Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  2. Kronologi Alkitab >  I. Menentukan Tanggal-Tanggal yang Pasti. > 
A. Daftar-Daftar Asyur. 
sembunyikan teks

Daftar-daftar eponym bangsa Asyur memberikan tanggal-tanggal para raja Asyur. Eponym adalah seorang yang namanya dipakai untuk menamai suatu kurun waktu: sebagai contoh, Ratu Elizabeth I dari Inggris adalah eponym dari Zaman Elizabeth. Demikianlah daftar-daftar Asyur menempatkan sejumlah pejabat penting secara berurutan dan menamai tiap tahun menurut seorang pemimpin tertentu. Lempeng-lempeng tanah liat dari Niniwe dan kota-kota Asyur lainnya mencatat nama para pemimpin ini, bersama dengan tahun-tahun yang berurutan dari sejarah Asyur. Daftar-daftar ini memberikan kepada kita sejarah dari tahun 892 sampai 648 sM. Selama waktu itu, beberapa pemimpin Asyur mengadakan hubungan dengan raja-raja Ibrani.

Lempeng-lempeng ini menyebutkan Bur-Sagale, gubernur Guzana. Catatan Asyur menyebutkan adanya gerhana matahari yang terjadi pada bulan Simanu pada masa jabatan Bur-Sagale. Para astronom memberi tahu bahwa gerhana tersebut terjadi pada 15 Juni 763 sM, dan kita dapat memakai tanggal ini untuk menentukan tanggal dari para pemimpin Asyur yang lain.

Sebuah lempeng tentang Daian-Assur, seorang pemimpin Asyur, menyebutkan bahwa ia memerintah selama tahun ke-6 dari pemerintahan Salmaneser III. Pada tahun yang sama itu, orang Asyur mengadakan pertempuran yang penting di Qarqar melawan sekelompok raja dari daerah pesisir Laut Tengah, dan Raja Ahab dari Israel tercatat di antara mereka. Keterangan lain dari daftar-daftar Asyur itu menetapkan tanggal pertempuran ini - dan kematian Ahab - pada tahun 853 sM.

Bahkan suatu daftar eponym lainnya menyebutkan bahwa seorang "Raja Ia-a-u" mulai membayar upeti kepada Salmaneser III pada tahun ke-18 dari pemerintahan Salmaneser. Mungkin sekali raja itu adalah Raja Yehu dari Israel. Daftar Asyur itu menunjukkan bahwa tanggalnya adalah tahun 841 sM.

Dengan membandingkan catatan-catatan Asyur dan Ibrani menurut cara ini, kita dapat mengetahui banyak hal tentang kronologi raja-raja Israel dan Yehuda.



TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA