Daftar Isi
BROWNING: BET-SEAN
ENSIKLOPEDIA: BET-SEAN

Beth-Shean

Dalam versi-versi Alkitab:

Bait-Sean: TL
Bet-Sean: BIS FAYH TB

BET-SEAN [browning]

Situs kuno dengan posisi yang sangat berpengaruh di antara Lembah Yizreel dan *Yordan, yang dari penggalian terlacak adanya pengaruh kuat Mesir. Pada waktu masuk *Kanaan di bawah pimpinan *Yosua, umat Israel gagal merebut kota ini (Hak. 1:27), yang kemudian hari diambil oleh bangsa *Filistin. Namun, akhirnya kota itu menjadi kota Israel selama ditaklukkan *Daud. Daerah itu kaya dengan padi-padian. Kepala daerah *Basan, salah satu dari dua belas kepala daerah *Salomo, diharuskan menjamin makanan istana (1Raj. 4:12). Pada periode Helenis dan periode Romawi kota ini disebut Skitopolis, dan merupakan ibu kota Dekapolis (bnd. Mrk. 7:31), terletak di sebelah barat Sungai *Yordan. Penggalian-penggalian besar atas kota itu tetap dilakukan.

BET-SEAN [ensiklopedia]

Kota di pertemuan lembah Yizreel dan lembahS Yordan. Dalam Alkitab namanya bet sye'an (Yos 17:11, 16; Hak 1:27; 1 Raj 4:12; 1 Taw 7:29) dan bet syan (1 Sam 31:10, 12; 2 Sam 21:12), tapi tidak diragukan lagi bahwa kedua nama itu menunjuk pada satu tempat. Nama itu sekarang diabadikan oleh desa Beisan, dekat dengan Tell el-Hosn, tempat kota lama yg telah digali di bawah pimpinan C. S Fisher (1921-1923), A Rowe (1925-1928) dan G. M Fitzgerald (1930-1933).

Meskipun penyelidikan yg teliti telah dilakukan dan menemukan desa-desa dari milenium ke-4 dan sebuah kota Kanaan besar yg penting dari Zaman Perunggu pertama, penggalian-penggalian utama dilakukan lagi pada sembilan lapisan atas wilayah itu pada abad 14 sM sampai zaman Islam. Selama kurun waktu yg terpanjang dari zaman ini. Bet-Sean adalah kota Mesir terdepan yg kuat. Pada abad 15 Tuthmosis III mengatakan bahwa kota ini ada di bawah kekuasaannya (tulisan-tulisan yg memuat namanya ditemukan di sana) dan pada abad berikutnya salah satu dari Surat-surat Amarna menceritakan tentang pasukan bantuan yg dikirim ke benteng bit-sa-a-ni bagi Mesir. Lapisan yg paling tua (IX) mungkin dari abad ini (lapisan-lapisan telah ditetapkan kembali waktunya berdasarkan pecahan-pecahan periuk, karena penanggalan pertama dari para penggali mendasarkan hitungan pada kaidah-kaidah yg kurang pasti), dan di sini suatu kuil, yg luas yg dipersembahkan kepada'Mekal, Tuan (Ba'al) dari Bet-shan', telah dibebaskan dari timbunan. Di dalamnya ditemukan sisa-sisa dari sapi persembahan yg umurnya 3 thn.

Lapisan VIII agak tidak penting, waktunya kira-kira mulai pada akhir abad 14, tapi pada waktu ini Setos (Seti) I berusaha untuk memperbaiki kekuasaan Mesir dan Asia, yg sebagian besar telah hilang di bawah raja-raja terakhir dari wangsa 18, dan pada thn pertama ia menduduki Bet-Sean. Dua tiang berukir dari kerajaannya telah ditemukan di sana. Satu di antaranya menceritakan bahwa ia bertempur di dekatnya dengan 'pr. w: (*IBRANI, ORANG)..

Lapisan VII (kr abad 13) memuat suatu kuil dan di sini didapati satu tiang berukir dengan gambar seorang dewi, kepalanya berhiaskan dua tanduk, dan di lapisan VI juga ditemukan suatu kuil yg serupa. Lapisan ini mungkin dari abad 12, zaman Rameses III yg arcanya terdapat di sana, dan penemuan dalam kuburan kota berupa peti-peti tanah liat berbentuk antropoid dari orang-orang Filistin, menyarankan perkiraan bahwa mereka ditempatkan oleh Rameses di sana sebagai pasukan garnisun. Tidak lama sebelum ini bangsa Israel datang di Palestina, dan Manasye, yg diberi wilayah Bet-Sean (Yos 17:11), menganggap wilayah itu terlalu luas untuk diduduki (Yos 17:16; Hak 1:27). Akibatnya wilayah itu tetap di tangan musuh sampai waktu Daud. Pentingnya peranan kota ini pada zaman itu nampak dari acuan Alkitab xg menyebutnya sebagai Bet-San dan 'putri-putrinya' (yaitu desa-desa yg di bawah kuasanya). Kota itu masih di tangan Filistin pada zaman Saul, sebab di atas tembok-temboknya tubuh Saul dan putra-putranya digantung, dan dari sini orang-orang Gilead mengambil mereka (1 Sam 31:10, 12).

Di lapisan V (kr abad 11) ditemukan 2 kuil, satu (yg di selatan) dipersembahkan kepada dewa Resef, dan yg satu, lagi kepada dewi Antit. Rowe mengusulkan bahwa kedua kuil itu adalah Dagon dan Asterot di mana kepala dan baju perang Saul ditempatkan oleh orang Filistin (1 Taw 10:10; 1 Sam 31:10). Bet-Sean pasti jatuh kepada bangsa Israel pada zaman Daud, dan penggalian-penggalian memberikan sedikit bahan (lapisan IV) dari waktu itu sampai zaman Helenis (lapisan III).. Pernah dikatakan bahwa kota ini dan wilayah sekitarnya. ('segala dari Bet-Sean', kolbet sye 'an) termasuk dalam daerah administratif kelima Salomo (1 Raj 4:12), dan pada zaman pemerintahan Rehabeam (1 Raj 14:25) Sisak mengatakan daerah itu rampasannya. Kota ini dibangun lagi sebagai pusat Helenis Scythopolis dan kemudian menjadi bagian dari Dekapolis.

KEPUSTAKAAN. A Rowe, Beth-shan I, The Topography and History of Beth-shan, 1930; II, i, The Four Canaanite Temples of Beth-shan, 1940; lih juga G. E Wright, AJA 45, hlm 483-485; G. M Fitzgerald, Bethshan, 2.ii,. 1930; 3, 1931 The Ladder of Progress in Palestine, 1943, hlm 151-170; ANET, hlm 242, 249, 253; J Knudtzon, Die El-Amarna Tafeln, I, 1907, hlm 874, 875, No. 289, 20; 2, 1915, hlm 1343 (= ANET, hlm 489); W. F Albright, 'The Smaller Bethshan Stele of Sethos I' (1309-1290 sM), BASOR 125, 1952, hlm 24-32; G Posener dalam. J Bottero, Le Probleme des Habiru, 1954, hlm 168 (= ANET, hlm 255); G. E Wright, BA 22, 1959, hlm 53-56, 65; tentang peti mayat antropoid, lih G. M Fitzgerald, dalam AOTS, hlm 185-196; EAEHL 1, hlm 207-229. TCM/RS




TIP #15: Gunakan tautan Nomor Strong untuk mempelajari teks asli Ibrani dan Yunani. [SEMUA]
dibuat dalam 0.06 detik
dipersembahkan oleh YLSA