: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Tata Tertib Jemaat | Tatnai | Tattenai | Taurat | Taurus | TAWARIKH, KITAB-KITAB | Teater | Tebah | Tebaliah | Tebalya | Tebe
Daftar Isi
ENSIKLOPEDIA: TAWARIKH, KITAB-KITAB

TAWARIKH, KITAB-KITAB

TAWARIKH, KITAB-KITAB [ensiklopedia]

I. Garis besar isi

I Taw

a. Silsilah-silsilah (1 Taw 1:1; 9:44)

Adam hingga Nuh (1 Taw 1:1-4); anak-anak Nuh hingga Yakub dan Esau (1 Taw 1:5-54); anak-anak Yakub; (i) Yahuda dan garis raja (1 Taw 2:1; 4:23); suku-suku yg lain (1 Taw 4:24; 8:40); (ii) Lewi (1 Taw 6:1-81); orang-orang yg kembali dari pembuangan dan pembagian tugas di Bait Allah (1 Taw 9:1-34); Saul (1 Taw 9:35-44).

b. Perbuatan perbuatan Daud (1 Taw 10:1; 29:30)

(i) Daud dijadikan raja. Kematian Saul (1 Taw 10:1-14); Daud dinobatkan (1 Taw 11:1-3); merebut Yerusalem (1 Taw 11:4-9); para pendukung utama Daud dan 'pahlawan-pahlawannya yg gagah perkasa' (1 Taw 11:10-47); sebelum penobatannya (1 Taw 12:1-22); setelah penobatannya (1 Taw 12:23-40).

(ii) Perbuatan-perbuatan agamawi Daud. Usaha yg gagal untuk mengangkut tabut (1 Taw 13:1-14); pimpinan dalam pertempuran (1 Taw 14:1-17); pengangkutan tabut ke Yerusalem (1 Taw 15:1-29); peresmian tabut (1 Taw 16:1-43); janji kepada keturunan Daud (1 Taw 17:1-27).

(iii) Kemenangan-kemenangan di luar negeri. Bangsa Filistin, Moab, Zoba, Aram, Edom (1 Taw 18:1-17); Amon (1 Taw 19:1-20:3); Filistin (1 Taw 20:4-8).

(iv) Organisasi dalam negeri. Sensus (1 Taw 21:1-30); persiapan bagi pembangunan Bait Allah (1 Taw 22:1-19); para imam dan Lewi (1 Taw 23:1; 26:28); pejabat-pejabat lainnya (1 Taw 26:29; 27:34).

(v) Ucapan selamat tinggal Daud Kepada para pemimpin (1 Taw 28:1-8); kepada Salomo (1 Taw 28:9-21); kepada semua rakyat (1 Taw 29:1-5); penyerahan persembahan-persembahan (1 Taw 29:6-21); Daud dan Salomo (1 Taw 29:22-30).

II Taw

a. Pemerintahan Salomo (2 Taw 1:1; 9:31)

Peneguhannya dalam kerajaan (2 Taw 1:1-17); pembangunan Bait Allah (2 Taw 2:1; 5:1); pembawaan masuk tabut Allah (2 Taw 5:2-14); persembahan dan doa (2 Taw 6:1; 7:22); kemuliaan Salomo di dalam dan di luar negeri (2 Taw 8:1; 9:31).

b. Raja-raja Yehuda (2 Taw 10:1; 36:23)

Rehabeam (2 Taw 10:1; 12:16); Abia (2 Taw 13:1-22); Asa dan pembangunan (2 Taw 14:1; 16:14); Yosafat dan pembangunan (2 Taw 17:1; 20:37); Yoram (2 Taw 21:1-20); Ahazia (2 Taw 22:1-9); Atalya merebut takhta (2 Taw 22:10-12); Yoas dan pembangunan (2 Taw 23:1; 24:27); Amazia (2 Taw 25:1-28); Uzia (2 Taw 26:1-23); Yoram (2 Taw 27:1-9); Ahas (2 Taw 28:1-27).

Hizkia, pembangunan dan keajaiban luputnya Yerusalem (2 Taw 29:1; 32:33); Manasye (2 Taw 33:1-20); Amon (2 Taw 33:21-25); Yosia dan pembangunan (2 Taw 34:1; 35:27); Yoahas (2 Taw 36:1-4); Yoyakim (2 Taw 36:5-8); Yoyakhin (2 Taw 36:9, 10); Zedekia (2 Taw 36:11, 21).

c. Bagian akhir

Terbuang dan kembali (2 Taw 36:22, 23).

II. Penulis dan tarikh

Menurut tradisi Yahudi kedua Taw ditulis oleh Ezra. Beberapa alasan yg mendukung pandangan ini diberikan oleh W. F Albright di JBL 40, 1921, hlm 104-124. Tiada alasan mengapa tarikhnya harus ditempatkan pada zaman yg lebih kemudian daripada bagian akhir abad 5 sM. Hubungan antara akhir Taw dan awal Ezr, dan juga pangkal pemikiran umum Kitab-kitab itu, memberi kesan bahwa Taw, Ezr dan Neh dimaksudkan sebagai satu kitab.

Mereka yg mengatakan bahwa Ezra datang di Yerusalem setelah thn 400 sM (*EZRA) tentu mengatakan bahwa tarikh penulisan seluruh kitab itu terjadi lebih kemudian. Bukti tambahan bagi penulisan pada abad 4 dicari dalam nama-nama yg terdapat di daftar-daftar silsilah. Demikianlah 1 Taw 3:19-24 mencatat nama-nama keturunan Zerubabel sampai keturunan ke-6 (LXX sampai yg ke-11), dan tarikh Zerubabel ialah 520 sM. Daftar para imam besar di Neh 12:22 ditulis sampai Yadua, yg menurut Yosefus hidup pada zaman Iskandar Agung, yg meninggal pada thn 323 sM. Kenyataan-kenyataan ini telah ditolak (ump oleh E. J Young, Introduction to the Old Testament, hlm 303), tapi jika benar, kenyataan-kenyataan itu tidak menggeser tarikh yg lebih dini dari kitab-kitab itu pada umumnya, karena para penyalin akan cenderung membuat catatan-catatan samping untuk membuat daftar-daftar yg penting menjadi berlaku.

III. Sumber-sumber kitab itu

Penulis Taw menunjuk kepada bermacam-macam tulisan yg berisi pemberitahuan lebih lanjut tentang sejarah. Sekalipun ia tidak mengatakan bahwa ia sendiri memakainya, tentu cukup wajar menyimpulkan bahwa ia memang berbuat demikian. Dokumen-dokumen dapat dibagi menjadi dua kelompok.

a. Kitab-kitab yg disebut ialah 'kitab-kitab raja-raja Yehuda dan Israel' (2 Taw 16:11; 25:26; 28:26; 32:32), 'kitab raja-raja Israel dan Yehuda' (2 Taw 27:7; 35:27; 36:8), 'kitab raja-raja Israel' (2 Taw 33:18). Kesamaan umum nama-nama kitab-kitab itu memberi kesan, bahwa yg dimaksud ialah suatu kumpulan lengkap catatan-catatan, dan mungkin 2 Taw 24:27 merujuk lebih lanjut kepada Kitab ini. Di situ disebut tentang 'cerita (midrasy) kitab raja-raja'. Catatan ini mungkin menjadi sejarah resmi para raja, yg juga sering ditunjuk dalam 1 dan 2 Raj (1 Raj 14:19 dab). Penulis Taw agaknya menggali langsung sumber-sumber sejarah ini, sebagai tambahan kepada ringkasan-ringkasan yg telah dibuat dari catatan-catatan itu oleh para penulis Raj, dan beberapa dari pemberitahuan tambahan dalam Taw agaknya datang dari mereka.

b. Tulisan-tulisan yg dihubungkan dengan nabi-nabi tertentu. Bagi pemerintahan Daud kata-kata Samuel, Natan dan Gad (1 Taw 29:29); bagi Salomo kata-kata Natan, nubuat Ahia dan penglihatan-penglihatan Ido (2 Taw 9:29); bagi Yosafat riwayat Yehu (2 Taw 20:34), bagi Rehabeam kata-kata Semaya dan Ido (2 Taw 12:15); bagi Abia cerita (midrasy) Ido (2 Taw 13:22); bagi Manasye kata-kata Hozai (2 Taw 33:19) (kata khozim oleh LAI diterjemahkan 'para pelihat'). Juga ada dua rujukan kepada Yesaya. Dikatakan bahwa ia menulis riwayat Uzia, yg pertama dan yg terakhir (2 Taw 26:22). Demikianlah juga dikatakan bahwa sisa riwayat Hizkia ditulis dalam penglihatan nabi Yesaya dalam kitab raja-raja Yehuda dan Israel (2 Taw 32:32). Ungkapan terakhir ini dapat dihubungkan dengan apa yg dikatakan mengenai riwayat Yehu di 2 Taw 20:34, bahwa semuanya itu tertulis (ho'ala) di dalam kitab raja-raja Israel. Semuanya ini memberi kesan bahwa nabi-nabi menulis catatan-catatan tentang zamannya, barangkali dalam bentuk penafsiran yg diberikan Allah atas raja-raja dan penafsiran moral dan rohani atas sejarah. Agaknya mereka bertanggung jawab atas bagian-bagian sejarah yg ditulis dalam gaya Ul.

Sebagai tambahan bagi sumber-sumber yg telah disebut, kita harus menganggap bahwa penulis Taw boleh menggunakan catatan-catatan, daftar-daftar dan silsilah-silsilah yg dimiliki Bait Allah, dan bahwa pemberitahuan-pemberitahuan yg diberikan tentang imam-imam, para orang Lewi dan organisasi Bait Allah bukan khayalan, tapi diambil dari dokumen-dokumen yg diturunkan dengan cara yg sama dengan kitab-kitab sejarah yg resmi.

IV. Pendirian penulis Taw

Penulis Taw bermaksud supaya sejarahnya menjadi tambahan bagi dokumen-dokumen lain yg telah ada. Perhatiannya dicurahkan kepada kebangkitan dan kejatuhan wangsa Daud, Bait Allah dan kultusnya, para imam dan orang-orang Lewi yg melayani Bait Allah. Riwayat-riwayat manusiawi yg berkaitan dengan kesukaran-kesukaran keluarga Daud ditiadakan, tapi banyak diceritakan tentang karya Daud peri pengaturan-pengaturan kultus, mengikuti hukum-hukum Musa dalam apa yg disebut oleh ahli-ahli modern 'kitab peraturan imamat'. Seorang ahli sejarah gereja tentu menguraikan banyak informasi yg segar yg tidak diceritakan oleh ahli sejarah yg menulis dari sudut pandang yg berbeda.

Ada perbedaan-perbedaan tertentu antara pernyataan-pernyataan dalam Taw dan pernyatan-pernyataan yg sejajar dalam Sam dan Raj. Di beberapa tempat naskah Taw mempunyai bacaan yg telah rusak dalam Sam dan Raj. Demikianlah 1 Taw 20:5 lebih mungkin benar mengenai kematian saudara Goliat daripada 2 Sam 21:19, seperti yg ditunjukkan oleh tafsir-tafsir, berisi dua kerusakan ay yg jelas. Di tempat-tempat lain penulis Taw bersandar kepada informasi tambahan. Demikianlah jumlah uang yg lebih besar yg dibayar Daud sesuai 1 Taw 21:25, jika dibandingkan dengan 2 Sam 24:24 kiranya menunjukkan jumlah yg terakhir, yg ditunjukkan dalam catatan-catatan Bait Allah, yg telah dibayar bagi seluruh tempat Bait Allah, padahal dalam 2 Sam ditunjukkan jumlah yg langsung dibayarkan bagi tempat pengirikan dan lembu-lembu. Ada keanekaan dalam angka-angka, tapi kita tahu dari keanekaan yg sama dalam LXX betapa sulit untuk meneruskan angka-angka secara teliti dalam penyalinan naskah-naskah. Ada juga perlunya penelitian lebih lanjut terhadap anti huruf huruf mati 'lp, yg diterjemahkan 'ribuan', sebab huruf-huruf itu di tempat-tempat tertentu menunjuk kepada kesatuan-kesatuan dari bermacam-macam ukuran atau pemimpin-pemimpin kesatuan. (Lih RED Clark, 'The Large Numbers of the Old Testament', JT 6, 87, 1955.)

KEPUSTAKAAN. E. L Curtiss dan A. A Madsen, ICC, 1910; G Gerleman, Studies in the LXX, 2 Chronicles, 1946; C. C Torrey, The Chronicler's History of Israel, 1954; P. R Ackroyd, I II Chronicles, Ezra, Nehemiah, TBC, 1973; J. M Myers, Int 20, 1966, hlm 259-273; D. N Freedman, CBO 23, 1961, hlm 436-442; H. G. M Williamson, Israel in the Books of Chronicles, 1977, dengan kepustakaan yg lengkap. JSW/JEG/HH/HAO




TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA