Mazmur 2:6
2:6 "Akulah yang telah melantik raja-Ku
di Sion,
gunung-Ku
yang kudus!"
Mazmur 20:6
20:6 (20-7) Sekarang aku tahu, bahwa TUHAN memberi kemenangan kepada orang yang diurapi-Nya
dan menjawabnya dari sorga-Nya yang kudus dengan kemenangan yang gilang-gemilang oleh tangan kanan-Nya.
Mazmur 20:9
20:9 (20-10) Ya TUHAN, berikanlah kemenangan kepada raja! Jawablah kiranya kami
pada waktu kami berseru!
Mazmur 63:11
63:11 (63-12) Tetapi raja akan bersukacita di dalam Allah; setiap orang, yang bersumpah demi Dia, akan bermegah,
karena mulut orang-orang yang mengatakan dusta akan disumbat.
Mazmur 72:1-2
Doa harapan untuk raja
72:1 Dari Salomo. Ya Allah, berikanlah hukum-Mu
kepada raja
1 dan keadilan-Mu kepada putera raja!
72:2 Kiranya ia mengadili umat-Mu dengan keadilan
dan orang-orang-Mu yang tertindas dengan hukum!
Yesaya 9:6-7
9:6 (9-5) Sebab seorang anak telah lahir
untuk kita
2 , seorang putera telah diberikan
untuk kita; lambang pemerintahan
ada di atas bahunya,
dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib,
Allah yang Perkasa,
Bapa
yang Kekal,
Raja Damai.
9:7 (9-6) Besar kekuasaannya,
dan damai sejahtera
tidak akan berkesudahan
3 di atas takhta
Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan
dan kebenaran
dari sekarang sampai selama-lamanya.
Kecemburuan
TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.
Matius 2:2
2:2 dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi
yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya
di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."
1 Full Life: RAJA.
Nas : Mazm 72:1-19
Menurut ayat Mazm 72:1, mazmur ini adalah doa Salomo selaku raja
Israel agar masa pemerintahannya ditandai keadilan, kebenaran, damai
sejahtera, pembinasaan kejahatan, dan pembebasan orang yang tertindas dan
miskin. Itu juga menunjuk kepada pemerintahan Yesus Kristus atas dunia
(lih. pasal Wahy 20:1-22:21) karena beberapa ayatnya dapat dikenakan
sepenuhnya kepada Dia saja (ayat Mazm 72:8,11,17; bd. pasal
Yes 11:1-5; 60:1-62:12). Doa ini mirip dengan doa dalam PB, "Datanglah
kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga" (Mat 6:10).
Bentuk doa ini harus timbul dari hati semua orang yang ingin melihat
Kristus memerintah sebagai raja dan kebenaran-Nya ditegakkan di bumi ini
(lihat cat. --> Wahy 21:1).
[atau ref. Wahy 21:1]
2 Full Life: SEORANG ANAK TELAH LAHIR UNTUK KITA.
Nas : Yes 9:5
Ayat ini menubuatkan kelahiran Mesias, Yesus Kristus (juga
lihat cat. --> Yes 7:14).
[atau ref. Yes 7:14]
Kelahiran-Nya akan terjadi pada saat dan di tempat tertentu di dalam
sejarah, dan Anak Mesianis ini akan lahir dengan cara yang unik dan
menakjubkan. Yesaya mencatat empat nama yang akan menandai tugas-Nya selaku
Mesias.
- 1) Penasihat Ajaib. Mesias sendiri akan menjadi keajaiban adikodrati
(kata Ibr. _pele'_ hanya dipakai untuk Allah, tidak pernah untuk manusia
atau pekerjaannya; bd. Yes 28:29); Ia akan menunjukkan sifat-Nya
melalui semua perbuatan dan mukjizat-Nya. Penasihat Ajaib ini akan
merupakan penjelmaan hikmat sempurna dan mempunyai kata-kata hidup
kekal; selaku Penasihat, Ia akan menyingkapkan rencana keselamatan
sempurna (bd. pasal Yes 11:1-16).
- 2) Allah yang Perkasa. Di dalam Mesias seluruh kepenuhan ke-Allahan
akan berdiam secara jasmaniah (Kol 2:9; bd. Yoh 1:1,14).
- 3) Bapa yang Kekal. Ia bukan hanya datang untuk memperkenalkan Bapa
sorgawi, tetapi Ia sendiri akan bertindak terhadap umat-Nya secara kekal
bagaikan seorang Bapa penuh belas kasihan yang mengasihi, melindungi,
dan menyediakan kebutuhan anak-anak-Nya (bd. Mazm 103:13).
- 4) Raja Damai. Pemerintahan-Nya akan membawa damai dengan Allah bagi
umat manusia melalui pembebasan dari dosa dan kematian (Yes 11:6-9;
bd. Rom 5:1; 8:2).
3 Full Life: KEKUASAAN-NYA, DAN DAMAI SEJAHTERA TIDAK AKAN BERKESUDAHAN.
Nas : Yes 9:6
Di dalam pernyataan nubuat ini mengenai penetapan pemerintahan
Kristus, tidak dibedakan di antara kedatangan-Nya yang pertama dengan yang
kedua. Pada titik ini dalam sejarah manusia, seluruh karya penebusan
Kristus dan pemerintahan-Nya dipandang sebagai satu kedatangan yang jauh di
masa depan. Tidak pernah PL dengan jelas menyatakan bahwa pemerintahan
Kristus di bumi akan meliputi kedatangan yang pertama dan kedua di dalam
sejarah. Demikian juga di dalam PB, selang-selang waktu di antara aneka
peristiwa pada zaman akhir tidak senantiasa tampak dengan jelas
(lihat cat. --> Mat 24:42;
lihat cat. --> Mat 24:43;
lihat cat. --> Mat 24:44).
[atau ref. Mat 24:42-44]