TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Ratapan 3:1-24

Konteks
Penghiburan dalam penderitaan
3:1 Akulah orang 1  yang melihat sengsara j  disebabkan cambuk murka-Nya. k  3:2 Ia menghalau dan membawa aku ke dalam kegelapan l  yang tidak ada terangnya. 3:3 Sesungguhnya, aku dipukul-Nya m  berulang-ulang dengan tangan-Nya sepanjang hari. 3:4 Ia menyusutkan n  dagingku dan kulitku, tulang-tulangku o  dipatahkan-Nya. 3:5 Ia mendirikan tembok sekelilingku, mengelilingi aku dengan kesedihan p  dan kesusahan. q  3:6 Ia menempatkan aku di dalam gelap seperti orang yang sudah lama mati. r  3:7 Ia menutup segala jalan ke luar s  bagiku, Ia mengikat aku dengan rantai t  yang berat. 3:8 Walaupun aku memanggil-manggil dan berteriak minta tolong, u  tak didengarkan-Nya doaku 2 . v  3:9 Ia merintangi w  jalan-jalanku dengan batu pahat, dan menjadikannya tidak terlalui. x  3:10 Laksana beruang Ia menghadang aku, laksana singa y  dalam tempat persembunyian. z  3:11 Ia membelokkan jalan-jalanku, merobek-robek a  aku dan membuat aku tertegun. 3:12 Ia membidikkan panah-Nya, b  menjadikan aku sasaran c  anak panah. d  3:13 Ia menyusupkan e  ke dalam hatiku segala anak panah dari tabung-Nya. f  3:14 Aku menjadi tertawaan g  bagi segenap bangsaku, h  menjadi lagu ejekan i  mereka sepanjang hari. 3:15 Ia mengenyangkan aku dengan kepahitan, memberi aku minum ipuh. j  3:16 Ia meremukkan gigi-gigiku dengan memberi aku makan kerikil; k  Ia menekan aku ke dalam debu. l  3:17 Engkau menceraikan nyawaku dari kesejahteraan, aku lupa akan kebahagiaan. 3:18 Sangkaku: hilang lenyaplah kemasyhuranku dan harapanku kepada TUHAN. m  3:19 "Ingatlah akan sengsaraku dan pengembaraanku, akan ipuh n  dan racun o  itu." 3:20 Jiwaku selalu teringat akan hal itu dan tertekan p  dalam diriku. q  3:21 Tetapi hal-hal inilah yang kuperhatikan, oleh sebab itu aku akan berharap 3 : 3:22 Tak berkesudahan kasih setia r  TUHAN, s  tak habis-habisnya t  rahmat-Nya, 3:23 selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu! u  3:24 "TUHAN adalah bagianku, v " kata jiwaku, oleh sebab itu aku berharap kepada-Nya.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[3:1]  1 Full Life : AKULAH ORANG.

Nas : Rat 3:1

Dalam pasal Rat 3:1-66 bangsa Israel yang menderita itu digambarkan sebagai manusia yang ada di bawah hukuman Allah, tetapi masih memiliki harapan akan dipulihkan. Orang semacam itu menerima kebenaran bahwa kasih dan pertolongan Allah akan datang kepada mereka yang bertobat dan tetap menantikan Tuhan (ayat Rat 3:22-27).

[3:8]  2 Full Life : TAK DIDENGARKAN-NYA DOAKU.

Nas : Rat 3:8

Bagi orang fasik, salah satu akibat mengerikan dari hidup di dalam dosa dan kebejatan ialah bahwa Allah tidak mau mendengar doa mereka (bd. ayat Rat 3:44; Mazm 18:42; Ams 1:28; Yer 7:16;

lihat art. BERDOA DENGAN EFEKTIF).

[3:21]  3 Full Life : OLEH SEBAB ITU AKU BERHARAP.

Nas : Rat 3:21-33

Yeremia ingin agar bangsa itu tahu bahwa masih ada harapan. Mereka masih dapat berharap karena alasan-alasan berikut:

  1. 1) Murka Tuhan hanya berlangsung untuk sesaat, tetapi kasih-Nya yang besar tidak pernah berakhir (ayat Rat 3:22). Allah tidak menolak Yehuda selaku umat perjanjian-Nya dan Dia masih mempunyai rencana bagi mereka.
  2. 2) Tuhan itu baik dan pemurah kepada mereka yang menantikan Dia dalam kerendahan hati dan penyesalan (ayat Rat 3:24-27).
  3. 3) Tuhan ingin menunjukkan belas kasihan-Nya kepada para penderita apabila maksud-Nya dalam menghukum mereka telah tercapai (ayat Rat 3:28-33;

    lihat cat. --> Rat 3:27 berikut).

    [atau ref. Rat 3:27]



TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA