Yesaya 1:1-31
Judul
1:1 Penglihatan
1 yang telah dilihat
Yesaya
2 bin Amos tentang Yehuda
3 dan Yerusalem
dalam zaman Uzia,
Yotam,
Ahas
dan Hizkia,
raja-raja Yehuda.
Pengaduan tentang bangsa yang tidak setia itu
1:2 Dengarlah, hai langit, dan perhatikanlah, hai bumi,
sebab TUHAN berfirman:
"Aku membesarkan anak-anak
dan mengasuhnya, tetapi mereka memberontak
terhadap Aku
4 .
1:3 Lembu mengenal
pemiliknya, tetapi Israel
5 tidak; keledai mengenal palungan
yang disediakan tuannya, tetapi umat-Ku tidak memahaminya.
"
1:4 Celakalah bangsa yang berdosa, kaum yang sarat dengan kesalahan,
keturunan yang jahat-jahat,
anak-anak yang berlaku buruk!
Mereka meninggalkan
TUHAN, menista Yang
Mahakudus, Allah Israel
6 , dan berpaling membelakangi
Dia.
1:5 Di mana kamu mau dipukul
lagi, kamu yang bertambah
murtad?
Seluruh kepala sakit dan seluruh hati
lemah lesu.
1:6 Dari telapak kaki sampai kepala
tidak ada yang sehat:
bengkak dan bilur
dan luka baru, tidak dipijit dan tidak dibalut
dan tidak ditaruh minyak.
1:7 Negerimu menjadi sunyi sepi
7 ,
kota-kotamu habis terbakar;
di depan matamu orang-orang asing
memakan hasil dari tanahmu. Sunyi sepi negeri itu seolah-olah ditunggangbalikkan orang asing.
1:8 Puteri Sion
tertinggal
sendirian seperti pondok
di kebun anggur, seperti gubuk di kebun mentimun dan seperti kota yang terkepung.
1:9 Seandainya TUHAN semesta alam tidak meninggalkan pada kita sedikit orang yang terlepas,
kita sudah menjadi seperti Sodom, dan sama seperti Gomora
8 .
Bertobat lebih baik dari mempersembahkan korban
1:10 Dengarlah firman TUHAN,
hai pemimpin-pemimpin, manusia Sodom!
Perhatikanlah pengajaran
Allah kita, hai rakyat, manusia Gomora!
1:11 "Untuk apa itu korbanmu
9 yang banyak-banyak?" firman TUHAN; "Aku sudah jemu akan korban-korban bakaran berupa domba jantan dan akan lemak dari anak lembu
gemukan; darah lembu jantan
dan domba-domba dan kambing jantan
tidak Kusukai.
1:12 Apabila kamu datang untuk menghadap di hadirat-Ku, siapakah yang menuntut itu dari padamu,
bahwa kamu menginjak-injak pelataran Bait Suci-Ku?
1:13 Jangan lagi membawa persembahanmu
yang tidak sungguh, sebab baunya
adalah kejijikan
bagi-Ku. Kalau kamu merayakan bulan baru
dan sabat atau mengadakan pertemuan-pertemuan,
Aku tidak tahan melihatnya, karena perayaanmu itu penuh kejahatan.
1:14 Perayaan-perayaan bulan barumu
dan pertemuan-pertemuanmu
yang tetap, Aku benci
melihatnya; semuanya itu menjadi beban bagi-Ku,
Aku telah payah
menanggungnya.
1:15 Apabila kamu menadahkan tanganmu
untuk berdoa, Aku akan memalingkan
muka-Ku, bahkan sekalipun kamu berkali-kali berdoa, Aku tidak akan mendengarkannya
10 ,
sebab tanganmu
penuh dengan darah.
1:16 Basuhlah,
bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mata-Ku.
Berhentilah berbuat jahat,
1:17 belajarlah berbuat baik;
usahakanlah keadilan,
kendalikanlah orang kejam;
belalah hak anak-anak yatim,
perjuangkanlah perkara janda-janda!
1:18 Marilah, baiklah kita berperkara
11 !
--firman TUHAN--Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju;
sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu
domba.
1:19 Jika kamu menurut dan mau mendengar,
maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu.
1:20 Tetapi jika kamu melawan dan memberontak,
maka kamu akan dimakan oleh pedang.
" Sungguh, TUHAN yang mengucapkannya.
Hukuman atas Yerusalem
1:21 Bagaimana ini, kota yang dahulu setia sekarang sudah menjadi sundal!
Tadinya penuh keadilan dan di situ selalu diam kebenaran,
tetapi sekarang penuh pembunuh.
1:22 Perakmu tidak murni
lagi dan arakmu bercampur air.
1:23 Para pemimpinmu adalah pemberontak
dan bersekongkol dengan pencuri.
Semuanya suka menerima suap
dan mengejar sogok. Mereka tidak membela hak anak-anak yatim, dan perkara janda-janda tidak sampai kepada mereka.
1:24 Sebab itu demikianlah firman Tuhan, TUHAN semesta alam, Yang Mahakuat
pelindung Israel; "Ha, Aku akan melampiaskan dendam-Ku kepada para lawan-Ku, dan melakukan pembalasan
kepada para musuh-Ku.
1:25 Aku akan bertindak terhadap engkau:
Aku akan memurnikan
perakmu
12 dengan garam soda, dan akan menyingkirkan segala timah
dari padanya.
1:26 Aku akan mengembalikan para hakimmu seperti dahulu,
dan para penasihatmu seperti semula. Sesudah itu engkau akan disebutkan
kota keadilan,
kota
yang setia."
1:27 Sion akan Kubebaskan dengan penghakiman yang adil dan orang-orangnya yang bertobat
akan Kubebaskan dengan tindakan yang benar.
1:28 Tetapi orang-orang yang memberontak dan orang-orang berdosa
akan dihancurkan bersama, dan orang-orang yang meninggalkan
TUHAN akan habis lenyap.
1:29 Sungguh, kamu akan mendapat malu
karena pohon-pohon keramat
yang kamu inginkan; dan kamu akan tersipu-sipu karena taman-taman
dewa yang kamu pilih.
1:30 Sebab kamu akan seperti pohon keramat yang daunnya
layu, dan seperti kebun yang kekurangan air.
1:31 Maka yang kuat menjadi seolah-olah kapas dan pekerjaannya menjadi seolah-olah bunga api; keduanya menimbulkan api
dan tidak ada yang dapat memadamkan.
Yakobus 2:1-26
Jangan memandang muka
2:1 Saudara-saudaraku, sebagai orang yang beriman kepada Yesus Kristus, Tuhan kita yang mulia,
janganlah iman itu kamu amalkan dengan memandang muka
13 .
2:2 Sebab, jika ada seorang masuk ke dalam kumpulanmu dengan memakai cincin emas dan pakaian indah dan datang juga seorang miskin ke situ dengan memakai pakaian buruk,
2:3 dan kamu menghormati orang yang berpakaian indah itu dan berkata kepadanya: "Silakan tuan duduk di tempat yang baik ini!", sedang kepada orang yang miskin itu kamu berkata: "Berdirilah di sana!" atau: "Duduklah di lantai ini dekat tumpuan kakiku!",
2:4 bukankah kamu telah membuat pembedaan di dalam hatimu dan bertindak sebagai hakim
dengan pikiran yang jahat?
2:5 Dengarkanlah, hai saudara-saudara
yang kukasihi! Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin
14 oleh dunia ini
untuk menjadi kaya dalam iman
dan menjadi ahli waris Kerajaan
yang telah dijanjikan-Nya kepada barangsiapa yang mengasihi Dia?
2:6 Tetapi kamu telah menghinakan orang-orang miskin.
Bukankah justru orang-orang kaya yang menindas kamu dan yang menyeret kamu ke pengadilan?
2:7 Bukankah mereka yang menghujat Nama yang mulia, yang oleh-Nya kamu menjadi milik Allah?
2:8 Akan tetapi, jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri
", kamu berbuat baik.
2:9 Tetapi, jikalau kamu memandang muka,
kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan pelanggaran.
2:10 Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan
satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.
2:11 Sebab Ia yang mengatakan: "Jangan berzinah
", Ia mengatakan juga: "Jangan membunuh
". Jadi jika kamu tidak berzinah tetapi membunuh, maka kamu menjadi pelanggar hukum juga.
2:12 Berkatalah dan berlakulah
15 seperti orang-orang yang akan dihakimi
oleh hukum yang memerdekakan
orang.
2:13 Sebab penghakiman yang tak berbelas kasihan akan berlaku atas orang yang tidak berbelas kasihan.
Tetapi belas kasihan akan menang atas penghakiman.
Iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah mati
2:14 Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan
16 ?
Dapatkah iman itu menyelamatkan dia?
2:15 Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan
sehari-hari,
2:16 dan seorang dari antara kamu berkata: "Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!", tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu?
2:17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati
17 .
2:18 Tetapi mungkin ada orang berkata: "Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan", aku akan menjawab dia: "Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan,
dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku
dari perbuatan-perbuatanku.
"
2:19 Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah
saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu
dan mereka gemetar.
2:20 Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?
2:21 Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya
18 , ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah?
2:22 Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama
dengan perbuatan-perbuatan
19 dan oleh perbuatan-perbuatan
itu iman menjadi sempurna.
2:23 Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: "Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.
" Karena itu Abraham disebut: "Sahabat
Allah."
2:24 Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya
20 dan bukan hanya karena iman.
2:25 Dan bukankah demikian juga Rahab, pelacur itu, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia menyembunyikan orang-orang yang disuruh itu di dalam rumahnya, lalu menolong mereka lolos melalui jalan
yang lain?
2:26 Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.
1 Full Life: PENGLIHATAN.
Nas : Yes 1:1
Yesaya tidak menubuatkan atau mencatat pikirannya sendiri;
sebaliknya, ia menerima berbagai penglihatan dari Allah yang diilhamkan
oleh Roh Kudus (bd. 2Pet 1:20-21). Dia diizinkan melihat
peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di dalam rencana keselamatan Allah
melalui komunikasi yang tanpa salah dari Allah sendiri.
2 Full Life: YESAYA.
Nas : Yes 1:1
Nama Yesaya artinya "Tuhan menyelamatkan". Selaku nabi yang
ditugaskan Allah, Yesaya memulai pelayanannya pada tahun 740 SM, yaitu
tahun wafatnya Raja Uzia
(lihat cat. --> Yes 6:1).
[atau ref. Yes 6:1]
Ia bernubuat selama 40 tahun atau lebih dan mungkin wafat sekitar 680 SM
(lih. Pendahuluan untuk keterangan lebih banyak mengenai Yesaya).
3 Full Life: TENTANG YEHUDA.
Nas : Yes 1:1
Pelayanan nabi Yesaya terjadi selama masa kerajaan yang pecah
(lihat cat. --> 1Raj 12:20;
lihat cat. --> 2Taw 10:1).
[atau ref. 1Raj 12:20; 2Taw 10:1]
Kerajaan utara, disebut sebagai "Israel", "Samaria", atau "Efraim",
meliputi sepuluh suku Israel. Kerajaan selatan, yang biasanya disebut
"Yehuda" dengan ibu kota Yerusalem, terdiri atas suku Yehuda dan Benyamin.
Kedua kerajaan ini telah berpaling dari Allah dan hukum-Nya kepada
bangsa-bangsa asing dengan dewa-dewa palsu mereka untuk membebaskan mereka
dari musuh. Kerajaan utara dikalahkan dan dimusnahkan oleh Asyur pada tahun
722 SM. Yesaya mengingatkan Yehuda bahwa mereka juga akan dibinasakan
karena dosa dan kemurtadan mereka (Yes 39:6).
4 Full Life: MEREKA MEMBERONTAK TERHADAP AKU.
Nas : Yes 1:2
Yehuda dan Israel telah menerima perjanjian Allah, hukum Taurat,
Bait Suci, dan banyak janji-Nya, namun, kehidupan mereka penuh dosa, mereka
mengabaikan perjanjian itu, dan gagal mengakui Allah sebagai sumber
keselamatan dan berkat; oleh karena itu Allah akan menjatuhkan hukuman
(ayat Yes 1:5-8).
5 Full Life: ISRAEL.
Nas : Yes 1:3
Di sini "Israel" mengacu kepada ke-12 suku itu, termasuk Yehuda.
6 Full Life: YANG MAHAKUDUS, ALLAH ISRAEL.
Nas : Yes 1:4
Ungkapan ini sebagai gelar untuk Allah terdapat 26 kali dalam kitab
ini; lima kali lagi Allah disebutkan hanya sebagai "Yang Mahakudus". Dengan
memakai nama ini bagi Allah, yang pasti bersumber dari penglihatan Yesaya
yang mengesankan tentang Allah di dalam kekudusan-Nya (pasal
Yes 6:1-13), nabi itu bukan hanya menekankan sifat khas Allah yang
kudus, tetapi juga bahwa umat Allah harus kudus jikalau mereka ingin terus
memiliki suatu hubungan perjanjian dengan Dia.
7 Full Life: NEGERIMU MENJADI SUNYI SEPI.
Nas : Yes 1:7
Dalam usahanya membawa Yehuda kepada pertobatan, Allah membiarkan
negeri mereka dijarah oleh orang asing (2Taw 28:5-18). Dosa umat itu
telah memisahkan mereka dari berkat dan perlindungan Allah, dan hukuman
sudah mulai. Negeri dan umat itu akhirnya akan dibinasakan oleh
Nebukadnezar dan bala tentara Babel (605-586 SM). Orang berdosa yang
bersikeras dalam dosa dan tidak mau bertobat senantiasa akan mendatangkan
hukuman Allah dan akhirnya kehancuran.
8 Full Life: SODOM ... GOMORA.
Nas : Yes 1:9-10
Kota Sodom dan Gomora binasa sama sekali karena dahsyatnya dosa
mereka (Kej 19:1-25). Yesaya menyamakan Yehuda dengan kedua kota ini
karena ketidaksetiaan mereka yang hebat.
9 Full Life: UNTUK APA ITU KORBANMU.
Nas : Yes 1:11
Yesaya menyalahkan umat itu karena ikut melakukan perbuatan jahat
dan ketidakadilan (ayat Yes 1:16-17), sambil terus membawa persembahan
dan korban kepada Allah serta berdoa dan beribadah kepada Dia. Ibadah dan
pujian menjadi sesuatu yang keji bagi Dia jikalau hati kita tidak
benar-benar setia kepada-Nya dan jalan-jalan-Nya yang kudus (bd.
Yes 66:3; Yer 7:21-26; Hos 6:6; Am 5:21-24; Mi 6:6-8).
10 Full Life: AKU TIDAK AKAN MENDENGARKANNYA.
Nas : Yes 1:15
Dosa di dalam kehidupan kita akan menyebabkan Allah berpaling dari
doa-doa kita
(lihat cat. --> Yak 4:3;
lihat cat. --> 1Yoh 3:22;
[atau ref. Yak 4:3; 1Yoh 3:22]
lihat art. BERDOA DENGAN EFEKTIF).
11 Full Life: MARILAH, BAIKLAH KITA BEPERKARA.
Nas : Yes 1:18
Allah tidak ingin mengutuk dan membinasakan umat-Nya. Ia menawarkan
pengampunan penuh jikalau mereka mau bertobat, membuang kejahatan, berusaha
melakukan yang benar, dan menaati firman-Nya (ayat Yes 1:16-19).
Pengampunan Allah kini tersedia bagi semua orang, yang sekalipun telah
berbuat dosa, mengakui dosa-dosa mereka, bertobat, dan menerima penyucian
Allah melalui darah Yesus Kristus (Luk 24:46-47; 1Yoh 1:9). Orang yang
menolak kemurahan Allah dan malah memilih untuk mengikuti jalannya sendiri
dalam pemberontakan akan dibinasakan (ayat Yes 1:20).
12 Full Life: MEMURNIKAN PERAKMU.
Nas : Yes 1:25
Allah bermaksud membersihkan semua kejahatan dari umat-Nya dan
memulihkan suatu kaum sisa yang bertobat (ayat Yes 1:18-19,26-27).
Allah belum selesai berurusan dengan Yehuda (bd. Ezr 1:1-11;
Ezr 5:2,14-16), karena Penebus seluruh umat manusia masih harus datang
melalui umat pilihan ini. Sekalipun "Sion" (ayat Yes 1:27; yaitu,
Yerusalem) akan dipulihkan, hanya mereka yang benar-benar berbalik kepada
Allah akan diselamatkan dan tidak dibinasakan (bd. Yes 65:8-16).
13 Full Life: MEMANDANG MUKA.
Nas : Yak 2:1
Memandang muka berarti memberikan perhatian khusus terhadap orang
tertentu karena kekayaan, busana atau kedudukan mereka. Melakukan hal ini
salah karena beberapa alasan.
- 1) Hal ini tidak menyenangkan Allah yang tidak pernah memandang
penampilan lahiriah tetapi hati orang (1Sam 16:7).
- 2) Sikap semacam ini tidak didorong oleh kasih yang murni untuk semua
orang (ayat Yak 2:8). Mengagumi kedudukan sosial adalah dosa
terhadap hukum kasih.
- 3) Sikap ini menjadikan kita "hakim dengan pikiran yang jahat" (ayat
Yak 2:4); daripada menghormati "Tuhan kita yang mulia" dan menerima
orang berdasarkan iman mereka kepada Kristus, kita dengan tidak adil
menunjukkan sikap memihak orang kaya atau orang berkedudukan dengan
motivasi yang jahat untuk memperoleh keuntungan.
14 Full Life: BUKANKAH ALLAH MEMILIH ORANG-ORANG YANG DIANGGAP MISKIN.
Nas : Yak 2:5
Orang miskin adalah istimewa dan berharga bagi Allah (bd.
Yes 61:1; Luk 4:18; 6:20; 7:22). Sering kali justru mereka yang miskin
di dunia inilah yang paling kaya di dalam iman dan karunia-karunia rohani
dan yang, dalam kebutuhannya, berseru dengan lebih sungguh-sungguh kepada
Allah dengan kerinduan yang sangat akan kehadiran, kemurahan, dan
pertolongan-Nya (Luk 6:20-21). Mereka yang tertindas secara ekonomi di
dunia ini belajar bahwa mereka tidak dapat mempercayai harta kekayaan
materiel. Oleh karena itu, mereka lebih siap menanggapi undangan Yesus
untuk "datang kepada-Ku kamu yang letih lesu dan berbeban berat"
(Mat 11:28;
lihat art. KEKAYAAN DAN KEMISKINAN).
15 Full Life: BERKATALAH DAN BERLAKULAH.
Nas : Yak 2:12
Kita harus berbicara dan bertindak dari sudut pandangan orang yang
akan dihakimi oleh Allah dan "hukum yang memerdekakan", yaitu hukum dan
kasih Allah yang dicurahkan ke dalam hati kita oleh Roh Allah. Allah akan
menghukum semua orang yang pilih kasih karena sikap itu melanggar hukum
kasih
(lihat cat. --> Yak 2:1;
[atau ref. Yak 2:1]
lihat art. PENGADILAN ORANG PERCAYA).
16 Full Life: MEMPUNYAI IMAN, PADAHAL IA TIDAK MEMPUNYAI PERBUATAN.
Nas : Yak 2:14
Ayat Yak 2:14-26 membahas persoalan anggota gereja yang mengaku
memiliki iman yang menyelamatkan kepada Tuhan Yesus Kristus, namun pada
saat yang bersamaan tidak pernah menunjukkan bukti pengabdian yang
sungguh-sungguh kepada Dia dan Sabda-Nya.
- 1) Iman yang menyelamatkan senantiasa merupakan iman hidup yang tidak
berhenti dengan sekadar mengaku Kristus sebagai Juruselamat, tetapi juga
mendorong ketaatan kepada Dia sebagai Tuhan. Demikianlah, ketaatan
adalah aspek yang penting dari iman. Hanya mereka yang taat dapat
percaya dan hanya mereka yang percaya dapat taat
(lihat cat. --> Yak 2:24;
lihat cat. --> Rom 1:5
[atau ref. Yak 2:24; Rom 1:5]
mengenai "ketaatan yang disebabkan oleh iman";
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
- 2) Perhatikan bahwa tidak ada pertentangan di antara Paulus dengan
Yakobus mengenai persoalan iman yang menyelamatkan. Biasanya Paulus
menekankan iman sebagai sarana untuk seorang menerima Kristus sebagai
Juruselamat (Rom 3:22). Yakobus memperhatikan kenyataan bahwa iman
yang sejati harus aktif dan tekun sehingga membentuk keberadaan kita.
17 Full Life: JIKA IMAN ITU TIDAK DISERTAI PERBUATAN ... PADA HAKEKATNYA ADALAH MATI.
Nas : Yak 2:17
Teks :
- 1) Iman sejati yang menyelamatkan begitu penting sehingga mau tidak mau
harus menyatakan diri di dalam tindakan saleh dan pengabdian kepada
Yesus Kristus. Perbuatan tanpa iman adalah perbuatan yang mati. Iman
tanpa perbuatan adalah iman yang mati. Iman yang sejati selalu
menyatakan dirinya dalam ketaatan kepada Allah dan perbuatan belas
kasihan terhadap mereka yang membutuhkannya
(lihat cat. --> Yak 2:22;
lihat cat. --> Rom 1:5;
[atau ref. Yak 2:22; Rom 1:5]
lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT;
dan
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
- 2) Yakobus mengarahkan ajaran ini kepada mereka di dalam gereja yang
mengaku beriman kepada Kristus dan pendamaian oleh darah-Nya, sambil
percaya bahwa pengakuan itu saja sudah cukup untuk keselamatan. Mereka
berkeyakinan bahwa hubungan pribadi dalam ketaatan dengan Kristus
sebagai Tuhan tidak penting. Yakobus mengatakan bahwa iman semacam itu
mati dan tidak menghasilkan keselamatan atau sesuatu yang baik (ayat
Yak 2:14-16,20-24). Satu-satunya jenis iman yang menyelamatkan ialah
"iman yang bekerja oleh kasih" (Gal 5:6).
- 3) Pada pihak lain, jangan beranggapan bahwa kita memelihara iman yang
hidup hanya dengan usaha kita sendiri. Kasih karunia Allah, Roh Kudus
yang mendiami kita dan syafaat Kristus
(lihat cat. --> Ibr 7:25)
[atau ref. Ibr 7:25]
bekerja di dalam kehidupan kita untuk memungkinkan kita menanggapi Allah
"yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman" (Rom 1:17).
Jikalau kita berhenti menanggapi kasih karunia Allah dan pimpinan Roh,
maka iman kita akan mati.
18 Full Life: DIBENARKAN KARENA PERBUATAN-PERBUATANNYA.
Nas : Yak 2:21
Kebenaran Abraham tidak bersumber dari "melakukan hukum Taurat"
(Rom 3:28), tetapi oleh iman dan perbuatan yang bekerja sama di dalam
kasih. Kesediaannya untuk mengorbankan Ishak merupakan ungkapan iman dan
komitmennya kepada Allah
(lihat cat. --> Kej 15:6;
lihat cat. --> Kej 22:1).
[atau ref. Kej 15:6; 22:1]
Yakobus memakai contoh Abraham untuk menghancurkan kepercayaan bahwa iman
dapat berada tanpa komitmen dan kasih kepada Allah. Rasul Paulus memakai
contoh iman Abraham untuk membinasakan pandangan bahwa keselamatan
berdasarkan jasa perbuatan seseorang dan bukan kasih karunia Allah
(Rom 4:3; Gal 3:6).
19 Full Life: IMAN BEKERJASAMA DENGAN PERBUATAN-PERBUATAN.
Nas : Yak 2:22
Yakobus tidak mengatakan bahwa yang menyelamatkan kita adalah iman
dan perbuatan. Anggapan ini memisahkan iman dari perbuatan. Sebaliknya,
Yakobus berjuang untuk iman yang bekerja. Demikian, iman dan perbuatan
tidak pernah dapat dipisahkan; perbuatan dengan sendirinya mengalir dari
iman
(lihat cat. --> Gal 5:6).
[atau ref. Gal 5:6]
20 Full Life: DIBENARKAN KARENA PERBUATAN-PERBUATANNYA.
Nas : Yak 2:24
Kata Yunani _ergon_ yang diterjemahkan "perbuatan-perbuatannya"
dipakai oleh Yakobus dengan arti yang berbeda daripada yang dipergunakan
Paulus dalam Ef 2:9 yang diterjemahkan di situ sebagai "pekerjaanmu".
- 1) Bagi Yakobus, "perbuatan-perbuatannya" menunjuk kepada kewajiban
terhadap Allah dan sesama manusia yang diperintahkan dalam Alkitab dan
yang bersumber dari iman yang sungguh-sungguh, hati yang murni, kasih
karunia Allah, dan keinginan untuk menyenangkan Kristus.
- 2) Bagi Paulus, "pekerjaan" menunjuk kepada keinginan untuk memperoleh
perkenan dan keselamatan melalui usaha menaati hukum Taurat dengan
kekuatan sendiri dan bukan melalui pertobatan dan iman kepada Kristus.
- 3) Perhatikan bahwa baik Paulus maupun Yakobus dengan tegas menyatakan
bahwa iman yang menyelamatkan dengan sendirinya akan menghasilkan
perbuatan-perbuatan kasih (Yak 1:27; 2:8; Gal 5:6; 1Kor 13:1-13; bd.
Yoh 14:15).