Mikha 1:1
KonteksMikha 1:4
Konteks1:4 Luluhlah o gunung-gunung di bawah kaki-Nya, p dan lembah-lembah terbelah q seperti lilin di depan api, seperti air tercurah di penurunan.
Mikha 1:9
Konteks1:9 sebab lukanya b tidak dapat sembuh, c sudah menjalar ke Yehuda 3 , d sudah sampai ke pintu gerbang e bangsaku, ke Yerusalem!
Mikha 1:13
Konteks1:13 Pasanglah kuda teji pada kereta, hai penduduk Lakhis! i Inilah permulaan dosa bagi puteri Sion, j sebab padamulah terdapat pelanggaran Israel.
Mikha 2:6
Konteks2:6 "Janganlah ucapkan nubuat 4 ," kata mereka itu, "orang tidak mengucapkan nubuat seperti itu! Noda e tidak akan menimpa kita. f "
Mikha 3:7-8
Konteks3:7 Para pelihat akan mendapat malu g dan tukang-tukang tenung akan tersipu-sipu; h mereka sekalian akan menutupi i mukanya, j sebab tidak ada jawab dari pada Allah. k 3:8 Tetapi aku ini penuh dengan kekuatan, dengan Roh TUHAN 5 , dengan keadilan dan keperkasaan, untuk memberitakan kepada Yakub pelanggarannya dan kepada Israel dosanya. l
Nas : Mi 1:1
Mikha, yang berasal dari bagian selatan Yehuda, bernubuat di antara tahun 750-687 SM. Dia adalah rekan sezaman Yesaya (bd. Yes 1:1) dan Hosea (bd. Hos 1:1;
lih. Pendahuluan Mikha).
Beritanya terutama dialamatkan kepada Yehuda (kerajaan selatan), walaupun ia juga menyampaikan penyataan tentang Israel (kerajaan utara). Tema utama Mikha adalah hukuman, namun ia juga menekankan pemulihan umat Allah.
[1:1] 2 Full Life : SAMARIA DAN YERUSALEM.
Nas : Mi 1:1
Samaria adalah ibu kota Israel; dan Yerusalem ibu kota Yehuda. Keduanya mewakili bangsa murtad yang akan dihukum oleh Allah (ayat Mi 1:5-7).
[1:9] 3 Full Life : SUDAH MENJALAR KE YEHUDA.
Nas : Mi 1:9
Yehuda juga bersalah karena pelanggaran dan pemberontakan terhadap Allah. Jadi, Mikha mengimbau beberapa kota tertentu di Yehuda (ayat Mi 1:10-16) untuk meratapi kebinasaan yang akan menimpa mereka. Nubuat Mikha digenapi ketika Sanherib merebut kota-kota berkubu negeri Yehuda (2Raj 18:13); menurut catatan Asyur, Sanherib merebut 46 kota.
[2:6] 4 Full Life : JANGANLAH UCAPKAN NUBUAT.
Nas : Mi 2:6
Para nabi palsu Yehuda sedang mempersalahkan Mikha karena membawa berita hukuman (bd. Yes 30:10).
- 1) Mereka menolak nubuatnya tentang kesuraman dan kehancuran, serta bersikeras bahwa malu dan aib tidak akan menimpa umat itu karena Allah adalah Allah yang penuh kasih dan pengampunan, bukan murka.
- 2) Berita optimis mereka membiarkan umat itu melanjutkan cara hidup yang berdosa dengan mengabaikan tuntutan-tuntutan kebenaran Allah.
- 3) Kadang-kadang gereja juga menyatakan desakan yang sama ini atas berita positif dari kasih, pengampunan, dan kemurahan Allah, sambil mengabaikan standar-standar kebenaran-Nya dan panggilan-Nya untuk hidup kudus. Gereja yang membiarkan bentuk dosa apapun di antara jemaatnya seharusnya mendengarkan lagi berita yang jelas dari para nabi PL dan para rasul PB (bd. pasal 1Kor 5:1-6:20).
[3:8] 5 Full Life : PENUH DENGAN KEKUATAN, DENGAN ROH TUHAN.
Nas : Mi 3:8
Mikha dipanggil untuk menjadi juru bicara Allah.
- 1) Ia berbicara dengan kuasa dan ilham Roh Kudus (bd. Yer 20:9; Ef 3:7). Roh mendorongnya untuk menghukum dosa di rumah Allah. Tugas Mikha ialah mencerminkan hati Allah, mendorong yang benar dan mencegah yang salah.
- 2) Para gembala dan nabi masa kini mempunyai tugas yang sama. Mereka
tidak boleh goyah menghadapi tekanan-tekanan di dalam gereja untuk
menyesuaikan diri dengan dunia. Sebaliknya, mereka harus menjadi suara
Allah membela kebenaran, kesalehan, dan keadilan
(lihat art. HUBUNGAN ORANG KRISTEN DENGAN DUNIA).