Yehezkiel 4:1-13
KonteksYehezkiel 5:1-4
Konteks5:1 Dan engkau, anak manusia, ambillah sebilah pedang yang tajam 5 dan pakailah itu sebagai pisau d cukur tukang pangkas; cukurlah e rambutmu dan janggutmu f dengan itu; lalu ambillah sebuah timbangan dan bagi-bagilah rambutmu. 5:2 Sepertiga g harus kaubakar dengan api h di tengah-tengah kota itu sesudah berakhir waktu pengepungannya; sepertiga harus kauambil dan tetaklah dengan pedang itu sekelilingnya; dan sepertiga lagi hamburkanlah ke dalam angin, i dan Aku akan menghunus pedang j dari belakang mereka. 5:3 Engkau harus mengambil sedikit dari rambut itu 6 dan bungkus di dalam punca kainmu. k 5:4 Dan sekali lagi engkau harus mengambil dari padanya, buangkan ke dalam api l dan hanguskan dia di sana; dari sana akan keluar api untuk memakan seluruh kaum Israel. Dan berkatalah kepada mereka:
Yehezkiel 7:23
Konteks7:23 serta memusnahkannya. Sebab negeri itu penuh hutang darah m dan kota itu penuh kekerasan. n
Yehezkiel 12:3-7
Konteks12:3 Maka engkau, anak manusia, sediakanlah bagimu barang-barang seorang buangan 7 dan berjalanlah seperti seorang buangan pada siang hari di hadapan mata mereka; pergilah dari tempatmu sekarang ke tempat yang lain seperti seorang buangan di hadapan mata mereka. Barangkali b mereka akan insaf c bahwa mereka adalah kaum pemberontak. d 12:4 Bawalah barang-barangmu itu ke luar seperti barang-barang seorang buangan pada siang hari di hadapan mata mereka; dan engkau sendiri harus keluar pada malam hari di hadapan mata mereka, seperti seorang yang harus keluar dan pergi ke pembuangan. e 12:5 Di hadapan mata mereka perbuatlah sebuah lobang di tembok 8 f dan keluarlah dari situ. 12:6 Di hadapan mata mereka taruhlah barang-barangmu ke atas bahumu, dan bawalah itu ke luar pada malam gelap; engkau harus menutupi mukamu 9 , sehingga engkau tidak melihat tanah; sebab Aku membuat engkau menjadi lambang g bagi kaum Israel." 12:7 Lalu kulakukan seperti diperintahkan h kepadaku: aku membawa pada siang hari barang-barang seperti barang-barang seorang buangan dan pada malam hari aku membuat dengan tanganku sebuah lobang di tembok, pada malam gelap aku keluar dan di hadapan mata mereka aku menaruh barang-barangku ke atas bahuku.
Yehezkiel 21:6-7
Konteks21:6 Dan engkau anak manusia, mengeranglah! Mengeranglah di hadapan mereka seperti seorang yang tulang pinggangnya patah dan yang berada dalam kesengsaraan k yang pahit. 21:7 Dan kalau mereka bertanya kepadamu: Mengapa engkau mengeluh? l jawablah: Karena suatu berita! Kalau berita itu sudah tersiar, setiap hati akan menjadi tawar m dan semua tangan menjadi lemah lesu, n segala semangat menghilang o dan semua orang terkencing ketakutan. p Sungguh, pasti datang dan terjadi! demikianlah firman Tuhan ALLAH."
Yehezkiel 24:1-24
Konteks[4:1] 1 Full Life : AMBILLAH SEBUAH BATU BATA.
Nas : Yeh 4:1
Yehezkiel diperintahkan untuk melambangkan pengepungan Yerusalem dan pembuangan yang diakibatkan olehnya dengan tindakan khusus. Peristiwa-peristiwa ini dilukiskan Yehezkiel dengan membuat sebuah model pengepungan yang kecil. Sebidang besi (ayat Yeh 4:3) mungkin melambangkan kekuatan pasukan Babel yang tidak dapat terkalahkan. Melalui tindakan ini Yehezkiel menegaskan kepada bangsa itu bahwa Allah sendiri akan membawa pasukan Babel menyerbu Yerusalem.
[4:4] 2 Full Life : BERBARINGLAH ENGKAU PADA SISI KIRIMU.
Nas : Yeh 4:4
Allah memerintahkan Yehezkiel untuk menanggung, secara simbolis, hukuman yang dimaksudkan Allah untuk dosa Israel dan Yehuda
(lihat cat. --> Yeh 4:5 berikutnya).
[atau ref. Yeh 4:5]
Setiap hari Yehezkiel berbaring pada sisinya mewakili satu tahun dosa mereka. Akan tetapi, Yehezkiel tidak berbaring pada sisinya sepanjang hari, karena ia mempunyai tugas-tugas lain yang harus dilakukannya (ayat Yeh 4:9-17).
[4:5] 3 Full Life : TIGA RATUS SEMBILAN PULUH HARI.
Nas : Yeh 4:5
Jumlah hari Yehezkiel ditugaskan untuk berbaring pada sisinya adalah sama dengan jumlah tahun Israel dan Yehuda berbuat dosa. Tiga ratus sembilan puluh tahun ini tampaknya mencakup masa kerajaan Salomo hingga jatuhnya Yerusalem. Empat puluh tahun tambahan yang dikenakan kepada Yehuda (ayat Yeh 4:6) mungkin mewakili masa pemerintahan Manasye yang amat jahat, yang mempengaruhi Yehuda selama sisa sejarahnya (2Raj 21:11-15).
[4:9] 4 Full Life : MASAKLAH ... ROTI.
Nas : Yeh 4:9-11
Tujuan dari makanan dan minuman yang sedikit itu ialah melambangkan sedikitnya persediaan makanan di Yerusalem selama pengepungan (ayat Yeh 4:16-17); kelaparan akan sangat berat.
[5:1] 5 Full Life : AMBILLAH SEBILAH PEDANG YANG TAJAM.
Nas : Yeh 5:1-2
Rambut dan jenggot Yehezkiel yang dicukur, terbagi menjadi tiga bagian, melambangkan nasib yang akan dialami penduduk Yerusalem. Sepertiga pertama yang dibakar melambangkan mereka yang akan mati kena sampar atau kelaparan; sepertiga yang kedua akan mati oleh pedang; dan sepertiga yang lain akan tersebar dalam pembuangan (ayat Yeh 5:12).
[5:3] 6 Full Life : SEDIKIT DARI RAMBUT ITU.
Nas : Yeh 5:3
Sedikit rambut yang dimasukkan ke dalam jubah Yehezkiel melambangkan kaum sisa yang akan dilindungi Allah; akan tetapi sebagian ini juga akan dibakar dan mengalami hukuman Allah (ayat Yeh 5:4).
[12:3] 7 Full Life : SEDIAKANLAH BAGIMU BARANG-BARANG SEORANG BUANGAN.
Nas : Yeh 12:3-7
Yehezkiel harus memainkan peranan seorang tawanan yang dibawa ke tempat lain sambil meninggalkan segala sesuatu terkecuali yang sangat diperlukan untuk perjalanan. Tindakan ini menggambarkan bahwa akan ada gelombang orang buangan berikutnya dari Yerusalem yang akan diangkut ke Babel; hal ini juga mencegah para tawanan untuk menaruh harapan yang tidak realistis bahwa mereka sebentar lagi akan kembali ke Yerusalem.
[12:5] 8 Full Life : PERBUATLAH SEBUAH LUBANG DI TEMBOK.
Nas : Yeh 12:5
Tindakan ini melukiskan usaha yang sia-sia dari orang Yahudi untuk lolos dari pembuangan.
[12:6] 9 Full Life : MENUTUPI MUKAMU.
Nas : Yeh 12:6
Tindakan ini mungkin mengacu pada rasa malu dan sedih yang akan dialami para tawanan.
[24:2] 10 Full Life : TULISKANLAH TANGGAL HARI INI.
Nas : Yeh 24:2
"Tanggal hari ini" adalah 15 Januari 588 SM. Yehezkiel menerima berita ini pada hari yang sama dengan permulaan pengepungan Yerusalem oleh pasukan Babel. Serbuan ini berlangsung sekitar dua tahun dan mengakibatkan kebinasaan seluruh Yerusalem.
[24:3] 11 Full Life : TARUHLAH KUALI DI ATAS API.
Nas : Yeh 24:3-12
Allah memberi suatu perumpamaan kepada Yehezkiel untuk diberitakan kepada umat-Nya yang memberontak. Yerusalem akan menjadi seperti sebuah kuali dan penduduknya akan seperti potongan daging dan tulang pilihan. Daging dan tulang akan dimakan pasukan Babel; setelah isi kuali itu habis, kuali itu akan dimurnikan selanjutnya dengan api hukuman hingga tembaganya menjadi merah, kotorannya hancur dan karatnya hilang (ayat Yeh 24:11).
[24:13] 12 Full Life : TIDAK MENJADI TAHIR ... SAMPAI.
Nas : Yeh 24:13
Karena Yerusalem menolak untuk membiarkan Allah membersihkanya dari kenajisannya, maka ia harus berhadapan dengan murka Allah yang hebat. Demikian pula, semua bangsa akan menghadapi murka Allah pada akhir zaman. Hanya oleh hukuman Allah yang adil dunia dapat dibersihkan dari dosa (pasal Wahy 5:1-22:21).
[24:16] 13 Full Life : YANG SANGAT KAUCINTAI.
Nas : Yeh 24:16
Allah mengatakan kepada Yehezkiel bahwa dia akan kehilangan istrinya, yang amat dicintainya, namun dia tidak boleh meratapi kematiannya itu di hadapan umum atau mengadakan upacara perkabungan yang biasa diadakan. Akan tetapi, dengan perintah ini Allah tidak melarang Yehezkiel untuk bersedih hati secara pribadi atas kematian istrinya. Tidak menunjukkan perasaan sedih secara lahiriah dimaksudkan menjadi tanda untuk para buangan bahwa kejatuhan Yerusalem dan Bait Suci akan demikian hebat sehingga penduduknya tidak sempat menyatakan kesedihan mereka.
[24:18] 14 Full Life : AKU MELAKUKAN SEPERTI DIPERINTAHKAN.
Nas : Yeh 24:18
Ketaatan Yehezkiel dalam situasi ini semestinya termasuk tugasnya yang paling berat selaku nabi. Sekalipun merasa sangat sedih atas kematian istrinya, ia masih harus bernubuat hari lepas hari kepada bangsa yang pemberontak itu. Ia ikut merasakan penderitaan Allah, karena Allah sendiri sebentar lagi akan kehilangan umat-Nya, kota-Nya dan Bait Suci-Nya, sama seperti nabi setia ini telah kehilangan istrinya yang tercinta. Setia kepada Allah dapat meminta pengorbanan besar. Dalam cara yang sama orang percaya PB dipanggil untuk turut mengambil bagian dalam penderitaan Kristus (lih. 2Kor 1:7; 4:10-11).