Markus 1:1-12
Yohanes Pembaptis
1:1 Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.
1:2 Seperti ada tertulis dalam kitab nabi Yesaya: "Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan
bagi-Mu;
1:3 ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya
",
1:4 demikianlah Yohanes Pembaptis
tampil di padang gurun dan menyerukan: "Bertobatlah
1 dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu.
"
1:5 Lalu datanglah kepadanya orang-orang dari seluruh daerah Yudea
2 dan semua penduduk Yerusalem, dan sambil mengaku dosanya mereka dibaptis di sungai Yordan.
1:6 Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang
kulit, dan makanannya belalang
dan madu hutan.
1:7 Inilah yang diberitakannya: "Sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan membuka tali
kasut-Nyapun aku tidak layak.
1:8 Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus
3 .
"
Yesus dibaptis Yohanes
1:9 Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret
di tanah Galilea, dan Ia dibaptis
4 di sungai Yordan oleh Yohanes.
1:10 Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati
turun ke atas-Nya
5 .
1:11 Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah Anak-Ku
yang Kukasihi
6 , kepada-Mulah Aku berkenan.
"
Pencobaan di padang gurun
1:12 Segera sesudah itu Roh memimpin Dia ke padang gurun.
1 Full Life: BERTOBATLAH.
Nas : Mr 1:4
Lihat cat. --> Mat 3:2
[atau ref. Mat 3:2]
2 Full Life: SELURUH DAERAH YUDEA.
Nas : Mr 1:5
Suatu kebangunan rohani yang umum di Yudea dan Galilea menyertai
pelayanan Yohanes Pembaptis. Sebagai akibatnya berubahlah suasana rohani di
antara rakyat jelata yang membantu menyiapkan jalan untuk penyataan penuh
dari Allah di dalam Yesus Kristus, Anak-Nya yang telah menjelma.
3 Full Life: MEMBAPTIS KAMU DENGAN ROH KUDUS.
Nas : Mr 1:8
Yohanes Pembaptis adalah orang pertama yang menyampaikan kabar baik
tentang Yesus. Markus menyingkat pemberitaannya menjadi satu tema:
pemberitahuan tentang Yesus Kristus yang akan datang dan membaptis para
pengikut-Nya dengan Roh Kudus. Semua orang yang menerima Kristus sebagai
Tuhan dan Juruselamat harus mengabarkan bahwa Yesus tetap adalah Tuhan yang
membaptis dalam Roh Kudus (lih. Kis 1:8; 2:4,38-39;
lihat cat. --> Luk 3:16,
[atau ref. Luk 3:16]
mengenai janji baptisan dalam Roh Kudus; Kis 1:5).
4 Full Life: YESUS ... DIBAPTIS.
Nas : Mr 1:9
Lihat cat. --> Mat 3:13
[atau ref. Mat 3:13]
5 Full Life: ROH ... TURUN KE ATAS-NYA.
Nas : Mr 1:10
Lihat cat. --> Mat 3:16
[atau ref. Mat 3:16]
6 Full Life: ANAK-KU YANG KUKASIHI.
Nas : Mr 1:11
Ketiga oknum Tritunggal terlibat dalam pembaptisan Yesus
(lihat cat. --> Mat 3:17).
[atau ref. Mat 3:17]
Di dalam ayat ini dan ayat-ayat lainnya di Alkitab Allah dinyatakan sebagai
satu hakikat yang hadir sebagai tiga pribadi dengan sifat bersama: Bapa,
Putra, dan Roh Kudus (bd. Mat 3:16-17; 28:19; 2Kor 13:14; Ef 4:4-6;
1Pet 1:2; Yud 1:20-21). Jadi dalam satu arti Allah adalah tunggal (satu
kesatuan) dan dalam arti lain Ia adalah jamak (tiga)
(lihat art. SIFAT-SIFAT KHAS ALLAH).
- 1) Alkitab menyatakan bahwa Allah itu Esa-kesatuan sempurna dari satu
sifat dan hakikat (Mr 12:29; Ul 6:4; Gal 3:20). Salah satu oknum
ke-Allahan tidaklah Allah tanpa dua oknum yang lain dan setiap oknum
bersama dengan kedua oknum yang lain adalah Allah.
- 2) Keberadaan Allah yang Esa dinyatakan dalam kejamakan tiga oknum yang
berbeda dan dapat dikenal, namun tidak terpisah. Ketiganya ini bukanlah
tiga allah, bukan pula tiga bagian atau manifestasi Allah, melainkan
tiga oknum yang bersekutu sedemikian eratnya sehingga ketiganya
benar-benar merupakan Allah Esa yang sejati dan kekal. Baik Anak Allah
maupun Roh Kudus memiliki sifat-sifat yang hanya mungkin dimiliki oleh
Allah sendiri (lih. Kej 1:2; Yes 61:1; Yoh 14:16; 16:8,13;
Kis 5:3-4; Rom 8:2,26-27; 1Kor 2:10-11; 2Tes 2:13; Ibr 9:14; dan
lihat cat. --> Yoh 1:1;
lihat cat. --> Yoh 1:14;
lihat cat. --> Yoh 5:18;
lihat cat. --> Yoh 20:28).
[atau ref. Yoh 1:1-14; 5:18; 20:28]
Ketiga oknum ini tidak pernah diciptakan, tetapi masing-masing
berhakikat sama serta memiliki kemuliaan, sifat, dan kuasa yang
setingkat.
- 3) Allah yang Esa namun tiga pribadi ini dari kekal telah memungkinkan
kasih dan persekutuan yang saling menanggapi, pemberlakuan sifat-sifat
ilahi, saling berbagi pengetahuan dan keterkaitan di antara ketiga
pribadi ke-Allahan itu (bd. Yoh 10:15; 11:27; 17:24; 1Kor 2:10).