TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Bilangan 1:1-54

Konteks
Laskar Israel dihitung
1:1 TUHAN berfirman kepada Musa 1  di padang gurun Sinai 2 , a  dalam Kemah Pertemuan, b  pada tanggal satu bulan c  yang kedua dalam tahun yang kedua sesudah mereka keluar dari tanah Mesir: d  1:2 "Hitunglah e  jumlah segenap umat Israel 3  menurut kaum-kaum yang ada dalam setiap suku f  mereka, dan catatlah nama g  semua laki-laki di Israel 1:3 yang berumur dua puluh tahun ke atas h  dan yang sanggup berperang, i  orang demi orang. Engkau ini beserta Harun j  harus mencatat mereka menurut pasukannya masing-masing. 1:4 Dari tiap-tiap suku k  harus ada satu orang yang mendampingi kamu, l  yakni orang yang menjadi kepala dari suku m  yang diwakilinya itu. 1:5 Dan inilah nama n  semua orang yang harus mendampingi kamu. Dari suku Ruben: o  Elizur bin Syedeur; p  1:6 dari suku Simeon: q  Selumiel bin Zurisyadai; r  1:7 dari suku Yehuda: s  Nahason bin Aminadab; t  1:8 dari suku Isakhar: u  Netaneel bin Zuar; v  1:9 dari suku Zebulon: w  Eliab bin Helon; x  1:10 dari keturunan Yusuf: Elisama bin Amihud y  dari suku Efraim, z  dan Gamaliel bin Pedazur a  dari suku Manasye; b  1:11 dari suku Benyamin: c  Abidan bin Gideoni; d  1:12 dari suku Dan: e  Ahiezer bin Amisyadai; f  1:13 dari suku Asyer: g  Pagiel bin Okhran; h  1:14 dari suku Gad: i  Elyasaf bin Rehuel; j  1:15 dari suku Naftali: k  Ahira bin Enan. l " 1:16 Itulah orang-orang yang dipilih dari umat itu, masing-masing sebagai pemimpin m  dari suku n  bapa leluhurnya; mereka inilah kepala-kepala pasukan Israel. o  1:17 Lalu Musa dan Harun memanggil orang-orang yang tertunjuk namanya itu, 1:18 dan pada tanggal satu bulan p  yang kedua mereka menyuruh segenap umat berkumpul. Kemudian silsilah q  orang-orang Israel disusun menurut kaum-kaum yang ada dalam setiap suku r  mereka, sedang nama-nama mereka yang berumur dua puluh tahun ke atas s  dicatat orang demi orang, 1:19 seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa. Demikianlah Musa mencatat t  mereka di padang gurun Sinai. 1:20 Ketika silsilah bani Ruben, u  yaitu keturunan anak sulung v  Israel, disusun menurut kaum-kaum yang ada dalam suku mereka, maka dicatatlah nama semua laki-laki yang berumur dua puluh tahun ke atas, semua orang yang sanggup berperang, orang demi orang. 1:21 Jumlah yang dicatat dari suku Ruben w  ada empat puluh enam ribu lima ratus orang. 1:22 Ketika silsilah bani Simeon x  disusun menurut kaum-kaum yang ada dalam suku mereka, maka dicatatlah nama semua laki-laki yang berumur dua puluh tahun ke atas, semua orang yang sanggup berperang, orang demi orang. 1:23 Jumlah yang dicatat dari suku Simeon ada lima puluh sembilan ribu tiga ratus orang. y  1:24 Ketika silsilah bani Gad z  disusun menurut kaum-kaum yang ada dalam suku mereka, maka dicatatlah nama orang-orang yang berumur dua puluh tahun ke atas, semua orang yang sanggup berperang. 1:25 Jumlah yang dicatat dari suku Gad a  ada empat puluh lima ribu enam ratus lima puluh orang. 1:26 Ketika silsilah bani Yehuda b  disusun menurut kaum-kaum yang ada dalam suku mereka, maka dicatatlah nama orang-orang yang berumur dua puluh tahun ke atas, semua orang yang sanggup berperang. 1:27 Jumlah yang dicatat dari suku Yehuda c  ada tujuh puluh empat ribu enam ratus orang. 1:28 Ketika silsilah bani Isakhar d  disusun menurut kaum-kaum yang ada dalam suku mereka, maka dicatatlah nama orang-orang yang berumur dua puluh tahun ke atas, semua orang yang sanggup berperang. 1:29 Jumlah yang dicatat dari suku Isakhar e  ada lima puluh empat ribu empat ratus orang. f  1:30 Ketika silsilah bani Zebulon g  disusun menurut kaum-kaum yang ada dalam suku mereka, maka dicatatlah nama orang-orang yang berumur dua puluh tahun ke atas, semua orang yang sanggup berperang. 1:31 Jumlah yang dicatat dari suku Zebulon ada lima puluh tujuh ribu empat ratus orang. h  1:32 Mengenai keturunan Yusuf: i  Ketika silsilah bani Efraim j  disusun menurut kaum-kaum yang ada dalam suku mereka, maka dicatatlah nama orang-orang yang berumur dua puluh tahun ke atas, semua orang yang sanggup berperang. 1:33 Jumlah yang dicatat dari suku Efraim k  ada empat puluh ribu lima ratus orang. 1:34 Dan ketika silsilah bani Manasye l  disusun menurut kaum-kaum yang ada dalam suku mereka, maka dicatatlah nama orang-orang yang berumur dua puluh tahun ke atas, semua orang yang sanggup berperang. 1:35 Jumlah yang dicatat dari suku Manasye ada tiga puluh dua ribu dua ratus orang. 1:36 Ketika silsilah bani Benyamin m  disusun menurut kaum-kaum yang ada dalam suku mereka, maka dicatatlah nama orang-orang yang berumur dua puluh tahun ke atas, semua orang yang sanggup berperang. 1:37 Jumlah yang dicatat dari suku Benyamin n  ada tiga puluh lima ribu empat ratus orang. 1:38 Ketika silsilah bani Dan o  disusun menurut kaum-kaum yang ada dalam suku mereka, maka dicatatlah nama orang-orang yang berumur dua puluh tahun ke atas, semua orang yang sanggup berperang. 1:39 Jumlah yang dicatat dari suku Dan ada enam puluh dua ribu tujuh ratus orang. p  1:40 Ketika silsilah bani Asyer q  disusun menurut kaum-kaum yang ada dalam suku mereka, maka dicatatlah nama orang-orang yang berumur dua puluh tahun ke atas, semua orang yang sanggup berperang. 1:41 Jumlah yang dicatat dari suku Asyer r  ada empat puluh satu ribu lima ratus orang. 1:42 Ketika silsilah bani Naftali s  disusun menurut kaum-kaum yang ada dalam suku mereka, maka dicatatlah nama orang-orang yang berumur dua puluh tahun ke atas, semua orang yang sanggup berperang. 1:43 Jumlah yang dicatat dari suku Naftali t  ada lima puluh tiga ribu empat ratus orang. u  1:44 Itulah jumlah orang-orang yang dicatat oleh Musa dengan Harun v  dan dengan kedua belas pemimpin Israel yang masing-masing mewakili sukunya. 1:45 Jadi semua orang Israel yang dicatat menurut suku-suku w  mereka, yaitu orang-orang yang berumur dua puluh tahun ke atas x  dan yang sanggup berperang di antara orang Israel, 1:46 berjumlah enam ratus tiga ribu lima ratus lima puluh orang 4 . y  1:47 Tetapi mereka yang menurut suku bapa leluhurnya termasuk orang Lewi, z  tidak turut dicatat a  bersama-sama dengan mereka itu. 1:48 Sebab TUHAN telah berfirman kepada Musa: 1:49 "Hanya suku Lewi janganlah kaucatat dan janganlah kauhitung jumlahnya bersama-sama dengan orang Israel, 1:50 tetapi tugaskanlah mereka untuk mengawasi Kemah Suci, b  tempat hukum c  Allah dengan segala perabotan dan perlengkapannya; d  mereka harus mengangkat Kemah Suci dengan segala perabotannya; mereka harus mengurusnya dan harus berkemah di sekelilingnya. 1:51 Apabila berangkat, e  Kemah Suci f  harus dibongkar oleh orang Lewi, dan apabila berkemah, Kemah Suci harus dipasang g  oleh mereka; sedang orang awam yang mendekat harus dihukum mati. h  1:52 Orang Israel haruslah berkemah masing-masing di tempat perkemahannya dan masing-masing dekat panji-panjinya 5 , i  menurut pasukan mereka, 1:53 tetapi orang Lewi haruslah berkemah di sekeliling Kemah Suci, j  tempat hukum Allah supaya umat Israel jangan kena k  murka; orang Lewi haruslah memelihara Kemah Suci, tempat hukum l  itu." 1:54 Maka orang Israel berbuat demikian; tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, demikianlah diperbuat mereka.

Hakim-hakim 11:1-40

Konteks
Yefta dan Gilead
11:1 Adapun Yefta, b  orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan c  yang gagah perkasa, tetapi ia anak seorang perempuan sundal; d  ayah Yefta ialah Gilead. e  11:2 Juga isteri Gilead melahirkan anak-anak lelaki baginya. Setelah besar anak-anak isterinya ini, maka mereka mengusir Yefta, katanya kepadanya: "Engkau tidak mendapat milik pusaka dalam keluarga kami, sebab engkau anak dari perempuan lain." 11:3 Maka larilah Yefta dari saudara-saudaranya itu dan diam di tanah Tob; f  di sana berkumpullah kepadanya petualang-petualang g  yang pergi merampok bersama-sama dengan dia. 11:4 Beberapa waktu kemudian bani Amon h  berperang melawan orang Israel. 11:5 Dan ketika bani Amon itu berperang melawan orang Israel, pergilah para tua-tua Gilead menjemput Yefta dari tanah Tob. 11:6 Kata mereka kepada Yefta: "Mari, jadilah panglima kami dan biarlah kita berperang melawan bani Amon." 11:7 Tetapi kata Yefta kepada para tua-tua Gilead itu: "Bukankah kamu sendiri membenci aku dan mengusir aku dari keluargaku? i  Mengapa kamu datang sekarang kepadaku, pada waktu kamu terdesak?" 11:8 Kemudian berkatalah para tua-tua Gilead kepada Yefta: "Memang, kami datang kembali sekarang kepadamu, ikutilah kami dan berperanglah melawan bani Amon, maka engkau akan menjadi kepala j  atas kami, atas seluruh penduduk Gilead." 11:9 Kata Yefta kepada para tua-tua Gilead: "Jadi, jika kamu membawa aku kembali untuk berperang melawan bani Amon, dan TUHAN menyerahkan mereka kepadaku, maka akulah yang akan menjadi kepala atas kamu?" 11:10 Lalu kata para tua-tua Gilead kepada Yefta: "Demi TUHAN yang mendengarkannya sebagai saksi k  antara kita: Kami akan berbuat seperti katamu itu." 11:11 Maka Yefta ikut dengan para tua-tua l  Gilead, lalu bangsa itu mengangkat dia menjadi kepala dan panglima mereka. Tetapi Yefta membawa seluruh perkaranya m  itu ke hadapan TUHAN, di Mizpa. n 
Yefta dan bani Amon
11:12 Kemudian Yefta mengirim utusan kepada raja bani Amon dengan pesan: "Apakah urusanmu dengan aku, sehingga engkau mendatangi aku untuk memerangi negeriku?" 11:13 Jawab raja bani Amon kepada utusan Yefta: "Orang Israel, ketika berjalan keluar dari Mesir, telah merampas tanahku, dari sungai Arnon o  sampai ke sungai Yabok p  dan sampai ke sungai Yordan. Maka sekarang, kembalikanlah semuanya itu dengan jalan damai." 11:14 Lalu Yefta mengirim pula utusan kepada raja bani Amon 11:15 dengan pesan: "Beginilah kata Yefta: orang Israel tidak merampas tanah orang Moab q  atau tanah bani Amon. r  11:16 Sebab ketika berjalan keluar dari Mesir, orang Israel melalui padang gurun sampai ke Laut Teberau s  dan tiba di Kadesh. t  11:17 Ketika itu orang Israel mengirim utusan u  kepada raja negeri Edom dengan permintaan: Izinkanlah kiranya kami berjalan melalui negerimu v  ini. Tetapi raja negeri Edom tidak mau mendengar. Mereka mengirim juga utusan kepada raja negeri Moab, w  tetapi raja ini menolak. x  Maka orang Israel tinggal di Kadesh. 11:18 Kemudian mereka berjalan melalui padang gurun, menempuh jalan keliling tanah Edom y  dan tanah Moab, lalu sampai ke sebelah timur z  tanah Moab, maka berkemahlah mereka di seberang sungai Arnon, a  dengan tidak masuk daerah Moab, sebab sungai Arnon itulah batas daerah Moab. 11:19 Lalu orang Israel mengirim utusan b  kepada Sihon, raja orang Amori, raja di Hesybon, c  dan orang Israel meminta kepadanya: Izinkanlah kiranya kami berjalan melalui negerimu ini sampai ke tempat d  yang kami tuju. 11:20 Tetapi Sihon tidak percaya kepada orang Israel yang hendak berjalan melalui daerahnya itu, maka dikumpulkannyalah seluruh rakyatnya. Ia berkemah di Yahas, lalu berperang melawan orang Israel. e  11:21 Tetapi TUHAN, Allah Israel, menyerahkan Sihon dengan seluruh rakyatnya ke dalam tangan orang Israel, dan mereka dikalahkan, sehingga orang Israel menduduki seluruh negeri kepunyaan orang Amori, penduduk negeri itu. 11:22 Demikianlah dimiliki orang Israel seluruh daerah orang Amori itu, dari sungai Arnon sampai ke sungai Yabok dan dari padang gurun sampai ke sungai Yordan. f  11:23 Maka sekarang TUHAN, Allah Israel, telah merebut milik orang Amori, bagi Israel, umat-Nya. Apakah engkau hendak memiliki pula tanah mereka itu? 11:24 Bukankah engkau akan memiliki apa yang diberi oleh Kamos, g  allahmu? Demikianlah kami memiliki segala yang direbut bagi kami h  oleh TUHAN, Allah kami. 11:25 Lagipula, apakah engkau lebih baik dari Balak bin Zipor, i  raja Moab? Pernahkah ia menuntut hak kepada orang Israel atau pernahkah ia berperang melawan mereka? j  11:26 Ketika orang Israel diam k  di Hesybon dengan segala anak kotanya, di Aroer l  dengan segala anak kotanya, dan di segala kota sepanjang kedua tepi sungai Arnon selama tiga ratus tahun, mengapa pada waktu itu engkau tidak melepaskan kota-kota itu? 11:27 Jadi aku tidak bersalah terhadap engkau, tetapi engkau berbuat jahat terhadap aku dengan berperang melawan aku. TUHAN, Hakim m  itu, Dialah yang menjadi hakim n  pada hari ini antara orang Israel dan bani Amon. o " 11:28 Tetapi raja bani Amon tidak mendengarkan perkataan yang disampaikan kepadanya oleh utusan-utusan Yefta.
Nazar Yefta
11:29 Lalu Roh p  TUHAN 6  menghinggapi Yefta; ia berjalan melalui daerah Gilead dan daerah Manasye, kemudian melalui Mizpa q  di Gilead, dan dari Mizpa di Gilead ia berjalan terus ke daerah bani Amon. r  11:30 Lalu bernazarlah s  Yefta kepada TUHAN, katanya: "Jika Engkau sungguh-sungguh menyerahkan t  bani Amon itu ke dalam tanganku, 11:31 maka apa yang keluar dari pintu rumahku untuk menemui aku, pada waktu aku kembali dengan selamat dari bani Amon, itu akan menjadi kepunyaan TUHAN, dan aku akan mempersembahkannya sebagai korban bakaran. u " 11:32 Kemudian Yefta berjalan terus untuk berperang melawan bani Amon, dan TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tangannya. 11:33 Ia menimbulkan kekalahan yang amat besar di antara mereka, mulai dari Aroer sampai dekat Minit v --dua puluh kota banyaknya--dan sampai ke Abel-Keramim, sehingga bani Amon itu ditundukkan di depan orang Israel. 11:34 Ketika Yefta pulang ke Mizpa ke rumahnya, tampaklah anaknya perempuan keluar menyongsong dia dengan memukul rebana w  serta menari-nari. x  Dialah anaknya yang tunggal; y  selain dari dia tidak ada anaknya laki-laki atau perempuan. 11:35 Demi dilihatnya dia, dikoyakkannyalah bajunya, z  sambil berkata: "Ah, anakku, engkau membuat hatiku hancur luluh dan engkaulah yang mencelakakan aku; aku telah membuka mulutku bernazar kepada TUHAN, dan tidak dapat aku mundur. a " 11:36 Tetapi jawabnya kepadanya: "Bapa, jika engkau telah membuka mulutmu bernazar kepada TUHAN, maka perbuatlah kepadaku sesuai dengan nazar b  yang kauucapkan itu, karena TUHAN telah mengadakan bagimu pembalasan c  terhadap musuhmu, d  yakni bani Amon itu." 11:37 Lagi katanya kepada ayahnya: "Hanya izinkanlah aku melakukan hal ini: berilah keluasan kepadaku dua bulan lamanya, supaya aku pergi mengembara ke pegunungan dan menangisi kegadisanku bersama-sama dengan teman-temanku." 11:38 Jawab Yefta: "Pergilah," dan ia membiarkan dia pergi dua bulan lamanya. Maka pergilah gadis itu bersama-sama dengan teman-temannya menangisi kegadisannya di pegunungan. 11:39 Setelah lewat kedua bulan itu, kembalilah ia kepada ayahnya, dan ayahnya melakukan kepadanya apa yang telah dinazarkannya itu; jadi gadis itu tidak pernah kenal laki-laki 7 . Dan telah menjadi adat di Israel, 11:40 bahwa dari tahun ke tahun anak-anak perempuan orang Israel selama empat hari setahun meratapi anak perempuan Yefta, orang Gilead itu.

Markus 5:1-20

Konteks
Yesus mengusir roh jahat dari orang Gerasa
5:1 Lalu sampailah mereka di seberang danau, di daerah orang Gerasa. 5:2 Baru saja Yesus turun dari perahu, p  datanglah seorang yang kerasukan roh jahat 8  q  dari pekuburan menemui Dia. 5:3 Orang itu diam di sana dan tidak ada seorangpun lagi yang sanggup mengikatnya, sekalipun dengan rantai, 5:4 karena sudah sering ia dibelenggu dan dirantai, tetapi rantainya diputuskannya dan belenggunya dimusnahkannya, sehingga tidak ada seorangpun yang cukup kuat untuk menjinakkannya. 5:5 Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak dan memukuli dirinya dengan batu. 5:6 Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkan-Nya lalu menyembah-Nya, 5:7 dan dengan keras ia berteriak: "Apa urusan-Mu dengan aku, r  hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? s  Demi Allah, jangan siksa aku!" 5:8 Karena sebelumnya Yesus mengatakan kepadanya: "Hai engkau roh jahat! Keluar dari orang ini!" 5:9 Kemudian Ia bertanya kepada orang itu: "Siapa namamu?" Jawabnya: "Namaku Legion, t  karena kami banyak." 5:10 Ia memohon dengan sangat supaya Yesus jangan mengusir roh-roh itu keluar dari daerah itu. 5:11 Adalah di sana di lereng bukit sejumlah besar babi sedang mencari makan, 5:12 lalu roh-roh itu meminta kepada-Nya, katanya: "Suruhlah kami pindah ke dalam babi-babi itu, biarkanlah kami memasukinya!" 5:13 Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya. 5:14 Maka larilah penjaga-penjaga babi itu dan menceriterakan hal itu di kota dan di kampung-kampung sekitarnya. Lalu keluarlah orang untuk melihat apa yang terjadi. 5:15 Mereka datang kepada Yesus dan melihat orang yang kerasukan itu duduk, sudah berpakaian dan sudah waras, orang yang tadinya kerasukan legion u  v  itu. Maka takutlah mereka. 5:16 Orang-orang yang telah melihat sendiri hal itu menceriterakan kepada mereka tentang apa yang telah terjadi atas orang yang kerasukan setan itu, dan tentang babi-babi itu. 5:17 Lalu mereka mendesak Yesus supaya Ia meninggalkan daerah mereka. 5:18 Pada waktu Yesus naik lagi ke dalam perahu, orang yang tadinya kerasukan setan itu meminta, supaya ia diperkenankan menyertai Dia. 5:19 Yesus tidak memperkenankannya, tetapi Ia berkata kepada orang itu: "Pulanglah ke rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah w  kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau!" 5:20 Orang itupun pergilah dan mulai memberitakan di daerah Dekapolis x  segala apa yang telah diperbuat Yesus atas dirinya dan mereka semua menjadi heran.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[1:1]  1 Full Life : TUHAN BERFIRMAN KEPADA MUSA.

Nas : Bil 1:1

Yang ditulis oleh Musa diilhamkan oleh Allah, suatu kenyataan yang diulang-ulang. Hai ini ditekankan di ayat pertama, terakhir, dan pada awal banyak pasal di kitab ini.

[1:1]  2 Full Life : PADANG GURUN SINAI.

Nas : Bil 1:1

Perintah Allah kepada Musa disampaikan sepuluh setengah bulan setelah mereka tiba di Gunung Sinai (yaitu, 13 bulan setelah keluar dari Mesir). Peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam Bilangan terjadi dalam jangka waktu sekitar 39 tahun, seluruh masa pengembaraan umat Israel di padang gurun.

[1:2]  3 Full Life : HITUNGLAH JUMLAH SEGENAP UMAT ISRAEL.

Nas : Bil 1:2

Tujuan sensus ini ialah mengorganisasi umat Israel menjadi suatu bangsa dan bala tentara (ayat Bil 1:3). Pengadaan sensus menekankan bahwa setiap individu penting bagi maksud-maksud penebusan Allah dan bahwa kegiatan bangsa itu harus diatur dan dipertanggungjawabkan sepenuhnya kepada Dia (bd. Fili 4:3; 2Tim 2:19).

[1:46]  4 Full Life : 603.550 ORANG.

Nas : Bil 1:46

Inilah jumlah laki-laki berusia 20 tahun ke atas, tidak termasuk suku Lewi (ayat Bil 1:45-47). Oleh karena itu, bangsa Israel ketika itu mungkin berjumlah 2 juta jiwa. Pemeliharaan umat sebanyak ini selama di padang gurun memerlukan suatu mukjizat yang berkesinambungan, suatu kebenaran yang dengan jelas ditekankan dalam Firman Allah (bd. Kel 16:4-15,31-33; Bil 20:8; Ul 8:2-4; 29:5; Mazm 78:26-28; 1Kor 10:4).

[1:52]  5 Full Life : MASING-MASING DEKAT PANJI-PANJINYA.

Nas : Bil 1:52

Perkemahan Israel diatur dengan lingkaran dalam yang terdiri atas suku Lewi di sekeliling Kemah Suci dan lingkaran luarnya terdiri atas kedua belas suku lainnya, dengan tiga suku di setiap sisi Kemah Suci. Barisan mereka juga diatur sedemikian rupa supaya ketika tiang awan terangkat mereka dapat langsung berjalan, dan ketika tiang awan turun, mereka dapat menemukan tempat mereka dalam perkemahan itu tanpa kekacauan lagi. Alkitab mengajarkan organisasi, bukan demi organisasi itu sendiri, tetapi demi kelancaran pekerjaan yang harus dilakukan. Kemah Suci di tengah perkemahan melambangkan bahwa kehidupan bangsa itu dipusatkan pada Tuhan dan penyembahan Dia selaku Penebus mereka.

[11:29]  6 Full Life : ROH TUHAN.

Nas : Hak 11:29

Lihat cat. --> Hak 3:10.

[atau ref. Hak 3:10]

[11:39]  7 Full Life : GADIS ITU TIDAK PERNAH KENAL LAKI-LAKI.

Nas : Hak 11:39

Rupanya nyata bahwa Yefta tidak secara jasmaniah mengorbankan nyawa putrinya (ayat Hak 11:30-31), setidak-tidaknya karena dua alasan.

  1. 1) Yefta pasti mengetahui hukum Allah yang dengan tegas melarang pengorbanan manusia sehingga dia tahu bahwa Allah memandang tindakan semacam itu suatu kekejian yang tidak dapat diterima (Im 18:21; Im 20:2-5; Ul 12:31; 18:10-12).
  2. 2) Penekanan bahwa gadis itu "tidak pernah kenal laki-laki" menunjukkan bahwa dia dipersembahkan kepada Allah sebagai persembahan yang hidup, agar dia mengabdikan seluruh hidupnya pada kesucian dan pelayanan di kemah suci nasional (bd. Kel 38:8; 1Sam 2:22).

[5:2]  8 Full Life : SEORANG YANG KERASUKAN ROH JAHAT.

Nas : Mr 5:2

Orang yang kerasukan setan menderita penindasan oleh Iblis (Kis 10:38) atau pengaruh Iblis (Mat 12:45; Kis 16:16-18) karena di dalam diri mereka ada roh jahat

(lihat cat. --> Luk 13:11).

[atau ref. Luk 13:11]

Alkitab mencatat banyak peristiwa ketika Yesus mengusir roh-roh jahat (untuk pembahasan yang lebih mendalam tentang setan-setan dan kuasa orang Kristen atas mereka

lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN).



TIP #26: Perkuat kehidupan spiritual harian Anda dengan Bacaan Alkitab Harian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA