Artikel Penuntun - PEMBINASAAN ORANG KANAAN

Nas : Yos 6:21

Ayat: "Mereka menumpas dengan mata pedang segala sesuatu yang di dalam kota itu, baik laki-laki maupun perempuan, baik tua maupun muda, sampai kepada lembu, domba dan keledai."

  1. 1) Sebelum bangsa Israel memasuki tanah perjanjian, Allah sudah memberikan pengarahan yang saksama mengenai apa yang harus mereka lakukan kepada penduduk Kanaan -- mereka harus dimusnahkan sama sekali. "Tetapi dari kota-kota bangsa-bangsa itu yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu menjadi milik pusakamu, janganlah kaubiarkan hidup apa pun yang bernafas, melainkan kautumpas sama sekali, yakni orang Het, orang Amori, orang Kanaan, orang Feris, orang Hewi, dan orang Yebus, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu" (Ul 20:16-17; bd. Bil 33:51-53).
  2. 2) Tuhan mengulangi perintah itu setelah bangsa Israel menyeberang Sungai Yordan memasuki Kanaan. Beberapa kali penulis kitab Yosua menyatakan pemusnahan kota-kota dan orang-orang Kanaan oleh Israel merupakan perintah Tuhan (Yos 6:2; 8:1-2; 10:8). Orang percaya yang hidup di bawah perjanjian baru sering kali bertanya-tanya bagaimana mungkin perintah untuk membunuh manusia secara besar-besaran bisa selaras dengan penyataan kasih, kebenaran, dan kebencian Allah akan kejahatan yang dinyatakan bagian Alkitab lainnya.
  3. 3) Pembinasaan Yerikho menjadi kisah hukuman Allah yang adil atas bangsa yang amat jahat yang dosanya kini telah mencapai puncak (Kej 15:16; Ul 9:4-5). Dengan kata lain, Allah memusnahkan penduduk kota itu dan penghuni Kanaan lainnya di Kanaan karena mereka telah berserah sepenuhnya kepada keburukan moral. Arkeologi menunjukkan bahwa orang Kanaan terlibat dalam semua bentuk penyembahan berhala, pelacuran okultisme, kekerasan, membakar anak-anak sebagai korban yang dipersembahkan kepada dewa-dewa, dan spiritisme (bd. Ul 12:31; Ul 18:9-13;

    lihat cat. --> Yos 23:12).

    [atau --> Yos 23:12]

  4. 4) Pemusnahan orang Kanaan secara menyeluruh diperlukan agar Israel dilindungi dari pengaruh dosa dan penyembahan berhala Kanaan. Allah tahu jikalau bangsa- bangsa fasik itu dibiarkan hidup, mereka akan "mengajar kamu berbuat sesuai dengan segala kekejian yang dilakukan mereka bagi allah mereka, sehingga kamu berbuat dosa kepada Tuhan, Allahmu" (Ul 20:18); ayat ini mengungkapkan prinsip alkitabiah yang tetap berlaku bahwa umat Allah harus senantiasa memisahkan diri dari masyarakat jahat di sekeliling mereka (Ul 7:2-4; 12:1-4;

    lih. art.PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA;

    dan art.HUBUNGAN ORANG KRISTEN DENGAN DUNIA).

  5. 5) Pembinasaan kota-kota dan penduduk Kanaan menunjukkan suatu prinsip dasar hukuman Allah: ketika dosa suatu bangsa mencapai titik puncak, kemurahan Allah diganti dengan hukuman-Nya (bd. Yos 11:20). Dahulu Allah telah menerapkan prinsip yang sama pada zaman air bah (Kej 6:5,11-12) dan pemusnahan kota-kota Sodom dan Gomora yang jahat itu (Kej 18:20-33; 19:24-25).
  6. 6) Sejarah Israel selanjutnya memperkuat pentingnya prinsip ini dan perintah Allah bahwa semua bangsa kafir dimusnahkan. Bangsa Israel sebenarnya tidak menaati perintah Allah dan tidak sama sekali menghalau semua orang yang tinggal di Kanaan. Akibatnya, mereka mulai mengikuti cara hidup keji mereka dan menyembah dewa-dewa mereka

    (lihat cat. --> Hak 1:28;

    lihat cat. --> Hak 2:2;

    lihat cat. --> Hak 2:17).

    [atau --> Hak 1:28; 2:2,17]

    Kitab Hakim-Hakim mengisahkan apa yang dilakukan Tuhan sebagai tanggapan atas kemurtadan ini.
  7. 7) Akhirnya, pemusnahan angkatan bangsa-bangsa Kanaan itu menjadi lambang dan pertanda dari hukuman Allah yang terakhir atas ketidakbenaran pada akhir zaman. Yosua kedua dan sejati, yaitu Yesus Kristus, akan datang kembali dalam kebenaran dengan bala sorga untuk menghakimi dan memerangi semua orang fasik (Wahy 19:11-21). Semua yang telah menolak tawaran kasih karunia dan keselamatan-Nya dan terus hidup di dalam dosa akan binasa sebagaimana halnya orang-orang Kanaan. Allah akan menggulingkan setiap kuasa duniawi dan mendirikan kerajaan-Nya yang benar di atas bumi ini (Wahy 18:20-21; 20:4-10; Wahy 21:1-4).



Artikel yang terkait dengan Matius:


TIP #04: Coba gunakan range (OT dan NT) pada Pencarian Khusus agar pencarian Anda lebih terfokus. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA