Daftar Isi
GAMBAR: Esau
HAAG: Esau
KECIL: Esau
TOKOH: Esau /Edom
BIOTOKOH PL: ESAU
BROWNING: ESAU
ENSIKLOPEDIA: ESAU

Esau

Dalam versi-versi Alkitab:

Esaf: KL1863 TL
Esap: KL1870 SBDR TL
Esau: BIS ENDE FAYH TB WBTCDR
Isu: BABA
Xejsaw: LDKDR
berbulu-bulu. Kej 25:25.

Gambar

Esau: selebihnya..
Topik: Esau Rejected; Esau Sent to Hunt; Portraits of Esau
Peta Google: Esau (30° 44´, 35° 36´);

Esau [haag]

Esau. (Bhs. Ibr.: kasar, berrambut).

Seorang putera Ishak dengan Ribka. Saudara kandung lebih tua dari --> Yakub (Kej 25:19-26 kelahiran; Kej 25:27-34 penjualan --> hak anak sulung; 27 penerimaan berkat dengan cara licik; 32-33 berbaik kembali antara kedua saudara kandung itu). Dalam tradisi Yahwe di Isr.-timur secara --> eponimis ~E mewakili para pemburu dan YAkub mewakili para gembala. Meskipun hubungan antara ~E dengan --> Edom itu merupakan sebuah kombinasi sekunder, tetapi hubungan itu tetap terus dilanjutkan (Yer 49:8-10; Ob 6,9,18; Mal 1:2-3). -- Cerita tentang ~E dinyatakan dalam PB sebagai bukti pemilihan rakhmat yang bebas oleh Allah (Rom 9:10-13). Sebaliknya Ibr 12:16-17 mengecamnya sebagai egoistis sesuai dengan ungkapan-ungkapan aliran para rabi.

Esau [kecil]

KS.- [PL] Kej 25:21-26; 27:1-41; 32:3-33:16; 35:29; Ul 2:4-22; Ob 1:8,9,19,21; Mal 1:2-3
[PB] Rom 9:13; Ibr 11:20

Esau /Edom [tokoh]

Esau /Edom

Anak sulung Ishak; kembar Yakub (Kej 25:21-26).

Juga dipanggil Edom (Kej 25:30).

Menjual hak kesulungan kepada adiknya Yakub (Kej 25:29-34); kehilangan berkat ayahnya (dalam Kej 27:1-46).

Nikah dengan orang Het (Kej 26:34).

Orang-orang Ismael (Kej 28:6-9).

Menaruh dendam kepada Yakub (Kej 27:41).

Berbaik kembali dengan Yakub (dalam Kej 33:1-20).

Silsilah (Kej 36:1-19).

Tuhan memilih Yakub (Mal 1:2-3), tetapi memberi tanah kepada Esaf (Ul 2:2-12).

Keturunan-keturunan akhirnya lenyap (Ob 1:1-21; Yer 49:7-22).

ESAU [biotokoh pl]

Arti nama:BERBULU, BANYAK BULUNYA
AyahIshak - Kejadian 25:21-25
IbuRibka - Kejadian 25:21-25
IstriYudit dan Basyemat - Kejadian 26:34
Anak laki-lakiElifas, Rehuil, Yunhus, Yalam dan Korah - Kejadian 36:4-5, 1 Tawarikh 1:35
Saudara laki-lakiYakub - Kejadian 25:26
KeturunanDoeg - Kejadian 36:43, 1 Samuel 22:18
Disebut pertamaKejadian 25:25
Namanya disebut76 kali
Kitab yang menyebut6 buku : Kejadian, Yosua, 1 Tawarikh, Maleakhi, Roma, Ibrani.
PekerjaanPenggembala domba
Terakhir disebutIbrani 12:16
Fakta pentingIA SAUDARA KEMBAR YAKUB DAN AYAH EDOM (KEJADIAN 25:26,36:34)

ESAU [browning]

Anak tertua *Ishak dan *Ribka (Kej. 25:26), yang menyerahkan hak warisnya kepada *Yakub, sehingga Yakub dianggap sebagai leluhur umat Israel (Kej. 32:28), sementara Esau dianggap sebagai leluhur bangsa *Edom (Kej. 36:9). Dongeng rakyat mengenai tokoh-tokoh ini mencerminkan hubungan historis antara umat Israel dan bangsa Edom.

ESAU [ensiklopedia]

Yg tertua dari anak kembar Ishak (Kej 25:21-26). Hubungannya dengan adiknya, Yakub, ialah pokok cerita dalam Kej 25:27-34; 27:1 dab; 32:3-12; 33:1-16. Esau anak kesayangan ayahnya, Ishak, yg berniat menyampaikan kepadanya berkat yg merupakan hak anak sulung (Kej 27:1 dab). Tapi keunggulan Yakub atas kakaknya itu, yg sudah dikemukakan sebelum mereka lahir dan pada saat kelahiran mereka (Kej 25:21-26), dan secara tidak disadari disahihkan oleh Ishak yg sudah tua itu (Kej 27:22-29, 33-37) akhirnya tegak kukuh.

Perilaku Yakub yg bermuka dua, tokoh leluhur Israel itu, menjadi akar dendam kesumat yg keji, yg mencolok mewarnai hubungan Israel dengan Edom, yg bapak leluhurnya ialah Esau. Contoh-contoh dari permusuhan orang Israel dan' orang Edom terdapat dalam Bil 20:18-21; 1 Raj 11:14 dab; Mzm 137:7; dll.

Makna utama dari rujukan Alkitab akan Esau terletak dalam arti teologis yg diberikan kepada penolakannya, walaupun ia mempunyai hak anak sulung. Alkitab menerangkan bahwa Tuhan membenci Esau dan mengasihi Yakub (Mal 1:2 dab; Rm 9:13). Esau melambangkan orang yg tidak dipilih Allah, Yakub melambangkan orang yg dipilih Allah. Dasar pemilihan Allah ini bukanlah sesuatu perbedaan dalam hidup dan sifat Yakub dan Esau, karena Yakub dipilih sebelum dia dan kakaknya lahir. Dan rasa benci dan kasih Allah pun tidak mungkin menjadi dasar pemilihan Allah,; sebab jika demikian halnya maka pemilihan Allah akan bergantung pada bualan hati-Nya yg tak semena-mena. Kita hanya dapat berkata bahwa Allah dalam kedaulatan-Nya memilih seseorang menjadi sarana kasih karunia-Nya: mengapa Ia memilih yg satu dan bukan yg lain, tidak diketahui manusia.

Dalam Ibr 12:16 dab Esau melambangkan orang-orang yg melepaskan harapan mereka akan kemuliaan, demi hal-hal yg dapat dilihat tapi fana. JGSST/MHS

[+] Bhs. Inggris



TIP #14: Gunakan Boks Temuan untuk melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap kata dan ayat yang Anda cari. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA