: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Omega | Omri | On | Onam | Onan | Onesimus | Onesiphorus | Ono | Ophel | Ophir | Ophni
Daftar Isi
GAMBAR: Onesimus
GREEK: 3682 Onhsimov Onesimos
BARCLAY: 3682
KECIL: Onesimus
BIOTOKOH PB: ONESIMUS
BROWNING: ONESIMUS
ENSIKLOPEDIA: ONESIMUS

Onesimus

Dalam versi-versi Alkitab:

Onejsimus: LDKDR
Onesimoes: KL1863 KL1870
Onesimus: BABA BIS ENDE FAYH SBDR TB TL WBTCDR
berfaedah. Kolose 4:9

Gambar

Onesimus: selebihnya..
Topik: Tychicus and Onesimus

Yunani

Strongs #3682: Onhsimov Onesimos

Onesimus = "profitable or useful"

1) a Christian slave of Philemon

3682 Onesimos on-ay'-sim-os

from 3685; profitable; Onesimus, a Christian: KJV -- Onesimus.
see GREEK for 3685

[Barclay]

Strongs #3682:

ou [maskulin] Onesimus (Kol 4.9: Flm 10)

Onesimus [kecil]

KS.- [PB] Kol 4:9; File 1:10

ONESIMUS [biotokoh pb]

Disebut pertamaKolose 4:9
Namanya disebut2 X
Kitab yang menyebutKolose dan Filemon.
PekerjaanBudak
Terakhir disebutFilemon 10
Fakta pentingDia adalah seorang budak pelarian, yang oleh Paulus dibawa kepada Tuhan, dan mengirim kembali kepada tuannya.
Ringkasan
  1. I. Seruan dan pembelaan Paulus.
  2. Paulus mengajukan permintaan kepada Filemon, mengenai anak didapat sebagai ia dalam penjara, yaitu Onesimus. Filemon 10
    1. A. Latar belakang permintaan Paulus.
    2. Onesimus seorang budak yang tidak menguntungkan tuannya, Filemon, dan melarikan diri ke Roma, kemudian oleh Paulus dibawa kepada Tuhan. Atas permintaan Paulus, agar ia diterima sebagai saudara dalam Kristus.
    3. B. Dasar dari permintaan Paulus.
    4. Paulus mendaftar tiga alasan bagaimana Filemon sebaiknya mengampuni Onesimus.
      1. 1. Pengampunan untuk kepentinganmu.
      2. "Dahulu memang dia tidak berguna bagimu, tetapi sekarang sangat berguna baik bagimu maupun bagiku. Sebab mungkin karena itulah dia dipisahkan sejenak Bari padamu, supaya engkau dapat menerimanya untuk selama-lamanya. Filemon 11,15
      3. 2. Pengampunan untuk kepentingannya.
      4. "Bukan lagi sebagai hamba, melainkan lebih dari pada hamba, yaitu sebagai saudara yang kekasih, bagiku sudah demikian, apa lagi bagimu, baik secara manusia maupun di dalam Tuhan. Filemon 16
      5. 3. Pengampunan untukku.
      6. Tetapi mengingat kasihmu itu, lebih baik aku memintanya dari padamu. Aku, Paulus, yang sudah menjadi tua, lagi pula sekarang dipenjarakan karena Kristus Yesus. Kalau engkau menganggapnya aku temanmu seiman, terimalah dia seperti aku sendiri. Filemon 9,17
  3. II. Jaminan dan janji Paulus.
  4. Dan kalau dia sudah merugikan engkau ataupun berhutang padamu, tanggungkanlah semuanya itu kepadaku, aku, Paulus, menjaminnya dengan tulisan tanganku sendiri: Aku akan membayarnya. Filemon 18-19

ONESIMUS [browning]

Seorang budak yang melarikan diri dari pemiliknya, yaitu *Filemon dan mencari perlindungan pada Paulus yang kemudian menuliskan surat, memohon agar Filemon memperlakukan Onesimus dengan baik. Dari surat kepada Filemon itu, ayat 10, agaknya Onesimus menjadi orang Kristen yang percaya, dan lebih kemudian lagi bahkan menjadi pemimpin Gereja Kristen (Kol. 4:9). Perkiraan ilmiah mengatakan bahwa Onesimus menjadi uskup di *Efesus dan bahwa di situlah ia mengumpulkan surat-surat Paulus yang ada dan menuliskan sendiri Surat Efesus sebagai pengantar ke dalam kumpulan surat-surat Paulus itu.

ONESIMUS [ensiklopedia]

Hamba pelarian milik Filemon, seorang Kristen berpengaruh di Kolose. Onesimus berkenalan dengan Paulus waktu Paulus tertawan di Roma atau Efesus (yg mana yg dipilih, tergantung pada pendapat ttg tempat Paulus sewaktu menulis Kol). Dia bertobat karena Paulus (Flm 10), dan menjadi saudara setia yg dikasihi (Kol 4:9). Namanya, yg artinya 'berguna', adalah suatu nama yg lazim untuk hamba-hamba, kendati tidak terbatas hanya untuk mereka saja. Dia hidup sesuai namanya dengan berkelakuan begitu penolong bagi Paulus, sehingga Paulus ingin menahan dia untuk melayaninya. Paulus tahu bahwa Filemon juga mempunyai keinginan yg sama (Flm 13). Tapi rasul itu tidak mau bertindak tanpa persetujuan Filemon, karena itu dia mengembalikan Onesimus kepada pemilik semula dengan surat pengantar -- yg dalam Alkitab dikenal sebagai Surat Paulus kepada Filemon.

Dalam surat ini Paulus bermain kata menggunakan nama hamba itu dengan menggambarkannya sebagai 'dahulu memang dia tidak berguna bagimu, tetapi sekarang sangat berguna baik bagimu maupun bagiku'; dan mengisyaratkan, secara sopan tapi terang, bahwa dia mengharapkan Filemon menerima Onesimus 'kembali untuk selama-lamanya, bukan lagi sebagai hamba, melainkan lebih daripada hamba, yaitu sebagai saudara yg kekasih, bagiku sudah demikian, apalagi bagimu, baik secara manusia maupun sebagai orang Kristen' (Flm 15, 16 dlm TBI, '...maupun di dalam Tuhan'). Namun Paulus mengakui, bahwa menyuruh dia kembali adalah sama dengan kehilangan sebagian dirinya sendiri (Flm 12).

Penyebutan nama Onesimus adalah salah satu mata rantai yg menghubungkan Kol dan Flm, dan memperlihatkan bahwa kedua surat itu dikirim dari tempat yg sama pada waktu yg sama. Beberapa ahli berpendapat bahwa Onesimus yg dikenal oleh Ignatius dan yg dia gambarkan dalam Surat kepada jemaat Efesus sebagai 'seorang pengasih yg tak terkatakan dan uskup kamu', adalah hamba pelarian itu. Hipotesa ini, biarpun tidak mustahil, tidak mungkin berdasarkan pertimbangan kronologis. Pertimbangan itu justru menjadi alasan, kenapa Filemon dipertahankan sebagai kitab kanonis. Sebaliknya, hubungannya yg erat dengan Kol dan pentingnya keterangan yg diberikannya mengenai perlakuan Kristen terhadap hamba, memberikan alasan-alasan yg memadai untuk kanonitasnya. *FILEMON.

KEPUSTAKAAN. P. N Harrison, ATR 32, 1950, hlm 268294. E. J Goodspeed, INT, 1937, hlri 109-124, dan J Knox, Philemon among the Letters of Paul, 1959, mengemukakan teori baru yg rumit mengenai Onesimus. R. P Martin, Colossians and Philemon, NCB, 1974, mengritik teori itu. RVGT/RPM/AL/HAO

[+] Bhs. Inggris



TIP #19: Centang "Pencarian Tepat" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab tanpa keluarga katanya. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA