Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  9. Orang Persia >  II. Bangkitnya > 
F. Daniel di Bawah Orang Persia. 
 sembunyikan teks

Kehidupan Daniel dalam pembuangan telah meliputi kenaikan dan kejatuhan Babel. Ia telah menyaksikan permulaan masa Pembuangan (kr. tahun 606 sM), kejatuhan Babel (539 sM), dan gelombang-gelombang pertama orang Yahudi yang kembali ke Palestina (kr. 538 sM). Allah telah memakai Daniel untuk mengumumkan kejatuhan Babel ke tangan orang Persia (Dan. 5). Setelah itu Daniel mengabdi kepada orang Persia selama beberapa tahun sesudah kejatuhan Babel.

Mungkin sekali "Darius" dari Daniel 6 harus disamakan dengan penguasa Persia yang bernama Gubaru. Gubaru memerintah propinsi Persia yang terbesar, "Babilonia dan di seberang Sungai." Daerah kekuasaannya meliputi Babilonia, Asyur, Siria, Fenisia, dan Palestina. Ia mengangkat 120 wakil raja atau gubernur dan 3 pejabat tinggi (Dan. 6:1) untuk menjaga propinsinya. Gubaru menjadikan Daniel seorang pejabat tinggi. Kedua rekan Daniel dan para wakil raja ingin menyingkirkan Daniel, sekalipun pekerjaan dan pertimbangannya tak bercacat cela. Mereka menyerang kehidupan pribadinya. Daniel, seorang Yahudi yang saleh, secara teratur berdoa kepada Allah dengan berkiblat ke Yerusalem (6:10). Para musuhnya membujuk Gubaru untuk memerintahkan bahwa tak seorang pun boleh berdoa atau menyampaikan permohonan kepada salah satu dewa atau manusia, kecuali kepada raja (6:12). Seperti yang diharapkan para wakil raja, Daniel menentang perintah ini. la diadili dan kedapatan bersalah, lalu dilemparkan ke gua singa, tetapi Allah menyelamatkan dia oleh suatu mukjizat (6:22).

Pada tahun pertama pemerintahan Gubaru, Daniel merenungkan nubuat Yeremia mengenai 70 tahun pembuangan (Yer. 25:11-12; 29:10). Daniel mengaku dosa-dosa yang telah menyebabkan orang Yahudi dibuang, dan berdoa agar Tuhan sekali lagi menghadapi umatNya dengan kasih sayang dan mengembalikan mereka ke Yerusalem. Dengan tiba-tiba Gabriel, penghulu malaikat, menyatakan kepada Daniel bahwa sesudah tujuh puluh kali tujuh masa (suatu kurun waktu yang tidak diketahui) bangsa itu dan Yerusalem akan dipulihkan, pendamaian akan dilaksanakan dan dosa mereka dihapuskan. Gabriel mengatakan bahwa keadilan yang kekal akan diadakan demi kepentingan mereka (Dan. 9:24).

Penglihatan nubuat yang terakhir dinyatakan kepada Daniel pada tahun ketiga pemerintahan Koresy, raja Persia (Dan. 10:1). Pada waktu ini, Daniel sudah terlalu tua untuk bergabung dengan orang Yahudi yang kembali ke Palestina. Allah menampakkan kemuliaan-Nya kepada Daniel ketika ia duduk di tepi Sungai Tigris (10:4, dst.). Utusan Allah memberitahukan masa depan Kerajaan Persia kepada Daniel. Penglihatan Daniel bernubuat bahwa sesudah Koresy tiga orang raja akan memerintah Persia (Kambises, Pseudo-Smerdis, dan Darius), sebelum raja yang keempat (Xerxes) akan menghabiskan masa hidupnya untuk memerangi orang Yunani (11:2). Seratus tahun kemudian Kerajaan Persia direbut oleh Aleksander Agung (kira-kira tahun 323 sM). Selama satu setengah abad berikutnya, dua bagian dari kerajaan Aleksander akan berperang di tanah Palestina - kerajaan Ptolemeus dari Mesir ("raja negeri Selatan") dan kerajaan Seleukus ari Siria ("kerajaan negeri Utara"). Palestina akan direbut oleh pihak Seleukus sekitar tahun 200 sM (Dan. 11:17, dst.), dan diperintah oleh mereka sampai kedatangan Antiokhus Epifanes. Antiokhus akan memerangi pihak Ptolemeus dari Mesir sampai "kapal-kapal orang Kittim" dari Roma menuntut pengunduran dirinya (11:30). Dengan hati penuh dendam, Antiokhus akan kembali ke Yerusalem dan "menegakkan kekejian yang membinasakan" (11:31).

Dalam penglihatan Daniel, kerajaan Allah akan menang atas kekuatan-kekuatan musuh. Pimpinan Allah atas sejarah meyakinkan Daniel dan orang Yahudi bahwa Allah akan melaksanakan segala sesuatu sesuai dengan maksud-Nya. Masa depan orang Yahudi tidak cerah; mereka ditentukan untuk diperintah oleh orang Persia, orang Yunani, dan orang Roma, dan akan mengalami kesengsaraan yang hebat (Dan. 11:40-45; 12:1). Namun, pada akhirnya orang Yahudi akan bangkit dan "bercahaya seperti cahaya cakrawala" (12:3). Tuhan memberi janji khusus kepada Daniel, "Engkau akan beristirahat, dan akan bangkit untuk mendapat bagianmu pada kesudahan zaman" (12:13).



TIP #10: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab menjadi per baris atau paragraf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA