Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  2. Kronologi Alkitab > 
III. Tiga Raja yang Pertama di Israel. 
 sembunyikan teks

Setelah menentukan tanggal kematian Salomo (931 sM), kita dapat menghitung mundur lebih jauh dalam sejarah Israel, dengan menggunakan kronologi Alkitab untuk menentukan tanggal-tanggal khusus. (Lihat Tabel 5.)

almanac

Yerobeam I dan Rehabeam membagi kerajaan itu pada tahun 931 sM dan Salomo wafat pada tahun itu. Alkitab mengatakan bahwa Salomo memerintah atas seluruh Israel selama 40 tahun (I Raj. 11:42). Jadi, di Tabel 5 permulaan pemerintahan Salomo ditetapkan pada tahun 971 sM, yaitu tahun kematian Daud.

Daud menjadi raja selama 40 tahun, yang menempatkan permulaan pemerintahannya pada tahun 1011 sM. Akan tetapi, Daud memerintah atas Yehuda saja sedangkan suku-suku yang lain tetap setia kepada Isyboset, putra Saul. Pertama Raja-Raja 2:11 dan II Samuel 2:11 menyatakan bahwa Daud menjadi raja di Hebron selama tujuh tahun dan enam bulan. Ketika musuh-musuh Isyboset membunuh dia, maka para kepala suku Israel berkumpul di Hebron dan bersumpah setia kepada Daud (II Sam. 5:3). Demikianlah, pemerintahan tunggal Daud mulai pada tahun 1004 sM dan lamanya 33 tahun. Saul, yang wafat pada tahun 1011 sM, juga memerintah untuk waktu yang lama; diberitahukan bahwa pemerintahannya itu 40 tahun lamanya (Kis. 13:21). (Sesuatu telah hilang dari naskah Ibrani di I Samuel 13:1. "Dua tahun" tidak mungkin menjadi angka yang lengkap.) Namun, jumlah 40 tahun ini mungkin mencakup pemerintahan Saul dan pemerintahan Isyboset, putranya. Jika demikian, ini akan meninggalkan sekitar 33 tahun untuk pemerintahan tunggal Saul, yang berarti bahwa ia telah mulai pemerintahannya pada tahun 1043 sM dan bukan tahun 1057 sM.



TIP #04: Coba gunakan range (OT dan NT) pada Pencarian Khusus agar pencarian Anda lebih terfokus. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA