2 Samuel 8:11-12
Konteks8:11 Juga barang-barang ini dikhususkan m raja Daud bagi TUHAN, bersama-sama perak dan emas yang berasal dari segala bangsa yang ditaklukkannya, 8:12 yakni perak dan emas dari orang Aram, n dari orang Moab, o dari bani Amon, p dari orang Filistin, q dari orang Amalek, r dan dari jarahan yang dirampas dari Hadadezer bin Rehob, raja Zoba.
2 Samuel 10:1-3
Konteks2 Samuel 10:6-8
Konteks10:6 Setelah dilihat bani Amon, bahwa mereka dibenci y Daud, maka bani Amon itu menyuruh orang menyewa dari orang Aram-Bet-Rehob z dan orang Aram a dari Zoba b dua puluh ribu orang pasukan berjalan kaki, dari raja negeri Maakha c seribu orang dan dari orang-orang Tob d dua belas ribu orang. 10:7 Ketika Daud mendengar hal itu, disuruhnyalah Yoab e maju dengan segenap pasukan pahlawan. 10:8 Lalu bani Amon maju, diaturnya barisan perangnya di depan pintu gerbang, sedang orang Aram dari Zoba dan dari Rehob dan orang-orang Tob dan Maakha ada tersendiri di padang.
2 Samuel 10:10-11
Konteks10:10 Selebihnya dari rakyat itu ditempatkannya di bawah pimpinan Abisai, f adiknya, yang mengatur barisan mereka berhadapan dengan bani Amon itu. 10:11 Lalu berkatalah Yoab: "Jika orang Aram itu lebih kuat dari padaku, maka haruslah engkau menolong aku, tetapi jika bani Amon itu lebih kuat dari padamu, maka aku akan datang menolong engkau.
2 Samuel 10:14
Konteks10:14 Ketika bani Amon i melihat, bahwa orang Aram sudah melarikan diri, maka merekapun larilah dari hadapan Abisai dan masuk ke dalam kota. Sesudah itu pulanglah Yoab setelah memerangi bani Amon dan sampailah ia ke Yerusalem.
2 Samuel 10:19--11:1
Konteks10:19 Ketika dilihat semua raja, yang takluk kepada Hadadezer, bahwa mereka telah terpukul kalah oleh orang Israel, maka mereka mengadakan perdamaian dengan orang Israel dan takluk j kepada mereka; sesudah itu takutlah orang Aram k memberi pertolongan lagi kepada bani Amon.
2 Samuel 12:9
Konteks12:9 Mengapa engkau menghina u TUHAN 2 dengan melakukan apa yang jahat di mata-Nya? Uria, v w orang Het itu, kaubiarkan ditewaskan x dengan pedang; isterinya kauambil menjadi isterimu, dan dia sendiri telah kaubiarkan dibunuh oleh pedang bani Amon.
2 Samuel 12:26
Konteks2 Samuel 12:31
Konteks12:31 Penduduk kota itu diangkutnya dan dipaksanya bekerja dengan gergaji, penggerek besi dan kapak; juga dipekerjakannya mereka di tempat pembuatan batu bata. Demikianlah juga diperlakukan Daud segala kota bani Amon. z Sesudah itu pulanglah Daud dengan seluruh tentara ke Yerusalem.
2 Samuel 17:27
Konteks17:27 Ketika Daud tiba di Mahanaim, maka Sobi bin Nahas, j dari Raba, k kota bani Amon, dan Makhir l bin Amiel, dari Lodebar, dan Barzilai, m orang Gilead, n dari Rogelim, membawa
2 Samuel 23:24
Konteks23:24 Asael, o saudara Yoab, ada di antara ketiga puluh orang itu; selanjutnya Elhanan bin Dodo, dari Betlehem;
2 Samuel 23:37
Konteks23:37 Zelek, orang Amon; Naharai, orang Beerot, g pembawa senjata Yoab anak Zeruya;
[11:1] 1 Full Life : DAUD SENDIRI TINGGAL DI YERUSALEM.
Nas : 2Sam 11:1
Pasal 2Sam 11:1-27 mengisahkan dosa dan kejatuhan Daud yang tragis. Ganti memimpin pasukannya dalam peperangan sebagaimana yang dilakukan sebelumnya, Daud kini tinggal di Yerusalem. Daud sudah menjadi lembek dan sikap ini kemudian mengakibatkan kehancuran rohani dan moralnya. Hidupnya yang serba enak dan mewah sebagai raja membuatnya percaya diri dan menuruti keinginan sendiri. Sekitar waktu inilah dia berhenti menjadi orang yang berkenan di hati Allah (lih. 1Sam 13:14). Kejatuhan Daud dari kasih karunia (bd. Gal 5:4) merupakan peringatan bagi semua orang percaya, "Sebab itu siapa yang menyangka bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh!" (1Kor 10:12).
[12:9] 2 Full Life : MENGAPA ENGKAU MENGHINA TUHAN
Nas : 2Sam 12:9
(versi Inggris NIV -- menghina firman Tuhan). Nabi Natan menyatakan bahwa Daud, dengan berbuat zina, membunuh, dan menipu, bersalah karena menghina "firman Tuhan" dan menghina Allah sendiri (ayat 2Sam 12:10). Istilah "menghina" (Ibr. _bazah_) berarti memandang rendah, menganggap tidak penting, meremehkan; jadi dengan tindakan-tindakannya, Daud menyatakan bahwa Allah tidak penting, tidak layak untuk dikasihi dan disembah.
- 1) Dalam gereja dewasa ini, hamba-hamba Allah yang berbuat zina mencerminkan penilaian mereka tentang Allah dan firman-Nya yang kudus. Mereka memandang rendah kepada Injil dan darah Kristus, seakan-akan itu hal yang sepele dan tidak layak ditaati.
- 2) Alkitab menyatakan bahwa setiap orang percaya yang berbuat zina
tidak layak menduduki jabatan penilik jemaat (1Tim 3:2;
lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).