kecilkan semua  

Teks -- Bilangan 21:1-35 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Peperangan dekat Horma
21:1 Raja negeri Arad, orang Kanaan yang tinggal di Tanah Negeb, mendengar, bahwa Israel datang dari jalan Atarim, lalu ia berperang melawan Israel, dan diangkutnya beberapa orang tawanan dari pada mereka. 21:2 Maka bernazarlah orang Israel kepada TUHAN, katanya: "Jika Engkau serahkan bangsa ini sama sekali ke dalam tangan kami, kami akan menumpas kota-kota mereka sampai binasa." 21:3 TUHAN mendengarkan permintaan orang Israel, lalu menyerahkan orang Kanaan itu; kemudian orang-orang itu dan kota-kotanya ditumpas sampai binasa. Itulah sebabnya tempat itu dinamai Horma.
Ular tembaga
21:4 Setelah mereka berangkat dari gunung Hor, berjalan ke arah Laut Teberau untuk mengelilingi tanah Edom, maka bangsa itu tidak dapat lagi menahan hati di tengah jalan. 21:5 Lalu mereka berkata-kata melawan Allah dan Musa: "Mengapa kamu memimpin kami keluar dari Mesir? Supaya kami mati di padang gurun ini? Sebab di sini tidak ada roti dan tidak ada air, dan akan makanan hambar ini kami telah muak." 21:6 Lalu TUHAN menyuruh ular-ular tedung ke antara bangsa itu, yang memagut mereka, sehingga banyak dari orang Israel yang mati. 21:7 Kemudian datanglah bangsa itu mendapatkan Musa dan berkata: "Kami telah berdosa, sebab kami berkata-kata melawan TUHAN dan engkau; berdoalah kepada TUHAN, supaya dijauhkan-Nya ular-ular ini dari pada kami." Lalu Musa berdoa untuk bangsa itu. 21:8 Maka berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Buatlah ular tedung dan taruhlah itu pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut, jika ia melihatnya, akan tetap hidup." 21:9 Lalu Musa membuat ular tembaga dan menaruhnya pada sebuah tiang; maka jika seseorang dipagut ular, dan ia memandang kepada ular tembaga itu, tetaplah ia hidup.
Perjalanan ke daerah Moab
21:10 Kemudian berangkatlah orang Israel, lalu berkemah di Obot. 21:11 Berangkatlah mereka dari Obot, lalu berkemah dekat reruntuhan di Abarim, di padang gurun yang di sebelah timur Moab. 21:12 Dari situ berangkatlah mereka, lalu berkemah di lembah Zered. 21:13 Dari situ berangkatlah mereka, lalu berkemah di seberang sungai Arnon yang di padang gurun dan yang keluar dari daerah orang Amori, sebab sungai Arnon ialah batas Moab, di antara orang Moab dan orang Amori. 21:14 Itulah sebabnya dikatakan dalam kitab peperangan TUHAN: "Waheb di Sufa dan lembah-lembah ke sungai Arnon, 21:15 dan lereng lembah-lembah; lereng itu terbentang ke tempat di mana terletak kota Ar, dan bersandar pada batas daerah Moab." 21:16 Dari sana mereka ke Beer. Inilah sumur di mana TUHAN berfirman kepada Musa: "Kumpulkanlah bangsa itu, maka Aku akan memberikan air kepada mereka." 21:17 Pada waktu itu orang Israel menyanyikan nyanyian ini: "Berbual-buallah, hai sumur! Mari kita bernyanyi-nyanyi berbalas-balasan karena sumur yang digali oleh raja-raja, 21:18 yang dikorek oleh kaum bangsawan di antara bangsa itu dengan tongkat-tongkat kerajaan, dengan tongkat-tongkat mereka." Dan dari padang gurun mereka ke Matana; 21:19 dari Matana ke Nahaliel; dari Nahaliel ke Bamot; 21:20 dari Bamot ke lembah yang di daerah Moab, dekat puncak gunung Pisga yang menghadap Padang Belantara.
Peperangan melawan Sihon, raja Hesybon
21:21 Kemudian orang Israel mengirim utusan kepada Sihon, raja orang Amori, dengan pesan: 21:22 "Izinkanlah kami melalui negerimu; kami tidak akan menyimpang masuk ke ladang-ladang dan kebun-kebun anggurmu, kami tidak akan minum air sumurmu, di jalan besar saja kami akan berjalan, sampai kami melalui batas daerahmu." 21:23 Tetapi Sihon tidak mengizinkan orang Israel berjalan melalui daerahnya, bahkan ia mengumpulkan seluruh laskarnya, lalu keluar ke padang gurun menghadapi orang Israel, dan sesampainya di Yahas berperanglah ia melawan orang Israel. 21:24 Tetapi orang Israel mengalahkan dia dengan mata pedang dan menduduki negerinya dari sungai Arnon sampai ke sungai Yabok, sampai kepada bani Amon, sebab batas daerah bani Amon itu kuat. 21:25 Dan orang Israel merebut segala kota itu, lalu menetaplah mereka di segala kota orang Amori, di Hesybon dan segala anak kotanya. 21:26 Sebab Hesybon ialah kota kediaman Sihon, raja orang Amori; raja ini tadinya berperang melawan raja Moab yang lalu, dan merebut dari tangannya seluruh negerinya sampai ke sungai Arnon. 21:27 Itulah sebabnya penyair-penyair berkata: "Datanglah ke Hesybon, baiklah dibangun dan baiklah diperkuat kota kediaman Sihon itu! 21:28 Sebab api keluar dari Hesybon, nyala dari kota kediaman Sihon, yang memakan habis Ar-Moab, yang berkuasa atas bukit-bukit di sepanjang sungai Arnon. 21:29 Celakalah engkau, ya Moab; binasa engkau, ya bangsa Kamos! Ia membuat anak-anaknya lelaki menjadi orang-orang pelarian, dan anak-anaknya perempuan menjadi tawanan kepada Sihon, raja orang Amori. 21:30 Kita telah menembaki mereka, Hesybon binasa sampai ke Dibon, dan kita menanduskannya sampai ke Nofah, yang terbentang sampai ke Medeba."
Peperangan melawan Og, Raja Basan
21:31 Demikianlah orang Israel diam di negeri orang Amori. 21:32 Setelah Musa menyuruh orang mengintai kota Yaezer, mereka merebut segala anak kota Yaezer dan menghalau orang-orang Amori yang ada di situ. 21:33 Kemudian berpalinglah mereka dan maju ke arah Basan. Lalu Og, raja Basan, beserta segala rakyatnya maju ke Edrei menjumpai mereka untuk berperang. 21:34 Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: "Janganlah takut kepadanya, sebab Aku menyerahkan dia dengan seluruh rakyatnya dan negerinya ke dalam tanganmu, dan haruslah kaulakukan kepadanya seperti yang kaulakukan kepada Sihon, raja orang Amori, yang diam di Hesybon." 21:35 Maka mereka mengalahkan dia dan anak-anaknya dan seluruh rakyatnya, sehingga seorangpun dari mereka tidak ada yang dibiarkan terlepas; lalu mereka menduduki negerinya.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abarim a place where the Israelites made an encampment during the Exodus
 · Amon a son of Manasseh; the father of Josiah and an ancestor of Jesus,governor of the Town of Samaria under King Ahab,son and successor of King Manasseh,a man who, with his sons, were servants of Solomon
 · Amori members of a pre-Israel Semitic tribe from Mesopotamia
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Ar a town of Moab
 · Arad a town of Canaanites in Judah 16 km east of Beer-Sheba,son of Beriah of Benjamin
 · Arnon a river forming the southern border of Ammon east of the Dead Sea
 · Atarim a place in the desert through which Israel passed
 · Bamot a place of Israelite encampment in Moab NE of the Dead Sea
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Amon the tribe/nation of people descended from Ben-Ammi, Lot's son,Territory of the tribe/nation of Ammon
 · bani Moab resident(s) of the country of Moab
 · Basan a region east of Lake Galilee between Mt. Hermon and Wadi Yarmuk
 · Beer a place where Israel encamped north of the Arnon in Moab (OS),a town located perhaps west of Beth-Shan (OS)
 · Dibon a town in Moab near where Israel encamped,a town in the Negeb of southeastern Judah
 · Edom resident(s) of the region of Edom
 · Edrei a town about 50 km east of the Sea of Galilee (ZD),a town of Naphtali north or west of the Sea of Galilee
 · gunung Pisga a mountain of Reuben about 13 km east of the mouth of the Jordan
 · Hesmon a town of south-eastern Judah
 · Hor a mountain on border of Edom),a mountain (on the North border of Israel)
 · Horma a town of Simeon about 10 km east of Beersheba
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kamos a pagan god; the national god of Moab
 · Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum-kaum orang Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · Laut Merah the ocean between Egypt and the Sinai Peninsula,the sea between Egypt and Arabia
 · Matana an place where Israel made an encampment
 · Medeba a town and a plain
 · Mesir descendants of Mizraim


Topik/Tema Kamus: Bilangan, Kitab | Jalan, Perjalanan Israel Melalui | Amori | Orang Amori | Sihon | Ular | Selamat, Keselamatan | Nyanyian | Musa | Orang Moab | Og | Arnon | Sumur | Basyan | Anak Sungai | Perang | Mukjizat Melalui Perantaraan | Manna | Aku, Pengakuan Dosa | Perbuatan Ajaib | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Bil 21:3 - DITUMPAS SAMPAI BINASA. Nas : Bil 21:3 Melalui Israel, Allah menumpas habis orang-orang Kanaan di Negev. Kebinasaan total merupakan tindakan-Nya yang adil atas mereka yang...

Nas : Bil 21:3

Melalui Israel, Allah menumpas habis orang-orang Kanaan di Negev. Kebinasaan total merupakan tindakan-Nya yang adil atas mereka yang tidak jemu-jemunya berbuat dosa, ketunasusilaan, kekerasan, dan ketidakbenaran. Sebagai Tuhan atas sejarah, Allah berhak untuk menentukan saat yang terbaik untuk membinasakan orang fasik supaya dapat melaksanakan maksud-Nya menebus umat manusia. Dalam PL Allah sering memakai Israel untuk melaksanakan maksud-Nya ini. Di bawah perjanjian yang baru Ia tidak lagi memakai orang percaya untuk membinasakan orang fasik. Akan tetapi, pada akhir zaman ini, Allah sendiri sekali lagi akan menjatuhkan hukuman atas semua orang yang menolak Kristus dan jalan keselamatan-Nya (pasal Wahy 6:1-19:21).

Full Life: Bil 21:9 - ULAR TEMBAGA. Nas : Bil 21:9 Kuasa ular tembaga untuk memberi hidup mendahului kematian Yesus Kristus sebagai korban yang ditinggikan di salib untuk memberi hidu...

Nas : Bil 21:9

Kuasa ular tembaga untuk memberi hidup mendahului kematian Yesus Kristus sebagai korban yang ditinggikan di salib untuk memberi hidup kepada semua orang yang memandang kepada-Nya. Mengenai peristiwa ini Yesus sendiri mengatakan, "Sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal" (Yoh 3:14-15). Mereka yang ingin dibebaskan dari dosa dan menerima keselamatan harus memalingkan hati mereka kepada ketaatan percaya kepada firman Allah di dalam Kristus.

BIS: Bil 21:3 - Horma Horma: Nama ini dalam bahasa Ibrani berarti "kebinasaan".

Horma: Nama ini dalam bahasa Ibrani berarti "kebinasaan".

Jerusalem: Bil 20:1--25:18 - -- Bagian ini terutama memuat ceritera-ceritera. Pada pokoknya ceritera-ceritera itu berasal dari kumpulan-kumpulan tradisi yang disebut. Yahwista dan El...

Bagian ini terutama memuat ceritera-ceritera. Pada pokoknya ceritera-ceritera itu berasal dari kumpulan-kumpulan tradisi yang disebut. Yahwista dan Elohista. Kedua kumpulan itu mengangkat bahannya dari berbagai tradisi lain yang nadanya agak berbeda satu sama lain. Tradisi-tradisi itu disusun baik secara berurutan maupun dicampuradukkan. Tradisi-tradisi tua ini sukar dipisahkan secara terperinci. Pikiran pokok yang menjiwai keseluruhan ialah: Jemaat yang kudus terus maju dalam perjalanannya, kendati halangan dan rintangan yang dihadapinya.

Jerusalem: Bil 21:1-3 - -- Ceritera ini berasal dari tradisi tua, tetapi disajikan tanpa konteks apapun. Kota Horma, bdk Bil 14:45+, sudah direbut oleh suku Simeon yang langsung...

Ceritera ini berasal dari tradisi tua, tetapi disajikan tanpa konteks apapun. Kota Horma, bdk Bil 14:45+, sudah direbut oleh suku Simeon yang langsung menyerbu dari sebelah selatan, Hak 1:16-17. Kekalahan yang diderita Israel di Horma, Bil 14:39+, terjadi di kemudian hari.

Jerusalem: Bil 21:1 - Raja negeri Arad Ini sebuah tambahan yang disebabkan dekatnya negeri Arad dengan Horma.

Ini sebuah tambahan yang disebabkan dekatnya negeri Arad dengan Horma.

Jerusalem: Bil 21:3 - Horma Nama itu dihubungkan dengan kata dasar (herem) yang berarti: mengkhususkan untuk ditumpas. Bdk Yos 6:7

Nama itu dihubungkan dengan kata dasar (herem) yang berarti: mengkhususkan untuk ditumpas. Bdk Yos 6:7

Jerusalem: Bil 21:4-9 - -- Ceritera ini bersangkutan dengan tambang-tambang tembaga di daerah Araba. Sejak abad ketiga belas seb Mas tambang-tambang itu menghasilkan logam itu. ...

Ceritera ini bersangkutan dengan tambang-tambang tembaga di daerah Araba. Sejak abad ketiga belas seb Mas tambang-tambang itu menghasilkan logam itu. Di Meneiyeh (sekarang:Timna) ditemukan sejumlah besar arca ular kecil dari tembaga yang pasti dipakai sebagai jimat untuk melindungi diri terhadap ular berbisa, sama seperti ular yang dibuat Musa. daerah tambang-tambang di Araba itu terdapat sepanjang jalan dari Kadesy ke Akaba, bdk Bil 21:4+.

Jerusalem: Bil 21:4 - ke arah Laut Teberau Ialah ke jurusan Teluk Akaba, bdk Ula 2:1; 1Ra 9:26. Laut Teberau ini jangan disamakan dengan Laut Teberau yang berperan dalam kisah mengenai keluaran...

Ialah ke jurusan Teluk Akaba, bdk Ula 2:1; 1Ra 9:26. Laut Teberau ini jangan disamakan dengan Laut Teberau yang berperan dalam kisah mengenai keluaran dari Mesir

Jerusalem: Bil 21:4 - tanah Edom Pada waktu itu daerah di sekitar Teluk Akaba belum secara tetap diduduki orang Edom. Orang Israel menempuh jalan yang lazim untuk mengindari wilayah o...

Pada waktu itu daerah di sekitar Teluk Akaba belum secara tetap diduduki orang Edom. Orang Israel menempuh jalan yang lazim untuk mengindari wilayah orang Edom. Catatan ini satu-satunya petunjuk kuno mengenai perjalanan yang ditempuh orang Israel.

Jerusalem: Bil 21:6 - ular-ular tedung Ini menterjemahkan kata Ibrani saraf. Menurut Yes 30:6 saraf (ular) itu ialah semacam ular yang bersayap dan naga terbang. Dari kata saraf itupun bera...

Ini menterjemahkan kata Ibrani saraf. Menurut Yes 30:6 saraf (ular) itu ialah semacam ular yang bersayap dan naga terbang. Dari kata saraf itupun berasal nama Serafin dalam Yes 6:2-6.

Jerusalem: Bil 21:10-20 - -- Bagian ini berasal dari zaman belakangan. Maksudnya ialah: melengkapi tradisi tua dengan memanfaatkan keterangan-keterangan yang tercantum dalam Bil 3...

Bagian ini berasal dari zaman belakangan. Maksudnya ialah: melengkapi tradisi tua dengan memanfaatkan keterangan-keterangan yang tercantum dalam Bil 33 (lih catatan) dan Ula 2. Dengan jalan itu perjalanan umat Israel direkonstruksikan. Ke dalam rekonstruksi itu dimasukkan dua petikan dari persajakan Ibrani di zaman dahulu, Bil 21:14-15 dan Bil 21:17-18.

Jerusalem: Bil 21:14 - kitab peperangan TUHAN Ini sebuah kumpulan nyanyian-nyanyian yang meluhurkan masa yang lampau. Kumpulan itu tidak tersedia lagi dan hanya di sini dikutip.

Ini sebuah kumpulan nyanyian-nyanyian yang meluhurkan masa yang lampau. Kumpulan itu tidak tersedia lagi dan hanya di sini dikutip.

Jerusalem: Bil 21:16 - Beer Nama tempat ini hanya disebut di sini. Barangkali kata itu sebenarnya judul pada nyanyian yang dikutip dalam Bil 21:17; beer memang berarti: sumur.

Nama tempat ini hanya disebut di sini. Barangkali kata itu sebenarnya judul pada nyanyian yang dikutip dalam Bil 21:17; beer memang berarti: sumur.

Jerusalem: Bil 21:18 - dari padang gurun mereka ke Matana Rupanya penggubah salah mengerti bagian terakhir sajak: dari padang gurun, itulah sebuah pemberian (matana). Kata matana itu dimengertinya sebagai nam...

Rupanya penggubah salah mengerti bagian terakhir sajak: dari padang gurun, itulah sebuah pemberian (matana). Kata matana itu dimengertinya sebagai nama tempat.

Jerusalem: Bil 21:21 - Kemuliaan ... Di sini dilanjutkan tradisi tua yang terputus dalam Bil 20:22

Di sini dilanjutkan tradisi tua yang terputus dalam Bil 20:22

Jerusalem: Bil 21:21 - orang Amori Ini sebuah kerajaan orang Kanaan yang kecil, yang terletak di sebelah utara anak sungai Arnon. Ibu kotanya bernama Hesybon. Waktu diserbu Moab, rajany...

Ini sebuah kerajaan orang Kanaan yang kecil, yang terletak di sebelah utara anak sungai Arnon. Ibu kotanya bernama Hesybon. Waktu diserbu Moab, rajanya Sihon berhasil mengalahkan mereka (kemenangan itu disinggung dalam Bil 21:27-28; bdk Bil 21:27+). Tetapi Sihon sendiri dikalahkan orang Israel.

Jerusalem: Bil 21:24 - sebab batas daerah .... Naskah Ibrani dapat diterjemahkan juga: sebab (kota) Az adalah perbatasan daerah bani Amon. Dalam terjemahan Yunani terbaca: sebab Yazer (terletak pad...

Naskah Ibrani dapat diterjemahkan juga: sebab (kota) Az adalah perbatasan daerah bani Amon. Dalam terjemahan Yunani terbaca: sebab Yazer (terletak pada) perbatasan bani Amon.

Jerusalem: Bil 21:27-30 - -- Sajak ini (Bil 21:30 dalam naskah Ibrani tidak dapat dimengerti dan ternyata rusak) dapat diartikan dengan dua cara: 1. Sajak itu merupakan sebuah nya...

Sajak ini (Bil 21:30 dalam naskah Ibrani tidak dapat dimengerti dan ternyata rusak) dapat diartikan dengan dua cara: 1. Sajak itu merupakan sebuah nyanyian kemenangan yang meluhurkan kemenangan orang Amori (rajanya Sihon) atas orang Moab; nyanyian itu disisipkan sebagai keterangan atas Bil 21:26. Tetapi tafsir ini mengandaikan bahwa Bil 21:30 diperbaiki begitu rupa sehingga dikatakan bahwa Hesybon menghancurkan Moab. 2. Sajak itu berupa lagu kemenangan orang Israel yang disinggung dalam Bil 21:25-26; nyanyian itu meluhurkan kemenangan orang Israel atas Sihon, Bil 21:27 dan Bil 30 (diperbaiki secara lain). Tetapi nyanyian itu mengingatkan kemenangan Sihon atas Moab, Bil 21:28-29: Hesybon memang memakan habis kota-kota Moab, tetapi kita (orang Israel) menghancurkan Hesybon; Bil 21:27 diartikan sebagai ajakan (berupa ejekan), supaya orang datang membangun kembali Hesybon.

Jerusalem: Bil 21:29 - Ia Yaitu dewa Kamos.

Yaitu dewa Kamos.

Jerusalem: Bil 21:30 - Kita Dalam terjemahan ini Bil 21:30 diperbaiki begitu rupa sehingga orang Israel (kita) menghancurkan Hesybon (kerajaan Sihon)

Dalam terjemahan ini Bil 21:30 diperbaiki begitu rupa sehingga orang Israel (kita) menghancurkan Hesybon (kerajaan Sihon)

Jerusalem: Bil 21:33 - untuk berperang Ceritera tentang perang dengan Og bermaksud melengkapi kisah mengenai perebutan daerah seberang Yordan. iapun bermaksud membenarkan setengah suku Mana...

Ceritera tentang perang dengan Og bermaksud melengkapi kisah mengenai perebutan daerah seberang Yordan. iapun bermaksud membenarkan setengah suku Manasye yang menghaki daerah Basyan, meskipun dalam kenyataannya orang Israel tidak pernah menguasai daerah itu. Raja Og adalah seorang tokoh dongengan, Ula 3:11.

Ende: Bil 21:3 - Horma berarti: apa jang diharamkan. Mengharamkan sesuatu ialah membaktikannja setjara mutlak kepada Allah, sehingga harus dibinasakan. Kiranja Bil 21:1-3 di...

berarti: apa jang diharamkan. Mengharamkan sesuatu ialah membaktikannja setjara mutlak kepada Allah, sehingga harus dibinasakan. Kiranja Bil 21:1-3 disini tidak pada tempatnja. Kisah Bil 20:22-29 diteruskan Bil 21:4-9.

Ende: Bil 21:4-9 - -- Kisah ini kiranja bermaksud menentang penjembahan ular (dewa jang berupa ular), jang tersebar disebelah sana. Dewa itu tidak memberikan kehidupan (seb...

Kisah ini kiranja bermaksud menentang penjembahan ular (dewa jang berupa ular), jang tersebar disebelah sana. Dewa itu tidak memberikan kehidupan (sebagaimana diharapkan para pemudjanja) melainkan kematian.

Ende: Bil 21:6 - ular berapi Kata Hibrani berbunji (ular) saraf. Mungkin ular itu adalah ular bersajap, sematjam naga adjaib.

Kata Hibrani berbunji (ular) saraf. Mungkin ular itu adalah ular bersajap, sematjam naga adjaib.

Ende: Bil 21:14 - -- Kitab Pertempuran Jahwe kiranja suatu kumpulan lagu kuno jang tidak ada lagi. Lagu jang dikutip disini agak rusak dan sukar diterdjemahkan.

Kitab Pertempuran Jahwe kiranja suatu kumpulan lagu kuno jang tidak ada lagi. Lagu jang dikutip disini agak rusak dan sukar diterdjemahkan.

Ende: Bil 21:16 - -- Ajat ini meneruskan aj. 13.(Bil 21:13) Kata Hibrani Beer (nama tempat) berarti: sumur.

Ajat ini meneruskan aj. 13.(Bil 21:13) Kata Hibrani Beer (nama tempat) berarti: sumur.

Ende: Bil 21:27-30 - -- Makna lagu ini tidak selalu kentara. Lagu itu memudji kemenangan Israil atas orang-orang Amor dan Moab.

Makna lagu ini tidak selalu kentara. Lagu itu memudji kemenangan Israil atas orang-orang Amor dan Moab.

Endetn: Bil 21:32 - mengenjahkan diperbaiki menurut terdjemahan-terdjemahan kuno. Tertulis: "memiliki".

diperbaiki menurut terdjemahan-terdjemahan kuno. Tertulis: "memiliki".

Ref. Silang FULL: Bil 21:1 - negeri Arad // Tanah Negeb · negeri Arad: Bil 33:40; Yos 12:14 · Tanah Negeb: Kej 12:9; Kej 12:9; Bil 13:17; Ul 1:7; Hak 1:9,16

· negeri Arad: Bil 33:40; Yos 12:14

· Tanah Negeb: Kej 12:9; [Lihat FULL. Kej 12:9]; Bil 13:17; Ul 1:7; Hak 1:9,16

Ref. Silang FULL: Bil 21:2 - Maka bernazarlah // sampai binasa · Maka bernazarlah: Im 7:16 · sampai binasa: Bil 21:3; Kel 22:20; Ul 2:34; Yos 2:10; 8:26; Yer 25:9; 50:21

· Maka bernazarlah: Im 7:16

· sampai binasa: Bil 21:3; Kel 22:20; Ul 2:34; Yos 2:10; 8:26; Yer 25:9; 50:21

Ref. Silang FULL: Bil 21:3 - orang Kanaan // sampai binasa // dinamai Horma · orang Kanaan: Kej 10:18; Kej 10:18 · sampai binasa: Bil 21:2; Bil 21:2 · dinamai Horma: Bil 14:45; Bil 14:45

· orang Kanaan: Kej 10:18; [Lihat FULL. Kej 10:18]

· sampai binasa: Bil 21:2; [Lihat FULL. Bil 21:2]

· dinamai Horma: Bil 14:45; [Lihat FULL. Bil 14:45]

Ref. Silang FULL: Bil 21:4 - gunung Hor // Laut Teberau // tanah Edom // tengah jalan · gunung Hor: Bil 20:22 · Laut Teberau: Bil 14:25; Ul 2:1; 11:4 · tanah Edom: Bil 20:21; Bil 20:21 · tengah jalan: Ul 2:8;...

· gunung Hor: Bil 20:22

· Laut Teberau: Bil 14:25; Ul 2:1; 11:4

· tanah Edom: Bil 20:21; [Lihat FULL. Bil 20:21]

· tengah jalan: Ul 2:8; Hak 11:18

Ref. Silang FULL: Bil 21:5 - melawan Allah // dari Mesir // gurun ini // ada air // akan makanan · melawan Allah: Mazm 78:19 · dari Mesir: Bil 11:20 · gurun ini: Kel 14:11; Kel 14:11; Bil 14:2,3 · ada air: Bil 20:5 &mid...

· melawan Allah: Mazm 78:19

· dari Mesir: Bil 11:20

· gurun ini: Kel 14:11; [Lihat FULL. Kel 14:11]; Bil 14:2,3

· ada air: Bil 20:5

· akan makanan: Bil 11:5; [Lihat FULL. Bil 11:5]

Ref. Silang FULL: Bil 21:6 - menyuruh ular-ular // yang mati · menyuruh ular-ular: Bil 21:7; Ul 8:15; 32:33; Ayub 20:14; Mazm 58:5; 140:3; Yer 8:17 · yang mati: 1Kor 10:9

· menyuruh ular-ular: Bil 21:7; Ul 8:15; 32:33; Ayub 20:14; Mazm 58:5; 140:3; Yer 8:17

· yang mati: 1Kor 10:9

Ref. Silang FULL: Bil 21:7 - mendapatkan Musa // telah berdosa // kepada Tuhan // Musa berdoa · mendapatkan Musa: Mazm 78:34; Hos 5:15 · telah berdosa: Bil 14:40 · kepada Tuhan: Kel 8:8; 1Sam 7:8; Yer 27:18; 37:3; Kis 8:24 ...

· mendapatkan Musa: Mazm 78:34; Hos 5:15

· telah berdosa: Bil 14:40

· kepada Tuhan: Kel 8:8; 1Sam 7:8; Yer 27:18; 37:3; Kis 8:24

· Musa berdoa: Bil 11:2; [Lihat FULL. Bil 11:2]

Ref. Silang FULL: Bil 21:8 - sebuah tiang · sebuah tiang: Yoh 3:14

· sebuah tiang: Yoh 3:14

Ref. Silang FULL: Bil 21:9 - ular tembaga // ia hidup · ular tembaga: 2Raj 18:4 · ia hidup: Yoh 3:14-15

· ular tembaga: 2Raj 18:4

· ia hidup: Yoh 3:14-15

Ref. Silang FULL: Bil 21:10 - di Obot · di Obot: Bil 33:43

· di Obot: Bil 33:43

Ref. Silang FULL: Bil 21:11 - timur Moab · timur Moab: Kej 36:35; Kej 36:35; Bil 33:44; Ul 34:8; Yer 40:11

· timur Moab: Kej 36:35; [Lihat FULL. Kej 36:35]; Bil 33:44; Ul 34:8; Yer 40:11

Ref. Silang FULL: Bil 21:12 - lembah Zered · lembah Zered: Ul 2:13,14

· lembah Zered: Ul 2:13,14

Ref. Silang FULL: Bil 21:13 - sungai Arnon // orang Amori · sungai Arnon: Bil 22:36; Ul 2:24; Yos 12:1; Hak 11:13,18; 2Raj 10:33; Yes 16:2; Yer 48:20 · orang Amori: Kej 10:16; Kej 10:16

· sungai Arnon: Bil 22:36; Ul 2:24; Yos 12:1; Hak 11:13,18; 2Raj 10:33; Yes 16:2; Yer 48:20

· orang Amori: Kej 10:16; [Lihat FULL. Kej 10:16]

Ref. Silang FULL: Bil 21:14 - kitab peperangan · kitab peperangan: 1Sam 17:47; 18:17; 25:28

· kitab peperangan: 1Sam 17:47; 18:17; 25:28

Ref. Silang FULL: Bil 21:15 - kota Ar · kota Ar: Bil 21:28; Ul 2:9,18; Yes 15:1

· kota Ar: Bil 21:28; Ul 2:9,18; Yes 15:1

Ref. Silang FULL: Bil 21:16 - ke Beer · ke Beer: Bil 25:1; 33:49; Hak 9:21; Yes 15:8

Ref. Silang FULL: Bil 21:17 - menyanyikan nyanyian · menyanyikan nyanyian: Kel 15:1; Kel 15:1

· menyanyikan nyanyian: Kel 15:1; [Lihat FULL. Kel 15:1]

Ref. Silang FULL: Bil 21:20 - gunung Pisga · gunung Pisga: Bil 23:14; Ul 3:17,27; 34:1; Yos 12:3; 13:20

Ref. Silang FULL: Bil 21:21 - mengirim utusan // kepada Sihon // orang Amori · mengirim utusan: Kej 32:3; Kej 32:3 · kepada Sihon: Bil 32:33; Ul 1:4; Yos 2:10; 12:2,4; 13:10; Hak 11:19-21; 1Raj 4:19; Neh 9:22; Maz...

· mengirim utusan: Kej 32:3; [Lihat FULL. Kej 32:3]

· kepada Sihon: Bil 32:33; Ul 1:4; Yos 2:10; 12:2,4; 13:10; Hak 11:19-21; 1Raj 4:19; Neh 9:22; Mazm 135:11; 136:19; Yer 48:45

· orang Amori: Kel 23:23; [Lihat FULL. Kel 23:23]

Ref. Silang FULL: Bil 21:22 - batas daerahmu · batas daerahmu: Bil 20:17; Bil 20:17

· batas daerahmu: Bil 20:17; [Lihat FULL. Bil 20:17]

Ref. Silang FULL: Bil 21:23 - melalui daerahnya // di Yahas // orang Israel · melalui daerahnya: Bil 20:21 · di Yahas: Ul 2:32; Yos 13:18; 21:36; Hak 11:20; Yes 15:4; Yer 48:21,34 · orang Israel: Bil 20:18...

· melalui daerahnya: Bil 20:21

· di Yahas: Ul 2:32; Yos 13:18; 21:36; Hak 11:20; Yes 15:4; Yer 48:21,34

· orang Israel: Bil 20:18

Ref. Silang FULL: Bil 21:24 - mata pedang // menduduki negerinya // sungai Yabok // bani Amon · mata pedang: Ul 2:33; 3:3; 29:7; Mazm 135:10-11; Am 2:9 · menduduki negerinya: Bil 21:35; Ul 3:4 · sungai Yabok: Kej 32:22; Kej...

· mata pedang: Ul 2:33; 3:3; 29:7; Mazm 135:10-11; Am 2:9

· menduduki negerinya: Bil 21:35; Ul 3:4

· sungai Yabok: Kej 32:22; [Lihat FULL. Kej 32:22]; Bil 32:33; Hak 11:13,22

· bani Amon: Kej 19:38; [Lihat FULL. Kej 19:38]; Ul 2:37; Yos 13:10

Ref. Silang FULL: Bil 21:25 - lalu menetaplah // orang Amori // di Hesybon · lalu menetaplah: Hak 11:26 · orang Amori: Bil 13:29; Hak 10:11; Am 2:10 · di Hesybon: Bil 21:30; Bil 32:3; Ul 1:4; 29:7; Yos 9:...

· lalu menetaplah: Hak 11:26

· orang Amori: Bil 13:29; Hak 10:11; Am 2:10

· di Hesybon: Bil 21:30; Bil 32:3; Ul 1:4; 29:7; Yos 9:10; 12:2; Yes 15:4; 16:8; Yer 48:2,34

Ref. Silang FULL: Bil 21:26 - kediaman Sihon // orang Amori // raja Moab // sungai Arnon · kediaman Sihon: Bil 21:21; Ul 29:7; Mazm 135:11 · orang Amori: Bil 13:29 · raja Moab: Bil 21:11 · sungai Arnon: Bil 21:1...

· kediaman Sihon: Bil 21:21; Ul 29:7; Mazm 135:11

· orang Amori: Bil 13:29

· raja Moab: Bil 21:11

· sungai Arnon: Bil 21:13

Ref. Silang FULL: Bil 21:28 - kediaman Sihon // memakan habis // Ar-Moab // atas bukit-bukit · kediaman Sihon: Yer 48:45 · memakan habis: Bil 11:1; Bil 11:1 · Ar-Moab: Bil 21:15; Bil 21:15 · atas bukit-bukit: Bil 22...

· kediaman Sihon: Yer 48:45

· memakan habis: Bil 11:1; [Lihat FULL. Bil 11:1]

· Ar-Moab: Bil 21:15; [Lihat FULL. Bil 21:15]

· atas bukit-bukit: Bil 22:41; Ul 12:2; Yos 13:17; Yes 15:2; Yer 19:5

Ref. Silang FULL: Bil 21:29 - ya Moab // bangsa Kamos // orang-orang pelarian // menjadi tawanan · ya Moab: Bil 24:17; 2Sam 8:2; 1Taw 18:2; Mazm 60:10; Yes 25:10; Yer 48:46 · bangsa Kamos: Hak 10:6; 11:24; Rut 1:15; 1Raj 11:7,33; 2Ra...

· ya Moab: Bil 24:17; 2Sam 8:2; 1Taw 18:2; Mazm 60:10; Yes 25:10; Yer 48:46

· bangsa Kamos: Hak 10:6; 11:24; Rut 1:15; 1Raj 11:7,33; 2Raj 23:13; Yer 48:7,46

· orang-orang pelarian: Yes 15:5

· menjadi tawanan: Yes 16:2

Ref. Silang FULL: Bil 21:30 - ke Dibon // ke Medeba · ke Dibon: Bil 32:3; Yos 13:9,17; Neh 11:25; Yes 15:2; Yer 48:18,22 · ke Medeba: Yos 13:16; 1Taw 19:7

Ref. Silang FULL: Bil 21:31 - orang Amori · orang Amori: Bil 13:29

· orang Amori: Bil 13:29

Ref. Silang FULL: Bil 21:32 - orang mengintai // kota Yaezer · orang mengintai: Yos 2:1; 6:22; 7:2; Hak 18:2; 2Sam 10:3; 1Taw 19:3 · kota Yaezer: Bil 32:1,3,35; Yos 13:25; 2Sam 24:5; 1Taw 6:81; Yes...

Ref. Silang FULL: Bil 21:33 - raja Basan // raja Basan // ke Edrei · raja Basan: Bil 32:33; Ul 3:3; 31:4; Yos 2:10; 12:4; 13:30; 1Raj 4:19; Neh 9:22; Mazm 135:11; 136:20 · raja Basan: Ul 3:4; 32:14; Yos ...

Ref. Silang FULL: Bil 21:34 - di Hesybon · di Hesybon: Ul 3:2

· di Hesybon: Ul 3:2

Ref. Silang FULL: Bil 21:35 - tidak ada // menduduki negerinya · tidak ada: Yos 9:10 · menduduki negerinya: Bil 21:24; Bil 21:24

· tidak ada: Yos 9:10

· menduduki negerinya: Bil 21:24; [Lihat FULL. Bil 21:24]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Bil 21:1-3 - Arad Ditaklukkan Pasukan-pasukan Israel sekarang mulai keluar dari padang gurun, dan tiba di sebuah negeri yang berpenghuni. Mereka mulai bertindak, dan menguasai b...

Matthew Henry: Bil 21:4-9 - Ular Tembaga Ular Tembaga (21:4-9) Di sini ada, I. Kelelahan yang dirasakan Israel akibat perjalanan memutar yang panjang mengelilingi tanah Edom, sebab ...

Matthew Henry: Bil 21:10-20 - Perkemahan Bangsa Israel Perkemahan Bangsa Israel (21:10-20) Kita mendapati di sini sebuah gambaran tentang sejumlah tempat perhentian dan keberangkatan orang Israel, sampa...

Matthew Henry: Bil 21:21-35 - Raja Sihon dan Raja Og Digulingkan Raja Sihon dan Raja Og Digulingkan (21:21-35) Kita mendapati di sini sebuah gambaran tentang kemenangan-kemenangan yang diperoleh Israel atas Raja ...

SH: Bil 21:1-9 - Tujuan Allah (Jumat, 5 November 1999) Tujuan Allah Betapa sukar maju dalam Tuhan. Untuk sesaat Israel berhasil mengalami kemajuan ketika doa dan tekad mereka menumpas bangsa Ara...

SH: Bil 21:1-20 - Anugerah keselamatan (Kamis, 19 Juli 2007) Anugerah keselamatan Israel baru saja mengalami berkat dari bergantung penuh kepada Tuhan. Mereka berhasil mengalahkan Arad secara gemilang (1-3...

SH: Bil 21:1-35 - Kemenangan dan hukuman (Kamis, 30 April 2015) Kemenangan dan hukuman Perjalanan rohani anak-anak Tuhan bagaikan naik turun bukit dan lembah. Ada masa-masa mereka di lembah, mengalami kesulitan, p...

SH: Bil 21:1-9 - Mengeluh dan Mengeluh (Jumat, 15 Mei 2020) Mengeluh dan Mengeluh Mungkin kita pernah mendengar keluhan seperti ini: "Mengapa setiap hari makanannya begini terus? Mengapa saya hanya punya satu ...

SH: Bil 21:10--22:1 - Perjalanan menuju Kanaan semakin dekat (Sabtu, 6 November 1999) Perjalanan menuju Kanaan semakin dekat Israel melewati perjalanan panjang yang penuh dengan didikan Allah. Allah sangat mengenal bangsa yang teg...

SH: Bil 21:10-20 - Melewati Padang Gurun (Sabtu, 16 Mei 2020) Melewati Padang Gurun Saat seseorang terimpit berbagai masalah, ia merasa seperti berjalan di lorong gelap yang sangat panjang. Ia pun mulai bertanya...

SH: Bil 21:21-35 - Harus perang (Jumat, 20 Juli 2007) Harus perang Adakah alasan yang dapat membenarkan terjadinya suatu peperangan? Agaknya sulit, sebab tidak ada perang yang tidak menimbulkan ...

SH: Bil 21:21-30 - Tantangan Lagi? (Bagian 1) (Minggu, 17 Mei 2020) Tantangan Lagi? (Bagian 1) Terkadang masalah yang datang bertubi-tubi menimpa hidup seseorang membuatnya bertanya-tanya. Pertanyaan itu membawanya pa...

SH: Bil 21:31--22:1 - Tantangan Lagi? (Bagian 2) (Senin, 18 Mei 2020) Tantangan Lagi? (Bagian 2) Setelah mengalahkan Sihon, raja Amori, mungkin bangsa Israel berharap tidak terjadi perang lagi. Kenyataannya, mereka haru...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Bilangan (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Pengembaraan di Padang Gurun Tanggal Penulisan: + 1405 SM Latar Belakang Judul kitab ini muncul pertama ...

Full Life: Bilangan (Garis Besar) Garis Besar I. Allah Mempersiapkan "Angkatan Keluaran" untuk Memperoleh Tanah Perjanjian (Bil 1:1-10:10) A. Persiapan...

Matthew Henry: Bilangan (Pendahuluan Kitab) Nama kelima kitab Musa, yang kita pergunakan di dalam Alkitab, semuanya dipinjam dari Septuaginta, yakni terjemahan Perjanjian Lama ke dalam bahasa...

Jerusalem: Bilangan (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci merupakan suatu kesatuan yang oleh orang-orang Yahudi diberi nama "Hukum&...

Ende: Bilangan (Pendahuluan Kitab) KITAB TJATJAH DJIWA PENDAHULUAN Kitab jang berikut ini diberi berdjudul "Tjatjah Djiwa". Adapun sebabnja ialah tjatjah djiwa umat Israil jang menurut ...

BIS: Bilangan (Pendahuluan Kitab) BILANGAN PENGANTAR Buku Bilangan menceritakan tentang sejarah bangsa Israel selama hampir empat puluh tahun, sejak mereka meninggalkan Gunung Sinai

BILANGAN

PENGANTAR

Buku Bilangan menceritakan tentang sejarah bangsa Israel selama hampir empat puluh tahun, sejak mereka meninggalkan Gunung Sinai sampai tiba di perbatasan timur Kanaan, yaitu negeri yang dijanjikan Allah untuk diberikan kepada mereka. Nama Bilangan diambil dari peristiwa yang paling penting dalam buku ini, yaitu sensus bangsa Israel. Sensus pertama diadakan oleh Musa di Gunung Sinai sebelum bangsa itu berangkat, dan yang kedua ketika mereka berada di wilayah bangsa Moab, di sebelah timur Sungai Yordan, kira-kira satu angkatan kemudian. Dalam waktu antara sensus yang pertama dan sensus yang kedua, bangsa Israel pergi ke Kades-Barnea di perbatasan selatan Kanaan. Dari situ mereka mencoba memasuki negeri Kanaan, tetapi tidak berhasil. Sesudah bertahun-tahun lamanya tinggal di daerah sekitar Kades-Barnea itu, mereka pergi ke wilayah di sebelah timur Sungai Yordan. Sebagian dari bangsa itu menetap di sana, sedangkan yang lain bersiap-siap menyeberangi sungai itu untuk masuk ke negeri Kanaan.

Buku Bilangan adalah kisah tentang suatu bangsa yang seringkali berkecil hati dan takut menghadapi kesukaran-kesukaran. Mereka melanggar perintah Allah dan tak mau menurut kepada Musa yang ditunjuk TUHAN untuk memimpin mereka. Buku ini juga merupakan kisah tentang bagaimana TUHAN dengan setia dan tekun memelihara bangsa-Nya, walaupun mereka itu lemah dan tidak taat. Juga mengisahkan tentang Musa, yang kadang-kadang kurang sabar, tetapi tetap melayani TUHAN dan bangsa Israel dengan tabah.

Isi

  1.  Bangsa Israel bersiap-siap untuk meninggalkan Gunung Sinai
    Bil 1:1-9:23
    1. a. Sensus yang pertama
      Bil 1:1-4:49
    2. b. Berbagai hukum dan peraturan
      Bil 5:1-8:26
    3. c. Paskah yang kedua
      Bil 9:1-23
  2.  Dari Gunung Sinai ke wilayah bangsa Moab
    Bil 10:1-21:35
  3.  Kejadian-kejadian di Moab
    Bil 22:1-32:42
  4.  Ringkasan perjalanan dari Mesir ke Moab
    Bil 33:1-49
  5.  Perintah-perintah sebelum menyeberangi Sungai Yordan
    Bil 33:50-36:13

Ajaran: Bilangan (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan melihat isi kitab Bilangan, anggota Jemaat dapat mengerti akan kebesaran Allah di dalam mengampuni dan mendisiplin umat-Nya yan

Tujuan

Supaya dengan melihat isi kitab Bilangan, anggota Jemaat dapat mengerti akan kebesaran Allah di dalam mengampuni dan mendisiplin umat-Nya yang jatuh ke dalam dosa.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Kitab Bilangan adalah kitab ke 4 dalam urutan kitab. Kitab ini terbagi atas 36 pasal. Isi kitab Bilangan menceritakan tentang perjalanan umat Allah dari gunung Sinai menuju ke Kadesy sampai ke Moab.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Bilangan

  1. Pasal 1-14 (Bil 1:1-14:45).

    Perjalanan umat Allah dari Sinai ke Kadesy Pada saat bangsa ini mulai bergerak dari Sinai menuju Kadesy, mereka mengalami kegoncangan iman. Mereka mulai bersungut-sungut sehingga Tuhan memberikan peringatan berupa api yang merajalela. Setelah itu terjadilah pemberontakan Miryam dan Harun kepada Musa. Tetapi kemudian Allah mengampuni pemberontak-pemberontak itu, setelah mereka bertobat.

    Kemudian Tuhan menyuruh Musa mengirim beberapa orang untuk melihat tanah Kanaan yang dijanjikan kepada bangsa Israel dan Musa mengirimkan 12 orang pengintai. Walaupun para pengintai melihat orang-orang raksasa, tetapi 2 orang pengintai, yaitu Kaleb dan Yosua dengan iman mereka percaya bahwa mereka dapat mengalahkannya. Akhir bagian ini, karena takut terhadap orang-orang raksasa itu, maka bangsa Israel mengambil keputusan untuk tidak mentaati perintah Tuhan agar mereka masuk ke daerah Kanaan. Kemudian Tuhan menghukum mereka dengan membiarkan bangsa ini mengembara di padang gurun selama empat puluh tahun.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Bil 1:1; 10:11-13. Dari manakah bangsa Israel berangkat?
    2. Bacalah pasal Bil 11:1-2. Apakah yang dilakukan oleh umat Israel sehingga mendapa peringatan dari Allah? Apakah saudara sering melakukan hal yang sama?
    3. Bacalah pasal Bil 12:1-16. Mengapakah Musa dipakai Allah? Apakah sebabnya Miryam dan Harun dihukum Allah?
    4. Bacalah pasal Bil 13:1-3,27-33. Ada berapa macam laporan yang disampaikan? Pendapat yang manakah yang sesuai dengan kehendak Tuhan?
    5. Bacalah pasal Bil 14:1-11. Apakah sebabnya bangsa Israel memberontak pada Alla (ayat 11; Bil 14:11)?
    6. Bacalah pasal Bil 14:30-34. Apakah hukuman yang Allah jatuhkan, atas orang-oran yang kurang percaya ini?
  2. Pasal 15-20 (Bil 15:1-20:29).

    Pengembaraan di padang gurun Bangsa Israel tidak dapat segera masuk ke tanah Kanaan yang dijanjikan, karena ketidakpercayaan mereka kepada pimpinan Allah. Karena itu mereka mulai mengembara di padang gurun. Dalam saat-saat pengembaraan ini, Allah tetap mempersiapkan mereka melalui mengulangi segala perintah-Nya dengan tegas, yakni tentang tata kehidupan sebagai umat Allah, yang akan masuk ke tanah perjanjian di Kanaan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Bil 15:1-2. Dapatkah saudara melihat dalam ayat tersebut bahw semua ajaran setelah ayat ini, dimaksudkan untu mempersiapkan umat Allah?
    2. Bacalah pasal Bil 20:1-13. Apakah yang menyebabkan Musa marah? Dan apakah akiba kemarahan tersebut atas diri Musa dan Harun?
  3. Pasal 21-36Bil 21:1-36:13.

    Perjalanan dari Kadesy ke Moab Bangsa Israel berhasil membuat perjalanan maju sampai Moab melalui peperangan. Tetapi seseorang bernama Bileam dipanggil oleh Balak, raja dari Moab, supaya mengutuki Israel, namun Tuhan menegur Bileam melalui Imedainya yang berbicara, sehingga Bileam akhirnya memberkati Israel. Akhirnya Yosua dipilih untuk menggantikan Musa untuk memimpin bangsa Israel memasuki tanah perjanjian di Kanaan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Bil 22:1-6. Bagaimanakah perasaan pemimpin-pemimpin orang Moab, wakt melihat bangsa Israel? Mengapakah orang Moab memanggil Bileam?
    2. Bacalah pasal Bil 22:21-31. Apakah kejadian yang aneh di sini? Mengapa demikian?
    3. Bacalah pasal Bil 24:1-2,10. Bangsa manakah yang diberkati Allah melalui Bileam?
    4. Bacalah pasal Bil 28:12-20. Siapakah yang dipilih oleh Tuhan untuk menggantikan Musa? Mengapa orang itu yang dipilih?
    5. Bacalah pasal Bil 36:13. Dimanakah bangsa Israel sekarang berada?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Bilangan mengajarkan kemurahan Allah dalam mengampuni dan menyatakan keadilan Allah terhadap umat-Nya yang berbuat dosa.

  2. Pemberontakan dan ketidaktaatan kepada Allah hanya menghasilkan murka dan hukuman Allah.

  3. Hidup yang berkemenangan, hanya dapat diperoleh dengan iman yang penuh kepercayaan dan ketergantungan terhadap Allah.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Bilangan?
  2. Apakah isi Kitab Bilangan?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dar mempelajari Kitab Bilangan?

Intisari: Bilangan (Pendahuluan Kitab) Bangsa Israel di padang gurun MENGENAI APA?Nama kitab ini dalam Alkitab Ibrani berarti "di padang gurun" dan judul itu mencakup semua peristiwa yang

Bangsa Israel di padang gurun

MENGENAI APA?
Nama kitab ini dalam Alkitab Ibrani berarti "di padang gurun" dan judul itu mencakup semua peristiwa yang dilukiskan dalam kitab itu. Judul "Bilangan" dipakai oleh karena kitab itu mencatat "penjumlahan" bangsa itu pada tahun kedua (pasal Bil 1) setelah mereka meninggalkan Mesir dan tahun keempat puluh (pasal Bil 26). Sebagian isi kitab menceritakan pengalaman bangsa Israel selama empat puluh tahun sebelum mereka memasuki Tanah Perjanjian. Dalam banyak hal Bilangan menjadi bacaan yang menyedihkan, oleh karena banyak dari penderitaan bangsa Israel adalah akibat langsung dari ketidaksetiaan dan ketidaktaatan. Orang boleh mengatakan bahwa Bilangan merupakan catatan mengenai kegagalan manusia terhadap kesetiaan ilahi.

APA KESAN KESELURUHAN?
Salah satu cirinya ialah bahwa kitab ini tidak mencoba untuk menyajikan kepada kita suatu narasi penuh atau kisah bersambung yang ketat. Sebagai perbandingan, hanya sedikit yang diceritakan mengenai masa-masa yang dilewati di padang gurun, tetapi peristiwa-peristiwa tertentu ditonjolkan dan digambarkan secara panjang lebar. Kesan keseluruhan ialah bahwa Allah tetap berkuasa melawan pemberhalaan dan imoralitas bangsa Israel. Sebagian Kitab Bilangan bersifat sejarah dan sebagian lagi bersifat undang-undang.

SIAPAKAH TOKOH-TOKOH UTAMA YANG DISEBUT DALAM KITAB BILANGAN?
Sudah jelas bahwa Musa banyak sekali disebut dalam kitab ini -- perhatian Musa terhadap Hobab (Bil 10:29-32); doanya di Tabera (Bil 11:10-15); reaksinya terhadap kecaman (Bil 12); imannya yang kurang (Bil 13); keprihatinannya terhadap kehormatan Allah (Bil 14:13-19); ketidakikutsertaannya masuk ke dalam Tanah Perjanjian (Bil 20:2-13). Harun juga disebut, terutama dalam hubungannya dengan pemberontakan Korah (Bil 16). Miryam, saudara perempuan Musa, juga merupakan salah seorang tokoh dalam kitab ini. Pasal Bil 12 menceritakan bagaimana ia dihukum oleh karena iri hati. Nama-nama lain yang disebut termasuk Yosua dan Kaleb, dua orang mata-mata yang berani percaya kepada Allah dan hanya mereka berdua dari generasi itu yang diizinkan masuk ke Kanaan. Kisah mengenai Bileam dan Balak juga dicatat dalam kitab itu (pasal Bil 22-24).

APA KESUKARAN-KESUKARAN YANG DIHADAPI?
Para kritikus Alkitab mengajukan sejumlah pertanyaan tentang ketepatan sejarah dan statistik dari kitab ini. Sebagian besar, walaupun tidak semua, dari kitab ini dapat diterima jika kita menyadari bahwa para penulis bangsa Ibrani tidak selalu mengikuti urutan kronologis peristiwa-peristiwa secara ketat. Mereka lebih mementingkan arti dan pentingnya peristiwa.

Pesan

1. Pengaturan yang baik
Bil 1:1-10:10
Pasal-pasal pembukaan menggambarkan situasi bangsa Israel di padang gurun Sinai, termasuk keterangan mengenai sensus, pemilihan imam-imam Lewi dan pentahbisan mereka, peraturan untuk orang nazir dan tata cara penyembahan di Kemah Suci. Penekanan utama ialah pada kekudusan dan kesetiaan Allah.

2. Keluh-kesah dan pemberontakan
Bil 10:11-20:29
Di sini kita menelusuri perjalanan bangsa Israel setelah mereka meninggalkan Gunung Sinai dan mencapai Kades Barnea. Bagian dari kitab ini merupakan kisah sedih yang berisi keluhan yang terus menerus terhadap Allah dan mengenai hukuman yang kemudian dijatuhkan. Lagi-lagi ini merupakan peringatan bagi mereka yang kurang percaya.

3. Kegagalan dan kemenangan
Bil 21:1-36:13
Dalam bagian ketiga kitab itu kita membaca hal-hal yang menggembirakan. Catatan yang menonjol ialah mengenai kemenangan yang diperoleh, walaupun masih ada kegagalan yang perlu dicatat. Kita melihat bahwa Yosua diangkat sebagai pengganti Musa, dan persiapan-persiapan yang dibuat untuk memasuki Tanah Perjanjian. Sementara terus ditekankan mengenai kekudusan Allah, kita juga belajar dari Bilangan bahwa Allah adalah Allah yang tertib. Dengan cara yang sama Allah memberikan petunjuk-petunjuk yang jelas mengenai bagaimana mereka harus menjalani kehidupan dan ibadah mereka. Di bawah perjanjian yang baru hal itu sama pentingnya, yaitu bahwa segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur (1Ko 14:40).

Penerapan

1. Kita diselamatkan untuk melayani
Dalam Keluaran kita membaca kisah pembebasan bangsa Israel dari perbudakan; dalam Bilangan penekanan terletak pada pelayanan. Hanya orang yang sudah diselamatkan yang dapat sungguh-sungguh menyembah dan melayani Allah yang hidup.

2. Allah adalah Allah yang tertib
Kitab ini berisi banyak hukum dan peraturan yang mengingatkan kita bahwa dalam melayani Allah "segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur" (1Ko 14:40).

3. Dosa-dosa yang sering dilakukan oleh umat Allah
o Dosa tidak percaya. Kegagalan bangsa Israel untuk masuk ke Tanah Perjanjian disebabkan oleh ketidakpercayaan.
o Dosa pemberontakan. Dalam Bilangan kita membaca beberapa kisah mengenai pemberontakan. Kita semua cenderung terlalu mudah untuk menyerah kepada semangat pemberontakan dan melawan para pemimpin yang dipilih Allah.
o Dosa kecemburuan. Harun dan Miryam, keduanya membuat Allah tidak senang. Hati-hati terhadap kecemburuan.

4. Allah menghargai kesetiaan
Kaleb dan Yosua bertahan sebagai pengikut Allah yang setia dan hanya mereka yang diperbolehkan memasuki Tanah Perjanjian. Secara tragis mudah bagi kita untuk merasa takut menghadapi kesukaran-kesukaran, tetapi iman mengalahkan hal yang tidak mungkin.

Tema-tema Kunci

1. Pemeliharaan Allah
Kita menemukan beberapa ilustrasi dalam Bilangan mengenai bagaimana Allah memenuhi kebutuhan umat-Nya. Contoh: Bil 20:1-11; 21:1-9; 27:1-11, (lihat Bil 36:1-12); Bil 27:12-23; 35:1-5; 35:6-28. Renungkanlah bagaimana cara Allah memenuhi kebutuhan umat-Nya dewasa ini.

2. Ketidaksenangan Allah
Salah satu aspek yang menyedihkan dalam Bilangan ialah kenyataan bahwa Allah sering kali murka kepada umat-Nya. Lihat Bil 11:1-3; 11:33; 12:1-16; 14:20-23; 14:36-38; 16:31-35; 25:1-3. Apa yang diperbuat oleh umat Allah pada masa kini yang membuat Allah sedih?

3. Keteraturan Allah
Allah adalah Allah yang teratur dan tertib. Lihat pasal Bil 1; 2; 3; 4; 26; 32 mengenai penjumlahan umat-Nya, pengaturan perkemahan suku-suku. Lihat juga Bil 7:1-19:14; pasal Bil 15; 18; 19; 28; 29 mengenai tata-cara ibadah.

4. Pimpinan Allah
Patut dicatat bahwa, kendatipun terjadi pembangkangan yang terus menerus, Allah masih memimpin umat-Nya dalam pengembaraan mereka dengan tiang awan dan api (Bil 9:15-23). Sampai saat ini Allah masih memimpin umat-Nya: bagaimana cara Allah melakukannya?

Garis Besar Intisari: Bilangan (Pendahuluan Kitab) [1] ORGANISASI BANGSA ISRAEL Bil 1:1-10:36 Bil 1:1-54Sensus yang diperintahkan oleh Allah Bil 2:1-4:49Pengaturan perkemahan Bil 5:1-6:27Penyucian

[1] ORGANISASI BANGSA ISRAEL Bil 1:1-10:36

Bil 1:1-54Sensus yang diperintahkan oleh Allah
Bil 2:1-4:49Pengaturan perkemahan
Bil 5:1-6:27Penyucian perkemahan
Bil 7:1-9:14Penyembahan dalam Kemah Suci
Bil 9:15-10:36Pimpinan Allah di perkemahan

[2] PENGALAMAN DALAM PERJALANAN Bil 11:1-25:18

Bil 11:1-35Kerusuhan dalam perkemahan
Bil 12:1-16Keluhan terhadap Musa
Bil 13:1-33Penyelidikan ke Kanaan
Bil 14:1-45Pemberontakan di perkemahan
Bil 15:1-41Peraturan-peraturan tambahan
Bil 16:1-17:13Pemberontakan terhadap kepemimpinan Musa
Bil 18:1-19:22Hukum dan peraturan-peraturan
Bil 20:1-21:35Peristiwa-peristiwa di perjalanan
Bil 22:1-24:25Kisah Bileam
Bil 25:1-18Dosa dan hukuman

[3] PENANTIAN MASUK KE TANAH PERJANJIAN Bil 26:1-33:49

Bil 26:1-65Sensus kedua
Bil 27:1-11Anak-anak perempuan Zelafehad
Bil 27:12-23Yosua menggantikan Musa
Bil 28:1-30:16Hukum dan peraturan-peraturan
Bil 31:1-54Penghakiman atas Midian
Bil 32:1-42Penempatan suku-suku Ruben dan Gad
Bil 33:1-49Tinjauan kisah perjalanan

[4] PERSIAPAN UNTUK MEMASUKI KANAAN Bil 33:50-36:13

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #13: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab dalam format PDF. [SEMUA]
dibuat dalam 0.54 detik
dipersembahkan oleh YLSA