Yohanes 1:18
1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah;
tetapi Anak Tunggal
Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.
Yohanes 1:49
1:49 Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi,
Engkau Anak Allah,
Engkau Raja orang Israel!
"
Yohanes 3:16-18
3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini 1 , sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.
3:18 Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.
Yohanes 3:35-36
3:35 Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya.
3:36 Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal,
tetapi barangsiapa tidak taat
2 kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya."
Yohanes 5:23-27
5:23 supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia.
5:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya 3 kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum 4 , sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.
5:25 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup.
5:26 Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri 5 .
5:27 Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia.
Yohanes 6:69
6:69 dan kami telah percaya dan tahu, bahwa Engkau adalah Yang Kudus dari Allah.
"
Yohanes 10:30
10:30 Aku dan Bapa adalah satu."
Yohanes 10:36
10:36 masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: Engkau menghujat Allah! Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah?
Yohanes 11:27
11:27 Jawab Marta: "Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias,
Anak Allah,
Dia yang akan datang ke dalam dunia.
"
Yohanes 19:7
19:7 Jawab orang-orang Yahudi itu kepadanya: "Kami mempunyai hukum dan menurut hukum itu Ia harus mati,
sebab Ia menganggap diri-Nya sebagai Anak Allah.
"
Yohanes 20:28
20:28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku
6 !"
Yohanes 20:31
20:31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya,
bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah,
dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.
Mazmur 2:7
2:7 Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN; Ia berkata kepadaku: "Anak-Ku
engkau! Engkau telah Kuperanakkan
pada hari ini
7 .
Mazmur 89:26-27
89:26 (89-27) Diapun akan berseru kepada-Ku: 'Bapaku Engkau,
Allahku dan gunung batu
keselamatanku.'
89:27 (89-28) Akupun juga akan mengangkat dia menjadi anak sulung,
menjadi yang mahatinggi
di antara raja-raja
bumi.
Matius 3:17
3:17 8 lalu terdengarlah suara dari sorga
yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku
yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.
"
Matius 4:3
4:3 Lalu datanglah si pencoba
itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah,
perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti."
Matius 4:6
4:6 lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah,
jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis
9 : Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu.
"
Matius 8:29
8:29 Dan mereka itupun berteriak, katanya: "Apa urusan-Mu dengan kami,
hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?
"
Matius 11:27
11:27 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.
Matius 16:16
16:16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah
yang hidup!"
Matius 17:5
17:5 Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan,
dengarkanlah Dia.
"
Matius 26:63
26:63 Tetapi Yesus tetap diam.
Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: "Demi
Allah yang hidup,
katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias,
Anak Allah,
atau tidak."
Matius 27:40
27:40 mereka berkata: "Hai Engkau yang mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari,
selamatkanlah diri-Mu
jikalau Engkau Anak Allah,
turunlah dari salib itu!"
Matius 27:43
27:43 Ia menaruh harapan-Nya pada Allah: baiklah Allah menyelamatkan Dia,
jikalau Allah berkenan kepada-Nya! Karena Ia telah berkata: Aku adalah Anak Allah."
Matius 27:54
27:54 Kepala pasukan dan prajurit-prajuritnya yang menjaga
Yesus menjadi sangat takut ketika mereka melihat gempa bumi dan apa yang telah terjadi, lalu berkata: "Sungguh, Ia ini adalah Anak Allah.
"
Markus 1:1
Yohanes Pembaptis
1:1 Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.
Markus 1:11
1:11 Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah Anak-Ku
yang Kukasihi
10 , kepada-Mulah Aku berkenan.
"
Lukas 1:35
1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus
11 akan turun atasmu
dan kuasa Allah Yang Mahatinggi
akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus,
Anak Allah.
Lukas 3:22
3:22 dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya
12 .
Dan terdengarlah suara dari langit: "Engkaulah Anak-Ku
yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.
"
Roma 1:4
1:4 dan menurut Roh kekudusan
13 dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati,
bahwa Ia adalah Anak Allah
yang berkuasa, Yesus Kristus Tuhan kita.
Roma 1:2
1:2 Injil itu telah dijanjikan-Nya sebelumnya
dengan perantaraan nabi-nabi-Nya
dalam kitab-kitab suci,
Kolose 1:19
1:19 Karena seluruh kepenuhan
Allah berkenan
diam di dalam Dia
14 ,
Ibrani 1:1-2
Allah berfirman dengan perantaraan Anak-Nya
1:1 Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara
berbicara
kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi,
1:2 maka pada zaman akhir
ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya,
yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak
menerima segala yang ada. Oleh Dia
Allah telah menjadikan alam semesta.
Ibrani 1:5-6
Anak Allah lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat
1:5 Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan
pada hari ini
16 ?" dan "Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku?
"
1:6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung
ke dunia,
Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia.
"
Ibrani 7:3
7:3 Ia tidak berbapa, tidak beribu
17 , tidak bersilsilah,
harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah,
ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya.
Ibrani 7:1
Kristus dan Melkisedek
7:1 Sebab Melkisedek
18 adalah raja Salem
dan imam Allah Yang Mahatinggi;
ia pergi menyongsong Abraham ketika Abraham kembali dari mengalahkan raja-raja, dan memberkati dia.
Yohanes 2:23
2:23 Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah,
banyak orang percaya
dalam nama-Nya, karena mereka telah melihat tanda-tanda
yang diadakan-Nya.
Yohanes 3:8
3:8 Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh 19 ."
Yohanes 4:9
4:9 Maka kata perempuan Samaria itu kepada-Nya: "Masakan Engkau, seorang Yahudi, minta minum kepadaku, seorang Samaria?
" (Sebab orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria.)
Yohanes 4:14-15
4:14 tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal 20 ."
4:15 Kata perempuan itu kepada-Nya: "Tuhan, berikanlah aku air itu, supaya aku tidak haus
dan tidak usah datang lagi ke sini untuk menimba air."
Yohanes 5:9-13
5:9 Dan pada saat itu juga sembuhlah orang itu
21 lalu ia mengangkat tilamnya dan berjalan. Tetapi hari itu hari Sabat.
5:10 Karena itu orang-orang Yahudi
berkata kepada orang yang baru sembuh itu: "Hari ini hari Sabat dan tidak boleh engkau memikul tilammu.
"
5:11 Akan tetapi ia menjawab mereka: "Orang yang telah menyembuhkan aku, dia yang mengatakan kepadaku:
Angkatlah tilammu dan berjalanlah."
5:12 Mereka bertanya kepadanya: "Siapakah orang itu yang berkata kepadamu:
Angkatlah tilammu dan berjalanlah?"
5:13 Tetapi orang yang baru sembuh itu tidak tahu siapa orang itu, sebab Yesus telah menghilang ke tengah-tengah orang banyak di tempat itu.
Yohanes 5:20
5:20 Sebab Bapa mengasihi Anak dan Ia menunjukkan kepada-Nya segala sesuatu yang dikerjakan-Nya sendiri, bahkan Ia akan menunjukkan kepada-Nya pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar lagi dari pada pekerjaan-pekerjaan itu, sehingga kamu menjadi heran.
Yohanes 5:2
5:2 Di Yerusalem dekat Pintu Gerbang Domba
ada sebuah kolam, yang dalam bahasa Ibrani
disebut Betesda; ada lima serambinya
Yohanes 1:9
1:9 Terang
yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang
22 ,
sedang datang ke dalam dunia.
Wahyu 2:18
Kepada jemaat di Tiatira
2:18 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: Inilah firman Anak Allah, yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga:
1 Full Life: BEGITU BESAR KASIH ALLAH AKAN DUNIA INI.
Nas : Yoh 3:16
Ayat ini mengungkapkan isi hati dan tujuan Allah.
- 1) Kasih Allah cukup luas untuk menjangkau semua orang, yaitu "dunia
ini" (bd. 1Tim 2:4).
- 2) Allah "mengaruniakan" Anak-Nya sebagai korban penghapus dosa di atas
kayu salib. Pendamaian mengalir dari hati Allah sendiri yang penuh
kasih. Korban Kristus bukan sesuatu tindakan yang terpaksa dilakukan
oleh Allah (Rom 8:32; 1Yoh 4:10).
- 3) Percaya (Yun. _pisteuo_) mengandung tiga unsur utama:
- (a) keyakinan yang kokoh bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah dan
satu-satunya Juruselamat umat manusia yang hilang;
- (b) persekutuan yang menyangkal diri dan ketaatan kepada Kristus
(bd. Yoh 15:1-10;
lihat cat. --> Yoh 14:21; dan
lihat cat. --> Yoh 15:4); dan
[atau ref. Yoh 14:21; 15:4]
- (c) kepercayaan penuh di dalam Kristus bahwa Ia mampu dan bersedia
menuntun saudara hingga keselamatan kekal dan persekutuan dengan
Allah di sorga
(lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
- 4) "Binasa" merupakan kata yang sering dilupakan dalam ayat
Yoh 3:16 ini. Kata ini tidak menunjuk kepada kematian jasmani,
tetapi kepada hukuman kekal yang begitu mengerikan
(lihat cat. --> Mat 10:28).
[atau ref. Mat 10:28]
- 5) "Hidup kekal" adalah karunia yang dianugerahkan Allah kepada kita
pada saat kita dilahirkan kembali
(lihat art. PEMBAHARUAN).
"Kekal" bukan saja mengacu kepada keabadian tetapi juga kepada kualitas
kehidupan ini; suatu jenis kehidupan yang ilahi, kehidupan yang
membebaskan kita dari kuasa dosa dan Iblis serta meniadakan yang duniawi
di dalam diri kita supaya kita dapat mengenal Allah (bd.
Yoh 8:34-36;
lihat cat. --> Yoh 17:3).
[atau ref. Yoh 17:3]
2 Full Life: BARANGSIAPA TIDAK TAAT.
Nas : Yoh 3:36
Kata Yunani yang diterjemahkan "tidak taat" (terjemahan versi
Inggris NIV -- "menolak") ialah _apeitheo_ yang pada dasarnya berarti
"tidak mau tunduk kepada"; istilah ini bertentangan dengan "barangsiapa
percaya" (Yun. _pisteuo_) pada permulaan ayat ini. Bagi Yohanes tidak
percaya berarti "menolak sang Anak," atau tidak taat kepada-Nya. Iman dan
ketaatan sering dapat saling mengganti (bd. Rom 1:8 dengan Rom 16:19;
1Tes 1:8; juga lih. Rom 15:18). Injil datang sebagai suatu karunia
(Rom 5:15-16; 6:23), namun setelah menerimanya tidak berarti kita dapat
bertindak seenaknya. Injil menuntut bahwa kita memasuki jalan keselamatan
yang ditetapkan Allah dan tunduk kepada kebenaran Allah (Rom 10:3;
lihat cat. --> Rom 1:5;
[atau ref. Rom 1:5]
juga
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
3 Full Life: MENDENGAR ... PERCAYA.
Nas : Yoh 5:24
Yesus menggambarkan mereka yang menerima hidup kekal dan tidak
dihukum sebagai "barangsiapa mendengar ... dan percaya." Kata kerja
"mendengar" (Yun. _akouon_ dari akar kata _akouo_) dan "percaya" (Yun.
_pisteuon_ dari akar kata _pisteuo_) merupakan bentuk partisipel waktu kini
yang menekankan tindakan yang berkesinambungan (maksudnya: "barangsiapa
sedang mendengarkan ... dan mempercayai"). Jadi yang dimaksudkan
"mendengar" dan "percaya" bukanlah satu tindakan satu saat, melainkan
tindakan yang diteruskan. Kristus menegaskan bahwa hidup kekal yang kita
miliki saat ini tergantung pada iman yang hidup terus dan bukan pada satu
keputusan iman sementara di masa lampau
(lihat cat. --> Yoh 1:12 dan
lihat cat. --> Yoh 4:14).
[atau ref. Yoh 1:12; 4:14]
4 Full Life: TIDAK TURUT DIHUKUM.
Nas : Yoh 5:24
"Dihukum" (Yun. _krisis_) dipakai dalam arti hukuman kepada kematian
kekal. Orang percaya tidak akan dihukum bersama dengan dunia
(1Kor 11:32). Kenyataan ini tidak menunjuk kepada pemberian tanggung
jawab dan penghakiman yang mendatang tentang kesetiaan pada kasih karunia
Allah yang dianugerahkan sementara berada di dunia
(lihat art. PENGADILAN ORANG PERCAYA).
5 Full Life: DIBERIKAN-NYA ANAK MEMPUNYAI HIDUP DALAM DIRI-NYA SENDIRI.
Nas : Yoh 5:26
Tabiat Yesus Kristus sendiri merupakan sumber hidup kekal; hidup itu
terdapat di dalam diri-Nya. Akan tetapi, kuasa semacam itu tidak diberikan
Allah kepada orang percaya yaitu mempunyai hidup kekal di dalam diri mereka
sendiri. Kita memiliki hidup hanya sementara bersekutu dengan Kristus,
yaitu Kristus hidup di dalam kita melalui hubungan iman yang hidup
Gal 2:20;
(lihat cat. --> Yoh 15:4;
lihat cat. --> Yoh 15:6).
[atau ref. Yoh 15:4,6]
6 Full Life: YA TUHANKU DAN ALLAHKU.
Nas : Yoh 20:28
Alkitab menyatakan bahwa Yesus itu Allah. Inilah landasan dari iman
Kristen dan sangat penting bagi keselamatan kita. Kalau Kristus bukan
Allah, tidak mungkin Ia mengadakan pendamaian bagi dosa-dosa dunia ini.
Ke-Allahan Yesus ditunjukkan oleh hal-hal berikut:
- 1) Alkitab memberikan nama-nama ilahi kepada-Nya:
- (a) Allah (Yoh 20:28; Yes 9:5; Rom 9:5; Tit 2:13; Ibr 1:8);
- (b) Anak Allah (Yoh 5:25; Mat 16:16-17; 8:29; 27:40,43;
Mr 14:61-62; Luk 22:70);
- (c) Yang Awal dan Yang Akhir (Wahy 1:17; 2:8; 22:13);
- (d) Alfa dan Omega (Wahy 1:8; 22:13);
- (e) Awal dan Akhir (Wahy 22:13);
- (f) Yang Kudus (Hos 11:9; Kis 3:14);
- (g) Tuhan (Luk 2:11; Kis 4:33; 9:17; 16:31);
- (h) Tuhan dari semua orang dan Raja kemuliaan (Mazm 24:8-10;
Kis 10:36; 1Kor 2:8).
- 2) Penyembahan ilahi diberikan kepada Kristus (Yoh 5:23; 13:13;
Yoh 20:28; Mat 14:33; Luk 5:8), dan doa-doa dipanjatkan kepada-Nya
(Kis 7:59; 1Kor 1:2; 2Kor 12:8-9).
- 3) Jabatan-jabatan ilahi ditetapkan kepada-Nya:
- (a) pencipta semesta alam (Yoh 1:3; Kol 1:16; Ibr 1:8,10;
Wahy 3:14);
- (b) penopang segala sesuatu (Kol 1:17; Ibr 1:3);
- (c) yang mengampuni dosa (Mr 2:5,10; Luk 7:48-50);
- (d) pemberi hidup kebangkitan (Yoh 5:28-29; 6:39-44);
- (e) hakim semua orang (Yoh 5:21-23; Mat 25:31-46; Kis 17:31;
2Tim 4:1);
- (f) pemberi keselamatan (Yoh 5:24-26; 6:47; 10:28; 17:2).
- 4) PB melihat Kristus dalam pernyataan-pernyataan PL tentang Tuhan: bd.
Mazm 23:1 dengan Yoh 10:11;
Mazm 102:25-28 dengan Ibr 1:10-12;
Yes 8:13-14 dengan 1Pet 2:7-8;
Yer 17:10 dengan Wahy 2:23;
Yeh 34:11-12 dengan Luk 19:10.
- 5) Nama Yesus Kristus dikaitkan dengan nama Allah Bapa
(Yoh 14:1,23; Mat 28:19; Rom 1:7; 2Kor 13:14; Kol 2:2; 1Tes 3:11;
Yak 1:1; Wahy 5:13; 7:10).
- 6) Ketidakberdosaan dan kesucian Kristus bersaksi tentang keilahian-Nya
(Luk 1:35; 2Kor 5:21; Ibr 4:15).
- 7) Kristus dinyatakan sebagai Anak Allah melalui kebangkitan-Nya
(Rom 1:4).
Bukti-bukti yang meyakinkan tentang keilahian Kristus berarti bahwa orang
Kristen harus bersikap sama terhadap Kristus sebagaimana terhadap Allah
Bapa. Mereka harus percaya kepada-Nya, menyembah Dia, berdoa kepada-Nya,
melayani dan mengasihi Dia (juga
lihat cat. --> Yoh 1:1;
lihat cat. --> Mr 1:11,
[atau ref. Yoh 1:1; Mr 1:11]
mengenai Trinitas).
7 Full Life: ANAK-KU ... ENGKAU TELAH KUPERANAKKAN PADA HARI INI.
Nas : Mazm 2:7
"Kuperanakkan" secara harfiah artinya "melahirkan Engkau". Istilah
ini dipakai untuk seorang wanita yang melahirkan bayi dari rahimnya, tetapi
juga dipakai bila seorang raja memperkenalkan putranya di hadapan umum
untuk mengangkatnya selaku raja bersama ayahnya (bd. 1Raj 1:32-34 di
mana Daud melakukannya untuk Salomo). Di sini istilah itu dipakai ketika
Yesus dinyatakan di depan umum selaku Anak Allah dan pengurapan-Nya sebagai
imam, nabi, dan raja (lih. Mat 3:12; Kis 13:33; Ibr 1:5; 5:5; 7:28;
2Pet 1:13).
8 Full Life: CONTOH TENTANG TRINITAS.
Nas : Mat 3:17
Baptisan Yesus merupakan perwujudan yang sangat baik untuk
menunjukkan kebenaran tentang Trinitas.
- 1) Yesus Kristus, yang dinyatakan setara dengan Allah (Yoh 10:30),
dibaptis di Sungai Yordan.
- 2) Roh Kudus, yang juga setara dengan Bapa (Kis 5:3-4) turun ke
atas Yesus sebagai burung merpati.
- 3) Bapa menyatakan bahwa Ia sangat berkenan kepada Yesus. Jadi, kita
mempunyai tiga oknum ilahi yang setara; adalah bertentangan dengan
seluruh Alkitab bila kita menafsirkan peristiwa ini dengan cara yang
lain. Menurut doktrin Trinitas ketiga oknum ilahi ini demikian bersatu
hakikatnya sehingga mereka merupakan Allah yang Esa
(lihat cat. --> Mr 1:11
[atau ref. Mr 1:11]
mengenai Trinitas; bd. Mat 28:19; Yoh 15:26; 1Kor 12:4-13; Ef 2:18;
1Pet 1:2).
9 Full Life: ADA TERTULIS.
Nas : Mat 4:6
Iblis mempergunakan Firman Allah ketika mencobai Yesus untuk berbuat
dosa. Adakalanya orang duniawi akan mempergunakan ayat Alkitab untuk
mencoba membujuk orang percaya melakukan sesuatu yang mereka ketahui adalah
salah atau tidak bijaksana. Beberapa ayat di Alkitab, apabila tidak
ditafsirkan sesuai dengan konteksnya atau tidak dibandingkan dengan ayat
yang lain dalam Firman Allah, mungkin tampaknya bersikap mengizinkan
kelakuan yang berdosa (lih. mis. 1Kor 6:12). Orang percaya harus
benar-benar memahami Firman Allah dan berwaspada terhadap mereka yang
memutarbalikkan Alkitab untuk memenuhi keinginan tabiat berdosa manusia.
Rasul Petrus berbicara tentang orang-orang yang memutarbalikkan Alkitab
sehingga membinasakan dirinya sendiri (2Pet 3:16).
10 Full Life: ANAK-KU YANG KUKASIHI.
Nas : Mr 1:11
Ketiga oknum Tritunggal terlibat dalam pembaptisan Yesus
(lihat cat. --> Mat 3:17).
[atau ref. Mat 3:17]
Di dalam ayat ini dan ayat-ayat lainnya di Alkitab Allah dinyatakan sebagai
satu hakikat yang hadir sebagai tiga pribadi dengan sifat bersama: Bapa,
Putra, dan Roh Kudus (bd. Mat 3:16-17; 28:19; 2Kor 13:14; Ef 4:4-6;
1Pet 1:2; Yud 1:20-21). Jadi dalam satu arti Allah adalah tunggal (satu
kesatuan) dan dalam arti lain Ia adalah jamak (tiga)
(lihat art. SIFAT-SIFAT KHAS ALLAH).
- 1) Alkitab menyatakan bahwa Allah itu Esa-kesatuan sempurna dari satu
sifat dan hakikat (Mr 12:29; Ul 6:4; Gal 3:20). Salah satu oknum
ke-Allahan tidaklah Allah tanpa dua oknum yang lain dan setiap oknum
bersama dengan kedua oknum yang lain adalah Allah.
- 2) Keberadaan Allah yang Esa dinyatakan dalam kejamakan tiga oknum yang
berbeda dan dapat dikenal, namun tidak terpisah. Ketiganya ini bukanlah
tiga allah, bukan pula tiga bagian atau manifestasi Allah, melainkan
tiga oknum yang bersekutu sedemikian eratnya sehingga ketiganya
benar-benar merupakan Allah Esa yang sejati dan kekal. Baik Anak Allah
maupun Roh Kudus memiliki sifat-sifat yang hanya mungkin dimiliki oleh
Allah sendiri (lih. Kej 1:2; Yes 61:1; Yoh 14:16; 16:8,13;
Kis 5:3-4; Rom 8:2,26-27; 1Kor 2:10-11; 2Tes 2:13; Ibr 9:14; dan
lihat cat. --> Yoh 1:1;
lihat cat. --> Yoh 1:14;
lihat cat. --> Yoh 5:18;
lihat cat. --> Yoh 20:28).
[atau ref. Yoh 1:1-14; 5:18; 20:28]
Ketiga oknum ini tidak pernah diciptakan, tetapi masing-masing
berhakikat sama serta memiliki kemuliaan, sifat, dan kuasa yang
setingkat.
- 3) Allah yang Esa namun tiga pribadi ini dari kekal telah memungkinkan
kasih dan persekutuan yang saling menanggapi, pemberlakuan sifat-sifat
ilahi, saling berbagi pengetahuan dan keterkaitan di antara ketiga
pribadi ke-Allahan itu (bd. Yoh 10:15; 11:27; 17:24; 1Kor 2:10).
11 Full Life: KUDUS.
Nas : Luk 1:35
Baik Lukas maupun Matius menandaskan dengan jelas bahwa Yesus telah
lahir dari seorang perawan (ayat Luk 1:27;
lihat cat. --> Mat 1:18;
lihat cat. --> Mat 1:23).
[atau ref. Mat 1:18,23]
Roh Kudus akan turun ke atas Maria dan anak itu akan dikandung semata-mata
oleh perbuatan ajaib Allah. Akibatnya, Yesus akan menjadi "kudus" (artinya;
bebas dari segala noda dosa). Untuk keterangan lebih lanjut mengenai hal
ini,
lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS
12 Full Life: TURUNLAH ROH KUDUS ... KE ATAS-NYA.
Nas : Luk 3:22
Yesus, yang sejak awal telah dikandung dan didiami oleh Roh Kudus
(Luk 1:35), sekarang secara pribadi diurapi dan diberi kuasa oleh Roh
Kudus bagi pelayanan-Nya. Untuk keterangan lebih lanjut tentang pentingnya
baptisan Yesus dalam Roh Kudus,
lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS.
13 Full Life: ROH KEKUDUSAN.
Nas : Rom 1:4
"Roh kekudusan" menunjuk kepada Roh Kudus, oknum ketiga dalam
Trinitas ilahi. Kekudusan-Nya memisahkan Dia dengan jelas dari roh manusia,
dosa, dan dunia serta mengungkapkan ciri khas dan karya-Nya (bd.
Gal 5:16-24).
14 Full Life: SELURUH KEPENUHAN ALLAH ... DIAM DI DALAM DIA.
Nas : Kol 1:19
Paulus menyatakan ke-Allahan Kristus dengan kata-kata yang paling
jelas. Seluruh kepenuhan ke-Allahan yang sempurna dengan segala kuasa dan
kodrat-Nya berdiam di dalam Kristus (Kol 2:9; bd. Ibr 1:8).
15 Full Life: BERBICARA KEPADA KITA DENGAN PERANTARAAN ANAK-NYA.
Nas : Ibr 1:1-2
Ayat-ayat ini memberikan tema utama surat ini; pada masa lalu Allah
memakai para nabi sebagai sarana penyataan yang utama, namun kini Ia
berbicara atau menyatakan diri-Nya kepada kita melalui Putra-Nya Yesus
Kristus, yang tertinggi di atas segala sesuatu. Firman Allah yang
disampaikan melalui Putra-Nya bersifat menentukan; firman itu menggenapi
dan melebihi semua firman yang disampaikan sebelumnya oleh Allah
(lihat art. FIRMAN ALLAH).
Tidak ada sesuatupun, baik nabi (ayat Ibr 1:1) maupun malaikat (ayat
Ibr 1:4) memiliki kewenangan yang lebih besar daripada Kristus. Ia
merupakan satu-satunya jalan kepada keselamatan kekal dan satu-satunya
perantara di antara Allah dan manusia. Penulis surat ini memperkuat
keunggulan Kristus dengan mencatat tujuh penyataan besar mengenai Dia (ayat
Ibr 1:2-3).
16 Full Life: ENGKAU TELAH KUPERANAKKAN PADA HARI INI.
Nas : Ibr 1:5
Lihat cat. --> Yoh 1:14.
[atau ref. Yoh 1:14]
17 Full Life: TIDAK BERBAPA, TIDAK BERIBU.
Nas : Ibr 7:3
Ayat ini tidak berarti bahwa Melkisedek benar-benar tidak mempunyai
ayah dan ibu atau tidak mempunyai kerabat atau bahwa ia seorang malaikat.
Ayat ini hanyalah menunjukkan bahwa Alkitab tidak mencantumkan daftar
keturunannya dan tidak mengatakan apa-apa mengenai awal dan akhir hidupnya.
Oleh karena itu, ia melambangkan Kristus yang abadi, yang keimaman-Nya
tidak pernah berakhir (ayat Ibr 7:24-25).
18 Full Life: MELKISEDEK.
Nas : Ibr 7:1
Melkisedek hidup sezaman dengan Abraham, seorang Kanaan yang menjadi
raja Salem dan imam Allah (Kej 14:18). Abraham memberikan persepuluhan
kepadanya dan diberkati olehnya (ayat Ibr 7:2-7). Penulis Surat Ibrani
memandangnya sebagai lambang Yesus Kristus yang juga merupakan Imam dan
Raja (ayat Ibr 7:3). Keimaman Kristus adalah "menurut peraturan
Melkisedek" (Ibr 6:20) yang berarti bahwa Kristus sudah ada sebelum dan
lebih mulia daripada Abraham, Lewi, dan para imam Lewi.
19 Full Life: ANGIN ... ROH.
Nas : Yoh 3:8
Sebagaimana halnya dengan angin, sekalipun tidak tampak, namun
diketahui karena aktivitas dan desirannya, demikian pula Roh Kudus
diketahui melalui kegiatan dan efeknya atas mereka yang dilahirkan kembali.
20 Full Life: AIR ... HIDUP YANG KEKAL.
Nas : Yoh 4:14
"Air" yang diberikan Yesus berarti hidup kekal (bd. Yes 12:3).
Untuk memperoleh air hidup ini, seseorang harus "meminumnya" (lih.
Yoh 7:37). Tindakan minum ini bukanlah suatu tindakan sesaat yang satu
kali saja, namun suatu tindakan minum yang bertahap-tahap dan berkali-kali;
perhatikan bahwa kata "minum" (Yun. _pineto_ dari akar _pino_) adalah dalam
betuk imperatif masa kini yang berarti suatu tindakan yang berkesinambungan
atau berulang-ulang. Meminum air hidup menuntut persekutuan terus-menerus
dengan sumbernya, Yesus Kristus sendiri. Tidak seorang pun bisa meminum air
hidup apabila hubungannya terputus dengan sumber itu. Orang-orang seperti
itu akan menjadi, seperti yang dikatakan Petrus, "mata air yang kering"
(2Pet 2:17).
21 Full Life: SEMBUHLAH ORANG ITU.
Nas : Yoh 5:9
Sering kali Yesus menyembuhkan sebagai tanggapan terhadap iman
seseorang. Akan tetapi, dalam kasus ini Yesus menyembuhkan tanpa ada unsur
iman; Ia hanya berkata dan orang itu sembuh. Dewasa ini pun orang mungkin
disembuhkan menurut maksud Allah sekalipun mereka tidak beriman kepada
Yesus. Alkitab mengajarkan bahwa ada tiga hubungan untuk iman yang
menyembuhkan:
- (1) iman dari penderita yang mau disembuhkan (Mat 9:27-29);
- (2) iman orang lain untuk si penderita (Mat 8:5-10; bd.
Yoh 17:15-20; Yak 5:14-16); dan
- (3) iman dari seseorang yang diurapi untuk menyembuhkan
(1Kor 12:9).
22 Full Life: TERANG ... YANG MENERANGI SETIAP ORANG.
Nas : Yoh 1:9
Kristus menerangi setiap orang yang mendengarkan Injil-Nya dengan
memberikan sekedar kasih karunia dan pemahaman supaya mereka dapat memilih
dengan bebas untuk menerima atau menolak berita tersebut. Terlepas dari
terang Kristus ini, tidak ada terang lain yang dengannya kita dapat melihat
kebenaran dan diselamatkan.