Ayub 5:17-18
Konteks5:17 Sesungguhnya, berbahagialah manusia yang ditegur p Allah 1 ; sebab itu janganlah engkau menolak didikan q Yang Mahakuasa. r 5:18 Karena Dialah yang melukai, tetapi juga yang membebat; s Dia yang memukuli, tetapi yang tangan-Nya menyembuhkan t pula.
Ayub 33:14-30
Konteks33:14 Karena Allah berfirman s dengan satu dua cara, t tetapi orang tidak memperhatikannya. u 33:15 Dalam mimpi, v dalam penglihatan w waktu malam, x bila orang nyenyak tidur, y bila berbaring di atas tempat tidur, 33:16 maka Ia membuka telinga z manusia dan mengejutkan mereka a dengan teguran-teguran b 33:17 untuk menghalangi manusia dari pada perbuatannya, dan melenyapkan kesombongan c orang, 33:18 untuk menahan nyawanya dari pada liang kubur, d dan hidupnya dari pada maut oleh lembing. e 33:19 Dengan penderitaan f ia ditegur g di tempat tidurnya, dan berkobar terus-menerus bentrokan dalam tulang-tulangnya; h 33:20 perutnya bosan makanan, i hilang nafsunya untuk makanan yang lezat-lezat; j 33:21 susutlah dagingnya, sehingga tidak kelihatan lagi, tulang-tulangnya, k yang mula-mula tidak tampak, menonjol l ke luar, 33:22 sampai nyawanya menghampiri liang kubur, m dan hidupnya mendekati mereka yang membawa maut. n 33:23 Jikalau di sampingnya ada malaikat, penengah, o satu di antara seribu, untuk menyatakan jalan yang benar kepada manusia, p 33:24 maka Ia akan mengasihaninya dengan berfirman: Lepaskan dia, supaya jangan ia turun ke liang kubur; q uang tebusan telah Kuperoleh. r 33:25 Tubuhnya mengalami kesegaran s seorang pemuda, ia seperti pada masa mudanya. t 33:26 Ia berdoa kepada Allah, dan Allah berkenan menerimanya; u ia akan memandang wajah-Nya dengan bersorak-sorai, v dan Allah mengembalikan kebenaran w kepada manusia. 33:27 Ia akan bernyanyi di depan orang: Aku telah berbuat dosa, x dan yang lurus y telah kubengkokkan, tetapi hal itu tidak dibalaskan z kepadaku. 33:28 Ia telah membebaskan a nyawaku dari jalan ke liang kubur, b dan hidupku akan melihat terang. c 33:29 Sesungguhnya, semuanya ini dilakukan Allah dua, tiga kali d terhadap manusia: e 33:30 mengembalikan f nyawanya dari liang kubur, g sehingga ia h diterangi oleh cahaya hidup. i
Ayub 36:5-16
Konteks36:5 Ketahuilah, Allah itu perkasa, t namun tidak memandang hina apapun, u Ia perkasa dalam kekuatan akal budi. v 36:6 Ia tidak membiarkan orang fasik hidup, w tetapi memberi keadilan x kepada orang-orang sengsara; 36:7 Ia tidak mengalihkan pandangan mata-Nya dari orang benar, y tetapi menempatkan mereka untuk selama-lamanya z di samping raja-raja a di atas takhta, sehingga mereka tinggi martabatnya. 36:8 Jikalau mereka dibelenggu dengan rantai, b tertangkap dalam tali kesengsaraan, c 36:9 maka Ia memperingatkan mereka kepada perbuatan mereka, dan kepada pelanggaran mereka, karena mereka berlaku congkak, d 36:10 dan ia membukakan telinga e mereka bagi ajaran, f dan menyuruh mereka berbalik dari kejahatan. g 36:11 Jikalau mereka mendengar dan takluk, h maka mereka hidup mujur i sampai akhir hari-hari mereka dan senang j sampai akhir tahun-tahun mereka. 36:12 Tetapi, jikalau mereka tidak mendengar, maka mereka akan mati oleh lembing, k dan binasa dalam kebebalan. l 36:13 Orang-orang yang fasik hatinya m menyimpan kemarahan; n mereka tidak berteriak minta tolong, o kalau mereka dibelenggu-Nya; 36:14 nyawa mereka binasa di masa muda, p q dan hidup mereka berakhir sebelum saatnya. 36:15 Dengan sengsara r Ia menyelamatkan orang sengsara, s dengan penindasan t Ia membuka telinga mereka. u 36:16 Juga engkau dibujuk-Nya v keluar dari dalam kesesakan, ke tempat yang luas, w bebas dari tekanan, x ke meja y hidanganmu yang tenang dan penuh lemak. z
[5:17] 1 Full Life : MANUSIA YANG DITEGUR ALLAH.
Nas : Ayub 5:17-27
Elifas berpendapat bahwa jikalau Allah menegur seseorang dan orang itu menanggapinya dengan benar, maka Allah akan membebaskannya dari segala malapetaka.
- 1) Pikiran yang keliru ini ditentang oleh penulis surat Ibrani yang menyatakan bahwa beberapa dari tokoh iman PL yang terbesar dianiaya, menderita kekurangan, disiksa dan bahkan dibunuh; orang-orang benar ini tidak pernah mengalami kelepasan total dalam hidup ini (Ibr 11:36-39).
- 2) Alkitab sama sekali tidak mengajarkan bahwa Allah akan melenyapkan semua kesulitan dan penderitaan dari kehidupan kita. Orang saleh tidak senantiasa lolos dari kesulitan dalam hidup ini.