akan membandingkan kisahnya dengan versi-versi purba lainnya.

 A. Dari Air Bah Sampai Abraham.
sembunyikan teks

Daftar keluarga Abraham (Kej. 11:10-26) memberikan informasi yang kita perlukan untuk kurun waktu ini. Tabel 9 memetakan kehidupan nenek moyang Abraham. Pertama, perhatikanlah bahwa tanggal lahir Abraham jatuh pada tahun 2166 sM dan tanggal mati pada tahun 1991 sM. Angka-angka didasarkan pada perhitungan yang telah kita lakukan.

 B. Dari Penciptaan sampai Air Bah.
sembunyikan teks

Karena kita tidak dapat menetapkan tarikh yang khusus untuk Air Bah, kita akan mengalami kesulitan untuk merunut mundur sampai ke tarikh Adam dan Hawa. Yang dapat kita lakukan hanyalah merunut garis keluarga Adam sampai ke waktu Air Bah, dengan memakai kronologi yang terdapat di Kejadian 5 dan 7:11. Periksalah Tabel 10 waktu kita menyelidiki sejarah pra Air Bah ini.



TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA