Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  4. Arkeologi >  IV. Kurun-Kurun Sejarah Purbakala. >  B. Zaman Chalcolithic. > 
2. Kebudayaan Megalitik. 
sembunyikan teks

Peninggalan-peninggalan Megalitik di Palestina termasuk Zaman Chalcolithic dan Zaman Perunggu Purba. Istilah Megalitik hanya berarti "berbatu besar", yang mengacu kepada batu-batu besar yang digunakan dalam bangunan-bangunan purba. Di Eropa bangunan-bangunan seperti itu rupanya menjadi ciri khas Zaman Neolitik, tetapi di Timur Dekat struktur itu muncul lebih kemudian. Akan tetapi, barang tembikar atau peninggalan lain yang mula-mula dikuburkan bersamanya sudah lama lenyap dan baru dalam tahun-tahun belakangan tarikhnya ditetapkan dengan lebih kokoh.

"Megalit" di Palestina biasanya sederhana sekali: satu atau lebih batu besar yang horizontal diletakkan atas beberapa batu vertikal yang rata-rata tingginya satu meter atau kurang, dengan pintu masuk yang rendah di satu sisi. Bangunan-bangunan ini mungkin merupakan monumen kepada orang mati, yang dirancang sebagai tiruan tempat kediaman sehari-hari. Secara lebih teknis, jenis struktur ini disebut dolmen (arti harfiahnya, "meja batu"). Pada mulanya, dolmen ini mungkin ditutupi dengan batu-batu kecil dan tanah, yang telah hanyut. Kadang-kadang satu atau dua lingkaran batu-batu kecil mengelilingi dolmen itu. Hampir selalu dolmen-dolmen dibangun berkumpul di "padang" atau kelompok, kebanyakan di barat laut Yordan di lereng-lereng di atas tepi sebelah timur Sungai Yordan, atau di Galilea bagian atas, terutama di sekitar Khorazin.



TIP #13: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab dalam format PDF. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA