: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
17 Oktober 1999

Beri Pujian Bagi Dia

Topik : -

Nats : Siapakah yang seperti Engkau, di antara para allah, ya TUHAN (Keluaran 15:11)
Bacaan : Keluaran 15:1-18

Mungkin Anda belum pernah mengikuti ibadah penyembahan seperti yang dilakukan oleh bangsa Israel setelah mereka menyeberangi Laut Merah dengan selamat.

Bangsa itu baru saja menyaksikan bagaimana Allah menyelamatkan mereka dari kematian yang mengerikan. Mereka terdesak hingga ke tepi laut oleh serbuan bala tentara Firaun. Tanpa belas kasihan, para prajurit yang mengendarai kereta itu mengejar mereka (Keluaran 14:5-9). Dan, dalam kepanikan, orang-orang Israel berseru meminta tolong (ayat 10).

Lalu Tuhan membelah laut itu sehingga bangsa Israel dapat menyeberang di tanah kering (ayat 16,21-22). Namun tatkala orang-orang Mesir mencapai dasar laut, Allah membuat air berbalik menggulung mereka (ayat 28).

Pada saat itulah bangsa Israel bersorak merayakan keberhasilan mereka! Dengan penuh sukacita, orang-orang memuji Allah karena kekuatan-Nya dan penyelamatan yang dilakukan-Nya (Keluaran 15:2), kuasa-Nya (ayat 6), kebesaran-Nya (ayat 7), kekudusan-Nya (ayat 11), kasih setia, penebusan, dan bimbingan-Nya (ayat 13), serta kekekalan-Nya yang memerintah atas mereka (ayat 18). Karena itu dengan segenap hati mereka menyembah Allah yang menyelamatkan mereka.

Perhatikanlah sifat-sifat Allah yang dipuji bangsa Israel. Renungkanlah bagaimana karakter-Nya itu juga telah menjamah hidup Anda. Carilah cara untuk menghormati Dia dalam penyembahan. Allah yang membelah laut itu adalah juga Allah yang dapat membuka jalan bagi Anda. Berikanlah pujian Anda kepada-Nya! --JDB



TIP #24: Gunakan Studi Kamus untuk mempelajari dan menyelidiki segala aspek dari 20,000+ istilah/kata. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA