Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  40. Para Rasul > 
IV. Yakobus, Anak Zebedeus. 
sembunyikan teks

Setelah Yesus memanggil Simon Petrus dan saudaranya Andreas, Ia pergi sedikit lebih jauh lagi di tepi pantai Danau Galilea dan memanggil "Yakobus anak Zebedeus. dan Yohanes saudaranya, yang juga sedang membereskan jala mereka di dalam perahu" (Mrk. 1:19). Seperti Petrus dan Andreas; Yakobus dan saudaranya dengan segera menanggapi ajakan Kristus.

Yakobus adalah rasul pertama dari kedua belas rasul yang harus mati sebagai martir. Raja Herodes Agripa I memerintahkan agar Yakobus dihukum mati dengan pedang (Kis. 12:2). Tradisi mengatakan bahwa hal ini terjadi pada tahun 44, ketika Yakobus masih sangat muda tentunya. (Meskipun Perjanjian Baru tidak menjelaskan tentang kematian para rasul yang lain sebagai martir, tradisi mengatakan kepada kita bahwa mereka semua mati demi mempertahankan imannya, kecuali Yohanes.)

Injil tidak pernah menyebutkan Yakobus sendirian; para penulis Injil selalu menyebut "Yakobus dan Yohanes." Bahkan ketika mencatat kematiannya, Kisah Para Rasul menyebutnya sebagai "Yakobus saudara Yohanes" (Kis. 12:2). Yakobus dan Yohanes mulai mengikuti Yesus pada hari yang sama, dan keduanya hadir ketika Yesus dipermuliakan (Mrk. 9:2-13). Yesus menyebut kedua orang ini "anak-anak guruh" (Mrk. 3:17).

Penganiayaan yang merenggut nyawa Yakobus telah membangkitkan semangat baru pada jemaat Kristen pada saat itu (bdg. Kis. 12:5-25). Tidak diragukan lagi, Herodes Agripa berharap bisa menghancurkan gerakan Kristen dengan membunuh pemimpin-pemimpin mereka, seperti Yakobus. "Maka firman Tuhan makin tersebar dan makin banyak didengar orang" (ay. 24).

Anehnya, Injil Yohanes tidak pernah menyebutkan Yakobus. Yohanes merasa segan untuk menyebutkan namanya sendiri, dan mungkin ia juga merasa rendah hati untuk menyebutkan berbagai aktivitas saudaranya. Hanya sekali Yohanes merujuk pada dirinya dan Yakobus sebagai "anak-anak Zebedeus" (Yoh. 21:2). Selain itu, ia tidak mengatakan apa-apa mengenai kegiatan Yakobus.

Legenda-legenda mengatakan bahwa Yakobus merupakan misionaris Kristen pertama ke Spanyol. Pemimpin Gereja Katolik Roma beranggapan bahwa tulang-tulangnya dikuburkan di Kota Santiago, bagian barat laut Spanyol.



TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA