TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Nehemia 13:1-31

Konteks
Kesetiaan Nehemia kepada hukum
13:1 Pada masa itu bagian-bagian dari pada kitab Musa dibacakan dengan didengar oleh rakyat. Didapati tertulis dalam kitab itu, bahwa orang Amon dan orang Moab tidak boleh masuk jemaah Allah t  untuk selamanya. 13:2 Karena mereka tidak menyongsong orang Israel dengan roti dan air, malah mengupah Bileam u  melawan orang Israel supaya dikutukinya. v  Tetapi Allah kami mengubah kutuk itu menjadi berkat. w  13:3 Ketika mereka mendengar pembacaan Taurat itu mereka memisahkan semua peranakan 1  x  dari orang Israel. 13:4 Tetapi sebelum masa itu imam Elyasib yang diangkat untuk mengawasi bilik-bilik y  rumah Allah kami, dan yang mempunyai hubungan erat dengan Tobia, z  13:5 menyediakan sebuah bilik besar bagi Tobia itu. Sebelumnya orang membawa ke bilik itu korban sajian, kemenyan, perkakas-perkakas dan persembahan persepuluhan a  dari pada gandum, anggur dan minyak yang menjadi hak orang-orang Lewi, para penyanyi dan para penunggu pintu gerbang, dan persembahan khusus bagi para imam. 13:6 Ketika peristiwa itu terjadi aku tidak ada di Yerusalem, karena pada tahun ketiga puluh dua pemerintahan Artahsasta, b  raja Babel, aku pergi menghadap raja. Tetapi sesudah beberapa waktu aku minta izin dari raja untuk pergi. 13:7 Lalu aku tiba di Yerusalem 2  dan melihat kejahatan yang dibuat Elyasib 3  c  untuk keuntungan Tobia, sebab bagi Tobia d  ini telah disediakannya sebuah bilik di pelataran rumah Allah. 13:8 Aku menjadi sangat kesal, lalu kulempar semua perabot rumah Tobia ke luar bilik e  itu. 13:9 Kemudian kusuruh tahirkan bilik f  itu, sesudah itu kubawa kembali ke sana perkakas-perkakas rumah Allah, korban sajian dan kemenyan. g  13:10 Juga kudapati bahwa sumbangan-sumbangan bagi orang-orang Lewi tidak pernah diberikan, h  sehingga orang-orang Lewi dan para penyanyi yang bertugas masing-masing lari ke ladangnya. i  13:11 Aku menyesali para penguasa, kataku: "Mengapa rumah Allah dibiarkan j  begitu saja?" Lalu kukumpulkan orang-orang Lewi itu dan kukembalikan pada tempatnya. 13:12 Maka seluruh orang Yehuda membawa lagi persembahan persepuluhan 4  k  dari pada gandum, anggur dan minyak ke perbendaharaan. l  13:13 Sebagai pengawas-pengawas perbendaharaan kuangkat imam Selemya dan Zadok, seorang ahli kitab, dan Pedaya, seorang Lewi, sedang Hanan bin Zakur bin Matanya diperbantukan kepada mereka, karena orang-orang itu dianggap setia. Mereka diserahi tugas untuk mengurus pembagian kepada saudara-saudara m  mereka. 13:14 Ya Allahku, ingatlah n  kepadaku karena hal itu dan janganlah hapuskan segala perbuatan bakti yang telah kulakukan terhadap rumah Allahku dan segala pelayanan di dalamnya! 13:15 Pada masa itu kulihat di Yehuda orang-orang mengirik memeras anggur pada hari Sabat, pula orang-orang yang membawa berkas-berkas gandum dan memuatnya di atas keledai, juga anggur, buah anggur dan buah ara dan pelbagai muatan yang mereka bawa ke Yerusalem pada hari Sabat. o  Aku memperingatkan mereka ketika mereka menjual bahan-bahan makanan. 13:16 Juga orang Tirus yang tinggal di situ membawa ikan dan pelbagai barang dagangan dan menjual itu kepada orang-orang Yehuda pada hari Sabat, p  bahkan di Yerusalem. 13:17 Lalu aku menyesali pemuka-pemuka orang Yehuda, kataku kepada mereka: "Kejahatan apa yang kamu lakukan ini dengan melanggar kekudusan hari Sabat 5 ? 13:18 Bukankah nenek moyangmu telah berbuat demikian, sehingga Allah kita mendatangkan seluruh malapetaka ini atas kita dan atas kota q  ini? Apakah kamu bermaksud memperbesar murka yang menimpa Israel dengan melanggar kekudusan hari Sabat? r " 13:19 Kalau sudah remang-remang di pintu-pintu gerbang Yerusalem menjelang hari Sabat, s  kusuruh tutup pintu-pintu dan kuperintahkan supaya jangan dibuka sampai lewat hari Sabat. Dan aku tempatkan beberapa orang dari anak buahku di pintu-pintu gerbang, supaya tidak ada muatan yang masuk pada hari Sabat. 13:20 Tetapi orang-orang yang berdagang dan berjualan rupa-rupa barang itu kemudian bermalam juga di luar tembok Yerusalem satu dua kali. 13:21 Lalu aku memperingatkan mereka, kataku: "Mengapa kamu bermalam di depan tembok? Kalau kamu berbuat itu sekali lagi akan kukenakan tanganku kepadamu." Sejak waktu itu mereka tidak datang lagi pada hari Sabat. 13:22 Juga kusuruh orang-orang Lewi mentahirkan dirinya dan datang menjaga pintu-pintu gerbang untuk menguduskan hari Sabat. Ya Allahku, ingatlah t  kepadaku juga karena hal itu dan sayangilah aku menurut kasih setia-Mu yang besar! 13:23 Pada masa itu juga kulihat bahwa beberapa orang Yahudi memperisteri u  perempuan-perempuan Asdod, perempuan-perempuan Amon atau perempuan-perempuan Moab. v  13:24 Sebagian dari anak-anak mereka berbicara bahasa w  Asdod atau bahasa bangsa lain itu dan tidak tahu berbicara bahasa Yahudi. 13:25 Aku menyesali mereka 6 , kukutuki mereka, dan beberapa orang di antara mereka kupukuli dan kucabut rambutnya dan kusuruh mereka bersumpah x  demi Allah, demikian: "Jangan sekali-kali kamu serahkan anak-anak perempuanmu kepada anak-anak lelaki mereka, atau mengambil anak-anak perempuan mereka sebagai isteri untuk anak-anak lelakimu atau untuk dirimu sendiri! y  13:26 Bukankah Salomo, raja Israel, telah berbuat dosa karena hal semacam itu? Walaupun di antara begitu banyak bangsa tidak ada seorang raja seperti dia, z  yang dikasihi Allahnya a  dan diangkat oleh Allah itu menjadi raja seluruh Israel, namun diapun terbawa ke dalam dosa oleh perempuan-perempuan b  asing itu. 13:27 Apakah orang harus mendengar bahwa juga kamu berbuat segala kejahatan yang besar itu, yakni berubah setia terhadap Allah kita karena memperisteri c  perempuan-perempuan asing?" 13:28 Seorang dari anak-anak Yoyada bin Elyasib, d  imam besar itu, adalah menantu Sanbalat, e  orang Horoni itu. Oleh sebab itu kuusir dia dari padaku. 13:29 Ya Allahku, ingatlah f  bagaimana mereka mencemarkan jabatan imam serta perjanjian mengenai para imam dan orang-orang Lewi. g  13:30 Kutahirkan mereka dari segala sesuatu yang asing h  dan kutetapkan tugas-tugas untuk para imam dan orang-orang Lewi, masing-masing dalam bidang pekerjaannya, 13:31 pula kutetapkan suatu cara untuk menyediakan kayu api i  pada waktu-waktu tertentu dan untuk hasil-hasil yang pertama. j  Ya Allahku, ingatlah k  kepadaku, demi kesejahteraanku!

Nehemia 3:1-32

Konteks
Pembacaan kitab hukum Hari raya Pondok Daun
3:1 Maka bersiaplah imam besar Elyasib x  dan para imam, saudara-saudaranya, lalu membangun y  kembali pintu gerbang Domba. z  Mereka mentahbiskannya dan memasang pintu-pintunya. Mereka mentahbiskannya sampai menara Mea, menara Hananeel. a  3:2 Berdekatan dengan mereka orang-orang Yerikho b  membangun, dan berdekatan dengan orang-orang itu Zakur bin Imri. 3:3 Pintu gerbang Ikan c  dibangun oleh bani Senaa. Mereka memasang balok-balok lalu memasang pintu-pintunya dengan pengancing-pengancing dan palang-palangnya. 3:4 Berdekatan dengan mereka Meremot d  bin Uria bin Hakos mengadakan perbaikan, dan berdekatan dengan dia Mesulam bin Berekhya bin Mesezabeel. Berdekatan dengan dia Zadok bin Baana mengadakan perbaikan, 3:5 dan berdekatan dengan dia orang-orang Tekoa. e  Hanya pemuka-pemuka mereka tidak mau memberi bahunya untuk pekerjaan tuan mereka. 3:6 Pintu gerbang Lama f  diperbaiki oleh Yoyada bin Paseah dan Mesulam bin Besoja. Mereka memasang balok-balok lalu memasang pintu-pintunya dengan pengancing-pengancing dan palang-palangnya. 3:7 Berdekatan dengan mereka Melaca, orang Gibeon, g  dan Yadon, orang Meronot, mengadakan perbaikan beserta orang-orang Gibeon dan Mizpa, yang berada di wilayah kekuasaan bupati daerah sebelah barat sungai Efrat. 3:8 Berdekatan dengan mereka Uziel bin Harhaya, salah seorang tukang emas, mengadakan perbaikan, dan berdekatan dengan dia Hananya, seorang juru campur rempah-rempah. Mereka memperkokoh Yerusalem sampai tembok Lebar. h  3:9 Berdekatan dengan mereka Refaya bin Hur, penguasa setengah wilayah Yerusalem yang satu mengadakan perbaikan. 3:10 Berdekatan dengan dia Yedaya bin Harumaf mengadakan perbaikan, tepat di depan rumahnya, dan berdekatan dengan dia Hatus bin Hasabneya. 3:11 Malkia bin Harim dan Hasub bin Pahat-Moab memperbaiki bagian yang lain dan menara Perapian. i  3:12 Berdekatan dengan mereka Salum bin Halohesh, penguasa setengah wilayah Yerusalem yang lain mengadakan perbaikan bersama-sama anak-anak perempuannya. 3:13 Pintu gerbang Lebak j  diperbaiki oleh Hanun dan penduduk Zanoah. k  Mereka membangunnya kembali dan memasang pintu-pintunya dengan pengancing-pengancing dan palang-palangnya. Pula tembok diperbaiki sepanjang seribu hasta sampai pada pintu gerbang Sampah. l  3:14 Pintu gerbang Sampah diperbaiki oleh Malkia bin Rekhab, penguasa wilayah Bet-Kerem. m  Ia membangunnya kembali dan memasang pintu-pintunya dengan pengancing-pengancing dan palang-palangnya. 3:15 Pintu gerbang Mata Air diperbaiki oleh Salum bin Kolhoze, penguasa wilayah Mizpa. Pintu gerbang itu dibangunnya kembali, diberinya atap dan dipasangnya pintu-pintunya dengan pengancing-pengancing dan palang-palangnya. Juga diperbaikinya tembok kolam penampung air saluran, n  dekat taman raja sampai pada tangga-tangga yang menurun dari kota Daud. 3:16 Di sampingnya Nehemia bin Azbuk, penguasa setengah wilayah Bet-Zur, o  mengadakan perbaikan sampai di depan pekuburan p  Daud dan sampai pada kolam buatan dan rumah para pahlawan. 3:17 Di sampingnya orang-orang Lewi mengadakan perbaikan, yakni Rehum bin Bani, dan berdekatan dengan dia Hasabya, penguasa setengah wilayah Kehila q  yang satu, untuk wilayahnya. 3:18 Di sampingnya saudara-saudara mereka, yakni Binui bin Henadad, penguasa setengah wilayah Kehila yang lain, mengadakan perbaikan. 3:19 Berdekatan dengan dia Ezer bin Yesua, penguasa Mizpa, memperbaiki bagian yang berikut, di depan pendakian ke gudang senjata, dekat Sudut. 3:20 Di sampingnya Barukh bin Zabai memperbaiki bagian yang berikut, dari Sudut sampai pada pintu masuk rumah imam besar Elyasib. 3:21 Di sampingnya Meremot r  bin Uria bin Hakos memperbaiki bagian yang berikut, dari pintu masuk rumah Elyasib sampai pada ujung rumah Elyasib. 3:22 Di sampingnya para imam, orang-orang dari Lembah Yordan, mengadakan perbaikan. 3:23 Di samping mereka Benyamin dan Hasub mengadakan perbaikan di depan rumah mereka. Di samping mereka Azarya bin Maaseya bin Ananya mengadakan perbaikan di samping rumahnya. 3:24 Di sampingnya Binui s  bin Henadad memperbaiki bagian yang berikut, dari rumah Azarya sampai Sudut dan sampai Penjuru. 3:25 Palal bin Uzai mengadakan perbaikan di depan Sudut dan di depan menara yang tinggi yang menonjol dari istana raja, dekat pelataran penjagaan. t  Di sampingnya Pedaya bin Paros u  mengadakan perbaikan 3:26 sampai di depan pintu gerbang Air, v  di sebelah timur, dan di depan menara yang menonjol. Adapun para budak w  di bait Allah tinggal di Ofel. x  3:27 Di samping Pedaya orang-orang Tekoa y  memperbaiki bagian yang berikut, dari depan menara z  besar yang menonjol itu sampai tembok Ofel. 3:28 Mulai dari pintu gerbang Kuda a  para imam mengadakan perbaikan, masing-masing di depan rumahnya. 3:29 Di samping mereka Zadok bin Imer mengadakan perbaikan di depan rumahnya. Di sampingnya Semaya bin Sekhanya, penjaga pintu gerbang Timur. 3:30 Di sampingnya Hananya bin Selemya dan Hanun, anak Zalaf yang keenam, memperbaiki bagian yang berikut. Di samping mereka Mesulam bin Berekhya mengadakan perbaikan di depan biliknya. 3:31 Di sampingnya Malkia, seorang tukang emas, mengadakan perbaikan sampai pada rumah para budak di bait Allah dan para pedagang, di depan pintu gerbang Pendaftaran dan sampai pada kamar atas di penjuru. 3:32 Lalu antara kamar atas di penjuru dan pintu gerbang Domba b  para tukang emas dan para pedagang mengadakan perbaikan.

Nehemia 7:1-73

Konteks
Tindakan-tindakan untuk melindungi kota
7:1 Setelah tembok selesai dibangun, aku memasang pintu-pintu. Lalu diangkatlah penunggu-penunggu e  pintu gerbang, para penyanyi f  dan orang-orang Lewi g . 7:2 Pengawasan atas Yerusalem aku serahkan kepada Hanani, h  saudaraku, dan kepada Hananya, i  panglima benteng, j  karena dia seorang yang dapat dipercaya dan yang takut k  akan Allah 7  lebih dari pada orang-orang lain. 7:3 Berkatalah aku kepada mereka: "Pintu-pintu gerbang Yerusalem jangan dibuka sampai matahari panas terik. Dan pintu-pintunya harus ditutup dan dipalangi, sementara orang masih bertugas di tempatnya. Tempatkanlah penjaga-penjaga dari antara penduduk Yerusalem, masing-masing pada tempat-tempat penjagaan dan di depan rumahnya."
Daftar orang-orang yang kembali dari pembuangan
7:4 Adapun kota itu luas dan besar, tetapi penduduknya l  sedikit dan rumah-rumah belum dibangun. 7:5 Maka Allahku memberikan dalam hatiku rencana untuk mengumpulkan para pemuka, para penguasa dan rakyat, supaya mereka dicatat dalam silsilah. Lalu kudapati daftar silsilah orang-orang yang lebih dahulu berangkat pulang. Dalam daftar itu kudapati tertulis: 7:6 Inilah orang-orang propinsi Yehuda yang berangkat pulang dari pembuangan, m  yakni para tawanan, yang dahulu diangkut oleh Nebukadnezar, raja Babel, dan yang kembali ke Yerusalem dan ke Yehuda, masing-masing ke kotanya. 7:7 Mereka datang bersama-sama Zerubabel, n  Yesua, Nehemia, Azarya, Raamya, Nahamani, Mordekhai, Bilsan, Misperet, Bigwai, Nehum dan Baana. Inilah daftar orang-orang bangsa Israel: 7:8 bani Paros: dua ribu seratus tujuh puluh dua orang; 7:9 bani Sefaca: tiga ratus tujuh puluh dua orang; 7:10 bani Arakh: enam ratus lima puluh dua orang; 7:11 bani Pahat-Moab, yakni bani Yesua dan Yoab: dua ribu delapan ratus delapan belas orang; 7:12 bani Elam: seribu dua ratus lima puluh empat orang; 7:13 bani Zatu: delapan ratus empat puluh lima orang; 7:14 bani Zakai: tujuh ratus enam puluh orang; 7:15 bani Binui: enam ratus empat puluh delapan orang; 7:16 bani Bebai: enam ratus dua puluh delapan orang; 7:17 bani Azgad: dua ribu tiga ratus dua puluh dua orang; 7:18 bani Adonikam: enam ratus enam puluh tujuh orang; 7:19 bani Bigwai: dua ribu enam puluh tujuh orang; 7:20 bani Adin: o  enam ratus lima puluh lima orang; 7:21 bani Ater, yakni bani Hizkia: sembilan puluh delapan orang; 7:22 bani Hasum: tiga ratus dua puluh delapan orang; 7:23 bani Bezai: tiga ratus dua puluh empat orang; 7:24 bani Harif: seratus dua belas orang; 7:25 bani Gibeon: sembilan puluh lima orang; 7:26 orang-orang Betlehem dan Netofa: p  seratus delapan puluh delapan orang; 7:27 orang-orang Anatot: q  seratus dua puluh delapan orang; 7:28 orang-orang Bet-Azmawet: empat puluh dua orang; 7:29 orang-orang Kiryat-Yearim, Kefira r  dan Beerot: s  tujuh ratus empat puluh tiga orang; 7:30 orang-orang Rama dan Gaba: enam ratus dua puluh satu orang; 7:31 orang-orang Mikhmas: seratus dua puluh dua orang; 7:32 orang-orang Betel dan Ai: t  seratus dua puluh tiga orang; 7:33 orang-orang dari Nebo yang lain: lima puluh dua orang; 7:34 bani Elam, yakni Elam yang lain: seribu dua ratus lima puluh empat orang; 7:35 bani Harim: tiga ratus dua puluh orang; 7:36 orang-orang Yerikho: u  tiga ratus empat puluh lima orang; 7:37 orang-orang Lod, Hadid dan Ono: v  tujuh ratus dua puluh satu orang; 7:38 bani Senaa: tiga ribu sembilan ratus tiga puluh orang. 7:39 Inilah para imam: bani Yedaya, yakni kaum keluarga Yesua: sembilan ratus tujuh puluh tiga orang; 7:40 bani Imer: seribu lima puluh dua orang; 7:41 bani Pasyhur: seribu dua ratus empat puluh tujuh orang; 7:42 bani Harim: seribu tujuh belas orang. 7:43 Inilah orang-orang Lewi: bani Yesua, yakni bani Kadmiel dan bani Hodewa; tujuh puluh empat orang. 7:44 Inilah para penyanyi: w  bani Asaf: seratus empat puluh delapan orang. 7:45 Inilah para penunggu x  pintu gerbang: bani Salum, bani Ater, bani Talmon, bani Akub, bani Hatita, bani Sobai: seratus tiga puluh delapan orang. 7:46 Inilah para budak y  di bait Allah: bani Ziha, bani Hasufa, bani Tabaot; 7:47 bani Keros, bani Sia, bani Padon; 7:48 bani Lebana, bani Hagaba, bani Salmai; 7:49 bani Hanan, bani Gidel, bani Gahar; 7:50 bani Reaya, bani Rezin, bani Nekoda; 7:51 bani Gazam, bani Uza, bani Paseah; 7:52 bani Besai, bani Meunim, bani Nefusim; 7:53 bani Bakbuk, bani Hakufa, bani Harhur; 7:54 bani Bazlit, bani Mehida, bani Harsa; 7:55 bani Barkos, bani Sisera, bani Temah; 7:56 bani Neziah, bani Hatifa. 7:57 Inilah keturunan para hamba Salomo: bani Sotai, bani Soferet, bani Perida; 7:58 bani Yaala, bani Darkon, bani Gidel; 7:59 bani Sefaca, bani Hatil, bani Pokheret-Hazebaim, bani Amon. 7:60 Seluruh budak di bait Allah dan keturunan para hamba Salomo z  ada tiga ratus sembilan puluh dua orang. 7:61 Inilah orang-orang yang berangkat pulang dari Tel-Melah, Tel-Harsa, Kerub, Adon dan Imer, tetapi mereka tidak dapat menyatakan apakah kaum keluarga dan asal-usul mereka termasuk bangsa Israel: 7:62 bani Delaya, bani Tobia, bani Nekoda: enam ratus empat puluh dua orang; 7:63 dan dari antara para imam: bani Habaya, bani Hakos, bani Barzilai. Barzilai itu memperisteri seorang anak perempuan Barzilai, orang Gilead itu, dan sejak itu ia dinamai menurut nama keluarga itu. 7:64 Mereka itu menyelidiki apakah nama mereka tercatat dalam silsilah, tetapi karena itu tidak didapati, maka mereka dinyatakan tidak tahir untuk jabatan imam. 7:65 Dan tentang mereka diputuskan oleh kepala daerah, bahwa mereka tidak boleh makan dari persembahan maha kudus, sampai ada seorang imam bertindak dengan memegang Urim dan Tumim. a  7:66 Seluruh jemaah itu bersama-sama ada empat puluh dua ribu tiga ratus enam puluh orang, 7:67 selain dari budak mereka laki-laki dan perempuan yang berjumlah tujuh ribu tiga ratus tiga puluh tujuh orang. Pada mereka ada dua ratus empat puluh lima penyanyi laki-laki dan perempuan. 7:68 Mereka mempunyai tujuh ratus tiga puluh enam ekor kuda, dua ratus empat puluh lima ekor bagal, 7:69 empat ratus tiga puluh lima ekor unta dan enam ribu tujuh ratus dua puluh ekor keledai. 7:70 Sebagian dari kepala kaum keluarga memberi sumbangan untuk pekerjaan itu, sedang kepala daerah memberi sumbangan untuk perbendaharaan seribu dirham emas, lima puluh buah bokor penyiraman, dan lima ratus tiga puluh helai kemeja imam. 7:71 Pula beberapa kepala kaum keluarga b  memberi sumbangan untuk perbendaharaan pekerjaan itu dua puluh ribu dirham emas dan dua ribu dua ratus mina perak. 7:72 Dan yang disumbangkan oleh orang-orang lain adalah: dua puluh ribu dirham emas, dua ribu mina perak dan enam puluh tujuh helai kemeja imam. c  7:73 Adapun para imam dan orang-orang Lewi, para penunggu pintu dan para penyanyi, juga sebagian dari rakyat, para budak d  di bait Allah dan semua orang Israel yang lain menetap di kota-kota e  mereka.
Pembacaan kitab hukum
Hari raya Pondok Daun
(8-1) Ketika tiba bulan yang ketujuh, sedang orang Israel telah menetap di kota-kotanya, f 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[13:3]  1 Full Life : MEMISAHKAN SEMUA PERANAKAN.

Nas : Neh 13:3

Orang asing kafir dipisahkan dari Israel supaya mendirikan rintangan di antara umat Allah dan kebiasaan jahat orang yang tidak percaya.

  1. 1) Kunci untuk memahami mengapa Allah menginginkan hal ini dijumpai di dalam kecenderungan hati umat-Nya untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan, kesenangan, dan gaya hidup dunia.
  2. 2) Oleh karena itu, tuntutan penting bagi umat Allah agar tetap kudus, ialah tetap terpisah dari cara-cara, nilai, dan kebiasaan fasik masyarakat kita dan melawan ungkapan-ungkapan populer dari roh dunia ini. Mengabaikan hal ini akan mengakibatkan hilangnya kehadiran Allah dan semua hal baik yang ditentukan-Nya bagi kita

    (lihat cat. --> Rom 12:2;

    [atau ref. Rom 12:2]

    lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).

[13:7]  2 Full Life : TIBA DI YERUSALEM.

Nas : Neh 13:7

Nehemia telah kembali ke Persia dan tidak ada di Yerusalem selama beberapa waktu (ayat Neh 13:6-7). Ketika kembali, ia menemukan bahwa orang Yahudi di Yerusalem sudah melalaikan komitmen rohani dan moralnya kepada Allah. Pasal Neh 13:1-31 mencatat beberapa kegagalan rohani ini.

[13:7]  3 Full Life : KEJAHATAN YANG DIBUAT ELYASIB.

Nas : Neh 13:7

Tobia orang Amon, bersama dengan Sanbalat, gubernur Samaria, sebelumnya telah mencemooh usaha orang Yahudi untuk membangun kembali tembok Yerusalem (Neh 2:10,19). Akan tetapi, kini ia menikahi seorang dari anggota keluarga imam Elyasib, imam besar itu. Selaku tanggapan, Elyasib sendiri merenovasi dan menghias sebuah ruangan besar di pelataran rumah Allah bagi Tobia. Ketika Nehemia melihat pencemaran ini, ia menjadi sangat marah dan melempar semua barang Tobia dan perabot mewah yang telah disediakan Elyasib baginya. Nehemia sakit hati karena pencemaran rumah Allah ini merupakan penghinaan terhadap kekudusan Allah. Gereja-gereja modern yang memberikan tempat kepada kegiatan-kegiatan yang tidak memajukan kerajaan Allah sebaiknya mencamkan hal ini.

[13:12]  4 Full Life : SELURUH ORANG YEHUDA MEMBAWA ... PERSEPULUHAN.

Nas : Neh 13:12

Nehemia memulihkan seluruh ibadah di bait suci, bersamaan dengan pelayanan orang Lewi dan para penyanyi; sebagai akibatnya seluruh umat kini dapat membawa persepuluhan mereka ke tempat yang dahulunya dipakai oleh Tobia. Orang lebih bersedia memberikan persepuluhan apabila mereka melihat bahwa penyembahan kepada Allah mendatangkan berkat. Allah juga mengangkat Maleakhi pada saat ini; dan nasihatnya menekankan berkat Allah bagi para pemberi persepuluhan yang setia (Mal 3:10). Memberi persepuluhan selalu terutama merupakan perkara berkat dan bukan hukum Taurat

(lihat art. PERSEPULUHAN DAN PERSEMBAHAN).

Bahkan sebelum Allah memberikan taurat-Nya di Gunung Sinai, Abraham begitu diberkati oleh Melkizedek sehingga ia memberikan persepuluhan dari segala yang dimilikinya (Kej 14:19-20). Orang percaya yang dipenuhi Roh ingin memberi dan membagi berkat, sebagaimana dilakukan orang percaya mula-mula (Kis 2:44-45; 4:34-37; 11:28-30).

[13:17]  5 Full Life : MELANGGAR KEKUDUSAN HARI SABAT.

Nas : Neh 13:17

Umat Allah telah membiarkan kepentingan usaha dan keinginan akan benda-benda dunia menghancurkan ketaatan mereka kepada perintah Allah untuk menjadikan Sabat suatu hari perhentian. Orang percaya PB harus senantiasa waspada akan pencobaan untuk membiarkan usaha mencari kekayaan dan keberhasilan mengganti keinginan untuk mengormati dan menyembah Allah sebagai yang diperintahkan-Nya. Kita harus "mencari dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya" (Mat 6:33;

lihat cat. --> Mat 12:1).

[atau ref. Mat 12:1]

[13:25]  6 Full Life : AKU MENYESALI MEREKA.

Nas : Neh 13:25

Adakalanya ketika para pemimpin, apabila mereka sungguh-sungguh menjadi hamba Allah, harus menyatakan kemarahan yang kudus terhadap ketidakbenaran dan mengambil langkah-langkah drastis untuk memperbaiki situasi yang buruk. Kelembutan dan kehalusan di hadapan sikap mengabaikan yang terbuka dan terang-terangan terhadap kehendak Allah di dalam gereja, sebenarnya adalah kelemahan dan kompromi. Perbaikan yang dilakukan Nehemia menunjukkan semangat bagi Allah yang serupa dengan tindakan Kristus ketika Ia dengan cemeti mengusir para penukar uang dari bait Allah di Yerusalem (Mat 21:12-13; Yoh 2:13-16;

lihat cat. --> Luk 19:45).

[atau ref. Luk 19:45]

[7:2]  7 Full Life : SEORANG YANG DAPAT DIPERCAYA DAN YANG TAKUT AKAN ALLAH.

Nas : Neh 7:2

Prinsip alkitabiah dalam memilih para pemimpin untuk pekerjaan Allah ialah menugaskan mereka yang bertekun dalam kesetiaan kepada Allah dan firman-Nya serta telah menunjukkan ketakutan saleh akan dosa dan akibatnya

(lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL BAGI PENILIK JEMAAT,

dan

lihat art. PENDALAMAN ALKITAB BAGI ORANG KRISTEN).



TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.05 detik
dipersembahkan oleh YLSA