Mazmur 21:1
Nyanyian syukur karena kemenangan raja
21:1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (21-2) TUHAN, karena kuasa-Mulah
raja bersukacita; betapa besar kegirangannya karena kemenangan yang dari pada-Mu!
Mazmur 21:5
21:5 (21-6) Besar kemuliaannya karena kemenangan
yang dari pada-Mu; keagungan dan semarak
telah Kaukaruniakan kepadanya.
Mazmur 97:6
97:6 Langit memberitakan keadilan-Nya,
dan segala bangsa melihat kemuliaan-Nya.
Hagai 2:7
2:7 (2-8) Aku akan menggoncangkan segala bangsa, sehingga barang yang indah-indah
kepunyaan segala bangsa datang mengalir, maka Aku akan memenuhi Rumah
ini dengan kemegahan,
firman TUHAN semesta alam.
Hagai 2:9
2:9 (2-10) Adapun Rumah
ini, kemegahannya
yang kemudian akan melebihi kemegahannya yang semula, firman TUHAN semesta alam, dan di tempat ini Aku akan memberi damai sejahtera,
demikianlah firman TUHAN semesta alam."
Maleakhi 3:1
3:1 Lihat, Aku menyuruh utusan-Ku
1 ,
supaya ia mempersiapkan jalan di hadapan-Ku!
Dengan mendadak Tuhan
yang kamu cari itu akan masuk ke bait-Nya! Malaikat Perjanjian
2 yang kamu kehendaki
itu, sesungguhnya, Ia datang, firman TUHAN semesta alam.
Maleakhi 3:1
3:1 Lihat, Aku menyuruh utusan-Ku
3 ,
supaya ia mempersiapkan jalan di hadapan-Ku!
Dengan mendadak Tuhan
yang kamu cari itu akan masuk ke bait-Nya! Malaikat Perjanjian
4 yang kamu kehendaki
itu, sesungguhnya, Ia datang, firman TUHAN semesta alam.
Kolose 2:8
2:8 Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya
yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia,
tetapi tidak menurut Kristus
5 .
Yakobus 2:1-2
Jangan memandang muka
2:1 Saudara-saudaraku, sebagai orang yang beriman kepada Yesus Kristus, Tuhan kita yang mulia,
janganlah iman itu kamu amalkan dengan memandang muka
6 .
2:2 Sebab, jika ada seorang masuk ke dalam kumpulanmu dengan memakai cincin emas dan pakaian indah dan datang juga seorang miskin ke situ dengan memakai pakaian buruk,
Pengkhotbah 3:18
3:18 Tentang anak-anak manusia aku berkata dalam hati: "Allah hendak menguji mereka dan memperlihatkan kepada mereka bahwa mereka hanyalah binatang.
"
Wahyu 4:11
4:11 "Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa;
sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan.
"
1 Full Life: AKU MENYURUH UTUSAN-KU.
Nas : Mal 3:1
Ketika menjawab ketidakpercayaan umat itu, Maleakhi menekankan
kepastian kedatangan Mesias. Sebelum Ia datang, Ia akan mengutus seorang
untuk membuka jalan. Nubuat ini digenapi ketika Yohanes Pembaptis tampil
sebagai pendahulu Yesus Kristus (lih. Mat 11:10; Mr 1:2; Luk 1:76;
Luk 7:27).
2 Full Life: MALAIKAT PERJANJIAN.
Nas : Mal 3:1-5
"Malaikat" tersebut adalah Yesus sang Mesias. Kedatangan-Nya yang
pertama dan kedua disatukan dalam bagian ini.
3 Full Life: AKU MENYURUH UTUSAN-KU.
Nas : Mal 3:1
Ketika menjawab ketidakpercayaan umat itu, Maleakhi menekankan
kepastian kedatangan Mesias. Sebelum Ia datang, Ia akan mengutus seorang
untuk membuka jalan. Nubuat ini digenapi ketika Yohanes Pembaptis tampil
sebagai pendahulu Yesus Kristus (lih. Mat 11:10; Mr 1:2; Luk 1:76;
Luk 7:27).
4 Full Life: MALAIKAT PERJANJIAN.
Nas : Mal 3:1-5
"Malaikat" tersebut adalah Yesus sang Mesias. Kedatangan-Nya yang
pertama dan kedua disatukan dalam bagian ini.
5 Full Life: FILSAFATNYA YANG KOSONG ... TIDAK MENURUT KRISTUS.
Nas : Kol 2:8
Paulus mengingatkan kita untuk berwaspada terhadap segala filsafat
agama, dan tradisi yang menekankan usaha manusia terlepas dari Allah dan
penyataan-Nya dalam Alkitab. Sekarang ini salah satu ancaman filsafat yang
terbesar terhadap kekristenan yang berdasarkan Alkitab adalah "humanisme
sekular". Paham ini telah menjadi filsafat yang mendasar dan agama yang
diterima dalam kebanyakan pendidikan sekular, pemerintahan, dan masyarakat
pada umumnya. Paham ini juga merupakan segi pandangan yang tetap dari
kebanyakan media berita dan hiburan di seluruh dunia.
- 1) Apakah yang diajarkan oleh filsafat humanisme?
- (a) Filsafat ini mengajar bahwa umat manusia, alam semesta, dan
segala sesuatu yang ada hanya terdiri atas zat dan tenaga yang
terbentuk secara kebetulan dalam wujudnya yang sekarang.
- (b) Manusia tidak diciptakan oleh Allah yang berkepribadian, tetapi
adalah hasil suatu proses evolusi yang untung-untungan.
- (c) Paham ini menolak kepercayaan kepada Allah yang berkepribadian
dan tak terbatas serta menyangkal bahwa Alkitab adalah penyataan
yang diilham oleh Allah kepada umat manusia.
- (d) Ditegaskannya bahwa pengetahuan tidak ada terlepas dari penemuan
manusia dan bahwa nalar manusialah yang menentukan etika yang tepat
bagi masyarakat, dan dengan demikian menjadikan manusia sebagai
otoritas yang tertinggi.
- (e) Paham ini berusaha untuk mengubah atau memperbaiki perilaku
manusia melalui pendidikan, redistribusi ekonomi, psikologi modern
atau hikmat manusia.
- (f) Diajarkannya bahwa standar moral tidaklah mutlak, melainkan
nisbi, ditetapkan oleh apa yang membahagiakan orang, membuatnya
senang, atau dianggap baik untuk masyarakat sesuai dengan
tujuan-tujuan yang ditentukan oleh para pemimpinnya; nilai-nilai dan
moralitas alkitabiah ditolak.
- (g) Rasa nyaman-diri, kepuasan, dan kesenangan dianggapnya sebagai
keuntungan yang tertinggi dalam hidup.
- (h) Ditegaskannya bahwa manusia harus belajar untuk menanggulangi
kematian dan segala kesukaran dalam hidup tanpa percaya kepada atau
bergantung pada Allah.
- 2) Filsafat humanisme mulai dengan Iblis dan merupakan perwujudan
kebohongan Iblis bahwa manusia dapat menjadi seperti Allah
(Kej 3:5). Alkitab menyebut para penganut humanisme sebagai orang
yang telah "menggantikan kebenaran Allah dengan dusta dan memuja dan
menyembah makhluk dengan melupakan Penciptanya ... " (Rom 1:25).
- 3) Semua pemimpin, pendeta, dan orang-tua Kristen harus berusaha
sekuat-kuatnya untuk melindungi anak-anak mereka dari indoktrinasi
humanisme dengan menyingkapkan kesalahannya serta menanam di dalam
mereka sikap penghinaan terhadap pengaruhnya yang merusak
(Rom 1:20-32; 2Kor 10:4-5; 2Tim 3:1-10; Yud 1:4-20;
lihat cat. --> 1Kor 1:20;
lihat cat. --> 2Pet 2:19).
[atau ref. 1Kor 1:20; 2Pet 2:19]
6 Full Life: MEMANDANG MUKA.
Nas : Yak 2:1
Memandang muka berarti memberikan perhatian khusus terhadap orang
tertentu karena kekayaan, busana atau kedudukan mereka. Melakukan hal ini
salah karena beberapa alasan.
- 1) Hal ini tidak menyenangkan Allah yang tidak pernah memandang
penampilan lahiriah tetapi hati orang (1Sam 16:7).
- 2) Sikap semacam ini tidak didorong oleh kasih yang murni untuk semua
orang (ayat Yak 2:8). Mengagumi kedudukan sosial adalah dosa
terhadap hukum kasih.
- 3) Sikap ini menjadikan kita "hakim dengan pikiran yang jahat" (ayat
Yak 2:4); daripada menghormati "Tuhan kita yang mulia" dan menerima
orang berdasarkan iman mereka kepada Kristus, kita dengan tidak adil
menunjukkan sikap memihak orang kaya atau orang berkedudukan dengan
motivasi yang jahat untuk memperoleh keuntungan.