Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  2. Kronologi Alkitab >  IV. Musa dan Para Leluhur. > 
A. Tanggal Peristiwa Keluaran. 
 sembunyikan teks

Banyak ahli Alkitab masih meragukan tanggal Keluaran. Mereka telah menghasilkan dua pola penarikhan untuk peristiwa Keluaran - suatu tanggal yang dini yang menerima I Raja-Raja 6:1 sebagai catatan waktu yang tepat, dan suatu saran pengganti yang kita sebut "tanggal yang kemudian." Berikut ini adalah penjelasan untuk kedua pihak:

 1. Tanggal yang Dini. 
sembunyikan teks

Uraian ini bersikeras bahwa orang-orang pada zaman purba mengetahui bagaimana membuat kalender dan membuat catatan yang teliti tentang waktu, dan bahwa mereka telah menetapkan lamanya zaman-zaman dengan kesaksamaan kronologis. Jadi, 480 tahun di I Raja-Raja 6:1 diterima dan juga pernyataan Yefta, seorang hakim yang menyatakan bahwa Israel telah mendiami negeri Kanaan sekitar 300 tahun lamanya (Hak. 11:26). Karena kita telah menghitung bahwa peristiwa keluarnya Israel mulai pada tahun 1446 sM, kita dapat mengurangi 40 tahun untuk pengembaraan mereka di padang gurun sehingga mereka memasuki Kanaan pada tahun 1406 sM. Apabila kita mengurangi 300 tahun yang disebut di ayat ini, kita lihat bahwa Yefta hidup pada tahun 1106 sM. Ini memberi banyak waktu untuk zaman para Hakim, yang memerintah pelbagai bagian Israel sebelum Saul menjadi raja.

Para pakar Alkitab yang mendukung tanggal yang dini untuk Keluaran atas dasar-dasar ini, juga menunjuk kepada lempeng-lempeng Amarna, yang ditarikhkan pada sekitar 1400 sM. Lempeng-lempeng ini, yang ditemukan di Mesir, berisi korespondensi internasional selama wangsa ke-18 di Mesir di bawah pimpinan Firaun Amenhotep III (1410 - 1377 sM). Terdapat banyak sekali permohonan dari berbagai negara kota Kanaan yang memohon bantuan orang Mesir untuk mengusir kaum Habiru, atau para penyerbu pengembara; tetapi tidak banyak bukti bahwa bani Israel termasuk kelompok ini. Apabila kita menerima tanggal yang dini untuk Keluaran (1446 sM), kemudian memberikan 40 tahun untuk pengembaraan Israel di padang gurun, maka mereka akan menyerbu Kanaan pada tahun 1406 sM hingga mereka adalah kaum Habiru.

 2. Tanggal yang kemudian. 
sembunyikan teks

Para pakar yang menganut pandangan ini percaya bahwa Musa memimpin bani Israel keluar dari perbudakan selama wangsa ke-19 di Mesir, yang mulai pada tahun 1318 sM. Rangkaian bukti yang utama untuk tanggal yang kemudian adalah munculnya bentuk-bentuk budaya baru di Palestina, khususnya kehancuran Yerikho oleh penyerbu-penyerbu dari luar sekitar tanggal ini. Para ahli yang menyokong tanggal ini menunjukkan bahwa firaun pada waktu itu adalah Ramses II (sekitar 1304-1238 sM) dan mereka berpendapat bahwa budak-budak Ibrani telah membangun kota-kota perbekalan Mesir, Piton dan Ramses, sementara pemerintahannya (Kel. 1:11; 12:37; Bil. 33:3). Ramses II menyebut penggunaan budak-budak dari kaum Apiru - barangkali kata Mesir untuk "Ibrani" - untuk membangun kota-kota penyimpanan gandum. Ahli-ahli lain berpendapat bahwa seorang firaun sebelumnya yang pertama-tama membangun kota-kota ini, tetapi dalam hal itu maka Ramses II telah membangunnya kembali dan menamai salah satu kota menurut namanya sendiri. Bukti arkeologis rupanya menunjukkan hal ini. Jikalau kita menerima bahwa orang Ibrani yang membangun kota-kota ini untuk Ramses II, mereka akan meninggalkan Mesir beberapa tahun kemudian, sekitar 1275 sM, dan menaklukkan Kanaan sesudah 1235 - tanggal yang menurut pendapat ahli-ahli ini diperkuat oleh bukti arkeologis bahwa kota-kota Kanaan dibinasakan.

Akan tetapi, kita harus memperhatikan bahwa para firaun pada masa Ramses menggunakan nama-nama yang dipakai oleh raja-raja Hiksos di Mesir (1730-1570 sM; lihat "Orang Mesir"). Ramses memuja dewa-dewa yang sama yang dipuja oleh raja-raja Hiksos. Jadi, budak-budak Ibrani mungkin telah mengerjakan kota-kota ini di bawah pimpinan orang Hiksos. Sebenarnya, orang Hiksos mempunyai alasan yang baik untuk menindas orang Israel, karena mereka juga termasuk bangsa Semit dan menganggap orang Israel sebagai saingan yang berat.5 Dalam hal itu, Kel. 1:13 dst. mungkin menggambarkan kejadian-kejadian di bawah wangsa ke-18 yang menghalau orang Hiksos.

almanac


TIP #19: Centang "Pencarian Tepat" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab tanpa keluarga katanya. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA