Roma 3:25
3:25 Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian
karena iman, dalam darah-Nya
1 .
Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan
dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.
Roma 5:6-8
5:6 Karena waktu kita masih lemah,
Kristus telah mati untuk kita orang-orang durhaka
pada waktu yang ditentukan
oleh Allah.
5:7 Sebab tidak mudah seorang mau mati untuk orang yang benar--tetapi mungkin untuk orang yang baik ada orang yang berani mati--.
5:8 Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita,
ketika kita masih berdosa.
Roma 8:3
8:3 Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya
oleh daging,
telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging
yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman
atas dosa di dalam daging,
Roma 8:32
8:32 Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya
sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?
Yesaya 53:5-6
53:5 Tetapi dia tertikam
oleh karena pemberontakan
kita
2 , dia diremukkan
oleh karena kejahatan kita; ganjaran
yang mendatangkan keselamatan
bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya
kita menjadi sembuh
3 .
53:6 Kita sekalian sesat
seperti domba
4 , masing-masing kita mengambil jalannya
sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan
kita sekalian.
Yesaya 53:10-12
53:10 Tetapi TUHAN berkehendak
meremukkan
dia
5 dengan kesakitan.
Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah,
ia akan melihat keturunannya,
umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana
olehnya.
53:11 Sesudah kesusahan
jiwanya
6 ia akan melihat terang
dan menjadi puas; dan hamba-Ku
itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan
banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan
mereka dia pikul.
53:12 Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar
sebagai rampasan,
dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut
7 dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak,
sekalipun ia menanggung
dosa banyak
orang dan berdoa
untuk pemberontak-pemberontak
8 .
Daniel 9:24
9:24 Tujuh puluh kali tujuh masa
9 telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu
yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan
kesalahan, untuk mendatangkan keadilan
yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.
Daniel 9:26
9:26 Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan
seorang yang telah diurapi
10 , padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah;
dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan,
seperti yang telah ditetapkan.
Zakharia 13:7
Pedang menimpa -- Umat baru
13:7 "Hai pedang,
bangkitlah terhadap gembala-Ku,
terhadap orang yang paling karib kepada-Ku!", demikianlah firman TUHAN semesta alam. "Bunuhlah gembala
11 , sehingga domba-domba tercerai-berai!
Aku akan mengenakan tangan-Ku terhadap yang lemah.
Matius 20:28
20:28 sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang 12 ."
Matius 20:1
Perumpamaan tentang orang-orang upahan di kebun anggur
20:1 "Adapun hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang tuan rumah yang pagi-pagi benar keluar mencari pekerja-pekerja untuk kebun anggurnya 13 .
Kolose 1:3-4
Ucapan syukur dan doa
1:3 Kami selalu mengucap syukur kepada Allah,
Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, setiap kali kami berdoa untuk kamu,
1:4 karena kami telah mendengar tentang imanmu dalam Kristus Yesus dan tentang kasihmu
terhadap semua orang kudus,
Kolose 1:2
1:2 kepada saudara-saudara yang kudus dan yang percaya dalam Kristus di Kolose
14 . Kasih karunia
dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita,
menyertai kamu.
Kolose 1:21
1:21 Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya
dalam hati dan pikiran
seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat,
Galatia 1:4
1:4 yang telah menyerahkan diri-Nya karena dosa-dosa
kita, untuk melepaskan kita dari dunia jahat
yang sekarang ini
15 , menurut kehendak Allah dan Bapa
kita.
Galatia 3:13
3:13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat
dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!
"
Efesus 5:2
5:2 dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu
dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita
sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah.
Titus 2:14
2:14 yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita
16 untuk membebaskan kita dari segala kejahatan
dan untuk menguduskan
bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri,
yang rajin berbuat baik.
Ibrani 9:28
9:28 demikian pula Kristus hanya satu kali
saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi
17 tanpa menanggung dosa
untuk menganugerahkan keselamatan
kepada mereka, yang menantikan Dia.
Ibrani 9:1
Tempat kudus di bumi dan di sorga
9:1 Memang perjanjian yang pertama
18 juga mempunyai peraturan-peraturan untuk ibadah dan untuk tempat kudus
buatan tangan manusia.
Pengkhotbah 1:18
1:18 karena di dalam banyak hikmat ada banyak susah hati,
dan siapa memperbanyak pengetahuan, memperbanyak kesedihan.
Pengkhotbah 1:1
Segala sesuatu sia-sia
1:1 Inilah perkataan Pengkhotbah,
anak Daud, raja di Yerusalem.
Pengkhotbah 2:24
2:24 Tak ada yang lebih baik bagi manusia dari pada makan dan minum
dan bersenang-senang dalam jerih payahnya.
Aku menyadari bahwa inipun dari tangan Allah
19 .
Pengkhotbah 3:18
3:18 Tentang anak-anak manusia aku berkata dalam hati: "Allah hendak menguji mereka dan memperlihatkan kepada mereka bahwa mereka hanyalah binatang.
"
Pengkhotbah 3:1
Untuk segala sesuatu ada waktunya
3:1 Untuk segala sesuatu ada masanya,
untuk apapun di bawah langit ada waktunya
20 .
Yohanes 2:2
2:2 Yesus dan murid-murid-Nya diundang juga ke perkawinan itu.
Yohanes 4:9-10
4:9 Maka kata perempuan Samaria itu kepada-Nya: "Masakan Engkau, seorang Yahudi, minta minum kepadaku, seorang Samaria?
" (Sebab orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria.)
4:10 Jawab Yesus kepadanya:
"Jikalau engkau tahu tentang karunia Allah dan siapakah Dia yang berkata kepadamu: Berilah Aku minum! niscaya engkau telah meminta kepada-Nya dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup."
Wahyu 1:5
1:5 dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia,
yang pertama bangkit dari antara orang mati
dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini.
Bagi Dia, yang mengasihi kita
dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya
--
Wahyu 5:9
5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian
baru katanya: "Engkau layak
menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu
Engkau telah membeli
mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.
Wahyu 7:14
7:14 Maka kataku kepadanya: "Tuanku, tuan mengetahuinya." Lalu ia berkata kepadaku: "Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar
21 ; dan mereka telah mencuci jubah
mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba.
1 Full Life: DARAH-NYA.
Nas : Rom 3:25
PB menekankan beberapa kebenaran mengenai kematian Kristus.
- 1) Kematian itu suatu pengorbanan, yaitu korban darah-Nya (bd.
1Kor 5:7; Ef 5:2)
- 2) Kematian itu adalah untuk orang lain, yaitu Dia tidak mati bagi diri
sendiri, tetapi untuk orang lain (Rom 5:8; 8:32; Mr 10:45; Ef 5:2).
- 3) Kematian itu bersifat penggantian, yaitu Kristus mengalami kematian
sebagai hukuman atas dosa kita, sebagai pengganti kita (Rom 6:23;
lihat art. HARI PENDAMAIAN).
- 4) Kematian itu adalah mendamaikan, yaitu kematian Kristus demi orang
berdosa memuaskan sifat Allah yang benar dan keadaan moral-Nya, sehingga
dengan demikian mengalihkan murka Allah dari orang berdosa yang
bertobat. Integritas Allah menuntut bahwa dosa dihukum dan korban
pendamaian dibuat untuk kita. Melalui korban pendamaian oleh darah
Kristus, kekudusan Allah tetap tidak berkompromi dan Dia sanggup
menyatakan kasih karunia dan kasih-Nya dalam keselamatan dengan adil.
Harus ditekankan bahwa Allah sendirilah yang telah menetapkan Kristus
sebagai korban pendamaian. Allah tidak perlu diajak untuk menunjukkan
kasih dan belas kasihan-Nya, sebab "Allah mendamaikan dunia dengan
diri-Nya oleh Kristus" (2Kor 5:19; bd. Yoh 3:16; Rom 5:8; 8:3,32;
1Kor 8:6; Ef 4:4-6).
- 5) Kematian itu adalah penebusan, yaitu suatu korban untuk menebus atau
membayar kerugian karena dosa. Dalam pengertian ini, kematian Kristus
sebagai korban adalah dalam rangka meniadakan kesalahan akibat dosa.
Melalui kematian Kristus kesalahan dan kuasa dosa yang memisahkan Allah
dengan orang percaya ditiadakan.
- 6) Kematian Kristus itu mujarab, artinya kematian-Nya sebagai korban
pendamaian mengandung khasiat untuk menghasilkan efek penebusan penuh
yang diinginkan, bila kita menerimanya dengan iman.
- 7) Kematian itu adalah kemenangan, yaitu di salib Kristus berjuang dan
menang atas kuasa dosa, Iblis, dan segala kekuatan jahat yang
membelenggu manusia. Kematian Kristus adalah kemenangan awal Allah atas
musuh-musuh rohani Allah dan manusia (Rom 8:3; Yoh 12:31-32;
Kol 2:15). Jadi, kematian Kristus bersifat menebus. Dengan membayar
tebusan dengan hidup-Nya sendiri (1Pet 1:18-19), Dia membebaskan
kita dari musuh yang memperbudak umat manusia, yaitu dosa (Rom 6:6),
kematian (2Tim 1:10; 1Kor 15:54-57) dan Iblis (Kis 10:38),
sehingga membebaskan kita untuk melayani Allah (Rom 6:18;
lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).
Semua hasil di atas dari kematian Kristus sebagai korban membuka peluang
keselamatan bagi semua orang, tetapi hanya benar-benar dialami oleh mereka
yang oleh iman menerima Yesus Kristus dan kematian-Nya bagi mereka.
2 Full Life: TERTIKAM OLEH KARENA PEMBERONTAKAN KITA.
Nas : Yes 53:5
Kristus disalib karena kita telah berdosa dan bersalah di hadapan
Allah (bd. Mazm 22:17; Za 12:10; Yoh 19:34). Selaku pengganti kita, Ia
menerima hukuman yang seharusnya kita terima dan menanggung hukuman
dosa-dosa kita -- hukuman mati (Rom 6:23); karena itu, kita dapat
diampuni dan berdamai dengan Allah (Rom 5:1).
3 Full Life: OLEH BILUR-BILUR-NYA KITA MENJADI SEMBUH.
Nas : Yes 53:5
Penyembuhan di sini mengacu kepada keselamatan dengan semua
keuntungan rohani dan jasmani. Penyakit dan kelemahan adalah akibat dari
kejatuhan manusia dan kegiatan Iblis di dunia ini
(lihat art. PENYEMBUHAN ILAHI).
"Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan
perbuatan-perbuatan Iblis itu" (1Yoh 3:8). Kristus memberikan
karunia-karunia untuk menyembuhkan kepada jemaat-Nya dan memerintah para
pengikut-Nya untuk menyembuhkan orang sakit selaku bagian dari pemberitaan
kerajaan Allah (Luk 9:1-2,6; 10:1,8-9,19).
4 Full Life: KITA SEKALIAN SESAT SEPERTI DOMBA.
Nas : Yes 53:6
Setiap orang pada saat tertentu telah ingin mengikuti jalannya
sendiri yang mementingkan diri dan berdosa daripada menaati
perintah-perintah Allah yang benar
(lihat cat. --> Rom 6:1);
[atau ref. Rom 6:1]
kita semua bersalah, dan oleh karena itu kita semua membutuhkan Kristus
untuk mati sebagai pengganti kita.
5 Full Life: TUHAN BERKEHENDAK MEREMUKKAN DIA.
Nas : Yes 53:10
Allah Bapa berkehendak bahwa Anak-Nya diutus untuk mati di salib
bagi dunia yang terhilang
(lihat cat. --> Yoh 3:16;
[atau ref. Yoh 3:16]
lihat art. KEHENDAK ALLAH).
Dengan menjadikan Kristus korban pendamaian bagi semua pelanggaran (bd.
Im 5:15; 6:5; 19:21;
lihat art. HARI PENDAMAIAN),
rencana penebusan Allah untuk membawa banyak orang kepada keselamatan sudah
terlaksana. Yang dimaksud dengan "umurnya akan lanjut" ialah bahwa Dia akan
"bangkit dari antara orang mati dan hidup untuk selama-lamanya".
6 Full Life: KESUSAHAN JIWANYA.
Nas : Yes 53:11
Penderitaan Mesias akan melaksanakan maksud Allah dan menghasilkan
keselamatan bagi "banyak" orang yang percaya.
7 Full Life: MENYERAHKAN NYAWANYA KE DALAM MAUT.
Nas : Yes 53:12
Karena kematian Yesus di salib, suatu warisan besar tekah disalurkan
kepada umat Allah. Setiap pemberitaan Injil yang tidak memberitakan salib
Kristus dan tuntutannya untuk memisahkan diri dari dosa pada akhirnya akan
gagal; usaha-usaha tersebut akan hampa kehadiran Kristus dan Roh-Nya.
8 Full Life: BERDOA UNTUK PEMBERONTAK-PEMBERONTAK.
Nas : Yes 53:12
Dalam kesengsaraan-Nya di salib, Yesus menaikkan syafaat bagi orang
berdosa (Luk 23:34); pelayanan syafaat-Nya ini masih diteruskan di
sorga (bd. Rom 8:34;
lihat cat. --> Ibr 7:25).
[atau ref. Ibr 7:25]
9 Full Life: TUJUH PULUH KALI TUJUH MASA.
Nas : Dan 9:24
Di sini nubuat Daniel tentang Israel dan kota kudus sangat penting
bagi hari-hari terakhir zaman ini. Kata yang diterjemahkan "tujuh masa" di
sini berarti kesatuan tujuh tahun; jadi, "tujuh puluh kali tujuh masa"
adalah periode 490 tahun. Enam hal khusus akan terlaksana bagi Irael selama
490 tahun.
- 1) Suatu pendamaian bagi kefasikan akan diadakan, yang terlaksana dalam
kematian Yesus yang mendamaikan.
- 2) Dosa akan diakhiri. Seluruh Israel (yaitu kaum sisa) akan kembali
kepada Allah dalam kebenaran
(lihat cat. --> Rom 11:26;
[atau ref. Rom 11:26]
lihat art. ISRAEL DALAM RENCANA KESELAMATAN ALLAH).
- 3) "Kesalahan" mereka akan dihapuskan; yaitu, pelanggaran nasional
berupa ketidakpercayaan akan berhenti (bd. Yer 33:7-8;
Yeh 37:21-23).
- 4) Suatu pemerintahan "keadilan yang kekal" akan didatangkan (bd.
Yes 59:2-21; Yer 31:31-34).
- 5) Nubuat akan digenapi dan disempurnakan (bd. Kis 8:19-21).
- 6) Yesus Kristus akan diurapi sebagai Raja (bd. 1Sam 9:16; 10:1;
Yeh 21:26-27).
10 Full Life: AKAN DISINGKIRKAN SEORANG YANG TELAH DIURAPI.
Nas : Dan 9:26
Setelah "tujuh kali tujuh masa" (ayat Dan 9:25) dan setelah
"enam puluh dua kali tujuh masa," yaitu sejumlah 69 "tujuh masa" (483
tahun) dua hal akan terjadi:
- 1) Mesias akan "disingkirkan" atau disalibkan (bd. Yes 53:8).
- 2) "Rakyat seorang raja" akan memusnahkan Yerusalem dan Bait Suci.
"Rakyat itu" adalah pasukan Roma yang membinasakan Yerusalem pada tahun
70 M
(lihat cat. --> Luk 21:20);
[atau ref. Luk 21:20]
"raja" mengacu kepada antikristus akhir zaman.
- 3) Perhatikan bahwa kebinasaan Yerusalem tidak langsung menyusul
penyaliban Kristus; jadi, akhir dari 69 "tujuh masa" terpisah oleh suatu
jarak waktu dari awal "tujuh masa" ke-70. Banyak penafsir mengatakan
bahwa zaman gereja adalah jarak waktu di antara "tujuh masa" ke-69
dengan yang ke-70.
11 Full Life: PEDANG ... BUNUHLAH GEMBALA.
Nas : Za 13:7
Di dalam pandangan nubuat ini tentang masa depan ini, gembala adalah
Mesias.
- 1) Allah menyebut si gembala "orang yang paling karib kepada-Ku"
(yaitu, orang sederajat, teman sejawat) dan karena itu Mesias yang
ilahi.
- 2) Gembala-Mesias akan dipukul, yaitu disalibkan. Murid-murid-Nya akan
terserak bagaikan domba (lih. Mat 26:31,56; Mr 14:27). Nubuat ini
juga mungkin melambangkan perserakan bangsa Yahudi pada tahun 70 M.
12 Full Life: TEBUSAN BAGI BANYAK ORANG.
Nas : Mat 20:28
Tebusan berarti suatu harga yang dibayar untuk memperoleh kebebasan
seorang. Dalam karya penebusan Kristus, kematian-Nya merupakan harga yang
dibayar untuk membebaskan manusia dari kuasa dosa
(lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).
Kita dibebaskan dari hukuman (Rom 3:25-26), dosa (Ef 1:7) dan
kematian (Rom 8:2). Istilah "banyak orang" dipakai dengan pengertian
"semua orang" (1Tim 2:5-6;
lihat cat. --> Rom 3:25
[atau ref. Rom 3:25]
mengenai makna salib Kristus).
13 Full Life: PEKERJA-PEKERJA UNTUK KEBUN ANGGURNYA.
Nas : Mat 20:1
Perumpamaan tentang pekerja di kebun anggur ini mengajarkan bahwa
perihal memasuki Kerajaan Allah adalah soal hak istimewa, bukan soal jasa.
Di sini Kristus memperingatkan akan tiga sikap yang salah:
- 1) Jangan merasa diri lebih unggul karena memiliki kedudukan atau tugas
yang menguntungkan.
- 2) Jangan lupa untuk turut merasakan kepedulian Allah yang ingin
menawarkan kasih karunia-Nya kepada sekalian orang.
- 3) Janganlah iri hati terhadap berkat rohani yang diterima oleh orang
lain.
14 Full Life: SAUDARA-SAUDARA ... YANG PERCAYA ... DI KOLOSE.
Nas : Kol 1:2
Paulus menulis kepada jemaat Kolose oleh sebab guru-guru palsu telah
menyusup ke dalam gereja. Mereka mengajar bahwa penyerahan kepada Kristus
dan ketaatan kepada ajaran para rasul tidak memadai untuk mendapat
keselamatan penuh. Ajaran palsu ini mencampur "filsafat" dan "tradisi"
manusia dengan Injil (Kol 2:8) dan meminta penyembahan para malaikat
sebagai pengantara antara Allah dan manusia (Kol 2:18). Para guru palsu
ini menuntut pelaksanaan beberapa syarat agama Yahudi (Kol 2:16,21-23)
serta membenarkan kekeliruan mereka dengan menyatakan bahwa mereka mendapat
wahyu melalui penglihatan-penglihatan (Kol 2:18).
- 1) Filsafat mendasar di balik ajaran salah ini tampak dewasa ini di
dalam ajaran bahwa Yesus Kristus dan Injil asli PB tidak memadai untuk
memenuhi keperluan rohaniah kita
(lihat cat. --> 2Pet 1:3).
[atau ref. 2Pet 1:3]
- 2) Paulus membuktikan salahnya bidat ini dengan menunjukkan bahwa
Kristus bukan saja Juruselamat pribadi kita, tetapi kepala gereja dan
Tuhan semesta alam dan ciptaan juga. Karena itu, bukannya filsafat atau
hikmat manusia, melainkan Yesus Kristus dan kuasa-Nya di dalam kehidupan
kita itulah yang menebus dan menyelamatkan kita untuk selama-lamanya;
perantara tidak perlu dan kita harus langsung menghampiri Dia.
- 3) Menjadi orang percaya berarti beriman kepada Kristus dan Injil-Nya,
bersandar kepada-Nya, mengasihi Dia dan hidup di hadirat-Nya. Kita tidak
boleh menambah apa-apa pada Injil atau memajukan hikmat atau filsafat
humanistik yang modern.
15 Full Life: MELEPASKAN KITA DARI DUNIA JAHAT YANG SEKARANG INI.
Nas : Gal 1:4
Ayat ini mungkin adalah suatu pengakuan iman mula-mula yang terkenal
dalam gereja-gereja PB. Pengakuan ini menghubungkan kematian Kristus dengan
pengampunan dosa dan pembebasan dari "dunia jahat yang sekarang ini".
Pembebasan orang percaya dari kejahatan yang menguasai masyarakat dunia ini
perlu sekali untuk tujuan keselamatan Kristus. Berita Injil yang pertama
pada hari Pentakosta mengandung kata-kata, "Berilah dirimu diselamatkan
dari angkatan yang jahat ini" (Kis 2:40). Orang percaya harus hidup
bagi Allah dan menolak untuk dikuasai oleh nilai-nilai, kebijaksanaan,
pandangan, keinginan jahat, dan kesenangan yang mementingkan diri dari
orang dunia ini (bd. Tit 2:14;
lihat cat. --> Rom 12:2;
[atau ref. Rom 12:2]
lihat art. HUBUNGAN ORANG KRISTEN DENGAN DUNIA).
16 Full Life: YANG TELAH MENYERAHKAN DIRI-NYA BAGI KITA.
Nas : Tit 2:14
Kristus mencurahkan darah-Nya di salib (1Pet 1:18-19) supaya
- (1) menebus kita dari semua kejahatan dan keinginan untuk menentang
hukum Allah dan standar-Nya yang kudus (bd. 1Yoh 3:4), dan
- (2) menjadikan kita umat yang kudus, terpisah dari dosa dan dunia
untuk menjadi milik khusus Allah sendiri.
Mereka yang bergumul dengan dosa dan kuasa Iblis harus mengetahui bahwa
jikalau Kristus telah mati bagi penebusan mereka, lebih lagi Dia akan
memberikan kasih karunia cukup untuk hidup berkemenangan atas kuasa dosa
dan kejahatan (Rom 5:9-11).
17 Full Life: IA AKAN MENYATAKAN DIRI-NYA SEKALI LAGI.
Nas : Ibr 9:28
Dibawah perjanjian yang lama, orang Israel menanti dengan ketegangan
munculnya kembali imam besar mereka setelah ia memasuki tempat yang
mahakudus untuk mengadakan pendamaian. Demikian pula orang-orang percaya
yang mengetahui bahwa Imam Besar mereka telah memasuki tempat yang
mahakudus di sorga sebagai pembela, menanti-nanti dengan harapan yang
sungguh-sungguh kemunculan-Nya kembali untuk membawa keselamatan sempurna
(lihat cat. --> Yoh 14:3;
[atau ref. Yoh 14:3]
2Tim 4:8;
lihat art. KEANGKATAN GEREJA).
18 Full Life: PERJANJIAN YANG PERTAMA.
Nas : Ibr 9:1-7
Ketika membahas bahwa perjanjian yang baru jauh lebih unggul
daripada perjanjian yang lama (yang pertama), penulis surat ini
menganalisis ciri-ciri utama dari ibadah dan upacara korban dalam agama
Israel.
Lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.
19 Full Life: DARI TANGAN ALLAH.
Nas : Pengkh 2:24-26
Penulis mencapai dua kesimpulan:
- 1) Makan, minum, dan bekerja -- sebenarnya, semua kegiatan dalam hidup
-- dapat memuaskan hanya apabila orang itu memiliki hubungan pribadi
dengan Allah. Hanya Dialah yang memungkinkan kita menemui kenikmatan
dalam hidup ini.
- 2) Allah memberikan hikmat, pengetahuan, dan sukacita sejati kepada
mereka yang di dalam iman berkenan kepada-Nya (bd. Pengkh 3:12-13,22;
Pengkh 5:18-20; 8:15; 9:7). Jadi, kita harus memandang hidup ini
sebagai pemberian dari Allah dan mengharapkan bahwa Ia akan melaksanakan
maksud-Nya bagi kita
(lihat cat. --> Fili 2:13).
[atau ref. Fili 2:13]
20 Full Life: UNTUK SEGALA SESUATU ADA MASANYA ... ADA WAKTUNYA.
Nas : Pengkh 3:1-8
Allah mempunyai rencana kekal yang mencakup semua maksud dan
kegiatan setiap orang di muka bumi. Kita harus mempersembahkan diri kepada
Allah sebagai persembahan kudus, membiarkan Roh Kudus melaksanakan rencana
Allah bagi kita, dan berhati-hati agar kita tidak ke luar dari kehendak
Allah sehingga kehilangan waktu dan maksud yang ditetapkan-Nya bagi hidup
kita
(lihat cat. --> Rom 12:1;
lihat cat. --> Rom 12:2).
[atau ref. Rom 12:1-2]
21 Full Life: KESUSAHAN YANG BESAR.
Nas : Wahy 7:14
Kesusahan atau kesengsaraan besar ini merupakan suatu masa hukuman
ilahi atas dunia fasik yang telah menolak Kristus, tetapi ini juga menjadi
suatu masa murka dan penganiayaan dari Iblis terhadap mereka yang menerima
Kristus dan Firman-Nya sepanjang masa kesengsaraan itu (Wahy 12:12).
Selama masa ini, banyak orang kudus akan menderita secara hebat sebagai
sasaran murka Iblis dan orang-orang yang tidak takut akan Allah (ayat
Wahy 7:9-17; 6:9-11; 20:4; bd. Wahy 14:13;
lihat art. KESENGSARAAN BESAR).
Konflik antara kebenaran dan kejahatan sedemikian hebat sehingga hanya
dapat disebut "kesusahan yang besar". Dalam bahasa Yunani, ungkapan ini
secara harafiah berbunyi, "kesengsaraan itu, yang besar itu", dan dalam
bahasa Yunani pengulangan kata sandang "itu" menjadikannya suatu pernyataan
yang ditegaskan.