TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yosua 2:1

Konteks
Pengintai-pengintai di Yerikho
2:1 Yosua bin Nun dengan diam-diam melepas dari Sitim v  dua orang pengintai, w  katanya: "Pergilah, amat-amatilah x  negeri itu dan kota Yerikho. y " Maka pergilah mereka dan sampailah mereka ke rumah seorang perempuan sundal 1 , yang bernama Rahab 2 , z  lalu tidur di situ.

Yosua 3:16

Konteks
3:16 maka berhentilah air itu mengalir. a  Air yang turun dari hulu melonjak menjadi bendungan b , jauh sekali, di dekat Adam, kota yang terletak di sebelah Sartan, c  sedang air yang turun d  ke Laut Araba e  itu, yakni Laut Asin, f  terputus g  sama sekali. Lalu menyeberanglah bangsa itu, di tentangan Yerikho. h 

Yosua 4:2

Konteks
4:2 "Pilihlah dari bangsa itu dua belas orang, m  seorang dari tiap-tiap suku,

Yosua 4:5-9

Konteks
4:5 dan Yosua berkata kepada mereka: "Menyeberanglah di depan tabut TUHAN, Allahmu, ke tengah-tengah sungai Yordan, r  dan angkatlah masing-masing sebuah batu ke atas bahumu, menurut bilangan suku orang Israel, 4:6 supaya ini menjadi tanda s  di tengah-tengah kamu. Jika anak-anakmu 3  t  bertanya di kemudian hari: Apakah artinya u  batu-batu ini bagi kamu? 4:7 maka haruslah kamu katakan kepada mereka: Bahwa air sungai Yordan terputus v  di depan tabut perjanjian TUHAN; ketika tabut itu menyeberangi sungai Yordan, air sungai Yordan itu terputus. Sebab itu batu-batu ini akan menjadi tanda peringatan w  bagi orang Israel untuk selama-lamanya." 4:8 Maka orang Israel itu melakukan seperti yang diperintahkan Yosua. Mereka mengangkat dua belas batu x  dari tengah-tengah sungai Yordan, y  seperti yang difirmankan TUHAN kepada Yosua, z  menurut jumlah suku Israel. Semuanya itu dibawa merekalah ke seberang, ke tempat bermalam, dan diletakkan di situ. 4:9 Pula Yosua menegakkan dua belas batu a  di tengah-tengah sungai Yordan itu, di tempat bekas berjejak kaki para imam pengangkat tabut perjanjian itu. Batu-batu itu masih ada di sana sampai sekarang. b 

Yosua 4:20

Konteks
4:20 Kedua belas batu o  yang diambil dari sungai Yordan itu ditegakkan oleh Yosua di Gilgal.

Yosua 7:2

Konteks
7:2 Yosua menyuruh orang dari Yerikho ke Ai, m  yang letaknya dekat Bet-Awen, n  di sebelah timur Betel, o  dan berkata kepada mereka, demikian: "Pergilah ke sana dan intailah p  negeri itu." Maka pergilah orang-orang itu ke sana dan mengintai kota Ai.

Yosua 7:21

Konteks
7:21 aku melihat di antara barang-barang jarahan y  itu jubah yang indah, buatan Sinear, dan dua ratus syikal perak dan sebatang emas yang lima puluh syikal beratnya; aku mengingininya, z  maka kuambil; semuanya itu disembunyikan di dalam kemahku dalam tanah, dan perak itu di bawah sekali."

Yosua 8:11

Konteks
8:11 Juga seluruh tentara yang bersama-sama dengan dia berjalan maju; mereka maju mendekat, lalu sampai ke tentangan kota itu, kemudian berkemahlah mereka di sebelah utara Ai, sehingga lembah itu ada di antara mereka dan Ai.

Yosua 8:29-31

Konteks
8:29 Dan raja Ai digantungnya pada sebuah tiang sampai petang. Ketika matahari terbenam, u  Yosua memerintahkan orang menurunkan mayat itu dari tiang, lalu dilemparkan di depan pintu gerbang kota, kemudian didirikan oranglah di atasnya suatu timbunan batu v  yang besar, yang masih ada sampai sekarang.
Mezbah di gunung Ebal; pembacaan hukum Taurat
8:30 Pada waktu itulah Yosua mendirikan mezbah 4  w  di gunung Ebal x  bagi TUHAN, Allah Israel, 8:31 seperti yang diperintahkan Musa, hamba TUHAN, kepada orang Israel, menurut apa yang tertulis dalam kitab hukum Musa: suatu mezbah dari batu-batu yang tidak dipahat, yang tidak diolah dengan perkakas y  besi apapun. Di atasnyalah mereka mempersembahkan korban bakaran kepada TUHAN dan mengorbankan korban keselamatan. z 

Yosua 9:6

Konteks
9:6 Demikianlah mereka pergi kepada Yosua, ke tempat perkemahan di Gilgal. o  Berkatalah mereka kepadanya dan kepada orang-orang Israel itu: "Kami ini datang dari negeri p  jauh; maka sekarang ikatlah perjanjian q  dengan kami."

Yosua 9:9

Konteks
9:9 Jawab mereka kepadanya: "Dari negeri u  yang sangat jauh hamba-hambamu ini datang karena nama TUHAN, Allahmu, sebab kami telah mendengar kabar v  tentang Dia, yakni segala yang dilakukan-Nya di Mesir, w 

Yosua 9:22

Konteks
9:22 Lalu Yosua memanggil mereka dan berkata kepada mereka, demikian: "Mengapa kamu menipu kami dengan berkata: Kami ini tinggal sangat jauh l  dari pada kamu, padahal kamu diam di tengah-tengah m  kami?

Yosua 10:2

Konteks
10:2 maka sangat takutlah orang, sebab Gibeon itu kota yang besar, seperti salah satu kota kerajaan, bahkan lebih besar dari Ai, dan semua orangnya adalah pahlawan.

Yosua 10:16-18

Konteks
10:16 Kelima raja itu melarikan c  diri dan bersembunyi di dalam gua di Makeda. 10:17 Kepada Yosua dikabarkan, demikian: "Kelima raja itu telah ditemukan bersembunyi di dalam gua di Makeda." 10:18 Lalu berkatalah Yosua: "Gulingkanlah batu-batu yang besar ke mulut gua itu dan tempatkanlah di sana orang untuk menjaga mereka.

Yosua 11:8

Konteks
11:8 Dan TUHAN menyerahkan mereka kepada orang Israel. Mereka dikalahkan dan dikejar sampai Sidon-Besar w  dan sampai Misrefot-Maim, x  dan sampai lembah Mizpa yang di sebelah timur. Demikianlah mereka dihancurkan, sehingga tidak seorangpun dari mereka yang dibiarkan lolos.

Yosua 11:19

Konteks
11:19 Tidak ada satu kotapun yang mengadakan ikatan persahabatan n  dengan orang Israel, selain dari pada orang Hewi o  yang diam di Gibeon p  itu, semuanya telah direbut mereka dengan berperang.

Yosua 15:18

Konteks
15:18 Ketika perempuan itu tiba, dibujuknya suaminya untuk meminta ladang kepada ayahnya. Maka turunlah perempuan itu dari keledainya, lalu berkatalah Kaleb kepadanya: "Ada apa?"

Yosua 18:9

Konteks
18:9 Orang-orang itu pergi dan berjalan melalui negeri itu; mereka mencatat keadaannya dalam suatu daftar, kota demi kota, dalam tujuh bagian, lalu kembali kepada Yosua ke tempat perkemahan di Silo.

Yosua 18:14

Konteks
18:14 Kemudian batas itu melengkung, lalu membelok dari pegunungan yang di seberang Bet-Horon r  di sebelah selatan menuju ke sisi barat daya, dan berakhir di Kiryat-Baal, itulah Kiryat-Yearim, s  suatu kota bani Yehuda. Itulah sisi barat.

Yosua 19:29

Konteks
19:29 Kemudian batas itu berbalik ke Rama t  dan sampai ke kota yang berkubu Tirus, u  kemudian batas itu berbalik ke Hosa dan berakhir di laut. v  Lagipula Mahalab, Akhzib, w 

Yosua 20:4

Konteks
20:4 Apabila ia melarikan diri ke salah satu kota tadi, maka haruslah ia tinggal berdiri di depan pintu gerbang f  kota dan memberitahukan perkaranya kepada para tua-tua g  kota. Mereka harus menerima dia dalam kota itu dan memberikan tempat kepadanya, dan ia akan diam pada mereka.

Yosua 21:9

Konteks
21:9 Dari suku bani Yehuda dan dari suku bani Simeon diberikan mereka kota-kota yang berikut, yang disebutkan namanya di sini:

Yosua 21:20

Konteks
21:20 Kaum-kaum keturunan Kehat, yakni orang Lewi yang masih tinggal dari antara keturunan Kehat, mendapat kota-kota yang dengan undian kepada mereka dari suku Efraim.

Yosua 21:27

Konteks
21:27 Bani Gerson dari kaum-kaum orang Lewi mendapat dari suku Manasye yang setengah lagi: Golan, kota perlindungan untuk pembunuh, g  di Basan, h  dengan tanah-tanah penggembalaannya, dan Beestera dengan tanah-tanah penggembalaannya: dua kota.

Yosua 21:32

Konteks
21:32 Dan dari suku Naftali: Kedesh, r  kota perlindungan untuk pembunuh, s  di Galilea, dengan tanah-tanah penggembalaannya, Hamot-Dor dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Kartan dengan tanah-tanah penggembalaannya: tiga kota.

Yosua 21:34

Konteks
21:34 Kaum-kaum keturunan Merari, orang Lewi yang masih tinggal, mendapat dari suku Zebulon: u  Yokneam v  dengan tanah-tanah penggembalaannya, Karta dengan tanah-tanah penggembalaannya,

Yosua 21:38

Konteks
21:38 Dan dari suku Gad: Ramot, a  kota perlindungan untuk pembunuh, di Gilead, b  dengan tanah-tanah penggembalaannya, Mahanaim c  dengan tanah-tanah penggembalaannya,

Yosua 22:10-12

Konteks
22:10 Ketika mereka sampai ke Gelilot g  pada sungai Yordan, yang di tanah Kanaan, maka bani Ruben, bani Gad dan suku Manasye yang setengah itu mendirikan mezbah di sana di tepi sungai Yordan, mezbah h  yang besar bangunannya. 22:11 Lalu terdengarlah oleh orang Israel itu cakap orang: "Telah didirikan mezbah oleh bani Ruben, bani Gad dan suku Manasye yang setengah itu, mezbah menghadap ke tanah Kanaan, di Gelilot pada sungai Yordan, di sebelah wilayah orang Israel." 22:12 Ketika hal itu terdengar oleh orang Israel, berkumpullah segenap umat Israel di Silo, i  untuk maju memerangi mereka 5 .

Yosua 22:16

Konteks
22:16 "Beginilah kata segenap umat TUHAN: Apa macam perbuatanmu yang tidak setia m  ini terhadap Allah Israel, dengan sekarang berbalik dari pada TUHAN dan mendirikan mezbah bagimu, dengan demikian memberontak n  terhadap TUHAN pada hari ini?

Yosua 22:19

Konteks
22:19 Akan tetapi, jika sekiranya tanah milikmu itu najis, marilah menyeberang ke tanah milik TUHAN, tempat kedudukan Kemah Suci q  TUHAN, dan menetaplah di tengah-tengah kami. Tetapi janganlah memberontak terhadap TUHAN dan janganlah memberontak terhadap kami, dengan mendirikan mezbah r  bagimu sendiri, selain dari mezbah TUHAN, Allah kita.

Yosua 22:26

Konteks
22:26 Sebab itu kata kami: Biarlah kita mendirikan mezbah itu bagi kita! Bukanlah untuk korban bakaran dan bukanlah untuk korban sembelihan,

Yosua 22:28-29

Konteks
22:28 Lagi kata kami: Apabila di kemudian hari demikian dikatakan mereka kepada kita dan kepada keturunan kita, maka kita akan berkata: Tengoklah bangunan tiruan mezbah TUHAN itu, yang telah dibuat oleh nenek moyang kami. Bukan untuk korban bakaran dan bukan untuk korban sembelihan, tetapi mezbah itu menjadi saksi d  antara kami dan kamu. 22:29 Jauhlah dari pada kami untuk memberontak e  terhadap TUHAN, dan untuk berbalik dari pada TUHAN pada hari ini dengan mendirikan mezbah untuk korban bakaran, korban sajian atau korban sembelihan, mezbah yang bukan mezbah TUHAN, Allah kita, yang ada di depan Kemah Suci-Nya! f "

Yosua 24:13

Konteks
24:13 Demikianlah Kuberikan kepadamu negeri h  yang kamu peroleh tanpa bersusah-susah dan kota-kota yang tidak kamu dirikan, tetapi kamulah yang diam di dalamnya; juga kebun-kebun anggur dan kebun-kebun zaitun yang tidak kamu tanami, i  kamulah yang makan hasilnya.

Yosua 24:26

Konteks
24:26 Yosua menuliskan o  semuanya itu dalam kitab hukum Allah, p  lalu ia mengambil batu q  yang besar dan mendirikannya di sana, di bawah pohon besar, r  di tempat kudus TUHAN.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[2:1]  1 Full Life : RUMAH SEORANG PEREMPUAN SUNDAL.

Nas : Yos 2:1

Rumah Rahab (mungkin sebuah penginapan) dapat menjadi suatu tempat yang wajar dikunjungi orang asing untuk mencari keterangan tanpa menimbulkan kecurigaan.

[2:1]  2 Full Life : RAHAB.

Nas : Yos 2:1

Rahab adalah seorang wanita berdosa dari latar belakang kafir yang mengakui Allah Israel sebagai Allah yang sejati atas langit dan bumi (ayat Yos 2:10-11). Ia meninggalkan dewa-dewa Kanaan, dan dengan iman bergabung dengan Israel dan Allah mereka (Ibr 11:31; Yak 2:25), dan akhirnya menjadi nenek moyang Mesias (Mat 1:5-6). Keselamatan Rahab melukiskan bahwa sekalipun Allah sedang melaksanakan hukuman, Ia menerima "setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran" (Kis 10:35).

[4:6]  3 Full Life : ANAK-ANAKMU.

Nas : Yos 4:6

Allah menginginkan agar umat-Nya senantiasa memperhatikan iman anak-anak mereka

(lihat cat. --> Ul 6:7).

[atau ref. Ul 6:7]

Batu-batu peringatan yang didirikan di tepi Sungai Yordan memberikan kesempatan bagi orang-tua untuk mengajar anak-anak mereka mengenai kuasa dan kesetiaan Allah. Melalui pengajaran semacam itu diharapkan agar "mereka selalu takut akan Tuhan, Allahmu" (ayat Yos 4:24;

lihat art. TAKUT AKAN TUHAN).

[8:30]  4 Full Life : YOSUA MENDIRIKAN MEZBAH.

Nas : Yos 8:30

Peristiwa mendirikan mezbah dan membaca hukum Taurat (ayat Yos 8:34) menyatakan empat prinsip untuk memahami kitab Yosua.

  1. 1) Hak untuk memiliki tanah perjanjian tergantung pada pemberitaan dan kesetiaan kepada perjanjian Allah (Ul 30:15-18).
  2. 2) Hal menghampiri Allah bagi Israel selalu adalah melalui iman dengan bantuan korban dan pendamaian darah (ayat Yos 8:30-31).
  3. 3) Kesinambungan berkat-berkat Allah tergantung pada mereka berpegangan erat pada-Nya dengan iman dan kasih yang sungguh-sungguh (pasal Ul 28:1-29:29; 30:11-20;

    lihat cat. --> Yos 7:1-26).

    [atau ref. Yos 7:1-26]

    Kehidupan, berkat, damai sejahtera, dan keselamatan di Kanaan bukan tanpa syarat. Beriman kepada janji-janji Allah sebagaimana terwujud dalam mezbah, pendamaian melalui darah, dan perintah-perintah-Nya sangat perlu dalam memelihara hubungan perjanjian dengan Allah (Ul 29:18-21).
  4. 4) Firman Allah yang tertulis menjadi kekuasaan terakhir bagi umat-Nya dan menjadi dasar untuk menerima berkat atau kutuk-Nya (ayat Yos 8:31-32,34; 1:8; bd. pasal Ul 27:1-30:20; Mat 7:24-27).

[22:12]  5 Full Life : MAJU MEMERANGI MEREKA.

Nas : Yos 22:12

Bangsa Israel bersedia untuk maju berperang melawan saudara sebangsanya karena dikira mereka sudah membangun mezbah karena hendak memberontak kepada Tuhan (ayat Yos 22:10-11). Perhatikan faktor-faktor berikut:

  1. 1) Yosua dan orang Israel lainnya beranggapan bahwa kekudusan dan kebenaran Allah sudah ditinggalkan (ayat Yos 22:12,16,18; bd. Im 17:8-9; Ul 13:12-15); mereka bersedia memerangi bangsanya sendiri demi membela kebenaran dan kesucian Allah (bd. Ef 4:15).
  2. 2) Untuk menunjukkan kasih mereka kepada sesama orang Israel, Yosua dan kelompoknya mula-mula mengirim utusan untuk berusaha menyelesaikan persoalan dan menjadi rujuk kembali (ayat Yos 22:13-20).
  3. 3) Pengertian dan perdamaian dicapai tanpa perang (ayat Yos 22:21-34), dan baik kesetiaan kepada Allah maupun kasih kepada sesama berhasil dipertahankan.
  4. 4) Kebenaran dan kasih terus berlanjut di bawah perjanjian yang baru. Orang percaya harus mempertahankan kebenaran dan kekudusan Allah tanpa kompromi, sedangkan pada saat bersamaan bertindak dalam kasih terhadap mereka yang harus dilawan

    (lihat cat. --> Ef 4:15).

    [atau ref. Ef 4:15]



TIP #27: Arahkan mouse pada tautan ayat untuk menampilkan teks ayat dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA