HEBREW: 5434 abo C@ba' 5436 yabo C@ba'iy 7614 abv Sh@ba' 7615 yabv Sh@ba'iy 7652 ebv sheba` 7656 hebv Shib`ah
TOKOH: Seba
HAAG: Sumpah Syeba
KECIL: Sumpah
PEDOMAN: Sumpah Sumpah, Bersumpah Dusta
BIOTOKOH PL: SEBA
ENSIKLOPEDIA: SEBA SUMPAH SYEBA
MYSABDA: Seba Seba Seba Seba Seba Syeba Syeba
AI-PEDIA: Seba Syeba
BROWNING: SUMPAH
Seba
Dalam versi-versi Alkitab:
Seba: BIS FAYH TB TLSyeba: BIS TL
sebagai tanda perjanjian kepada Allah untuk memperteguh sesuatu pernyataan, atau sebagai sumpah setia. Kel 23:13; Ula 29:12. Tentang maksud daripada suatu sumpah, bacalah Ibr 6:16. Bersumpah kepada illah yang palsu (berhala) dianggap menyembah berhala. Yer 5:7; 12:16. Kesaksian diuji dengan sumpah. Ima 5:1. Cara pengangkatan sumpah yang digemari orang Ibrani, adalah antara lain: mengangkat tangan, menempatkan tangan dibawah paha, menempatkan tangan diatas hukum torat. Kej 14:22; Ima 24:14; 1Raj 8:31.
(1) penduduk negari Seba. Yes 45:14 (2) tujuh Kej 26:33.
Gambar
Ibrani
Strongs #05434: abo C@ba'
Seba = "drink thou"n pr m
1) a son of Cush
n pr loc
2) a nation south of Palestine, perhaps Ethiopia
5434 Cba' seb-aw'
of foreign origin; Seba, a son of Cush, and the country settled by him: KJV -- Seba.Strongs #05436: yabo C@ba'iy
Sabeans = "drunkards"1) the people of Seba
5436 Cba'iy seb-aw-ee'
patrial from 5434; a Sebaite, or inhabitant of Seba: KJV -- Sabean.see HEBREW for 05434
Strongs #07614: abv Sh@ba'
Sheba = "seven" or "an oath"n pr m
1) son of Joktan and a descendant of Seth
2) son of Raamah, grandson of Cush, and a descendant of Ham
3) son of Jokshan, the son of Abraham by Keturah
n pr loc
4) a nation in southern Arabia
7614 Shba' sheb-aw'
of foreign origin; Sheba, the name of three early progenitors of tribes and of an Ethiopian district: KJV -- Sheba, Sabeans.Strongs #07615: yabv Sh@ba'iy
Sabeans = "drunkard" or "he who is coming"1) the people of the nation of Sheba
7615 Shba'iy sheb-aw-ee'
patronymic from 7614; a Shebaite or descendant of Sheba: KJV -- Sabean.see HEBREW for 07614
Strongs #07652: ebv sheba`
Sheba = "seven"n pr m
1) Benjamite, son of Bichri and one who led a rebellion against David
2) Gadite, brother of Michael, Meshullam, Jorai, Jachan, Zia, and Heber
n pr loc
3) a town in Simeon
7652 sheba` sheh'-bah
the same as 7651; seven; Sheba, the name of a place in Palestine, and of two Israelites: KJV -- Sheba.see HEBREW for 07651
Strongs #07656: hebv Shib`ah
Shebah = "an oath"1) the well named by Isaac and near Beersheba
7656 Shib`ah shib-aw'
masculine of 7651; seven(-th); Shebah, a well in Palestine: KJV -- Shebah.see HEBREW for 07651
Seba [tokoh]
Seba
- Orang Benyamin yang memberontak melawan raja Daud (2Sam 20:1-2). Dikalahkan oleh Yoab dan mati (2Sam 20:4-22).
- Lihat RATU.
Sumpah [haag]
Sumpah.
Dengan ~S orang memanggil Tuhan menjadi saksi untuk memperkuat pernyataan yang dilakukannya dan meminta datangnya bencana serta kutukan pada dirinya, apabila terjadi pelanggaran terhadap ucapannya (Mis.: 1Sam 14:44; 20:13; 2Sam 3:35). Oleh sebab itu untuk ~S dan kutukan sering dipakai istilah yang sama. Ucapan ~S digantungkan pada Hidup Tuhan (Hak 8:19; 1Sam 14:39,45) atau pada hidup orang yang dialamatkan (1Sam 1:26). Di kemudian hari ucapan ~S digantungkan juga pada .surga, pada Nama (Tuhan), pada kenisah dsj. (Mat 23:16-22). Kadang-kadang juga dipanggil suatu benda selaku saksi (Kej 21:30; 33:5-8 dan lain-lain). ~S dapat diperkuat dengan sikap tertentu. Orang mengangkat tangannya kelangit (Kej 14:22; Kel 6:8), bertepuk-tangan (Ayub 17:3; Ams 6:1) atau menaruhkan tangan di bawah pinggang orang (Kej 24:2; 47:29; Pinggang adalah nama halus untuk alat kelamin sebagai tempat kekuatan). Sumpah dilakukan pada pengadilan (Kel 22:7-8 dan lain-lain), pada pengukuhan sebuah perjanjian (Kej 21:23-32) dan pada pelaksanaan sebuah janji. Sumpah palsu dilarang oleh hukum (Im 19:12; Ul 5:11) dan oleh para Nabi (Yeh 16:59; 17:13-21). Kemudian banyak timbul sumpah-bersumpah (/RAPC #Sir 23:9-11). Orang-orang kelompok Esseni menganggapnya sebagai tidak diperbolehkan (B.J.2,8,6). Sebaliknya orang-orang Farisi memperkembangkan sebuah uraian kasuistik yang tajam untuk menentukan apakah suatu ~S sah atau tidak. Yesus menuntut agar para muridNya sama-sekali dapat dipercaya, sehingga ~S dinyatakan dari sendirinya sebagai berlebihan (Mat 5:33-37; Yak 5:12). Meskipun demikian perlu diadakan konsesi. Oleh sebab itu Yesus juga tidak menolak, waktu dituntut jawabannya lewat pertanyaan yang dibubuhi sumpah (Mat 26:23-24). Rasul Paulus sering memberi kesaksian dengan ditambahi kata ~S (Rom 1:9; 9:1; 2Kor 1:23 dan seterusnya).
Syeba [haag]
Saba (Orang). (disingkat OS).
Bangsa di kerajaan Arab selatan, Saba. Penentuan genealogisnya tidak seragam (Kej 10:7,28; 25:3). Alkitab mengenal ~OS sebagai bangsa pedagang dan penyalur --> dupa, rempah-rempah, emas dan --> batu-batu manikam (1Raj 10:1-13 dsj: Ratu Puteri Saba; Yes 60:6; Yer 6:20). Barang kali ~OS itu pada abad keduapuluh sebelum Mas. Datang dari barat laut negeri Arab. Inskripsi ~OS yang tertua (bahasa Arab selatan kuno yang termasuk bahasa Semit cabang barat-daya) barangkali dapat dikembalikan sampai pada abad 11 sebelum Mas. Di dalam sumber-sumber Asyur pada tahun 715 sebelum Mas. (Sargon II) dan tahun 685 sebelum Mas. (Sanherib) disebutkan, bahwa mereka ada hubungan dagang dengan raja Salomo dan ada dua orang raja Arab yang terikat kewajiban membayar upeti. Untuk beberapa waktu daerah Arab selatan bisa bersatu di bawah pimpinan Saba pada sekitar tahun 400 sebelum Mas., tetapi tidak lama kemudian masing-masing kerajaan sudah bebas berdiri sendiri lagi. Pada abad 1 sebelum Mas. Hancurlah kerajaan Saba oleh peperangan dinasti.
Sumpah [kecil]
BIS- Janji atau pernyataan yang tegas, dengan Allah sebagai saksi, untuk menghukum pihak yang tidak menepati janji atau pernyataan itu.
Sumpah [pedoman]
- 1. Tujuan - yang dapat dibenarkan (disahkan). Ibr 6:16
- 2. Pada zaman purbakala. Kej 14:22; 24:3,8
- 3. Digunakan untuk:
- 3.1 Mengikat perjanjian. Kej 26:28; 31:44,53; 1Sam 20:16,17
- 3.2 Memutuskan perselisihan dalam sidang pengadilan. Kel 22:11; Bil 5:19; 1Raj 8:31
- 3.3 Menjamin kepatuhan terhadap pemerintah. 2Raj 11:4; Pengkh 8:2
- 3.4 Mengikatkan diri kepada satu janji yang kudus. Bil 30:2; 2Taw 15:14,15; Neh 10:29; Mazm 132:2
- 3.5 Mengikatkan diri terhadap tindakan-tindakan tertentu. Kej 24:3,4; 50:25; Yos 2:12
- 4. Cara mengambil - di dalam pengadilan. 1Raj 22:16; Mat 26:63
- 5. Seringkali dengan mengangkat tangan. Dan 12:7; Wahy 10:5,6
- 6. Seringkali dengan meletakkan tangan di bawah pangkal paha orang kepada siapa ia bersumpah.
- 7. Harus dilakukan dengan takut dan penuh rasa hormat. Pengkh 9:2
- 8. Orang Yahudi:
- 8.1 Dilarang ber - demi nama dewa-dewa. Yos 23:7
- 8.2 Dilarang ber - demi suatu apa pun. Mat 5:34-36; Yak 5:12
- 8.3 Dilarang ber - dusta. Im 6:3; Za 8:7
- 8.4 Dilarang ber - dengan teledor. Im 5:4
- 8.5 Hanya ber - demi nama Allah. Ul 6:13; 10:20; Yes 65:16
- 8.6 Harus ber - dengan setia dan adil. Yer 4:2
- 8.7 Biasanya menghormati kewajiban tentang - . Yos 9:19,20; 2Sam 21:7; Mazm 15:4; Mat 14:9
- 8.8 Jatuh ke dalam kesalahan-kesalahan mengenai ber - . Mat 23:16-22
- 8.9 Seringkali bersalah dalam ber - karena kurang hati-hati. Hak 21:7; Mat 14:7; 26:72
- 8.10 Sering kali bersalah karena bersumpah dusta. Im 6:3; Yer 5:2; 7:9
- 8.11 Dihukum apabila ber - dusta demi nama Tuhan. Mal 3:5
- 9. Pernyataan-pernyataan yang digunakan sebagai - :
- 9.1 Demi Yang Disegani oleh Ishak. Kej 31:53
- 9.2 Demi Tuhan yang hidup. Hak 8:19; Rut 3:13
- 9.3 Beginilah kiranya Tuhan menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu. Rut 1:17
- 9.4 Kiranya beginilah Allah menghukum engkau, bahkan lebih lagi dari pada itu. 1Sam 3:17
- 9.5 Demi Tuhan. 2Sam 19:7; 1Raj 2:42
- 9.6 Di hadapan Allah aku tidak berdusta. Gal 1:20
- 9.7 Aku memanggil Allah sebagai saksiku. 2Kor 1:23
- 9.8 Allah adalah saksi. 1Tes 2:5
- 9.9 Demi nama Tuhan aku minta dengan sangat kepadamu. 1Tes 5:27
- 9.10 Demi Tuhan yang hidup. 1Sam 1:27; 25:26
- 10. Allah telah ber - untuk menyatakan kepastian rencana-Nya kepada semua ahli waris-Nya.
- 11. Contoh orang-orang yang ber - dengan kurang hati-hati:
- 11.1 Herodes. Mat 14:7-9
- 11.2 Orang-orang Yahudi yang hendak membunuh Paulus. Kis 23:21
- 11.3 Saul. 1Sam 14:27-44
- 11.4 Yefta. Hak 11:30-36
- 11.5 Yosua. Yos 9:15-16
- 12. Kebiasaan ber - demi hidup raja. Kej 42:15,16
Kej 24:2,9; 47:29
Kej 22:16; Bil 14:28; Ibr 6:17
Sumpah, Bersumpah Dusta [pedoman]
- 1. Dilarang. Im 19:12; Bil 30:2; Mat 5:33
- 2. Dibenci oleh Allah. Za 8:17
- 3. Kita tidak boleh membiasakan diri - . Za 8:17
- 4. Penipuan sering kali menyebabkan orang - . Im 6:2,3
- 5. Orang-orang kudus menjauhkan diri dari - . Yos 9:20; Mazm 15:4
- 6. Kebahagiaan orang yang tidak ber - . Mazm 24:4,5
- 7. Orang fasik:
- 7.1 Terikat pada - . Yer 5:2; Hos 10:4
- 7.2 Turut berbakti meskipun - . Yer 7:9,10
- 7.3 Akan dihukum karena - . Mal 3:5
- 7.4 Akan ditumpas. Za 5:3
- 7.5 Akan mendapat kutuk atas rumah tangganya karena - . Za 5:4
- 8. Saksi-saksi palsu bersalah karena - . Ul 19:16,20
- 9. Contoh orang-orang yang - :
- 9.1 Orang Yahudi. Yeh 16:59
- 9.2 Petrus. Mat 26:72,74
- 9.3 Saul. 1Sam 19:6,10
- 9.4 Simei. 1Raj 2:41-43
- 9.5 Zedekia. Yeh 17:13-19
SEBA [biotokoh pl]
Arti nama | : | SUMPAH, PERJANJIAN |
Ayah | : | Bikri - 2 Samuel 20:1 |
Disebut pertama | : | 2 Samuel 20:1 |
Namanya disebut | : | 7 kali |
Kitab yang menyebut | : | 1 buku : 2 Samuel |
Tempat kematian | : | Di kota Habil - 2 Samuel 20:15-22 |
Keadaan kematian | : | Kepalanya dipenggal - 2 Samuel 15:22 |
Terakhir disebut | : | 2 Samuel 20:22 |
Fakta penting | : | IA MEMIMPIN PEMBERONTAKAN MELAWAN DAUD (2 Samuel 15:1-2). |
SEBA [ensiklopedia]
1. Putra Kusy, keturunan Ham (Kej 10:7; 1 Taw 1:9).
2. Tanah dan penduduk di Arab Selatan, jelas terkait dekat dengan tanah dan penduduk *Syeba; memang, seva' (Seba) dan syeva' (Syeba) pada umumnya dimengerti sebagai bentuk nama bh Arab dan Ibrani kuno bagi kerajaan Syeba yg terkenal itu. Dalam Mzm 72:10 persembahan diharapkan bagi Salomo dari 'raja-raja Syeba dan Seba'. Dalam nubuat-nubuat Yesaya, tebusan Israel akan mengambil kekayaan Mesir, Etiopia (Kusy) dan Seba (Yes 43:3), dan orang-orang Syeba yg tinggi harus mengakui Allah Israel (Yes 45:14). Nubuat-nubuat itu mula-mula dipenuhi dengan tersebar luasnya Yudaisme dan pengaruh pertama kekristenan di sana selama 5 abad pertama M. Hubungan dekat antara Seba/Syeba dengan Afrika (Mesir dan Kusy) mungkin mencerminkan hubungan-hubungan melalui Laut Merah antara Arab Selatan dan Afrika dari abad 10 sM dan selanjutnya; sekedar tambahan informasi mengenai hal ini, lih W. F Albright, BASOR 128, 1952, hlm 45 dengan cat 26, 27. Strabo (16. 4. 8-10) menamai sebuah kota Sabai dan pelabuhan Saba di pantai barat atau pantai Laut Merah negeri Arab. KAK/S/HAO
SUMPAH [ensiklopedia]
Ibrani syevu'a dan 'ala; Yunani horkos. Dari kedua kata Ibrani ini 'ala' paling kuat. Artinya pengutukan atas seseorang yg mengingkari sumpah; syevu 'a berasal dari kata untuk 'tujuh', bilangan keramat, terkait dengan upacara penyumpahan.
Sumpah adalah kutukan atas orang yg melanggar kata-katanya sendiri (1 Sam 19:6), atau apabila dia tidak mengatakan kebenaran (Mrk 14:71). *KUTUK. Gagasan memohon kutukan atas diri sendiri, telah mendorong beberapa ahli mengemukakan, bahwa bila seorang Ibrani bersumpah atas nama Allah, maka ia telah memberikan kebebasan kepada Allah untuk bertindak, atau 'mempercayakan kepada Allah tugas bertindak terhadap seseorang yg melakukan sumpah palsu atau kesaksian palsu' (A Lelievre, Vocabulary of the Bible [red. J.-J von Allmen], 1958). *JANJI, PERJANJIAN.
Mengucapkan sumpah bermacam cara (Kej 24:2-3; Ul 32:40) dan rumusan (Kej 31:50; Bil 5:22; Hak 8:19; 2 Raj 2:2; Yer 42:5; Mat 5:34-36; 23:16). Sering dampak-dampak yg mengerikan dari sumpah yg tidak dipenuhi tidak dikemukakan (2 Sam 3:9; tapi lih Yer 29:22).
Pentingnya sumpah ditekankan dalam hukum Musa (Kel 20:7; Im 19:12). Orang Israel dilarang mengucapkan sumpah demi dewa-dewa (Yer 12:16; Am 8:14). Yehezkiel bicara tentang orang yg melanggar sumpah dapat dihukum mati (Yer 17:16 dab), tapi dalam hukum Taurat sumpah palsu oleh saksi, dan menyangkal dengan sumpah atas sesuatu yg diterima atau diperoleh (Im 5:1-4; 6:1-3) dapat ditebus dengan korban pengakuan dosa (Im 5:5 dab; 6:4 dab).
Kristus mengajarkan bahwa sumpah mengikat (Mat 5:33). Percakapan sehari-hari orang Kristen haruslah sama sucinya dengan sumpahnya. Dia tidak boleh mempunyai dua ukuran tentang kebenaran, seperti orang Yahudi tertentu yg memakai ukuran licik berkaitan dengan sumpah. Dalam Kerajaan Allah pada akhirnya sumpah tidak diperlukan (Mat 5:34-37). Kristus sendiri diperhadapkan dengan sumpah (Mat 26:63 dab), dan Paulus juga bersumpah (2 Kor 1:23; Gal 1:20).
Alkitab mencatat bahwa Allah mengikat diriNya dengan sumpah (Ibr 6:13-18). Tuhan berjanji akan melaksanakan janji janji-Nya kepada umat perjanjian-Nya, yaitu janji janji-Nya kepada Bapak-bapak leluhur (Kej 1:24), janji-janji-Nya kepada wangsa Daud (Mzm 89:19-37, 49), janji-janji-Nya kepada Raja Imam Mesianis (Mzm 110:1-4). Jaminan atas semua janji itu ialah Yesus Kristus, pada siapa mereka mendapat jawaban 'ya' ('amin') (2 Kor 1:19 dab; bnd Yes 65:16). Dalam kedatangan-Nya, Yesus Kristus memenuhi janji janji Allah yg lama kepada Bapak-bapak leluhur (Luk 1:68-73; 2:6-14), kepada Daud (Kis 2:30), dan kepada Raja Imam PL (Ibr 7:20 dab, 28).
KEPUSTAKAAN. TWBR, hlm 159 dst; MR Lehmann, Z4 W 81, 1969, hlm 74-92; THAT 2, hlm 855-863. JGSST/GID/AL/HAO
SYEBA [ensiklopedia]
1. Suatu kampung (syeva') di daerah bagian Simeon di Palestina Selatan, dekat Bersyeba dan Molada (Yos 19:2; MT pada 1 Taw 4:28 tidak mencantumkannya dlm daftar sejajarnya, tapi dlm LXX terdapat 'Sama'). Bacaan LXX ialah 'Samaa' dalam Naskah B (bnd Yos 15:26) dan 'Sabee' dalam Naskah A. A. S Cohen (IDB, 4, hlm 311) menyarankan syeba (tujuh) mengacu kepada 7 ekor domba, dengan mana Abraham membuat perjanjian dengan Abimelekh (Kej 21:28-29); daerah Syeba mungkin daerah yg lebih tua dari Bersyeba.
2. Nama sumur yg digali oleh hamba-hamba Ishak dan dinamai Syeba (syib'a) (Kej 26:33), mengingat suatu perjanjian dengan Abimelekh. Kata itu berarti 'tujuh' atau 'sumpah'. Sebelum zaman Ishak, Abraham sudah menghadapi kesulitan dengan Abimelekh, raja Gerar dan akhirnya mereka mengadakan perjanjian (Kej 21:22-34). Tujuh ekor anak domba betina diberikan kepada Abimelekh sebagai bukti kejadian itu, dan Abraham mengabadikan ingatan akan perjanjian ini dengan menyebut tempat itu Bersyeba (artinya 'sumur (yg) tujuh', atau 'sumur perjanjian'). Ishak menghidupkan kembali nama lama itu dengan memakai bentuk perempuan syib'a dari kata syeva'.
3. Seorang dari suku Benyamin (syeba') yg memberontak terhadap Daud tanpa hasil, sesudah Absalom mati (2 Sam 20:1-2, 6-7, 10, 21-22).
4. Seorang pemimpin (syeba') suku Gad (1 Taw 5:13).
5. Seorang keturunan (syeba) Kusy yg dilahirkan oleh Raema (Kej 10:7; 1 Taw 1:9); kakak Dedan.
6. Seorang keturunan (syeba) Sem dari Yoktan (Kej 10:28; 1 Taw 1:22).
7. Anak Yoksan (syeba) dan cucu Abraham dan Ketura (Kej 25:3; 1 Taw 1:32); kakak Dedan.
8. Negeri Syeba (syeba') yg ratunya (*SYEBA, RATU NEGERI) datang mengunjungi Salomo (1 Raj 10:1 dab; 2 Taw 9:1 dab), sangat boleh jadi ialah tanah asal orang Sabea, yg letaknya di sebelah barat daya Arabia. J. A Montgomery (ICC, Kings, 1951, hlm 215 dst) mengatakan bahwa orang Sabea masih di Arabia Utara pada abad 10 sM, walau mereka yg menguasai jalan perdagangan dari Arabia Selatan. Pada pihak lain ditekankan oleh J Bright (History ofIsrael2, 1972, hlm 211) -- sambil mengakui bahwa orang Sabea asalnya ialah bangsa pengembara -- berkata dengan kemungkinan yg lebih besar, bahwa pada zaman Salomo mereka tinggal di daerah sebelah timur dari yg disebut Yemen modern. Lih juga G. W van Beek, IDB, 4, hlm 145.
Hubungan orang Sabea dengan ketiga Syeba yg disebut dalam Kej sama sekali tidak jelas. Mungkin mereka suku-suku yg berlainan. Tapi persamaan kelompok-kelompok itu sangat menarik: anak-anak Raema (Kej 10:7), keturunan Ham, memakai nama yg sama seperti nama cucu-cucu Abraham, yaitu Syeba dan Dedan (25:3); baik Kusy, keturunan Ham (10:7), maupun Yoktan, keturunan Sem, mempunyai keturunan yg bernama Syeba dan Hefila (10:28-29). Daftar bangsa-bangsa dalam Kej 10 mungkin menyiratkan keduanya, yaitu: asal orang Sabea dari keturunan Sem. Juga bahwa mereka tinggal berdekatan sekali dengan kelompok keturunan Ham, yaitu orang Mesir dan Etiopia. Memang, kebudayaan Abesinia kuno memberi bukti adanya campuran unsur budaya Ham dan Sem. Demikian juga peranan orang Arab Selatan, yg menyeberangi selat Bab el-Mandeb sebagai pedagang dan pemukim, turut ambil bagian dalam memberi bentuk kebudayaan ini, sangat mengagumkan.
Kalau PL bicara tentang orang Syeba, maka paling sering disebut sebagai pedagang atau penyeberang dan penyamun (Ayb 1:15, walaupun E Dhorme, Job, 1967, hlm 25, menganggap Syeba dlm ay ini sebagai suatu tempat Tema dan Dedean, di utara daerah orang Sabea). Emas (1 Raj 10: 2; Mzm 72:15; Yes 60:6), kemenyan (Yes 60:6; Yer 6:20), rempah-rempah dan batu permata (1 Raj 10:2; Yeh 27:22) mereka bawa ke pasar-pasar utara dengan kafilah-kafilah (Ayb 6:19). Sebagai pedagang yg memanfaatkan setiap kesempatan, mereka terlibat dalam perdagangan budak menurut Yl 3:8 (di sini bacaan LXX ialah 'ke pembuangan' ganti 'kepada orang-orang Syeba'; tapi ini kurang pasti). Kegiatan dagang yg luas ini agaknya mengakibatkan orang Sabea memperoleh koloni di berbagai oase di Arabia Utara. Koloni-koloni ini merupakan pangkalan kafilah, dan mungkin memberi kepada para pemukim sekedar kekuasaan atas daerah utara. Kesaksian tentang adanya hubungan orang Syeba dengan orang Kanaan, telah ditemukan berupa cap pada tanah liat di Arabia Selatan (kr abad 9 sM) digali pada tanah di Betel (BASOR 151, Oktober 1958, hlm 9-16).
Sebagai negara Arab paling unggul selama bagian pertama milenium pertama sM, Syeba diperintah oleh mukarribs, yaitu raja imam yg mengawasi baik masalah-masalah politik maupun ibadah politeis terhadap dewa-dewa matahari, bulan dan bintang-bintang. Penyelidikan-penyelidikan yg baru oleh Universitas Louvain (1951-1952) dan Yayasan Amerika untuk Penelitian Manusia (1950-1953) telah menunjukkan contoh-contoh yg menonjol tentang kesenian dan arsitektur Sabea, terutama kuil dewa bulan di ibu kota Marib, yg bertarikh abad 7 sM, dan pintu air di karang tebal di bendungan Marib (abad 6).
KEPUSTAKAAN. R. L Bowen, Jr., dan F. P Albright, Archaeological Discoveries in South Arabia, 1958; GTT;; S Moscati, Ancient Semitic Civilizations, 1957, hlm 181-194; G Ryckmans, Les religions arabes preislamiques2, 1951; J Ryckmans, L'institution monarchique en Arabie Meridionale avant l'Islam, 1951; G. W Van Beek, BA 15, 1952, hlm 2-18; 'South Arabian History and Archaeology, dalam G. E Wright (red.), The Bible and the Near East, 1961; AK Irvine, POTT, hlm 299 dst. DAHIMHS/HAO
Seba [MYSABDA]
Sebamale person |
Definisi | : | Anak Bikri; Seorang Bani Benyamin; Pada masa Daud |
Nomor Strong | : | H7652a |
Kata Asli | : | שֶׁ֫בַע; שֶׁבַע |
Orang Tua | : | Bikri |
Seba [MYSABDA]
Sebalocation |
Definisi | : | Kota; Wilayah kekuasaan Bani Simeon |
Nomor Strong | : | H7652b |
Kata Asli | : | שֶׁבַע |
Seba [MYSABDA]
Sebamale person |
Definisi | : | Anak Kush; Keturunan dari Ham; Saudara dari Nimrod, Sabta, Hawila |
Nomor Strong | : | H5434 |
Kata Asli | : | סְבָא |
Orang Tua | : | Kush |
Saudara | : | Hawila , Nimrod , Sabta , Raema , Sabtekha |
Seba [MYSABDA]
Sebalocation |
Definisi | : | Daerah |
Nomor Strong | : | H7614 |
Kata Asli | : | שְׁבָא |
Seba [MYSABDA]
Sebamale person |
Definisi | : | Seorang Bani Gad |
Nomor Strong | : | H7652a |
Kata Asli | : | שֶׁ֫בַע; שֶׁבַע |
Syeba [MYSABDA]
Syebamale person |
Definisi | : | Anak Yoksan, Raema; Keturunan dari Sem; Saudara dari Dedan |
Nomor Strong | : | H7614 |
Kata Asli | : | שְׁבָא |
Orang Tua | : | Yoksan , Raema |
Saudara | : | Dedan |
Syeba [MYSABDA]
Syebalocation |
Nomor Strong | : | H7656 |
Kata Asli | : | שִׁבְעָה |
Seba [AI-PEDIA]
Tokoh Alkitab: Seba
Sayangnya, Alkitab tidak memberikan banyak informasi tentang tokoh bernama Seba. Hal ini membuat sulit untuk menyusun biodata yang lengkap dan detail tentangnya.
Ada dua tokoh berbeda yang disebut "Seba" dalam Alkitab, dan keduanya hanya disinggung secara singkat:
1. Seba, Keturunan Kus dan Ham (Kejadian 10:7)
- Biodata:
- Putra Kus (Kejadian 10:7)
- Cucu Ham (Kejadian 10:6)
- Cicit Nuh (Kejadian 10:1-6)
- Peristiwa: Tidak ada peristiwa spesifik yang dicatat tentang Seba dalam Alkitab.
- Ayat Alkitab Terkait: Kejadian 10:7
Keturunan Kus ialah Seba, Hawila, Sabta, Raema dan Sabtekha. Keturunan Raema ialah Syeba dan Dedan.
Kemungkinan: Seba, keturunan Kus, diperkirakan menjadi leluhur bagi orang-orang atau suku bangsa yang mendiami wilayah di selatan Mesir dan Ethiopia.
2. Seba, Keturunan Kedar (Kronika 1:9)
- Biodata:
- Putra Kedar (1 Tawarikh 1:9)
- Keturunan Ismael (1 Tawarikh 1:29)
- Peristiwa: Tidak ada peristiwa spesifik yang dicatat tentang Seba dalam Alkitab.
- Ayat Alkitab Terkait: 1 Tawarikh 1:9
Anak-anak Yismael ialah Nebayot, yang pertama, lalu Kedar, Adbeel, Mibsam,
Kemungkinan: Seba, keturunan Kedar, kemungkinan besar adalah pemimpin atau leluhur dari suatu suku atau kaum di antara orang-orang Arab.
Kesimpulan:
Informasi yang terbatas tentang Seba dalam Alkitab membuat sulit untuk menarik kesimpulan yang pasti tentang tokoh ini. Namun, berdasarkan silsilahnya, kita dapat melihat bahwa nama "Seba" terhubung dengan keturunan Nuh yang menyebar ke berbagai penjuru dunia setelah peristiwa air bah.
Untuk pendalaman lebih lanjut, Anda dapat:
- Membandingkan terjemahan Alkitab yang berbeda untuk melihat bagaimana nama "Seba" diterjemahkan.
- Mencari informasi dari sumber-sumber sejarah atau arkeologi yang mungkin memberikan lebih banyak konteks tentang orang-orang dan wilayah yang terkait dengan nama "Seba".
Syeba [AI-PEDIA]
Tokoh Alkitab: Ratu Syeba
Biodata:
- Nama: Ratu Syeba (bahasa Ibrani: מַלְכַּת שְׁבָא, Malkat Sh'va)
- Asal: Syeba, kerajaan yang kaya dan maju, kemungkinan terletak di wilayah Yaman atau Ethiopia Selatan pada masa kini.
- Jabatan: Ratu yang bijaksana dan kaya raya.
- Informasi Pribadi: Tidak banyak informasi pribadi tentang Ratu Syeba selain kekayaan, kebijaksanaan, dan perjalanannya yang terkenal untuk menemui Raja Salomo.
Peristiwa Penting:
- Kunjungan ke Raja Salomo (1 Raja-raja 10:1-13; 2 Tawarikh 9:1-12): Mendengar tentang kebijaksanaan dan kekayaan Salomo, Ratu Syeba melakukan perjalanan jauh dengan rombongan besar yang membawa hadiah-hadiah mewah seperti emas, rempah-rempah, dan batu-batu berharga. Ia datang untuk menguji Salomo dengan pertanyaan-pertanyaan yang sulit dan menyaksikan sendiri kemegahan kerajaannya.
- Kekaguman dan Pemberian Hadiah: Ratu Syeba sangat kagum dengan kebijaksanaan Salomo dan kemakmuran kerajaannya. Ia mengakui kebesaran Allah Israel dan memberikan hadiah yang sangat besar kepada Salomo. Sebagai gantinya, Salomo juga memberikan hadiah yang berlimpah kepada Ratu Syeba.
Ayat-ayat Alkitab Terkait:
- 1 Raja-raja 10:1-13: Menceritakan secara detail tentang kunjungan Ratu Syeba kepada Raja Salomo, pertanyaan-pertanyaannya, kekagumannya, dan pertukaran hadiah yang melimpah.
- 2 Tawarikh 9:1-12: Menceritakan kisah yang sama dengan 1 Raja-raja 10:1-13, menegaskan kebijaksanaan Salomo dan kemakmuran kerajaannya.
- Matius 12:42; Lukas 11:31: Yesus menyebutkan Ratu Syeba sebagai contoh orang yang mencari hikmat dan akan bangkit pada Hari Penghakiman untuk bersaksi melawan generasi yang tidak mau mendengarkan.
Pelajaran dari Ratu Syeba:
- Kerinduan akan Hikmat: Ratu Syeba menunjukkan kerinduan yang besar untuk mencari hikmat dan kebenaran, bahkan rela melakukan perjalanan jauh.
- Kerendahan Hati: Meskipun seorang ratu yang kaya dan berkuasa, ia menunjukkan kerendahan hati dengan mengakui kebijaksanaan Salomo dan kebesaran Allah Israel.
- Mencari Kebenaran: Kisah Ratu Syeba mengajarkan kita untuk selalu mencari kebenaran dan tidak takut untuk mempertanyakan apa yang tidak kita mengerti.
Catatan:
- Identitas dan lokasi kerajaan Syeba masih menjadi bahan perdebatan di kalangan sejarawan dan arkeolog.
- Meskipun tidak disebutkan secara eksplisit dalam Alkitab, beberapa tradisi mengklaim bahwa Ratu Syeba memiliki anak dari Raja Salomo, yang kemudian menjadi raja pertama Ethiopia.
Ratu Syeba adalah contoh inspiratif tentang seorang pemimpin yang bijaksana dan rendah hati yang mencari kebenaran dan hikmat. Kisahnya mengajarkan kita untuk selalu haus akan pengetahuan dan tidak pernah berhenti mencari Allah.
SUMPAH [browning]
Suatu persetujuan yang dipakai oleh orang-orang yang berkuasa, baik di bidang agama, maupun di bidang sekular untuk menjamin bahwa orang, terutama saksi di pengadilan, mengatakan kebenaran. Sumpah itu adalah bagian dari kebudayaan Israel: nama Allah dilibatkan dan hukuman ilahi dinantikan apabila kebenaran dikhianati -- itu adalah suatu perbuatan yang melanggar kesucian (Kel. 20:7). Kebiasaan ini berlanjut ke dalam masa PB (Mat. 23:16-22), tetapi dalam *Khotbah di Bukit Yesus menjelaskan bahwa dalam *Kerajaan Allah, kebijakan seperti itu membatalkan hubungan antara *kebenaran dan *kasih (Mat. 5:34). Surat Yakobus mendesak orang percaya untuk tidak bersumpah (5:12).