: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Abaddon | Abagta | Abagtha | Abana | Abarim | Abba | Abda | Abdi | Abdiel | Abdon | Abed-Nego
Daftar Isi
GAMBAR: Bapa
GREEK: 5 Abba Abba
BARCLAY: 5
HAAG: Abba
KECIL: Bapa
BROWNING: ABBA BAPA
ENSIKLOPEDIA: ABBA

Abba

Dalam versi-versi Alkitab:

Aba: KL1870 LDKDR
Abba: BABA ENDE KL1863 KL1870 SBDR TB TL WBTCDR
Bapa: BIS FAYH KL1870
bapa (Markus 14:36)

Gambar

Bapa: selebihnya..
Topik: Other Portraits of God the Father

Yunani

Strongs #5: Abba Abba

Abba = "father"

1) father, customary title used of God in prayer. Whenever it occurs
in the New Testament it has the Greek interpretation joined to it,
that is apparently to be explained by the fact that the Chaldee
"ABBA" through frequent use in prayer, gradually acquired the
nature of a most sacred proper name, to which the Greek speaking
Jews added the name from their own tongue.

5 Abba ab-bah'

of Chaldee origin (2); father as a vocative: KJV -- Abba.
see HEBREW for 02

[Barclay]

Strongs #5:

(bahasa Aram) Ya, Bapa

Abba [haag]

Abba. (Bhs. Ibr.: Bapak).

Di dalam PB kata ini digunakan sebagai kata seruan terhadap Allah. Seruan tersebut mengungkapkan sebuah hubungan yang amat mesra antara Allah dengan para PuteraNya (Yesus: Mark 14:36; para pengikut Kristus: Rom 8:15; Gal 4:6).

Bapa [kecil]

KS.- [PL] gelar untuk Allah, Mazm 89:26; Yes 63:16; Mal 1:6
[PB] Mat 5:48; 6:8-9,32; 7:21; 11:25-27; Mr 14:36; Luk 2:49; 12:30,32; 23:34,46; Yoh 1:18; 5:17-27,36-45; 10:29-38; 14:6-11; 17:1-26; Rom 8:15; Gal 4:6; Ibr 12:5-9; 1Yoh 3:1-2,9-10

ABBA [browning]

Kata Aram untuk 'bapa'. Yesus menggunakannya dalam doa di taman *Getsemani (Mrk. 14:36), dan digunakan dua kali oleh Paulus sebagai sapaan bagi Allah dalam doa umat Kristen. Telah diketahui bahwa Abba menggambarkan bentuk sapaan yang akrab, terutama sapaan anak-anak terhadap bapaknya, sebagaimana kata Inggris 'Daddy'. Namun, terbukti bahwa Abba biasa juga digunakan dalam pembicaraan orang dewasa, dan kemungkinan istilah ini tidak satu-satunya yang digunakan oleh Yesus. Paulus menunjukkan bahwa jemaat-jemaat bukan Yahudi kadang-kadang menyebut Abba dalam doanya, namun tidak berarti bahwa dalam hal ini mereka mengutip doa Yesus; gereja-gereja bukan Yahudi juga berdoa *Maranatha -- kata Aram yang berarti 'Tuhan, datanglah!' -, yang jelas bukan bagian dari doa Yesus. Pastilah Abba dan Maranatha, keduanya benar-benar masih lazim digunakan dalam jemaat perdana Palestina yang berbahasa Aram, yang adalah dunia Paulus.

BAPA [browning]

Dalam PL bapa memiliki makna yang lebih luas daripada kepala *keluarga inti di zaman modern. Mungkin ia adalah seorang kepala suku (Kej. 32:9), atau seorang nabi (2Raj. 2:12). Dalam suatu keluarga bapa mengatur *pernikahan, dapat pula menjual anak laki-laki atau anak perempuannya ke dalam perbudakan. Bapalah yang memberikan pengajaran keagamaan. Dalam PB Yesus menyebut Allah sebagai Bapa-Nya, dengan demikian Allah menjadi, Bapa yang ideal bagi semua umat manusia (Ef. 3:14-15). Dalam Injil Yohanes aktivitas Yesus mencerminkan kasih Bapa, dan Ia bertindak dengan kuasa Bapa (Yoh. 3:35). Ketika Yesus melarang para pengikut-Nya agar tidak menyebut siapa pun bapa di bumi ini (Mat. 23:9), tidak berarti bahwa anak-anak dilarang menyebut ayah alamiah mereka 'bapa', juga bukan larangan bagi orang dewasa untuk menyebut 'bapa' para pembimbing rohaninya. Larangan itu merupakan peringatan agar tidak memandang sebagai bapa seorang *nabi atau *guru, yang tidak sejalan dengan tradisi, yang sah.

ABBA [ensiklopedia]

Kata Aram, bila diberi tekanan berarti 'bapak'. Kata Aram ini masuk ke dalam bh Ibrani dan dalam *Talmud Babel, digunakan sebagai panggilan terhadap ayah oleh seorang anak. Juga sering digunakan sebagai panggilan penghormatan terhadap rabi. Kata ini mengandung rasa hormat dan keakraban. Tapi orang Yahudi tidak pernah memakainya terhadap Tuhan.

Dalam PB Abba muncul 3 kali. Ketiganya dialamatkan kepada Allah, dan langsung diikuti oleh terjemahannya dalam bh Yunani, demikian juga dalam bh Indonesia (Mrk 14:36; Rm 8:15; Gal 4:6). Sebutan ganda ini biasa dipakai dalam gereja purba berbahasa Yunani, dan pemakaiannya mungkin merupakan bagian dari liturgi. (Doa 'Bapak Kami' dlm bh Aram mungkin mulai dgn 'abba.)

Nampaknya Yesus-lah yg pertama memanggil Allah dengan Abba, dan memberi hak kepada murid-murid-Nya untuk berbuat demikian. Paulus menganggapnya sebagai melambangkan hal orang Kristen telah diangkat menjadi anak Allah dan telah memiliki Roh Kudus.

KEPUSTAKAAN. J Jeremias, The Central Message of the NT, 1965, hlm 9-30; idem, Abba, 1966, hlm 1-67; TDNT 1, hlm 5 dst; hlm 1006; NIDNTT 1, hlm 614 dst. DEP/WBS

[+] Bhs. Inggris



TIP #13: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab dalam format PDF. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA