: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
4 Oktober 1998

Sampai Dia Datang

Topik : -

Nats : Perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku! (1Korintus 11:24)
Bacaan : 1Korintus 11:23-34

Mengapa Yesus memerintahkan agar para pengikut-Nya turut mengambil bagian dalam Perjamuan Tuhan atau Perjamuan Kudus? Karena Dia ingin agar kita mengenang kematian-Nya di kayu salib dan menantikan kedatangan-Nya yang kedua kali.

Saat memecah-mecahkan roti berabad-abad yang lalu, Yesus berkata, "Perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!" (1Korintus 11:24). Demikian pula saat mengambil cawan Dia berkata, "Perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!" (ayat 25).

Roti yang terpecah mengingatkan kita bahwa Pribadi yang kedua dari Allah Tritunggal "telah menjadi manusia, dan diam di antara kita" (Yohanes 1:14) supaya Dia dapat menanggung dosa-dosa kita melalui kematian-Nya di kayu salib (1Petrus 2:24). Cawan melambangkan darah yang telah dicurahkan-Nya "untuk pengampunan dosa" (Matius 26:28).

Oleh karena itu, kita harus berhati-hati agar tidak mengambil bagian dalam perjamuan ini "dengan cara yang tidak layak" (1 Korintus 11:27). Rasul Paulus mengungkapkan bahwa tiap-tiap orang harus "menguji dirinya sendiri dan baru sesudah itu ia makan roti dan minum dari cawan itu" (ayat 28). Tatkala berkumpul di sekeliling meja Perjamuan Kudus untuk mengenang pengurbanan Kristus bagi kita, kita harus menyelidiki hati dan mengakui dosa-dosa kepada Allah.

Kiranya kita yang mengenal Yesus Kristus sebagai Juruselamat mentaati perintah-Nya dan mengambil bagian dalam Perjamuan Tuhan dengan setia "sampai Dia datang" (ayat 26) RWD


Without the bread and sacred cup
I might forget the price
That You, Lord, paid so willingly --
The utmost sacrifice. --Anon.



TIP #13: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab dalam format PDF. [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA