Resource > Belajar Sendiri Bahasa Yunani (Yoppi) >  Belajar Sendiri Bahasa Yunani Berdasarkan Injil Yohanes >  BAB 03. KATA BENDA: PENJELASAN UMUM > 
B. Gender 
sembunyikan teks

Bahasa Yunani mengenal tiga macam gender untuk kata-kata yang berinfleksi (mengalami perubahan bentuk, misalnya kata benda, kata sifat, partisip), yakni maskulin, feminin dan neuter. Gender-gender tersebut seringkali erat kaitannya dengan jenis kelamin, misalnya πατηρ `bapak' sudah jelas berkelamin laki-laki. Namun ada banyak kata yang sulit bagi kita untuk menemukan alasan atas gender yang dikenakannya: Mengapa tangan bergender feminin, sedangkan kaki bergender maskulin? Dengan mempelajari etimologi kata yang erat kaitannya dengan keyakinan, sejarah dan kebudayaan bangsa Yunani kuno, mungkin kita akan menemukan jawabannya. Misalnya: sungai dan angin dianggap sebagai dewa-dewa dalam sejarah Yunani kuno. Karena itu kata-kata tersebut - bersama dengan nama-nama laki-laki - bergender maskulin, Sedangkan nama wanita, pohon, negeri, pulau, kota dan istilah-istilah abstrak (kata benda yang secara fisik tidak berujud) bergender feminin. Kata benda berkelamin neuter misalnya untuk kata-kata pengecil (mis: το παιδιον `anak') dan juga istilah-istilah abstrak.

Dilihat dari pengelompokan gender kata benda berdasarkan deklensinya, kebanyakan kata benda deklensi pertama bergender feminin, kebanyakan kata benda deklensi kedua bergender maskulin, dan kelompok kata benda deklensi ketiga lebih banyak diisi oleh kata-kata bergender neuter. Selain itu terdapat juga beberapa kata benda yang bergender ganda: maskulin/feminin atau maskulin/neuter, meskipun jumlahnya sedikit.



TIP #10: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab menjadi per baris atau paragraf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA