TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yesaya 61:1--62:12

Konteks
Kabar selamat kepada Sion
61:1 Roh k  Tuhan ALLAH l  ada padaku 1  2 , oleh karena TUHAN telah mengurapi m  aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik n  kepada orang-orang sengsara, o  dan merawat p  orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan q  kepada orang-orang tawanan, r  dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, 61:2 untuk memberitakan tahun rahmat s  TUHAN dan hari pembalasan 3  t  Allah kita, untuk menghibur u  semua orang berkabung, v  61:3 untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan w  kepala ganti abu, x  minyak y  untuk pesta ganti kain kabung, z  nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar, supaya orang menyebutkan mereka "pohon tarbantin kebenaran", "tanaman a  TUHAN" untuk memperlihatkan keagungan-Nya. b  61:4 Mereka akan membangun reruntuhan c  yang sudah berabad-abad 4 , dan akan mendirikan kembali tempat-tempat yang sejak dahulu menjadi sunyi; mereka akan membaharui kota-kota yang runtuh, tempat-tempat yang telah turun-temurun menjadi sunyi. 61:5 Orang-orang luar d  akan melayani kamu sebagai gembala kambing dombamu, dan orang-orang asing akan bekerja bagimu sebagai petani dan tukang kebun anggurmu. 61:6 Tetapi kamu akan disebut imam e  TUHAN dan akan dinamai pelayan Allah kita. Kamu akan menikmati kekayaan f  bangsa-bangsa dan akan memegahkan diri dengan segala harta benda mereka. 61:7 Sebagai ganti bahwa kamu mendapat malu g  dua kali lipat, h  dan sebagai ganti noda dan ludah yang menjadi bagianmu, kamu akan mendapat warisan i  dua kali lipat di negerimu dan sukacita j  abadi akan menjadi kepunyaanmu. 61:8 Sebab Aku, TUHAN, mencintai hukum, k  dan membenci perampasan dan kecurangan; Aku akan memberi upahmu dengan tepat, dan akan mengikat perjanjian l  abadi dengan kamu. 61:9 Keturunanmu m  akan terkenal di antara bangsa-bangsa, dan anak cucumu di tengah-tengah suku-suku bangsa, sehingga semua orang yang melihat mereka akan mengakui, bahwa mereka adalah keturunan yang diberkati n  TUHAN. 61:10 Aku bersukaria di dalam TUHAN 5 , jiwaku bersorak-sorai o  di dalam Allahku, sebab Ia mengenakan pakaian keselamatan kepadaku dan menyelubungi aku dengan jubah kebenaran, p  seperti pengantin laki-laki yang mengenakan perhiasan kepala q  dan seperti pengantin perempuan r  yang memakai perhiasannya. 61:11 Sebab seperti bumi memancarkan tumbuh-tumbuhan, dan seperti kebun s  menumbuhkan benih yang ditaburkan, demikianlah Tuhan ALLAH akan menumbuhkan kebenaran t  dan puji-pujian di depan semua bangsa-bangsa.
Keselamatan Sion akan datang dengan segera
62:1 Oleh karena Sion aku tidak dapat berdiam u  diri, dan oleh karena Yerusalem 6  aku tidak akan tinggal tenang, sampai kebenarannya v  bersinar seperti cahaya w  dan keselamatannya x  menyala seperti suluh. 62:2 Maka bangsa-bangsa y  akan melihat kebenaranmu, dan semua raja akan melihat kemuliaanmu, dan orang akan menyebut engkau dengan nama z  baru yang akan ditentukan oleh TUHAN sendiri. 62:3 Engkau akan menjadi mahkota a  keagungan di tangan TUHAN dan serban kerajaan di tangan Allahmu. 62:4 Engkau tidak akan disebut lagi "yang ditinggalkan suami b ", dan negerimu tidak akan disebut lagi "yang sunyi c ", tetapi engkau akan dinamai "yang berkenan kepada-Ku d " dan negerimu "yang bersuami 7 ", sebab TUHAN telah berkenan e  kepadamu, dan negerimu akan bersuami. f  62:5 Sebab seperti seorang muda belia menjadi suami seorang anak dara, demikianlah Dia yang membangun engkau akan menjadi suamimu, dan seperti girang hatinya seorang mempelai g  melihat pengantin perempuan, demikianlah Allahmu akan girang h  hati atasmu. 62:6 Di atas tembok-tembokmu, hai Yerusalem, telah Kutempatkan pengintai-pengintai. i  Sepanjang hari dan sepanjang malam, mereka tidak akan pernah berdiam diri 8 . Hai kamu yang harus mengingatkan TUHAN kepada Sion, janganlah kamu tinggal tenang j  62:7 dan janganlah biarkan Dia tinggal tenang, k  sampai Ia menegakkan Yerusalem dan sampai Ia membuatnya menjadi kemasyhuran l  di bumi. 62:8 TUHAN telah bersumpah m  demi tangan kanan-Nya, demi tangan kekuatan-Nya: "Sesungguhnya, Aku tidak akan memberi gandummu n  lagi sebagai makanan kepada musuhmu, dan sesungguhnya, orang-orang asing tidak akan meminum air anggurmu yang telah kauhasilkan dengan bersusah-susah; 62:9 tetapi orang yang menuainya akan memakannya o  juga dan akan memuji-muji TUHAN, p  dan orang yang mengumpulkannya akan meminumnya juga di pelataran-pelataran tempat kudus-Ku. q " 62:10 Berjalanlah, berjalanlah melalui pintu-pintu gerbang, r  persiapkanlah jalan bagi umat, bukalah, bukalah jalan raya, s  t  singkirkanlah batu-batu, tegakkanlah panji-panji u  untuk bangsa-bangsa! 62:11 Sebab inilah yang telah diperdengarkan TUHAN sampai ke ujung bumi! v  Katakanlah kepada puteri Sion: w  Sesungguhnya, keselamatanmu datang 9 ; x  sesungguhnya, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya. y  62:12 Orang akan menyebutkan z  mereka "bangsa kudus a ", "orang-orang tebusan b  TUHAN", dan engkau akan disebutkan "yang dicari", "kota yang tidak ditinggalkan c ".
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[61:1]  1 Full Life : ROH TUHAN ALLAH ADA PADA-KU.

Nas : Yes 61:1-3

Gambaran Mesias dan pengurapan-Nya ini berhubungan dengan tugas atau pelayanan-Nya

(lihat cat. --> Yes 11:2-3

[atau ref. Yes 11:2-3]

di mana Yesaya melukiskan sifat dan keunggulan rohani-Nya dengan lebih langsung). Ketika Yesus memulai pelayanan-Nya, Ia mengutip ayat-ayat ini dan menerapkannya pada diri-Nya sendiri (Luk 4:18-19). Untuk menunaikan pelayanan-Nya, Yesus diurapi oleh Roh Kudus (bd. Yes 11:2; 42:1). Pelayanan-Nya yang terurapi mencakup

  1. (1) pemberitaan Injil kepada orang miskin, rendah hati, dan tersiksa;
  2. (2) menyembuhkan dan merawat mereka yang secara rohani dan jasmaniah sakit dan hancur hati;
  3. (3) membuka belenggu-belenggu kejahatan dan memberitakan pembebasan dari dosa dan penguasaan Iblis; dan
  4. (4) membuka mata rohani orang terhilang sehingga mereka dapat melihat terang Injil dan selamat. Tujuan empat ganda ini menandai seluruh pelayanan Yesus Kristus, dan akan terus digenapi oleh gereja selama berada di bumi.

[61:1]  2 Full Life : ROH TUHAN ALLAH ADA PADA-KU.

Nas : Yes 61:1

Ada sekilas petunjuk tentang ajaran Trinitas di dalam ayat ini: Tuhan Allah, Roh, dan Aku (yaitu Yesus;

lihat cat. --> Mr 1:11).

[atau ref. Mr 1:11]

[61:2]  3 Full Life : HARI PEMBALASAN.

Nas : Yes 61:2

Yesus tidak menyebutkan frasa ini ketika mengutip nubuat ini (Luk 4:18-19) karena "hari pembalasan" baru akan terjadi ketika Ia datang kembali. Hukuman terakhir atas orang fasik akan terjadi pada masa kesengsaraan besar dan ketika Kristus kembali ke bumi (pasal Wahy 5:1-19:21; bd. Yes 34:8; Mat 24:30).

[61:4]  4 Full Life : MEMBANGUN RERUNTUHAN ... BERABAD-ABAD.

Nas : Yes 61:4-9

Setelah kedatangan Kristus yang kedua pada akhir zaman, Israel akan dibangun kembali dan bangsa-bangsa lain akan bekerja di antara mereka dan menyembah Tuhan bersama mereka (ayat Yes 61:5-6). Orang Israel akan berfungsi sebagai imam dan pelayan Allah, serta mengajarkan dan menyampaikan Firman Allah kepada orang lain (ayat Yes 61:6).

[61:10]  5 Full Life : AKU BERSUKARIA DI DALAM TUHAN.

Nas : Yes 61:10-11

Setelah Kristus datang kembali, semua anggota kerajaan-Nya akan bersukacita. Mereka akan dikenakan "pakaian keselamatan" (yaitu: mereka akan menjadi anggota umat yang ditebus Allah) dan "jubah kebenaran" (yaitu: mereka akan hidup sesuai dengan standar-standar Allah).

[62:1]  6 Full Life : SION ... YERUSALEM.

Nas : Yes 62:1-12

Pasal ini membicarakan saat ketika Yerusalem akan dipenuhi dengan kemuliaan dan kebenaran Tuhan; umat Allah akan hidup di dalam tembok-temboknya dengan damai sejahtera dan sukacita, dan seluruh dunia akan beruntung dari pemuliaannya. Hari ini akan terjadi setelah Juruselamat datang kembali pada akhir zaman (ayat Yes 62:11).

[62:4]  7 Full Life : YANG BERKENAN KEPADA-KU (HEFZIBAH) ... YANG BERSUAMI (BEULAH).

Nas : Yes 62:4

Nama-nama ini menandakan bahwa Allah telah memperbaharui perjanjian-Nya dengan Yerusalem.

[62:6]  8 Full Life : PENGINTAI-PENGINTAI ... TIDAK AKAN PERNAH BERDIAM DIRI.

Nas : Yes 62:6

Allah telah menugaskan para pengintai di tembok-tembok Sion, yaitu para nabi dan pemohon syafaat setia yang tidak pernah berhenti berdoa bagi penetapan kerajaan Allah di bumi dan kemuliaan Yerusalem. Demikian pula, orang percaya PB harus membiasakan diri untuk bersyafaat tanpa henti bagi penetapan kerajaan Allah dan pemerintahan Kristus yang adil di seluruh bumi

(lihat cat. --> Mat 6:10).

[atau ref. Mat 6:10]

Segala sesuatu yang kita ketahui menjadi kehendak Allah, kita harus senantiasa berseru kepada-Nya dan "jangan biarkan Dia tinggal tenang" (ayat Yes 62:7) sehingga Dia melaksanakan segala sesuatu yang dijanjikan-Nya.

[62:11]  9 Full Life : KESELAMATANMU DATANG

Nas : Yes 62:11

(versi Inggris NIV -- Juruselamatmu datang). Ayat ini mengacu kepada kedatangan Kristus yang kedua untuk menegakkan kebenaran di bumi dan membawa pujian kepada Yerusalem demi nama-Nya; "Aku membawa upah-Ku" (Wahy 22:12).



TIP #30: Klik ikon pada popup untuk memperkecil ukuran huruf, ikon pada popup untuk memperbesar ukuran huruf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA