Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  9. Orang Persia >  II. Bangkitnya > 
C. Jati Diri "Darius". 
 sembunyikan teks

Para kritikus dengan cepat memperlihatkan bahwa Alkitab keliru ketika merujuk kepada Darius dalam Daniel 6:1. Catatan-catatan sekular membuktikan bahwa Koresy II merebut Babel pada tahun 539 sM, dan tidak mengetahui tentang orang bernama Darius yang menaklukkan dan memerintah Babel. Beberapa kritikus beranggapan bahwa kitab ini tidak ditulis oleh Daniel atau bahkan tidak ditulis sementara masa hidupnya, tetapi bahwa seorang penulis pada abad ke-2 sM telah menulisnya karena ingin membesarkan hati orang Yahudi untuk setia kepada Allah dalam melawan Antiokhus IV, yang telah berusaha menghelenisasikan Palestina. (Lihat "Orang Yahudi pada Zaman Perjanjian Baru.") Penulis seperti itu mungkin lebih berminat untuk menceritakan kisah yang membangkitkan semangat daripada merekam fakta-fakta dengan teliti. Pakar-pakar lain mengemukakan berbagai identifikasi yang mungkin tentang Darius.

Beberapa pakar berteori bahwa Darius sebenarnya adalah Gobryas (atau Gubaru), salah seorang jenderal Nebukadnezar. Ia telah menjadi gubernur Babel di propinsi Elam, sebuah propinsi di perbatasan Persia. Ketika ia menyaksikan naiknya kekuasaan Persia, ia membelot kepada Koresy dan bergabung dengannya untuk melemahkan kekuasaan Babel. Gobryas dan Koresy dengan mudah merebut Babel karena keimaman dewa Marduk telah menunggu untuk membantu orang Persia. Belsyazar, yang ditinggalkan oleh Nabonidus untuk mempertahankan kota itu, tidak mampu mempertahankan ibu kotanya karena ia sedang mabuk. Koresy mengikuti Gobryas ke dalam kota Babel tanpa bertempur. Di sana ia diterima sebagai pahlawan dan dengan segera dinobatkan menjadi "raja Babel".

Berbagai dokumen dari kurun waktu itu menyatakan mengapa Koresy begitu populer sebagai penakluk Babel. Ia memulihkan kedudukan Marduk sebagai dewa negara, bersama dengan keimamannya. Ia juga memelihara disiplin yang ketat di antara pasukan-pasukan pendudukan sehingga penjarahan dan pemerkosaan dihindari.



TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA