Daftar Isi
GREEK: 490 Antioceia Antiocheia 491 Antioceuv Antiocheus
YOPPI: 490
BARCLAY: 490 491
HAAG: Antiokhia
KECIL: Antiokhia
BROWNING: ANTIOKHIA

Antiokhia

(1) dinamakan sebagai penghormatan kepada Antiokhus (secepat kereta perang), Kis 6:5; (2) ibukota Syria di Zaman raja-raja Yunani; letak di pegunungan Libanon; sesudah Yerusalem jatuh, menjadi kota yang paling bersejarah di Zaman Rasuli; sidang Jemaat pertama yang terdiri dari orang-orang kafir terbentuk di sana, Kis 11:10-26; disanalah mereka disebut untuk pertama kalinya orang-orang Kristen; kota ini didirikan oleh Seleucus Nicator Th. 300 D.K. dan mempunyai penduduk yang amat banyak serta menjadi kota indah karena bentuk bangunan dan keindahan alam. (3) kota yang ditanah Pisidia, didirikan juga oleh Nicator. Kis 13:14; dari sinilah terjadi permulaan penganiayaan yang amat kejam dan ngeri atas diri Paulus dan pengejaran terus berlaku ke seluruh Asia Kecil. Kis 14.
NETBible Maps:
JP1 F2
JP2 F2
JP3 F2
JP4 F2
Indo10 H3
Indo11 E3
Indo9 C1
NT2 D2

Peta Google: Antiokhia (1) (36° 12´, 36° 9´); Antiokhia (2) (38° 18´, 31° 10´);
OpenBible: (Flickr/Panoramio) Antiokhia (1)Antiokhia (2)

Yunani

Strongs #490: Antioceia Antiocheia

Antioch = 'driven against"

1) Capital of Syria, situated on the river Orontes, founded by
Seleucus Nicanor in 300 B.C. and named in honour of his
father, Antiochus. Many Greek-Jews lived there and it was here
that the followers of Christ were first called Christians.
2) A city in Pisidia on the borders Phrygia, founded by Seleucus
Nicanor. Under the Romans it became a "colonia" and was also
called Caesarea

490 Antiocheia an-tee-okh'-i-ah

from Antiochus (a Syrian king); Antiochia, a place in Syria: KJV -- Antioch.

Strongs #491: Antioceuv Antiocheus

1) an Antiochian, a native of Antioch

491 Antiocheus an-tee-okh-yoos'

from 490; an Antiochian or inhabitant of Antiochia: KJV -- of Antioch.
see GREEK for 490

[Yoppi]

Strongs #0490:

Antiokhia

[Barclay]

Strongs #490:

av [feminin] Antiokhia: (1) di Siria; (2) di Pisidia

Strongs #491:

ewv [maskulin] orang Antiokhia

Antiokhia [haag]

Antiokhia.

Dalam Kitab Suci (??) ada dua buah kota yang diberi nama demikian.

  1. (1) ~A. di Siria pada bagian hilir sungaiOrontes. Didirikan oleh Seleukus I Nikator pada tahun 300 seb. Mas. Sebuah kota perdagangan yang kaya. Pusat kebudayaan Helenis ( --> Helenisme). Tempat kediaman para --> Seleukid. Sejak 64 seb. Mas. menjadi ibu-kota propinsi Romawi Siria. Penghuni campuran dari bangsa Siria, Yunani dan bangsa Yahudi (Bangsa Yahudi ini kebanyakan kaya dan giat dalam bidang agama. Bdk. Kis 6:5). Murid-murid dari Palestina, Siprus dan Kirene yang berkumpul di ~A. sesudah suatu waktu pengejaran, merupakan suatu umat dari orang Yunani dan Yahudi, yang pertama kali disebut orang Kristen. (Kis 11:19-26). Tempat ini dikunjungi Barnabas dan Paulus. Menjadi tempat tolak dan tempat akhir perjalanan misi pertama dan kedua. Jemaat ~A. merupakan sebab timbulnya --> Konsili para rasul. Sejak abad 3 berkembanglah di situ sebuah sekolah Alkitab yang terkenal (Yoh Krisostomus; Theodorus dari Mopsvestia dan lain-lain). Dewasa ini adalah Antakya di negara Turki paling Selatan.
  2. (2) ~A. di Pisidia. Sebuah kota perbatasan dekat sungai Meander. Sejak maharaja Agustus menjadi Koloni Romawi. Jemaat Yahudi dikunjungi Barnabas dan Paulus pada perjalanan misi yang pertama. Pentobatan di situ tidak memberikan hasil yang bertahan lama (Kis 13:50 dan seterusnya). Jemaat serani (Kis 14:21) terdiri dari orang kafir yang bertobat.

Antiokhia [kecil]

KS.- [PB]

  1. di Siria, Kis 6:5; 11:19-30; 13:1-3; 14:26-15:2; 15:35; Gal 2:11
  2. di Pisidia, Kis 13:14-50; 14:19,21

ANTIOKHIA [browning]

1) Kota dagang yang makmur di atas sungai Orontes, bagian utara *Siria, provinsi Romawi, dengan penduduk Yahudi yang cukup besar dan toleran. Setelah pembunuhan *Stefanus, orang-orang Kristen datang ke sana dari Yerusalem untuk memulai pekerjaan misioner (Kis. 11:19-20). Orang-orang *Helenis dari *Siprus dan *Kirene menerima orang-orang *bukan Yahudi ke dalam jemaat tanpa harus melakukan ritus *sunat, dan *Barnabas sendiri, sebagai orang Siprus, diutus untuk mengawasi perkembangan tersebut. Namun, jauh dari yang digariskan, Barnabas justru membawa Paulus ke sana (Kis. 11:22-26). Kebijakan mereka yang liberal menyebabkan mereka dicurigai. Pada 49 M, Paulus dan Barnabas bertemu dengan para pemimpin jemaat di Yerusalem dan (menurut Kisah Para Rasul) suatu kompromi dibicarakan dengan tuntas (Kis. 15:1-19). Namun, ketika Petrus kemudian mengunjungi Antiokhia, ia berbalik dari kesepakatan itu dan mengundurkan diri dari makan bersama-sama dengan orang-orang *bukan Yahudi (Gal. 2:11-21). Paulus segera meninggalkan Antiokhia. Kini ia melakukan perjalanan tanpa Barnabas yang telah mendukung *Petrus. Setelah keruntuhan Yerusalem (70 M), tidak ada informasi yang pasti tentang jemaat Antiokhia, namun cukup beralasan untuk menduga bahwa Injil Matius disusun di sana atau di dekatnya. Injil ini menggambarkan penghargaannya terhadap akar-akar keyahudian jemaat, yang banyak berisi perintah etis khas Yahudi, namun juga komitmen yang kuat terhadap misi bagi orang-orang bukan Yahudi. Serangan tajam terhadap orang-orang *Farisi, terutama dalam Mat. 23, mencerminkan bahwa pemisahan *komunitas Matius dari *sinagoga agaknya baru saja terjadi. Persekutuan Kristen harus menarik garis batas terhadap kebangkitan kembali Yudaisme. Matius memuat cerita tentang astrolog-astrolog penyembah *berhala yang mengunjungi bayi Yesus (Mat. 2), dan pada bagian akhir (Mat. 28:19) memuat berita tentang kebangkitan Kristus yang memberi otoritas untuk misi universal. Pada 117 M, *Ignatius dari Antiokhia memberikan bukti bahwa jemaat di sana telah memperoleh struktur yang jelas, dengan kepemimpinan yang dipersatukan dalam pribadi uskup sebagai ketua. 2) Antiokhia Pisidia, di perbatasan Pamfilia di Turki modern, dijadikan koloni oleh Kaisar *Agustus. Di sana diselenggarakan perayaan untuk menyembah dewa bulan Frigia, namun pemerintah Romawi memberangus pemujaan itu. Di kota itu terdapat sekelompok orang Yahudi yang dikunjungi oleh Paulus dan Barnabas (Kis. 13:14-52; 14:19-21), namun sambutan baik pada awalnya ini kemudian diikuti dengan kampanye pengejaran dan pengusiran mereka.
[+] Bhs. Inggris



TIP #04: Coba gunakan range (OT dan NT) pada Pencarian Khusus agar pencarian Anda lebih terfokus. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA