Alkitab SABDA
alkitab.sabda.org

Ayub 22:22

TB ©

Terimalah apa yang diajarkan mulut-Nya, dan taruhlah firman-Nya dalam hatimu.

AYT

Terimalah pengajaran dari mulut-Nya, dan taruhlah firman-Nya di dalam hatimu.

TL ©

Terimalah kiranya pengajaran yang dari pada lidah-Nya dan perhatikanlah segala firman-Nya.

BIS ©

Terimalah apa yang diajarkan TUHAN kepadamu; simpanlah itu semua di dalam hatimu.

MILT

Sekarang terimalah hukum dari mulut-Nya, dan letakkan firman-Nya di dalam hatimu.

Shellabear 2011

Terimalah pengajaran-Nya, dan taruhlah firman-Nya dalam hatimu.

AVB

Terimalah pengajaran-Nya, dan simpanlah firman-Nya dalam hatimu.


TB ITL ©

Terimalah
<03947>
apa yang diajarkan
<08451>
mulut-Nya
<06310>
, dan taruhlah
<07760>
firman-Nya
<0561>
dalam hatimu
<03824>
. [
<04994>
]
TL ITL ©

Terimalah
<03947>
kiranya
<04994>
pengajaran
<08451>
yang dari pada lidah-Nya
<06310>
dan perhatikanlah
<03824>
segala firman-Nya
<0561>
.
AYT ITL
Terimalah
<03947>
pengajaran
<08451>
dari mulut-Nya
<06310>
, dan taruhlah
<07760>
firman-Nya
<0561>
di dalam hatimu
<03824>
. [
<04994>
]
HEBREW
Kbblb
<03824>
wyrma
<0561>
Myvw
<07760>
hrwt
<08451>
wypm
<06310>
an
<04994>
xq (22:22)
<03947>

TB ©

Terimalah apa yang diajarkan mulut-Nya, dan taruhlah firman-Nya dalam hatimu.

TB+TSK (1974) ©

Terimalah apa yang diajarkan mulut-Nya, dan taruhlah firman-Nya dalam hatimu.

Catatan Full Life

Ayb 22:21-30 

Nas : Ayub 22:21-30

Elifas menghimbau Ayub dengan doktrin pertobatan yang tradisional namun terlalu sederhana: jikalau Ayub bersedia kembali kepada Allah, menerima instruksi dari firman-Nya, merendahkan diri dan menghapus dosa dari hidupnya, dan meninggalkan ketergantungannya pada hal-hal dunia serta bersukacita di dalam Yang Mahakuasa, maka dengan sendirinya Allah akan membebaskannya dari semua kesulitan, doa-doanya akan didengar, dan keberhasilan akan mengikuti semua usahanya. Akan tetapi, Elifas bersalah dalam tiga hal.

  1. 1) Pertobatan dan keselamatan tidak selalu menghasilkan kemakmuran jasmaniah dan materiel. Kadang-kadang orang beriman, justru karena kesetiaannya "menderita kekurangan, kesesakan, dan siksaan" (Ibr 11:37); sekalipun mereka mempercayai janji-janji Allah, namun saat ini mereka "tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu" (Ibr 11:39).
  2. 2) Ketika menasihati Ayub untuk bertobat supaya memperoleh kembali kesehatan dan kemakmurannya, Elifas dengan tidak sengaja berpihak kepada Iblis dan tuduhan-tuduhannya menentang Ayub dan Allah. Iblis sebelumnya sudah menuduh Ayub melayani Allah hanya karena apa yang dapat diperoleh daripada-Nya (Ayub 1:9-11). Perhatikan bahwa jikalau Ayub bertobat karena dosa yang terduga supaya memperoleh berkat Allah, maka dia memang layak dituduh melayani Allah hanya demi keuntungan pribadi.
  3. 3) Walaupun perkataan Elifas dengan fasik mengungkapkan pentingnya pertobatan, perkataan itu diucapkan dengan motivasi yang salah. Sama sekali tidak ada simpati di dalam hatinya terhadap penderitaan Ayub. Kegagalan Elifas menunjukkan bahwa amanat pertobatan yang dialamatkan kepada yang lemah dan menderita harus disertai kata-kata penghiburan dan belas kasihan.


Sumber: http://alkitab.sabda.org/verse.php?book=18&chapter=22&verse=22
Copyright © 2005-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)