TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Ratapan 2:20-21

Konteks
2:20 Lihatlah, TUHAN, dan tiliklah, kepada siapakah Engkau telah berbuat ini? Apakah perempuan harus makan anak kandungnya, a  anak-anak yang masih dibuai? b  Apakah dalam tempat kudus Tuhan c  harus dibunuh d  imam dan nabi? 2:21 Terbaring di debu jalan pemuda dan orang tua; dara-daraku dan teruna-terunaku gugur oleh pedang; e  Engkau membunuh mereka tatkala Engkau murka, tanpa belas kasihan f  Engkau menyembelih mereka!

Ratapan 4:3-20

Konteks
4:3 Serigalapun memberikan teteknya dan menyusui anak-anaknya, tetapi puteri bangsaku telah menjadi kejam seperti burung unta di padang pasir. c  4:4 Lidah bayi melekat pada langit-langit d  karena haus; e  kanak-kanak meminta roti, tetapi tak seorangpun yang memberi. f  4:5 Yang biasa makan yang sedap-sedap mati bulur di jalan-jalan; yang biasa duduk di atas bantal kirmizi g  terbaring di timbunan h  sampah. 4:6 Kedurjanaan puteri bangsaku melebihi dosa Sodom, i  yang sekejap mata dibongkar-bangkir tanpa ada tangan yang memukulnya. 4:7 Pemimpin-pemimpin lebih bersih dari salju dan lebih putih dari susu, tubuh mereka lebih merah dari pada merjan, seperti batu nilam rupa mereka. 4:8 Sekarang rupa mereka lebih hitam j  dari pada jelaga, mereka tidak dikenal di jalan-jalan, kulit mereka berkerut pada tulang-tulangnya, k  mengering seperti kayu. 4:9 Lebih bahagia mereka yang gugur karena pedang dari pada mereka yang tewas karena lapar, l  yang merana dan mati sebab tak ada hasil ladang. m  4:10 Dengan tangan sendiri wanita yang lemah lembut memasak kanak-kanak n  mereka, untuk makanan mereka tatkala runtuh puteri bangsaku. 4:11 TUHAN melepaskan segenap amarah-Nya, o  mencurahkan p  murka-Nya q  yang menyala-nyala, dan menyalakan api r  di Sion, yang memakan dasar-dasarnya. s  4:12 Tidak percaya raja-raja di bumi, pun seluruh penduduk dunia, bahwa lawan dan seteru dapat masuk ke dalam gapura-gapura Yerusalem. t  4:13 Hal itu terjadi oleh sebab dosa nabi-nabinya 1  dan kedurjanaan imam-imamnya u  yang di tengah-tengahnya mencurahkan darah v  orang yang tidak bersalah. 4:14 Mereka terhuyung-huyung seperti orang buta w  di jalan-jalan, cemar oleh darah, x  sehingga orang tak dapat menyentuh pakaian mereka. 4:15 "Singkir! Najis!", kata orang kepada mereka, "Singkir! Singkir! Jangan sentuh!"; lalu mereka lari dan mengembara, y  maka berkatalah bangsa-bangsa: "Mereka tak boleh tinggal lebih lama z  di sini." 4:16 TUHAN sendiri mencerai-beraikan mereka, tak mau lagi Ia memandang mereka. a  Para imam tidak mereka hormati, dan orang-orang tua b  tidak mereka kasihani. c  4:17 Selalu mata kami merindukan pertolongan, d  tetapi sia-sia; e  dari menara penjagaan kami menanti-nantikan suatu bangsa f  yang tak dapat menolong. 4:18 Mereka mengintai langkah-langkah kami, sehingga kami tak dapat berjalan di lapangan-lapangan kami; akhir hidup kami mendekat, hari-hari kami sudah genap, g  ya, akhir hidup kami sudah tiba. 4:19 Pengejar-pengejar kami lebih cepat dari pada burung rajawali h  di angkasa mereka memburu kami i  di atas gunung-gunung, menghadang kami di padang gurun. j  4:20 Orang yang diurapi k  TUHAN, nafas hidup kami, tertangkap dalam pelubang l  mereka, dia yang kami sangka: "Dalam naungannya m  kami akan hidup di antara bangsa-bangsa."

Ratapan 5:2-15

Konteks
5:2 Milik pusaka t  kami beralih kepada orang lain 2 , u  rumah-rumah v  kami kepada orang asing. w  5:3 Kami menjadi anak yatim, tak punya bapa, dan ibu kami seperti janda. x  5:4 Air kami kami minum y  dengan membayar, kami mendapat kayu dengan bayaran. z  5:5 Kami dikejar dekat-dekat, kami lelah, a  bagi kami tak ada istirahat. b  5:6 Kami mengulurkan tangan kepada Mesir, dan kepada Asyur c  untuk menjadi kenyang dengan roti. 5:7 Bapak-bapak d  kami berbuat dosa, mereka tak ada lagi, dan kami yang menanggung kedurjanaan e  mereka. 5:8 Pelayan-pelayan f  memerintah atas kami; yang melepaskan kami dari tangan g  mereka tak ada. 5:9 Dengan bahaya maut karena serangan pedang di padang gurun, kami harus mengambil makanan kami. 5:10 Kulit kami membara laksana perapian, karena nyerinya kelaparan. h  5:11 Mereka memperkosa i  wanita-wanita di Sion dan gadis-gadis di kota-kota Yehuda. 5:12 Pemimpin-pemimpin digantung oleh tangan mereka, para tua-tua j  tidak dihormati. k  5:13 Pemuda-pemuda harus memikul batu kilangan, anak-anak terjatuh karena beratnya pikulan kayu. 5:14 Para tua-tua tidak berkumpul lagi di pintu gerbang, para teruna berhenti main kecapi. l  5:15 Lenyaplah kegirangan hati kami, tari-tarian kami berubah menjadi perkabungan. m 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[4:13]  1 Full Life : DOSA NABI-NABINYA.

Nas : Rat 4:13

Keadaan Yehuda yang tragis disebabkan oleh dosa-dosa mereka sendiri, yang oleh Yeremia dikelompokkan menjadi dua macam:

  1. (1) keburukan mereka yang menyatakan dirinya menjadi pemimpin rohani

    (lih. Yer 26:7-11,16; Yeh 22:26,28), dan

  2. (2) kepercayaan bangsa itu pada perserikatan manusiawi dan politik dan bukan pada Allah (ayat Rat 4:17).

[5:2]  2 Full Life : BERALIH KEPADA ORANG LAIN.

Nas : Rat 5:2-18

Penulis dengan hidup melukiskan keadaan para buangan yang secara jasmaniah dan emosional sudah putus harapan. Penganiayaan dan ketakutan menjadi pengalaman biasa di kalangan mereka.



TIP #04: Coba gunakan range (OT dan NT) pada Pencarian Khusus agar pencarian Anda lebih terfokus. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA