Resource > Jurnal Pelita Zaman >  Volume 9 No. 1 Tahun 1994 > 
EDITORIAL 
sembunyikan teks

Akhir-akhir ini semakin disadari bahwa manusia modern berada di tengah-tengah kebingungan, krisis, kemelut dan berbagai tumpukan permasalahan hidup. Pada penghujung milenium kedua ini banyak yang limbung atau goyah. Hal inilah yang menyebabkan sebagian masyarakat tertentu mencari topangan atau pegangan hidup seperti kuasa-kuasa adi kodrati (entah kekuatan batin ataupun langsung berkiblat kepada Iblis dan sebagainya) demi mendapatkan harapan kepastian. Tak mengherankan bila paranormal tampaknya semakin digandrungi, baik oleh kalangan eksekutif, para pengusaha maupun kelompok penguasa tertentu; pun juga tak terkecuali oleh kebanyakan rakyat berpendidikan rendah, bahkan tergolong mereka yang masih hidup di bawah garis kemiskinan. Buktinya praktika tenaga prana, perdukunan (santet dan motif lainnya), astrologi, peramalan serta rupa-rupa aplikasi fengshui bertambah marak saja di mana-mana.

Tidakkah gejala mistik praktis ini perlu segera kita antisipasi dengan sigap dan tepat, agar jangan sampai menggoyahkan sendi-sendi keimanan dan kesaksian jemaat Tuhan? Apabila kita dengan cermat menilai dan menganalisa secara kritis, ternyata tidak jarang bahwa di balik semua bentuk praktek-praktek tersebut tadi bercokollah sang Iblis dengan segala tipudayanya. Ia tidak saja mendalangi, menggoda dan menarik banyak korban, tetapi juga memanfaatkan dan dimanfaatkan; entah menunggangi atau ditunggangi.

Adalah tanggung jawab kita sekalian selaku umat Kristen untuk memberikan telaah yang jitu serta perlu bersikap tegas, jelas dan bertindak tuntas di dalam memberantas praktek-praktek tersebut yang nyata-nyata ditentang Tuhan. Untuk maksud itulah JPZ pada edisi kali ini mengetengahkan beberapa tulisan yang bersentuhan langsung dengannya. Kebanyakan dari artikel ini adalah hasil studi di seputar "dunia" gelap yang dikaji dari perspektif teologia, psikologis, pastoral - praktis bahkan misiologis. Tentu saja masih banyak segi lain yang belum terkupas secara menyeluruh, tapi sebagian pembaca sebagai langkah strategi lanjutan dalam rangka upaya memperkokoh sistem pertahanan iman Krisiani kita sekalian.

di seputar "dunia" gelap yang di kaji dari perspektif teologis, psikologis, pastoral - praktis bahkan misiologis. Tentu saja masih banyak segi lain yang belum terkupas secara menyeluruh, tapi setidak-tidaknya ini merupakan suatu permulaan ataupun bagi sebagian pembaca sebagai langkah strategi lanjutan dalam rangka upaya memperkokoh sistem pertahanan iman Kristiani kita sekalian.

Perlu diketahui bahwa semula tema yang ditentukan adalah "Teologia dan Pelayanan Kristen bagi Masyarakat Masa Depan". Hal ini ditangguhkan dulu mengingat pada bulan Mei yang lalu Yayasan Pengembangan Pelayanan Kristen Pelita Zaman bekerja sama dengan Christian Centre of Church Studies telah menyelenggarakan Minister Convention '94 tentang "Gereja, Teologi dan Masyarakat". Karena banyak bahan masukan yang juga tercakup dalam tema di atas, maka kami memutuskan untuk menerbitkan tersendiri dalam edisi khusus mendatang. Hanya dukungan dan urun sumbang saran saudara sekalian tetap kami harapkan. Terima kasih!



TIP #15: Gunakan tautan Nomor Strong untuk mempelajari teks asli Ibrani dan Yunani. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA