TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

1 Samuel 1:19--2:10

Konteks
1:19 Keesokan harinya bangunlah mereka itu pagi-pagi, lalu sujud menyembah di hadapan TUHAN; kemudian pulanglah mereka ke rumahnya di Rama. f  Ketika Elkana bersetubuh dengan Hana, isterinya, TUHAN ingat g  kepadanya. 1:20 Maka setahun kemudian mengandunglah Hana dan melahirkan seorang anak laki-laki. h  Ia menamai i  anak itu Samuel 1 , j  sebab katanya: "Aku telah memintanya dari pada TUHAN." 1:21 Elkana, laki-laki itu, pergi dengan seisi rumahnya mempersembahkan korban sembelihan tahunan k  dan korban nazarnya l  kepada TUHAN. 1:22 Tetapi Hana tidak ikut pergi, sebab katanya kepada suaminya: "Nanti apabila anak itu cerai susu, aku akan mengantarkan dia, maka ia akan menghadap m  ke hadirat TUHAN dan tinggal di sana seumur hidupnya." 1:23 Kemudian Elkana, suaminya itu, berkata kepadanya: "Perbuatlah apa yang kaupandang baik; tinggallah sampai engkau menyapih dia; hanya, TUHAN kiranya menepati n  janji-Nya." Jadi tinggallah perempuan itu dan menyusui anaknya sampai disapihnya. o  1:24 Setelah perempuan itu menyapih anaknya, dibawanyalah dia, dengan seekor lembu jantan p  yang berumur tiga tahun, satu efa tepung dan sebuyung anggur, lalu diantarkannya ke dalam rumah TUHAN di Silo. Waktu itu masih kecil betul kanak-kanak itu. 1:25 Setelah mereka menyembelih lembu, mereka mengantarkan kanak-kanak itu kepada Eli; 1:26 lalu kata perempuan itu: "Mohon bicara tuanku, demi tuanku hidup, akulah perempuan yang dahulu berdiri di sini dekat tuanku untuk berdoa kepada TUHAN. 1:27 Untuk mendapat anak inilah aku berdoa, q  dan TUHAN telah memberikan kepadaku, apa yang kuminta dari pada-Nya. 1:28 Maka akupun menyerahkannya kepada TUHAN; seumur hidup r  terserahlah ia kiranya kepada TUHAN 2 ." Lalu sujudlah mereka di sana menyembah kepada TUHAN.
Puji-pujian Hana
2:1 Lalu berdoalah Hana 3 , katanya: s  "Hatiku bersukaria t  karena TUHAN, tanduk u  kekuatanku ditinggikan oleh TUHAN; mulutku mencemoohkan v  musuhku, w  sebab aku bersukacita karena pertolongan-Mu. 2:2 Tidak ada yang kudus x  seperti y  TUHAN, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu z  seperti Allah kita. 2:3 Janganlah kamu selalu berkata sombong, janganlah caci maki a  keluar dari mulutmu. Karena TUHAN itu Allah yang mahatahu, b  dan oleh Dia perbuatan-perbuatan c  diuji. d  2:4 Busur pada pahlawan telah patah, e  tetapi orang-orang yang terhuyung-huyung, pinggangnya berikatkan kekuatan. f  2:5 Siapa yang kenyang dahulu, sekarang menyewakan dirinya karena makanan, tetapi orang yang lapar g  dahulu, sekarang boleh beristirahat. Bahkan orang yang mandul h  melahirkan tujuh anak, tetapi orang yang banyak anaknya, menjadi layu. 2:6 TUHAN mematikan dan menghidupkan, i  Ia menurunkan ke dalam dunia orang mati dan mengangkat j  dari sana. 2:7 TUHAN membuat miskin dan membuat kaya; k  Ia merendahkan, dan meninggikan l  juga. 2:8 Ia menegakkan m  orang yang hina n  dari dalam debu, o  dan mengangkat orang yang miskin p  dari lumpur, untuk mendudukkan dia bersama-sama dengan para bangsawan, dan membuat dia memiliki kursi kehormatan. q  Sebab TUHAN mempunyai alas r  bumi; dan di atasnya Ia menaruh daratan. 2:9 Langkah kaki s  orang-orang yang dikasihi-Nya t  dilindungi-Nya, tetapi orang-orang fasik akan mati binasa dalam kegelapan, u  sebab bukan oleh karena kekuatannya v  sendiri seseorang berkuasa. 2:10 Orang yang berbantah dengan TUHAN akan dihancurkan; w  atas mereka Ia mengguntur x  di langit. TUHAN mengadili y  bumi sampai ke ujung-ujungnya; Ia memberi kekuatan z  kepada raja yang diangkat-Nya dan meninggikan tanduk a  kekuatan orang yang diurapi-Nya."
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[1:20]  1 Full Life : MELAHIRKAN SEORANG ANAK LAKI-LAKI ... SAMUEL.

Nas : 1Sam 1:20

Sekalipun kitab ini sebagian besar memaparkan masa peralihan dalam sejarah Israel dari zaman para hakim kepada penetapan jabatan raja, delapan pasal yang pertama memusatkan perhatian kepada kelahiran, masa muda, dan kepemimpinan kenabian Samuel, hakim yang terakhir. Nabi Allah ini mendahului lembaga raja di Israel yang berkedudukan di bawah firman dan Roh Allah sebagaimana diwakili oleh Samuel (1Sam 11:14; 12:25). Sepanjang Alkitab, para nabi sebagai wakil Allah kepada Israel berkedudukan lebih tinggi dari raja dan jabatan lainnya (bd. Mal 4:5-6; Luk 7:24-28).

[1:28]  2 Full Life : TERSERAHLAH IA KIRANYA KEPADA TUHAN.

Nas : 1Sam 1:28

Hana seharusnya diangkat sebagai teladan ibu yang saleh. Sejak ia pertama-tama mendambakan seorang anak, dengan sikap doa dan tegas ia menyerahkan anaknya kepada Tuhan (ayat 1Sam 1:10-28). Hana memandang putranya sebagai suatu karunia yang indah dari Allah dan mengungkapkan maksudnya untuk menggenapi sumpahnya dengan mempersembahkan Samuel kepada Tuhan (ayat 1Sam 1:11,24-28;

lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK.

[2:1]  3 Full Life : BERDOALAH HANA.

Nas : 1Sam 2:1

Nyanyian nubuat Hana memuliakan pemeliharaan Allah atas orang yang tetap setia kepada-Nya (ayat 1Sam 2:9; bd. nyanyian Maria di Luk 1:46-55). Dia juga bersukacita di dalam keselamatan-Nya, karena Dia itu kudus adanya, dan hanya Dialah Allah (ayat 1Sam 2:2). Semua pengikut Tuhan Yesus harus percaya pada cara-cara kerja Allah dalam hidup mereka. Segala sesuatu yang diizinkan-Nya menimpa hidup kita harus dibawa kepada-Nya di dalam doa, dengan keyakinan penuh bahwa bukan saja tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih-Nya, tetapi juga bahwa Dia akhirnya mendatangkan kebaikan dari segala sesuatu yang terjadi atas hidup kita (Rom 8:31-39).



TIP #34: Tip apa yang ingin Anda lihat di sini? Beritahu kami dengan klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA