TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yesaya 4:1--5:4

Konteks
4:1 Pada waktu itu p  tujuh orang perempuan q  akan memegang seorang laki-laki, serta berkata: "Kami akan menanggung makanan r  dan pakaian kami sendiri; hanya biarlah namamu dilekatkan kepada nama kami; ambillah aib s  yang ada pada kami!"
Yerusalem disucikan dan dilindungi
4:2 Pada waktu itu t  tunas yang ditumbuhkan TUHAN 1  u  akan menjadi kepermaian v  dan kemuliaan, dan hasil w  tanah menjadi kebanggaan dan kehormatan x  bagi orang-orang Israel yang terluput. y  4:3 Dan orang yang tertinggal di Sion z  dan yang tersisa a  di Yerusalem akan disebut kudus 2 , b  yakni setiap orang di Yerusalem yang tercatat c  untuk beroleh hidup, 4:4 apabila TUHAN telah membersihkan kekotoran d  puteri Sion e  dan menghapuskan f  segala noda darah g  Yerusalem dari tengah-tengahnya dengan roh yang mengadili h  dan yang membakar. i  4:5 Maka TUHAN akan menjadikan j  di atas seluruh wilayah gunung Sion k  dan di atas setiap pertemuan yang diadakan di situ segumpal awan pada waktu siang dan segumpal asap serta sinar api yang menyala-nyala pada waktu malam, l  sebab di atas semuanya itu akan ada kemuliaan m  TUHAN sebagai tudung n  4:6 dan sebagai pondok tempat bernaung o  pada waktu siang terhadap panas terik dan sebagai perlindungan p  dan persembunyian terhadap angin ribut q  dan hujan.
Nyanyian tentang kebun anggur
5:1 Aku hendak menyanyikan nyanyian tentang kekasihku, nyanyian kekasihku tentang kebun r  anggurnya 3 : Kekasihku itu mempunyai kebun anggur di lereng bukit yang subur. 5:2 Ia mencangkulnya dan membuang batu-batunya, dan menanaminya dengan pokok anggur s  pilihan; ia mendirikan sebuah menara jaga t  di tengah-tengahnya dan menggali lobang tempat memeras anggur; u  lalu dinantinya supaya kebun itu menghasilkan buah anggur yang baik, tetapi yang dihasilkannya ialah buah anggur yang asam. v  5:3 Maka sekarang, hai penduduk Yerusalem, dan orang Yehuda, adililah antara Aku dan kebun anggur-Ku itu. w  5:4 Apatah lagi yang harus diperbuat untuk kebun anggur-Ku itu, yang belum Kuperbuat kepadanya? x  Aku menanti supaya dihasilkannya buah anggur yang baik, mengapa yang dihasilkannya hanya buah anggur yang asam? y 

Yesaya 12:1

Konteks
Nyanyian syukur atas keselamatan
12:1 Pada waktu itu 4  l  engkau akan berkata: "Aku mau bersyukur m  kepada-Mu, ya TUHAN, karena sungguhpun Engkau telah murka terhadap aku: tetapi murka-Mu telah surut n  dan Engkau menghibur o  aku.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[4:2]  1 Full Life : TUNAS YANG DITUMBUHKAN TUHAN.

Nas : Yes 4:2

Inilah sebutan bagi Mesias (yaitu Kristus). Ia akan tampil sebagai Tunas Daud (lih. Yes 11:1; 53:2; Yer 23:5; 33:15; Za 3:8; 6:12; Rom 15:12; Wahy 5:5; 22:16). Ayat Yes 4:2-6 mengacu kepada saat hukuman dan keselamatan, yaitu saat ketika Kristus akan memerintah di atas sisa umat-Nya yang setia di Yerusalem (ayat Yes 4:4) dan memelihara mereka dengan perhatian dan kasih yang besar (bd. Yes 38:5-8,15-17; Yes 65:18).

[4:3]  2 Full Life : AKAN DISEBUT KUDUS.

Nas : Yes 4:3

Mereka yang selamat dari hukuman yang datang akan menjadi "kudus"; yaitu, mereka akan memiliki sifat Allah, yang adalah "Yang Mahakudus, Allah Israel" (Yes 1:4); dengan kata lain, mereka akan dipisahkan dari dunia penuh dosa, dibersihkan dari segala macam pencemaran dengan darah Kristus, dan dibaharui oleh Roh Kudus. Di atas merekalah kemuliaan Allah akan melayang-layang sebagai tudung (ayat Yes 4:5)

[5:1]  3 Full Life : KEBUN ANGGUR.

Nas : Yes 5:1-7

Nyanyian kebun anggur ini menunjukkan bahwa Allah berusaha sedapat-dapatnya untuk menjadikan Yehuda bangsa yang benar dan produktif. Hanya ketika mereka gagal menjadi apa yang diinginkan-Nya barulah Allah membinasakan kebun anggur-Nya (bd. perumpamaan Yesus tentang penggarap-penggarap kebun anggur dalam Mat 21:33-44). Perumpamaan Yesaya secara historis menunjuk kepada kebinasaan Yerusalem dan kerajaan Yehuda pada tahun 586 SM.

[12:1]  4 Full Life : PADA WAKTU ITU.

Nas : Yes 12:1-6

Umat Allah akan memuji Dia ketika pemerintahan universal Mesias dimulai. Bahkan kini kita sudah harus berdoa untuk dan menantikan di dalam iman dan pengharapan kedatangan kembali Tuhan dan didirikannya pemerintahan kekal-Nya yang benar. Ketika hari itu tiba, kita akan menyanyikan nyanyian pujian ini.



TIP #32: Gunakan Pencarian Khusus untuk melakukan pencarian Teks Alkitab, Tafsiran/Catatan, Studi Kamus, Ilustrasi, Artikel, Ref. Silang, Leksikon, Pertanyaan-Pertanyaan, Gambar, Himne, Topikal. Anda juga dapat mencari bahan-bahan yang berkaitan dengan ayat-ayat yang anda inginkan melalui pencarian Referensi Ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA