Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  4. Arkeologi >  IV. Kurun-Kurun Sejarah Purbakala. >  C. Zaman Perunggu. >  1. Zaman Perunggu Purba. > 
c. Ebla (Tell Mardikh). 
sembunyikan teks

Satu tempat yang sangat penting dari Zaman Perunggu Purba yang berada di luar Kanaan adalah kota Ebla di Siria utara yang belum lama ini ditemukan. Tempat ini yang juga dikenal dengan nama mutakhirnya Tell Mardikh sudah mengubah pengetahuan kita tentang kurun waktu itu. Sebelum bagian perempat yang ketiga dari sasrawarsa ke-3 sM, Ebla adalah ibu kota dari sebuah kerajaan yang luas. Bahkan untuk sementara waktu Ebla jauh melebihi kerajaan Akhad di Mesopotamia. Jadi, Siria bukanlah daerah terpencil seperti yang diduga selama kurun waktu ini. Kita tidak tahu pasti tentang hubungan politiknya dengan Kanaan, di sebelah selatan, tetapi sudah pasti ada hubungan perdagangan.

Catatan-catatan perniagaan Ebla untuk pertama kalinya menyebutkan sejumlah besar kota Kanaan, antara lain Yerusalem - dan bahkan Sodom dan Gomora, yang eksistensinya sebelumnya telah diragukan oleh beberapa sarjana. Catatan-catatan Ebla juga menyebut banyak nama pribadi yang serupa dengan nama-nama di Alkitab. Seorang raja yang penting di Ebla adalah Eber, nama yang sama seperti seorang leluhur "Ibrani" (Kej. 10:25; 11:14; nama-nama itu mirip sekali dalam bahasa Ibrani).

Meskipun agama Ebla itu politeis, salah satu dewanya mungkin mempunyai nama yang sama dengan "Yehova" dari Perjanjian Lama. Jika demikian, lempeng-lempeng Ebla telah memberikan bukti yang menarik tentang kekunoan nama pribadi Allah yang benar.



TIP #11: Klik ikon untuk membuka halaman ramah cetak. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA