Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  5. Agama dan Kebudayaan Penyembah Berhala >  I. Ciri-Ciri Umum Agama Penyembah Berhala: > 
D. Kurban. 
 sembunyikan teks

Kebanyakan agama penyembahan berhala mempersembahkan binatang untuk menenangkan dewa mereka yang banyak tingkahnya; beberapa agama bahkan mempersembahkan manusia. Oleh karena para penyembah kafir ini percaya bahwa dewa mereka mempunyai keinginan-keinginan manusiawi, mereka juga mempersembahkan kurban sajian dan curahan kepada mereka (bdg. Yes. 57:5-6: Yer. 7:18).

Orang Kanaan percaya bahwa kurban-kurban mempunyai kekuatan aib yang membuat para penyembah mendapat simpati dan menjadi seirama dengan dunia fisik. Akan tetapi, para dewa itu berubah-ubah, maka kadang-kadang para penyembah itu mempersembahkan kurban untuk memastikan kemenangan atas musuh mereka (bdg. II Raj. 3:26-27). Barangkali, inilah sebabnya raja-raja yang telah merosot akhlaknya di Israel dan Yehuda ikut mempersembahkan kurban-kurban secara kafir (bdg. I Raj. 21:25-26). Mereka menginginkan bantuan gaib dalam memerangi musuh mereka, orang Babel dan orang Asyur - lebih disukai bantuan dari dewa-dewa yang sama yang telah membuat musuh mereka menang.



TIP #02: Coba gunakan wildcards "*" atau "?" untuk hasil pencarian yang leb?h bai*. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA