Ezra 1:1-11
Koresh mengizinkan orang-orang buangan pulang ke negerinya
1:1 Pada tahun pertama zaman Koresh, raja negeri Persia, TUHAN menggerakkan hati
Koresh
1 , raja Persia itu untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia
2 ,
sehingga disiarkan di seluruh kerajaan Koresh secara lisan dan tulisan pengumuman ini:
1:2 "Beginilah perintah Koresh, raja Persia
3 : Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan
aku untuk mendirikan
rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda.
1:3 Siapa di antara kamu termasuk umat-Nya, Allahnya menyertainya! Biarlah ia berangkat pulang ke Yerusalem, yang terletak di Yehuda, dan mendirikan rumah TUHAN. Allah Israel, yakni Allah yang diam di Yerusalem.
1:4 Dan setiap orang yang tertinggal,
di manapun ia ada sebagai pendatang, harus disokong oleh penduduk setempat dengan perak dan emas,
harta benda dan ternak, di samping persembahan sukarela
bagi rumah Allah
yang ada di Yerusalem.
"
1:5 Maka berkemaslah kepala-kepala kaum keluarga orang Yehuda dan orang Benyamin,
serta para imam dan orang-orang Lewi, yakni setiap orang yang hatinya digerakkan
Allah
4 untuk berangkat pulang dan mendirikan rumah
TUHAN yang ada di Yerusalem.
1:6 Dan segala orang di sekeliling mereka membantu mereka dengan barang-barang perak, dengan emas,
harta benda dan ternak dan dengan pemberian yang indah-indah, selain dari segala sesuatu yang dipersembahkan dengan sukarela.
1:7 Pula raja Koresh menyuruh mengeluarkan perlengkapan rumah TUHAN yang telah diangkut Nebukadnezar dari Yerusalem dan yang ditaruhnya di dalam kuil allahnya.
1:8 Koresh, raja Persia itu, menyuruh mengeluarkan semuanya itu di bawah pengawasan Mitredat, bendahara raja, yang menghitung seluruhnya bagi Sesbazar
5 ,
pembesar di Yehuda.
1:9 Inilah daftarnya: tiga puluh bokor emas, seribu bokor perak, dua puluh sembilan pisau,
1:10 tiga puluh piala emas, pula empat ratus sepuluh piala perak, seribu buah barang-barang lain.
1:11 Barang-barang emas dan perak itu seluruhnya berjumlah lima ribu empat ratus. Semuanya itu dibawa oleh Sesbazar sewaktu orang-orang buangan itu dibawa pulang dari negeri Babel ke Yerusalem.
Hakim-hakim 5:1-31
Nyanyian Debora
5:1 Pada hari itu bernyanyilah
Debora
dan Barak
6 bin Abinoam,
demikian:
5:2 Karena pahlawan-pahlawan di Israel siap berperang, karena bangsa itu menawarkan
dirinya dengan sukarela, pujilah TUHAN!
5:3 Dengarlah, ya raja-raja! Pasanglah telingamu, ya pemuka-pemuka! Kalau aku, aku mau bernyanyi
bagi TUHAN, bermazmur bagi TUHAN, Allah Israel.
5:4 TUHAN, ketika Engkau bergerak
dari Seir,
ketika Engkau melangkah maju dari daerah Edom, bergoncanglah
bumi, tirislah juga langit, juga awan tiris airnya;
5:5 gunung-gunung--yakni Sinai--bergoyang
di hadapan TUHAN, di hadapan TUHAN, Allah Israel.
5:6 Dalam zaman Samgar bin Anat,
dalam zaman Yael,
kafilah
tidak ada lagi dan orang-orang yang dalam perjalanan terpaksa menempuh jalan yang berbelit-belit.
5:7 Penduduk pedusunan diam-diam saja di Israel, ya mereka diam-diam, sampai engkau bangkit, Debora,
bangkit sebagai ibu di Israel.
5:8 Ketika orang memilih allah
baru, maka terjadilah perang di pintu gerbang.
Sesungguhnya, perisai ataupun tombak
tidak terlihat di antara empat puluh ribu orang di Israel.
5:9 Hatiku tertuju kepada para panglima Israel, kepada mereka yang menawarkan dirinya dengan sukarela
di antara bangsa itu. Pujilah TUHAN!
5:10 Kamu, yang menunggang keledai
betina putih, kamu, yang duduk di atas permadani, kamu, yang berjalan di jalan, ceriterakanlah hal itu!
5:11 Di tempat-tempat penimbaan air, menurut suara orang-orang yang berdendang, di sanalah orang menyanyikan perbuatan
TUHAN yang adil, perbuatan-Nya yang adil terhadap orang-orang-Nya di pedusunan di Israel. Pada waktu itu turunlah umat TUHAN ke pintu gerbang.
5:12 Bangunlah,
bangunlah, Debora!
Bangunlah, bangunlah, nyanyikanlah suatu nyanyian! Bangkitlah, Barak!
dan giringlah tawananmu,
hai anak Abinoam!
5:13 Lalu turunlah para bangsawan yang terluput, umat TUHAN turun bagi-Nya sebagai pahlawan.
5:14 Dari suku Efraim
mereka datang ke lembah,
mengikuti engkau, ya suku Benyamin,
dengan laskarmu; dari suku Makhir
turunlah para panglima dan dari suku Zebulon orang-orang pembawa tongkat pengerah.
5:15 Juga para pemimpin suku Isakhar
menyertai Debora,
dan seperti Isakhar, demikianlah Naftali menyertai Barak.
Mereka menyusul dia dan menyerbu masuk lembah. Tetapi pihak pasukan-pasukan suku Ruben ada banyak pertimbangan.
5:16 Mengapa engkau tinggal duduk di antara kandang-kandang
sambil mendengarkan seruling pemanggil kawanan?
Di pihak pasukan-pasukan suku Ruben ada banyak pertimbangan!
5:17 Orang Gilead
tinggal diam di seberang sungai Yordan; dan suku Dan, mengapa mereka tinggal dekat kapal-kapal? Suku Asyer
duduk di tepi pantai laut,
tinggal diam di teluk-teluknya.
5:18 Tetapi suku Zebulon
ialah bangsa yang berani mempertaruhkan nyawanya, demikian juga suku Naftali,
di tempat-tempat tinggi di padang.
5:19 Raja-raja datang
dan berperang, pada waktu itu raja-raja Kanaan berperang dekat Taanakh, pada mata air di Megido,
tetapi perak sebagai rampasan
tidak diperoleh mereka.
5:20 Dari langit
berperang bintang-bintang, dari peredarannya mereka memerangi Sisera.
5:21 Sungai Kison
menghanyutkan musuh, Kison, sungai yang terkenal dari dahulu kala itu. --Majulah sekuat tenaga,
hai jiwaku! --
5:22 Ketika itu menderaplah telapak kuda, karena berpacu lari kuda-kudanya.
5:23 "Kutukilah kota Meros!" firman Malaikat TUHAN, "kutukilah habis-habisan penduduknya, karena mereka tidak datang membantu TUHAN, membantu TUHAN sebagai pahlawan."
5:24 Diberkatilah Yael,
isteri Heber, orang Keni
itu, melebihi perempuan-perempuan
lain, diberkatilah ia, melebihi perempuan-perempuan yang di dalam kemah.
5:25 Air diminta orang itu, tetapi susu
diberikannya; dalam cawan yang indah disuguhkannya dadih.
5:26 Tangannya diulurkannya mengambil patok, tangan kanannya mengambil tukul tukang, ditukulnya Sisera, dihancurkannya kepalanya, diremukkan dan ditembusnya pelipisnya.
5:27 Dekat kakinya orang itu rebah, tewas tergeletak, dekat kakinya orang itu rebah dan tewas,
di tempat ia rebah, di sanalah orang itu tewas, digagahi.
5:28 Dari jendela
ibu Sisera menjenguk dan berseru
dari tingkap: "Mengapa keretanya tak kunjung datang? Mengapa kereta-keretanya belum kedengaran?"
5:29 Yang paling bijak di antara dayang-dayangnya menjawabnya, dan ia sendiri juga membalas perkataannya itu:
5:30 "Bukankah mereka mendapat jarahan
dan membagi-baginya, gadis seorang dua untuk setiap orang jarahan kain berwarna sehelai dua untuk Sisera, jarahan
kain sulaman
aneka warna sehelai dua untuk leherku?"
5:31 Demikianlah akan binasa
segala musuh-Mu, ya TUHAN! Tetapi orang yang mengasihi-Nya bagaikan matahari
terbit dalam kemegahannya.
Lalu amanlah
negeri itu empat puluh tahun lamanya.
Yohanes 20:1-31
Kebangkitan Yesus
20:1 Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena
ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.
20:2 Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi
Yesus, dan berkata kepada mereka: "Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan.
"
20:3 Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur.
20:4 Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur.
20:5 Ia menjenguk ke dalam, dan melihat
kain kapan
terletak di tanah; akan tetapi ia tidak masuk ke dalam.
20:6 Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah,
20:7 sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala
Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung.
20:8 Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu
dan ia melihatnya dan percaya.
20:9 Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci
yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit
7 dari antara orang mati.
20:10 Lalu pulanglah kedua murid itu ke rumah.
Yesus menampakkan diri kepada Maria Magdalena
20:11 Tetapi Maria berdiri dekat kubur itu dan menangis. Sambil menangis ia menjenguk ke dalam kubur itu,
20:12 dan tampaklah olehnya dua orang malaikat berpakaian putih,
yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring.
20:13 Kata malaikat-malaikat itu kepadanya: "Ibu, mengapa engkau menangis?
" Jawab Maria kepada mereka: "Tuhanku telah diambil orang dan aku tidak tahu di mana Ia diletakkan.
"
20:14 Sesudah berkata demikian ia menoleh ke belakang dan melihat Yesus berdiri di situ,
tetapi ia tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus.
20:15 Kata Yesus kepadanya:
"Ibu, mengapa engkau menangis? Siapakah yang engkau cari?" Maria menyangka orang itu adalah penunggu taman, lalu berkata kepada-Nya: "Tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambil-Nya."
20:16 8 Kata Yesus kepadanya:
"Maria!" Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani:
"Rabuni!
", artinya Guru.
20:17 Kata Yesus kepadanya:
"Janganlah engkau memegang Aku 9 , sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu."
20:18 Maria Magdalena
pergi dan berkata kepada murid-murid:
"Aku telah melihat Tuhan!" dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.
Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya
20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi.
Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata:
"Damai sejahtera bagi kamu!"
20:20 Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya
kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita
ketika mereka melihat Tuhan.
20:21 Maka kata Yesus sekali lagi:
"Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu."
20:22 Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata:
"Terimalah Roh Kudus 10 .
20:23 Jikalau kamu mengampuni dosa orang 11 , dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."
Yesus menampakkan diri kepada Tomas
20:24 Tetapi Tomas,
seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ.
20:25 Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: "Kami telah melihat Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka: "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya,
sekali-kali aku tidak akan percaya.
"
20:26 Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata:
"Damai sejahtera bagi kamu!"
20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas:
"Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah."
20:28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku
12 !"
20:29 Kata Yesus kepadanya:
"Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."
Maksudnya Injil ini dicatat
20:30 Memang masih banyak tanda lain
yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini,
20:31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya,
bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah,
dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.
1 Full Life: TUHAN MENGGERAKKAN HATI KORESY.
Nas : Ezr 1:1
Tuhan Allah mengarahkan aliran penebusan sepanjang sejarah menuju
sasarannya. Ketika melakukan hal itu, kadang-kadang Ia memutuskan untuk
merendahkan penguasa yang berkuasa (mis. Nebukadnezar, pasal
Dan 4:1-37), menjatuhkan hukuman atas para penguasa (mis. Firaun pada
keluaran, pasal Kel 14:1-31; Belsyazar di Babel, pasal Dan 5:1-31),
atau mengangkat seorang pemimpin internasional (mis. Raja Koresy dari
Persia, ayat Ezr 1:2) supaya menggenapi firman-Nya dan mengerjakan
maksud-maksud-Nya. Dengan menggerakkan hati Koresy untuk berbuat baik
kepada umat yang terkalahkan dan terbuang itu, Allah memungkinkan janji-Nya
melalui Yeremia digenapi pada waktunya. Amsal mengatakan bahwa hati seorang
raja bagai batang air di tangan Tuhan untuk diarahkan ke mana saja
dikehendaki oleh-Nya untuk memastikan kelancaran aliran penebusan dan akhir
sejarah (Ams 21:1).
2 Full Life: MENGGENAPKAN FIRMAN YANG DIUCAPKAN OLEH YEREMIA.
Nas : Ezr 1:1
Yeremia sudah menubuatkan bahwa orang-orang Yahudi akan ditahan di
Babel selama 70 tahun sebelum kembali ke Yehuda (Yer 25:11-12; 29:10).
Masa pembuangan 70 tahun dapat dihitung dari pembuangan tahap pertama tahun
605 SM, tahun ketiga pemerintahan Yoyakim (2Raj 24:1; Dan 1:1) hingga
583 SM (sekitar 70 tahun kemudian) ketika umat itu mulai kembali ke negeri
mereka
(lihat cat. --> Ezr 2:1).
[atau ref. Ezr 2:1]
3 Full Life: KORESY, RAJA PERSIA.
Nas : Ezr 1:2
Sekitar 160 tahun sebelum Koresy muncul, Yesaya sudah bernubuat
tentang seorang raja bernama Koresy yang akan mengizinkan orang Yahudi
kembali ke tanah air mereka untuk membangun kembali Yerusalem dan bait suci
(Yes 44:26-28; 45:1,13; juga lih. Yes 41:2; 45:4-5).
4 Full Life: YANG HATINYA DIGERAKKAN ALLAH.
Nas : Ezr 1:5
Melalui Roh Kudus, Allah menggerakkan hati sebagian umat-Nya yang
setia untuk kembali ke negeri mereka (bd.
lihat cat. --> Fili 2:13).
[atau ref. Fili 2:13]
Sekitar 50.000 orang menanggapi panggilan Allah untuk ikut serta dalam
rombongan peziarah pertama menuju Palestina. Perhatikan bahwa yang lain
tinggal dalam pembuangan (ayat Ezr 1:4,6); maksud mereka ialah memberi
semangat dan mendukung mereka yang kembali ke Yehuda.
5 Full Life: SESBAZAR.
Nas : Ezr 1:8
Sesbazar, gubernur pertama yang ditugaskan atas orang buangan yang
kembali itu (bd. Ezr 5:14,16), mungkin adalah nama lain untuk Zerubabel
(bd. Ezr 2:2; 3:2,8; 4:3).
6 Full Life: BERNYANYILAH DEBORA DAN BARAK.
Nas : Hak 5:1
Nyanyian Debora dan Barak adalah nyanyian pujian kepada Allah (ayat
Hak 5:3) karena kemurahan-Nya dan tindakan-Nya yang adil demi Israel
(ayat Hak 5:11). Sepanjang PL nyanyian yang sepenuh hati kepada Tuhan
oleh para orang saleh menjadi bagian penting dalam mengungkapkan syukur
kepada Allah karena kuasa penebusan-Nya (bd. pasal Kel 15:1-27;
1Taw 15:1-16:43; 2Taw 20:22; dan Mazm 1:1-150:6;
lihat art. PUJIAN).
Orang percaya PB juga disuruh untuk memanjatkan pujian kepada Allah atas
kasih-Nya terhadap mereka. Pujian, yang oleh Allah dipandang sebagai korban
kudus yang disajikan kepada-Nya (Ibr 13:15), sering kali berbentuk
suatu nyanyian (Ibr 2:12; Yak 5:13; Wahy 15:3). Nyanyian pujian rohani
(bd. Ef 5:19; Kol 3:16) dapat dinyanyikan dengan akal budi (yaitu,
memakai bahasa yang dimengerti) atau dengan roh (yaitu, memakai bahasa Roh;
lih. 1Kor 14:15).
7 Full Life: IA HARUS BANGKIT.
Nas : Yoh 20:9
Lihat cat. --> Mat 28:6
[atau ref. Mat 28:6]
mengenai pentingnya kebangkitan Kristus dan
lihat cat. --> Luk 24:6
[atau ref. Luk 24:6]
mengenai penegasan kebangkitan-Nya itu.
8 Full Life: YESUS MENAMPAKKAN DIRI KEPADA MARIA.
Nas : Yoh 20:16
Orang pertama yang dijumpai Yesus setelah kebangkitan-Nya adalah
Maria. Maria bukan seorang tokoh yang menonjol dalam narasi Injil, namun
Yesus menampakkan diri kepada Maria dahulu sebelum kepada pemimpin-pemimpin
yang lebih terkenal antara murid-Nya. Selamanya demikian, Yesus menyatakan
diri-Nya dan kasih-Nya khusus kepada mereka yang "paling hina". Umat Allah
yang khusus adalah mereka yang tidak terkenal -- yaitu mereka yang, seperti
Maria dalam kesusahannya, memelihara kasih yang tetap untuk Tuhan mereka.
9 Full Life: JANGANLAH ENGKAU MEMEGANG AKU.
Nas : Yoh 20:17
Ayat ini mungkin berarti, "Jangan bergantung pada Aku terus; Aku
belum akan pergi kepada Bapa. Kamu masih ada kesempatan untuk bertemu
dengan Aku lagi." Sementara itu Yesus mempunyai tugas untuk dia.
10 Full Life: TERIMALAH ROH KUDUS.
Nas : Yoh 20:22
Untuk diskusi lebih luas mengenai ayat yang penting ini serta
hubungannya dengan pembaharuan kita dan baptisan dalam Roh Kudus,
lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID.
11 Full Life: JIKALAU KAMU MENGAMPUNI DOSA ORANG.
Nas : Yoh 20:23
Lihat cat. --> Mat 16:19.
[atau ref. Mat 16:19]
12 Full Life: YA TUHANKU DAN ALLAHKU.
Nas : Yoh 20:28
Alkitab menyatakan bahwa Yesus itu Allah. Inilah landasan dari iman
Kristen dan sangat penting bagi keselamatan kita. Kalau Kristus bukan
Allah, tidak mungkin Ia mengadakan pendamaian bagi dosa-dosa dunia ini.
Ke-Allahan Yesus ditunjukkan oleh hal-hal berikut:
- 1) Alkitab memberikan nama-nama ilahi kepada-Nya:
- (a) Allah (Yoh 20:28; Yes 9:5; Rom 9:5; Tit 2:13; Ibr 1:8);
- (b) Anak Allah (Yoh 5:25; Mat 16:16-17; 8:29; 27:40,43;
Mr 14:61-62; Luk 22:70);
- (c) Yang Awal dan Yang Akhir (Wahy 1:17; 2:8; 22:13);
- (d) Alfa dan Omega (Wahy 1:8; 22:13);
- (e) Awal dan Akhir (Wahy 22:13);
- (f) Yang Kudus (Hos 11:9; Kis 3:14);
- (g) Tuhan (Luk 2:11; Kis 4:33; 9:17; 16:31);
- (h) Tuhan dari semua orang dan Raja kemuliaan (Mazm 24:8-10;
Kis 10:36; 1Kor 2:8).
- 2) Penyembahan ilahi diberikan kepada Kristus (Yoh 5:23; 13:13;
Yoh 20:28; Mat 14:33; Luk 5:8), dan doa-doa dipanjatkan kepada-Nya
(Kis 7:59; 1Kor 1:2; 2Kor 12:8-9).
- 3) Jabatan-jabatan ilahi ditetapkan kepada-Nya:
- (a) pencipta semesta alam (Yoh 1:3; Kol 1:16; Ibr 1:8,10;
Wahy 3:14);
- (b) penopang segala sesuatu (Kol 1:17; Ibr 1:3);
- (c) yang mengampuni dosa (Mr 2:5,10; Luk 7:48-50);
- (d) pemberi hidup kebangkitan (Yoh 5:28-29; 6:39-44);
- (e) hakim semua orang (Yoh 5:21-23; Mat 25:31-46; Kis 17:31;
2Tim 4:1);
- (f) pemberi keselamatan (Yoh 5:24-26; 6:47; 10:28; 17:2).
- 4) PB melihat Kristus dalam pernyataan-pernyataan PL tentang Tuhan: bd.
Mazm 23:1 dengan Yoh 10:11;
Mazm 102:25-28 dengan Ibr 1:10-12;
Yes 8:13-14 dengan 1Pet 2:7-8;
Yer 17:10 dengan Wahy 2:23;
Yeh 34:11-12 dengan Luk 19:10.
- 5) Nama Yesus Kristus dikaitkan dengan nama Allah Bapa
(Yoh 14:1,23; Mat 28:19; Rom 1:7; 2Kor 13:14; Kol 2:2; 1Tes 3:11;
Yak 1:1; Wahy 5:13; 7:10).
- 6) Ketidakberdosaan dan kesucian Kristus bersaksi tentang keilahian-Nya
(Luk 1:35; 2Kor 5:21; Ibr 4:15).
- 7) Kristus dinyatakan sebagai Anak Allah melalui kebangkitan-Nya
(Rom 1:4).
Bukti-bukti yang meyakinkan tentang keilahian Kristus berarti bahwa orang
Kristen harus bersikap sama terhadap Kristus sebagaimana terhadap Allah
Bapa. Mereka harus percaya kepada-Nya, menyembah Dia, berdoa kepada-Nya,
melayani dan mengasihi Dia (juga
lihat cat. --> Yoh 1:1;
lihat cat. --> Mr 1:11,
[atau ref. Yoh 1:1; Mr 1:11]
mengenai Trinitas).