: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
5 November 1999

Hadiah untuk Anak-anak

Topik : -

Nats : Kami tidak hendak sembunyikan kepada anak-anak mereka, tetapi kami akan ceritakan kepada angkatan yang kemudian puji-pujian kepada TUHAN (Mazmur 78:4)
Bacaan : Mazmur 78:1-11

Setiap tahun orang Amerika membelanjakan hampir 24 miliar dollar untuk anak-anaknya. Sebagian besar uang itu memang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka, namun bermiliar-miliar sisanya dihabiskan untuk membeli "barang-barang" dalam iklan yang tak ada habisnya, seperti boneka Furbie, Barbie, Beanie, serta CD dan TV.

Salahkah kita bila membelanjakan uang sebanyak itu untuk anak-anak? Sulit untuk menjawabnya. Namun pertanyaan yang lebih sulit lagi ialah: Apakah para orangtua membelanjakan uang seperti itu supaya mereka tak perlu menyediakan waktu bagi anak-anak? Sebuah penelitian yang dilaporkan The Wall Street Journal memberi kesan demikian: Sebagian besar anak-anak berusia 10 dan 11 tahun di Amerika memiliki TV di kamar dan dapat menonton apa saja yang mereka inginkan.

Sebenarnya yang menjadi masalah bukanlah uang, melainkan alasan di baliknya. Apakah dengan uang itu para orangtua bermaksud memberi hiburan, memanjakan, dan membeli kasih sayang anak-anak mereka? Atau, maukah mereka mendidik anak-anak dalam kesalehan? Hal ini membutuhkan petunjuk yang cermat dari Alkitab.

Dibutuhkan waktu untuk mendidik orang muda (Amsal 22:6). Dibutuhkan ketekunan untuk mendisiplin anak. Dibutuhkan usaha untuk mengajarkan prinsip-prinsip Allah (Ulangan 4:9). Dibutuhkan hikmat untuk dapat bersikap adil (Efesus 6:4; Kolose 3:21). Dibutuhkan kerajinan untuk mengurus keluarga dengan baik (1 Timotius 3:12).

Untuk mengajarkan kebenaran dan prinsip-prinsip Alkitab dibutuhkan waktu, ketekunan, usaha, hikmat, dan kerajinan--itulah yang harus diberikan bagi anak-anak kita --JDB


As parents we must have this goal:
To teach our children self-control;
With firm and loving discipline
We'll keep them from the paths of sin. --DJD



TIP #20: Untuk penyelidikan lebih dalam, silakan baca artikel-artikel terkait melalui Tab Artikel. [SEMUA]
dibuat dalam 0.00 detik
dipersembahkan oleh YLSA