TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Hagai 1:1

Konteks
Ajakan untuk membangun kembali Bait Suci
1:1 Pada tahun yang kedua zaman raja Darius, a  dalam bulan yang keenam, pada hari pertama bulan itu, datanglah firman TUHAN 1  dengan perantaraan nabi Hagai b  kepada Zerubabel c  bin Sealtiel, bupati d  Yehuda, dan kepada Yosua e  bin Yozadak, f  imam besar, g  bunyinya:

Hagai 1:12

Konteks
1:12 Lalu Zerubabel h  bin Sealtiel dan Yosua bin Yozadak, imam besar, dan selebihnya i  dari bangsa itu mendengarkan 2  j  suara TUHAN, Allah mereka, dan juga perkataan nabi Hagai, sesuai dengan apa yang disuruhkan kepadanya oleh TUHAN, Allah mereka; lalu takutlah k  bangsa itu kepada TUHAN.

Hagai 1:14

Konteks
1:14 TUHAN menggerakkan o  semangat Zerubabel p  bin Sealtiel, bupati Yehuda, dan semangat Yosua bin Yozadak, q  imam besar, dan semangat selebihnya r  dari bangsa itu, maka datanglah mereka, lalu melakukan pekerjaan pembangunan rumah TUHAN semesta alam, Allah mereka,

Hagai 2:2-4

Konteks
2:2 (2-3) "Katakanlah kepada Zerubabel w  bin Sealtiel, bupati Yehuda, dan kepada Yosua bin Yozadak, x  imam besar, dan kepada selebihnya y  dari bangsa itu, demikian: 2:3 (2-4) Masih adakah di antara kamu yang telah melihat Rumah z  ini dalam kemegahannya semula 3 ? Dan bagaimanakah kamu lihat keadaannya sekarang? Bukankah keadaannya di matamu seperti tidak ada artinya? a  2:4 (2-5) Tetapi sekarang, kuatkanlah b  hatimu, hai Zerubabel, demikianlah firman TUHAN; kuatkanlah hatimu, hai Yosua bin Yozadak, c  imam besar; kuatkanlah hatimu, hai segala rakyat negeri, demikianlah firman TUHAN; bekerjalah, sebab Aku ini menyertai d  kamu, demikianlah firman TUHAN semesta alam,

Zakharia 3:1

Konteks
Penglihatan keempat: imam besar Yosua
3:1 Kemudian ia memperlihatkan kepadaku imam besar Yosua v  berdiri di hadapan Malaikat TUHAN sedang Iblis w  berdiri di sebelah kanannya untuk mendakwa dia 4 .

Zakharia 3:8

Konteks
3:8 Dengarkanlah, hai imam besar i  Yosua! Engkau dan teman-temanmu yang duduk di hadapanmu--sungguh kamu merupakan suatu lambang. j  Sebab, sesungguhnya Aku akan mendatangkan hamba-Ku, yakni Sang Tunas 5 . k 

Zakharia 6:11

Konteks
6:11 pungutlah perak dan emas, buatlah mahkota k  dan kenakanlah itu pada kepala imam besar Yosua l  bin Yozadak; m 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[1:1]  1 Full Life : DATANGLAH FIRMAN TUHAN.

Nas : Hag 1:1

Raja Koresy dari Persia mengizinkan 50.000 orang Yahudi buangan kembali ke Yerusalem di bawah pimpinan Zerubabel selaku gubernur dan Yosua selaku imam besar (lih. Ezr 1:2-4; 2:64-65; 3:2; 5:1). Sementara tahun kedua setelah kembali (536/535 SM) dasar Bait Suci diletakkan (lih. Ezr 3:8-10). Akan tetapi, pertentangan orang Samaria menghentikan pekerjaan di Bait Suci itu (lih. Ezr 4:1-5,24), dan setelah itu orang Yahudi menjadi acuh-tak acuh secara rohani dan menghentikan pembangunan itu selama 16 tahun. Allah kemudian mengutus nabi Hagai dan Zakharia untuk membangkitkan semangat umat itu agar melanjutkan pekerjaan tersebut

(lih. Pendahuluan Hagai).

[1:12]  2 Full Life : BANGSA ITU MENDENGARKAN.

Nas : Hag 1:12

Para pemimpin dan umat itu menanggapi pemberitaan Hagai dengan menaati dan takut akan Tuhan; mereka menanggapi firman Allah dengan serius dan mengabdikan diri untuk melanjutkan pekerjaan rumah Allah.

[2:3]  3 Full Life : RUMAH INI DALAM KEMEGAHANNYA SEMULA.

Nas : Hag 2:4

Ketika Bait Suci pasca-pembangunan selesai dibangun, beberapa orang tawar hati dan kecewa karena beranggapan Bait Suci yang sekarang ini "tidak ada artinya" dibandingkan dengan kemegahan Bait Suci pertama yang dibangun Salomo. Demikian Allah membesarkan hati umat itu dengan tiga janji:

  1. (1) Allah sendiri akan bersama-sama mereka untuk menggenapi semua janji dalam perjanjian-Nya (Hag 2:5;

    lihat cat. --> Hag 1:13 sebelumnya),

    [atau ref. Hag 1:13]

  2. (2) Roh Allah akan berdiam di antara umat itu (Hag 2:6), dan
  3. (3) kemegahan kemudian dari rumah Allah akan lebih besar daripada yang semula karena peragaan kekuatan kuasa-Nya yang lebih besar (ayat Hag 2:10; bd. pelayanan Yesus dan para rasul sebagaimana tercatat dalam Injil-Injil dan Kisah Para Rasul). Bukan keindahan bangunan gereja yang akhirnya akan menghasilkan buah bagi kerajaan Allah. Hal yang perlu sekali dalam jemaat kita ialah kehadiran Allah yang dinyatakan melalui Roh Kudus, karunia-karunia, pelayanan-pelayanan dan kuasa-Nya

    (lihat art. KARUNIA ROHANI BAGI ORANG PERCAYA).

    Kita harus bertanya pada diri sendiri: Sudahkah Roh Kudus dinyatakan secara luar biasa di dalam kumpulan-kumpulan kita, ataukah hanya sedikit atau sama sekali tidak ada bukti kehadiran dan kuasa-Nya di antara kita?

[3:1]  4 Full Life : IBLIS BERDIRI DI SEBELAH KANANNYA UNTUK MENDAKWA DIA.

Nas : Za 3:1

Yosua sedang mewakili bangsa Israel di hadapan Allah. Iblis, "si penuduh"

(lihat cat. --> Mat 4:10),

[atau ref. Mat 4:10]

berdiri untuk menentangnya, yang menunjukkan bahwa semua halangan dan perlawanan terhadap pembangunan kembali Bait Suci sesungguhnya berasal dari Iblis. Dia masih merupakan musuh kita, "pendakwa saudara-saudara kita" (Wahy 12:10) yang berusaha mengalahkan kita.

[3:8]  5 Full Life : HAMBA-KU, YAKNI SANG TUNAS.

Nas : Za 3:8

Yosua dan para imam lainnya merupakan lambang-lambang nubuat, yang menunjuk kepada pekerjaan hamba Allah, Sang Tunas

(lihat cat. --> Yes 4:2;

lihat cat. --> Yes 11:1;

lihat cat. --> Yer 23:5).

[atau ref. Yes 4:2; 11:1; Yer 23:5]

Malaikat Tuhan (Kristus), yang berdiri di situ sementara pentahiran dan pemulihan Yosua (ayat Za 3:5), di sini diperkenalkan sebagai Sang Tunas, tunas baru yang akan menanggung dosa-dosa kita sebagai korban karena dosa dan menyediakan penebusan kita (bd. Yes 53:1-6). Dia akan mengalahkan Iblis dengan mengenakan pakaian kotor dosa-dosa dunia pada diri-Nya sendiri dan dengan mati ganti kita.



TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA