Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  7. Orang Babel dan Orang Asyur >  V. Zaman Emas (1211-539 sM). > 
G. Penghancuran Yehuda. 
sembunyikan teks

Salmaneser dan para penggantinya, Sargon (722-705 sM) dan Sanherib (705-681 sM), harus menumpas beberapa pemberontakan di bangsa Israel yang telah dikalahkan (II Raj. 17:24-18:12). Sanherib merebut kota-kota yang dibentengi di Yehuda dan menuntut penyerahan Yerusalem (II Raj. 18), tetapi ia harus menarik mundur pasukan-pasukannya untuk memerangi Merodakhbaladan, raja Babel yang memberontak.

Setelah hidup di bawah pemerintahan Asyur sejak 1100 sM, orang Babel mengambil kesempatan ini untuk menyatakan kemerdekaan mereka dari Imperium Asyur yang berkembang. Sanherib mengalahkan Merodakhbaladan, tetapi seorang raja yang lebih berkuasa bernama Nabopolasar naik takhta Babilonia. Ia mampu mempersatukan semua negara kota dari Imperium Babilonia yang lama dan memulihkan sebagian besar dari kemuliaan Babilonia yang sebelumnya. Nabopolasar dan putranya Nebukadnezar II, memimpin pasukan mereka melawan Nekho firaun di Mesir, yang berusaha untuk memperoleh kekuasaan atas Imperium Asyur yang makin lemah. Bala tentara mereka bertemu di Karkemis, di mana orang Babel mengalahkan orang Mesir dalam salah satu pertempuran yang besar di dunia purba (604 sM).

Para firaun Mesir menghasut pemberontakan di antara raja-raja Yehuda untuk mengalihkan perhatian musuh mereka, orang Babel. Ketika Yoyakim dari Yehuda menolak untuk membayar upeti kepada Nebukadnezar II, raja Babel itu merebut Yerusalem dan mengasingkan sebagian penduduknya pada tahun 597 sM (II Raj. 24:8-17). Pengganti Yoyakim, Raja Zedekia, juga mengikuti nasihat buruk dari orang Mesir, dan Nebukadnezar menyerang Yerusalem lagi. Kali ini ia membinasakan kubu-kubu kota Yerusalem dan membawa tertawan bagian terbesar dari penduduknya (II Raj. 25). Dengan demikian berakhirlah kerajaan yang pecah, Israel dan Yehuda, pada tahun 586 sM.



TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA