Apakah perintah Yesus, "Janganlah sekali-kali bersumpah" (Mat. 5:34) bertentangan dengan ayat-ayat lain dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru?

Ada banyak ayat dalam Perjanjian Lama yang rupanya memaafkan sumpah (mis., Im. 5:1; 19:12; 'Bil. 30:2-15; Ul. 23:2123). Ayat-ayat lain menceritakan Allah sendiri telah bersumpah (mis., Ul. 1:8; Mzm. 110:4; Yes. 14:24). Rujukan-rujukan ini, pertama-tama diperhatikan tampak bertentangan dengan peringatan Yesus, "Janganlah sekali-kali bersumpah." Yesus secara tajam sedang menyoroti ahli-ahli Taurat maupun orang-orang Farisi yang munafik dan menghindari tanggung jawab ketika mereka menyatakan bahwa hanya sumpah "demi Tuhan" yang harus dilaksanakan secara keras. Sumpah-sumpah "demi langit" atau "demi bumi" atau "demi Yerusalem" atau demi kepala seseorang adalah kurang memiliki arti penting, secara tidak langsung berarti bahwa memenuhi sumpah-sumpah seperti itu sebenarnya bukan hal yang berakibat besar..Bagi orang-orang yang mengikuti pandangan ini, Yesus berkata, "Janganlah sekali-kali bersumpah." Orang mungkin dapat menyusun kembali frase dari peringatan Yesus kepada ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi itu menjadi: Lebih baik tidak bersumpah sama sekali daripada menganggap beberapa sumpah kurang memiliki bobot dibanding dengan yang lain.




Artikel yang terkait dengan Matius:


TIP #06: Pada Tampilan Alkitab, Tampilan Daftar Ayat dan Bacaan Ayat Harian, seret panel kuning untuk menyesuaikan layar Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA